Cara mengawasi hp anak, supaya orangtua bisa mengontrol

Orang tua tidak usah menggunakan cara menyadap hp anak, tetapi menggunakan aplikasi untuk mengawasi hp anak

Trik kontrol orang tua supaya anak aman menggunakan hp

Orang tua wajib mengontrol, mengawasi serta membatasi anak dalam bermain gadget dan handphone (hp). Hal ini, supaya anak aman dan tidak kecanduan dalam bermain gadget. Aplikasi untuk hp anak merupakan salah satu cara untuk mengontrol penggunaan hp oleh anak kesayangan Anda.

Anak anak sekarang memang tidak akan terlepas dari penggunaan gadget, laptop, handphone yang membutuhkan internet. Anak anak sekolah sekarang membutuhkan hp atau gadget dalam mengerjakan tugas tugas sekolahnya, belajar maupun untuk kepentingan lainnya. 
 
Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, semua anak sekolah memang harus belajar di rumah dengan menggunakan internet sehingga membutuhkan penggunaan hp atau powerfull laptop sangat diperlukan sekali oleh mereka.

Anak anak Anda dituntut untuk dapat menggunakan gadget atau handphone, karena mereka sering memanfaatkan internet untuk mencari jawaban atas tugas yang diberikan oleh guru atau tugas sekolahnya. 
 
 
Peran internet disini akan sangat membantu sekali untuk mencari jawaban dari tugas sekolah mereka, agar supaya anak Anda dapat menyelesaikan tugas sekolahnya.

Oleh sebab itu sebagai orangtua, sebaiknya harus dapat mengetahui bagaimana cara melakukan penyetelan internet pada gadget sehingga jangan sampai Anda sebagai orangtua justru gaptek (gagap teknologi) dan tidak tahu apa apa tentang perkembangan teknologi. 

Hal ini, supaya sebagai orang tua dapat mendampingi anak anaknya dan bisa mengontrol secara khusus terhadap penggunaan hp, sekaligus agar penggunaannya dapat sesuai dengan usianya dan sesuai dengan yang dibutuhkan anak kesayangan Anda tersebut. 

Dengan perkembangan media sosial yang begitu pesat maka telah memberikan kemudahan bagi semua orang  untuk dapat mencari bahan apapun. Hal ini, karena semuanya bisa dicari melalui internet yaitu melalui mbah google. 

Kemudahan yang diberikan oleh internet  saat ini, memang telah banyak memberikan manfaat tersendiri bagi orang tua sebagai alat belajar dan sebagai alat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi sang anak. 

Akan tetapi, jika penggunaan internet tidak dimanfaatkan dengan bijaksana maka akan timbul masalah baru karena internet justru akan merusak anak Anda. Jika anak Anda tidak terkontrol dalam menggunakan hp ataupun gadget tersebut.

Oleh sebab itu peran orangtua sangat dibutuhkan disini, supaya orangtua dapat mengawasi dan mengontrol serta memberikan bimbingan kepada anak anak mereka pada saat  menggunakan gadget, laptop atau handphone.
 
Hal ini, agar supaya akibat buruk dari penggunaan gadget dapat dieliminir sekecil mungkin dan akan dapat diperoleh manfaat sebanyak banyaknya. 

Dengan banyaknya dan mudahnya konten konten yang tersebar di media masa berikut berbagai macam iklan iklan yang muncul. Hal ini, akan berisiko yang dapat membuat sang anak terekspos terhadap sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Sebaiknya Orangtua Mengetahui Bahaya Psikologis Bermain Game Bagi Anak

Oleh sebab itu maka orangtua harus update dengan perkembangan internet dan media sosial, serta harus bisa melakukan penyetelan internet pada gadget anak yang digunakan oleh anak Anda.
 
Selain itu, Anda harus bisa melakukan konfigurasi internet pada gadget, tablet ataupun smartphone yang digunakan oleh anak Anda.

Nah .... mengapa harus demikian, karena peran orangtua disini sangat diperlukan supaya apa : 

1.  Supaya orangtua dapat memproteksi konten yang tidak sesuai dengan usia anak. 
2. Supaya orangtua dapat membatasi akses konten pada anak (contohnya : marilah Anda  perhatikan untuk permainan yang bertanda PEG3 , ini berarti bahwa permainan tersebut aman untuk anak usia 3 tahun keatas) 

Lalu ... Bagaimana cara mengontrol Handphone anak dari jauh? 

Kalau Anda harus mengontrol satu persatu konten yang ada, tentu saja  akan membutuhkan waktu yang lama dan tentu saja akan sangat melelahkan, oleh sebab itu ada beberapa tips yang dapat digunakan supaya dapat membatasi akses anak dengan menggunakan aplikasi.

Berikut Tips-Tips yang bisa digunakan :

- Buka pengaturan pada menu aplikasi playstore – kemudian pilihlah Parental Control – Lalu buatlah PIN dan tentukan konten yang bisa diakses seusia anak kita.
Pada parental control, untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows bisa diakses melalui Control Panel.

- Kemudian selain pada apps dan games, bagi anak kita yang suka mendengarkan musik maka selain  dapat menjaga visualnya juga akan menjaga auditorinya.

- Orangtua juga bisa menggunakan ponsel pintar dengan sistem operasi iOS.

- Pada aplikasi bertukar video, orangtua juga dapat membuat konfigirasi, supaya anak kita tidak dapat mengakses video yang tidak sesuai dengan usianya, yaitu melalui menu pengaturan – kemudian pilih Restricted Mode yaitu untuk menandai video untuk anak.

- Tambahkan juga konfigurasi penyetelan sehingga orangtua dapat menambahkan fitur untuk proteksi lainnya, contohnya : filter untuk membatasi akses konten anak maka bisa menggunakan internet sehat atau Open DNS Family Shield. 

Pasang aplikasi tambahan seperti child lock pada browser :

Aplikasi ini berupa Search aplikasi tambahan pada browser, istilah yang biasa digunakan adalah add-ons atau plugin. Kemudian masukkan kata kunci “parental lock”, “child lock”, atau “parental controls”. 

Pilihlah aplikasi ingin kita gunakan karena ada aplikasi yang berbayar tetapi ada juga yang gratis. Untuk yang berbayar biasanya mempunyai fitur yang lebih banyak dan rumit, dan belum tentu kita perlukan semuanya. 

Bagi anak yang belum dapat membaca dengan lancar sebaiknya kita pilih aplikasi yang sederhana saja sudah cukup 

Agar supaya anak kita aman menggunakan Browser dalam menelusuri internet, maka bisa memilih menggunakan Kakatu atau Zoodles, lalu bagaimana cara orangtua mengontrolnya? untuk online monitoringnya maka bisa memakai Quatodio atau Kidlogger. 
 

Dari cara-cara mengontrol penggunaan hp atau gadget anak anak dengan menggunakan aplikasi diatas, maka semuanya bisa dipilih untuk digunakan oleh orangtua dalam mengontrol anak-anaknya dalam menggunakan internet.
 
Oleh sebab itu, sebaiknya tetap diperlukan kontrol dan pendampingan dari orangtua pada saat anak menggunakan gadget atau handphone. Hal ini, karena jenis kontrol  ini dapat secara langsung diterapkan sambil membimbing anak Anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengawasi hp anak, supaya orangtua bisa mengontrol, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar