Waspada Munculnya Penyakit Diusia 30 Tahun

Usia 30 tahun, merupakan usia yang dianggap mapan kehidupannya bagi seseorang


Penyakit apa saja yang harus diwaspadai di usia 30 tahun?

Penyakit apa saja yang perlu diwaspadai ketika Anda menginjak usia 30 tahun. Baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular? Intinya semua macam penyakit wajib diwaspadai ketika seseorang menginjak usia 30 tahun. Hal ini, supaya dapat dilakukan pencegahannya sedini mungkin.

Di usia 30 tahun ini, banyak wanita maupun pria yang akan mulai fokus pada karirnya, pernikahan, kehamilan, keluarga dan anak anaknya, sehingga masalah kesehatan dirinya akan menjadi sesuatu hal yang mungkin saja terlupakan.

Nah, ketika seseorang telah mengabaikan kesehatannya seperti ini, maka sangatlah disayangkan. Hal ini karena, jika sampai kondisi kesehatannya bermasalah maka akan menyebabkan masalah perawatan yang cukup sulit dikemudian hari.

Usia 30 tahun adalah usia sesorang yang dianggap sudah mulai matang serta mapan dalam keuangannya, apabila ditinjau dari segi ekonominya. 

Namun demikian, dibalik kemapanan di usia 30 tahun ini maka mereka harus sudah mulai mewaspadai akan munculnya berbagai macam penyakit, yang tentu saja telah banyak dialami oleh orang orang yang telah menginjak usia tersebut. 

Usia 30 tahun adalah usia dimana sudah saatnya Anda untuk menjaga pola makan sehat dan mulai waspada akan munculnya beberapa macam penyakit.

Penyakit yang umumnya sering muncul dan banyak menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang diantaranya adalah penyakit kanker payudara, tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol, jantung hingga kanker testis.

Untuk semua penyakit yang disebutkan tadi termasuk penyakit tidak menular, tetapi merupakan jenis penyakit yang sering menjadi penyebab seseorang tidak tertolong hidupnya  dan berakhir dengan kematian. 

Padahal pada saat seseorang memasuki usia 30 tahun, yang diinginkan oleh mereka, baik pria maupun wanita adalah menginginkan kehidupan yang lebih baik dan dapat menikmatihasil kerja kerasnya dengan kondisi sehat tanpa ada penyakit apapun didalam tubuhnya. 

Tetapi kenyataannya, pada saat menginjak usia 30 tahun tersebut, mereka terkadang justru harus menghadapi beberapa masalah kesehatan dengan munculnya penyakit yang tidak dikehendaki tersebut. 

Apa yang akan terjadi jika masalah kesehatan tadi tidak Anda perhatikan secara serius mulai sejak dini? Tentu saja Anda akan menyesalinya, karena masalah kesehatan tadi akan menjadi semakin buruk lagi di usia tua nanti. 

Kalau Anda terbiasa makan dengan makanan yang tidak terkontrol atau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta mempunyai kadar kolesterol tinggi

Hal ini, tentu saja akan berdampak terhadap munculnya penyakit tekanan darah tinggi,  sehingga efek selanjutnya akan berimbas ke penyakit lain seperti penyakit kardiovaskular

Baca juga : Tips, Mudah Tepat Mengendalikan Kolesterol Tinggi

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kardiovaskular adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini sangat berbahaya pada kesehatan karena akan berakibat pada penyakit stroke dan jantung

Secara umum, jika Anda membandingkan kondisi antara wanita dan pria pada usia menjelang 30 tahun, memang sangat berbeda. Dimana kondisi wanita akan lebih riskan terserang oleh berbagai macam penyakit dibandingkan dengan pria.

Hal ini, disebabkan karena wanita akan mengalami penurunan tingkat metabolisme sehingga tubuhnya akan mulai mengalami kenaikan berat badan dan bahkan sampai ke tingkat obesitas. 

Kemudian akan berlanjut dengan kondisi kulit yang terlihat keriput dan muncul garis halus. Hal ini, karena mereka mulai kehilangan kolagen, sehingga para wanita ini lebih mudah terserang berbagai macam penyakit. 

Lalu ... apa yang harus dilakukan oleh mereka yang memasuki usia 30 tahun? 

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, kita harus mau berubah dan mau melakukan pencegahan sejak dini. Buatlah perubahan yang positif dalam kehidupan kita sehari hari.

Dengan cara, harus mulai dapat membiasakan diri dengan pola hidup sehat, pola makan sehat dan berolahraga secara teratur serta biasakan makan lebih banyak buah dan sayuran, kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah istirahat yang cukup.

Baca juga : Tips, Menghilangkan Rasa Lelah Dan Stress Sepulang Kerja

Penyakit apa saja yang perlu diwaspadai pada usia 30, sesuai dengan kutipan dari Boldsky yaitu : 

1.  Kanker Payudara

Hal ini, karena wanita yang memasuki usia 30 tahun akan mengalami perubahan hormon dan bagian tubuh yang lain.
 
Kondisi perubahan ini dapat menyebabkan benjolan yang tumbuh di payudara, sehingga mereka mempunyai resiko yang cukup besar untuk terkena kanker payudara. Benjolan ini merupakan ciri ciri dari kanker payudara yang mudah dikenal.

Meskipun benjolan tersebut bisa juga tidak berbahaya, namun demikian apabila benjolan tersebut tergolong kanker, maka bisa menimbulkan kematian. Oleh sebab itu sebaiknya lakukanlah pemeriksaan secara rutin dan pemeriksaan yang dilakukan sendiri harus dilakukan. 

2.  Kanker Serviks

Wanita yang berada di usai 30 – 40 tahun biasanya sangat mudah terkena kanker serviks. Oleh sebab itu, ketika menginjak usia ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan pap smear, supaya dapat diketahui sejak dini jika terjadi yang tidak beres didalam tubuh Anda. 

Memang ciri ciri kanker serviks ini, pada tahap awal tidak menunjukkan gejala dan gejala baru muncul setelah kanker sudah menyebar.

Pap smear adalah sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks atau leher rahim dan vagina (dikutip Alodokter).
 
Oleh sebab itu, dengan melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin maka diharapkan perubahan sel-sel yang mungkin dapat berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker dapat terdeteksi sejak dini, sehingga dapat segera di obati. 

3.  Osteoporosis

Sebagian besar wanita akan mengalami osteoporosis pada saat menginjak usia diatas 50 tahun.
 
Hal ini, karena sebagai seorang wanita dengan bertambahnya usia maka kondisi tulang mereka akan mulai melemah. Penyebabnya, karena di usia tersebut sudah tidak memproduksi yang baru lagi, sehingga kondisi ini akan berakibat menyerap jaringan tulangnya sendiri. 

Apa yang dimaksud dengan osteoporosis ini, yaitu kondisi penyakit pada tulang karena kekurangan kepadatan tulang sehingga tulang akan menjadi keropos dan mudah patah.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh wanita sejak dini supaya pada saat tua nanti bisa lebih sehat? Yang disarankan adalah supaya Anda mau melakukan olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan suplemen yang lebih baik. 

4.  Diabetes Milletus Tipe 2

Kenyataannya penyakit diabetes milletus tipe 2 ini banyak diderita oleh orang-orang yang berusia 30 tahun. Dan sesuai dengan stastistik bahwa terdapat 20 % dari pria dan wanita yang terserang diabetes milletus tipe 2 ini setelah usia 30 tahun. 

Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes milletus ini merupakan penyebab munculnya penyakit penyakit lain yang serius. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Jawabanya tidak ada yang lain, selain harus mulai menjalani gaya hidup sehat. 

5.  Rheumatoid Arthritis Atau Radang Sendi

Jika Anda sudah berhasil terhindar dari penyakit ini pada saat usia 30 tahun maka pada saat menginjak usia 60 tahun Anda akan lebih sehat. Rheumatoid arthritis adalah suatu penyakit autoimun yang dapat mengakibatkan penyakit sendi yang cukup parah, peradangan dan bengkak. 

Penyebab radang sendi ini belum dapat diketahui dengan pasti akan tetapi untuk mencegah itu semua, sekali lagi dan tak bosan bosannya dianjurkan supaya Anda selalu memelihara kesehatan Anda dengan cara menjaga pola makan yang baik dan rajin berolahraga. 

6.  Kanker Testis

Orang mungkin akan mengira bahwa penyakit kanker testis ini akan menyerang pria yang berusia 40 atau 50 tahun. 

Tetapi dalam kenyataannya penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang pria di usia 30 tahun, dan untuk menghindari penyakit kanker ini sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan pemeriksaan testis di usia dini. 
 
Adapun ciri ciri kanker testis kanker testis pada umumnya adalah terdapat benjolan di telur kelamin pria.

7.  Tekanan Darah Tinggi

Dengan menjalani pola makan yang tidak baik, kurang berolahraga, obesitas, stres dan perasaan cemas maka semua ini akan menjadi penyebab utama munculnya masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi. 

Nah, salah satu cara mencegah penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah mulailah dengan menjalani gaya hidup sehat dan pengobatan yang tepat untuk menjaga kesehatan Anda. 

8.  Kelelahan

Salah satu yang harus diperhatikan pada wanita di usia 30 tahun adalah kelelahan. Jika seseorang sering merasa kelelahan maka akan berhubungan dengan masalah tiroid. Obat tiroid yang tepat akan dapat mengatasi gangguan masalah kelelahan ini. 

Sindrom kekelahan kronis adalah gangguan kompleks yang ditandai dengan kelelahan ekstrim. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan pengecekan medis untuk mengetahui penyebabnya dan kelelahan ini biasanya berhubungan dengan penyakit diabetes dan anemia.

Inti dari pembahasan segala macam penyakit tadi, resikonya akan lebih besar terjadi apabila Anda telah mengabaikan masalah kesehatan Anda. 

Namun jika mulai dari sekarang Anda dengan sadar dan kemauan yang kuat untuk mau mulai menjalani pola hidup sehat, pola makan sehat dan rutin berolahraga, mudah-mudahan semua penyakit tadi dapat ditolak oleh daya tahan tubuh Anda yang baik.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Waspada Munculnya Penyakit Diusia 30 Tahun, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar