Kurang minum air putih, tubuh bereaksi jangan diabaikan

Air putih, apa ciri ciri kelebihan minum air putih atau kekurangan minum air putih

Apa tanda kurang minum air putih, apa saja dampaknya

Tubuh Anda akan secara otomatis memberikan tanda akibat kurang minum air putih. Hal ini, kurang minum air putih akan menyebabkan sakit pinggang. Jika muncul ciri ciri kurang minum air putih maka Anda harus segera mengatasinya supaya tidak mengalami dehidrasi.

Air putih merupakan bahan bakar bagi sel tubuh manusia dan yang menjaga fungsi otak serta menunjang kinerja organ tubuh. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda kurang minum ya.

Hal ini, supaya tubuh tidak kekurangan air dan akibat kurang minum yang akan menyebabkan tubuh dehidrasi dapat dihindari. 
 
Kebutuhan air didalam tubuh seseorang tidaklah sama, antara orang yang satu dengan yang lainnya. Hal ini, karena akan tergantung dari tingkat aktivitas yang telah dilakukannya serta tergantung dengan kondisi kesehatannya. 

Tetapi rata rata seseorang akan minum air putih sebanyak 8 sampai 9 gelas perharinya, lalu apa manfaat minum air putih 8 gelas sehari? tentu saja supaya tubuh memperoleh asupan air yang cukup sehingga tubuh terhidrasi dan tidak kekurangan air.

Apabila cuaca cukup panas dan aktivitas fisik yang dilakukan telah mengeluarkan banyak keringat maka kebutuhan cairan didalam tubuh otomatis akan meningkat juga. Sehingga kurang minum akan berdampak pada tubuh menjadi dehidrasi dan hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Anda patut bersyukur karena bertempat tinggal di daerah yang tidak kekurangan air. Cobalah Anda menengok kepada saudara saudara kita yang tinggal didaerah yang sangat sulit untuk mendapatkan air bersih maka dalam kondisi seperti ini maka kita termasuk seorang yang beruntung. 

Oleh sebab itu,  mulai hari ini Anda patut menghargai keberadaan air yang berlimpah ini, sehingga jangan sampai Anda dengan sengaja membuang buang air dengan tidak bijaksana. 

Dan mulai sekarang kita semua harus mulai menghemat air. Hal ini, karena air memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga jangan sampai tubuh Anda kekurangan air yaitu dengan cara minum air putih secukupnya supaya tidak terjadi dehidrasi pada tubuh Anda.


Minum air putih sangat dianjurkan untuk kesegaran dan kesehatan tubuh manusia, tetapi dalam kenyataannya masih ada juga diantara kita yang tidak memperhatikan tentang minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. 
 
Dengan kurang minum air putih ini maka dapat menimbulkan dehidrasi. Dampak kurang minum air putih lainnya adalah menurunnya konsentrasi dan dapat menimbulkan kesehatan tubuh Anda menjadi terganggu. 

Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui, apakah Anda sudah minum air putih yang cukup setiap harinya? 

Apakah Anda termasuk orang yang sudah minum air putih dengan cukup atau justru sebaliknya yaitu termasuk kedalam orang yang kurang minum air putih setiap harinya?. 
 
Nah, mulai sekarang perhatikanlah dalam minum air putih yang cukup ya dan jangan malas untuk minum. Hal ini, karena bahaya kurang minum air putih akan berdampak pada kesehatan tubuh seseorang.

Berikut tips untuk mengetahui ciri ciri kurang minum air putih  pada tubuh seseorang : 

Mulut kering, salah satu ciri ciri kurang minum air putih

1.  Mulut Kering

Minum air putih mempunyai kegunaan untuk melumasi selaput lendir mulut dan tenggorokan seseorang. Dengan minum seteguk air putih maka akan selalu membuat mulut tetap basah dengan air liur. 
 
Nah, kalau Anda merasakan mulut Anda kering berarti itu menandakan bahwa Anda telah kurang minum air putih.

Kulit kering merupakan ciri ciri kekurangan minum air putih

2.  Kulit Kelihatan Kering

Kulit adalah bagian organ yang paling banyak ada dibagian tubuh Anda karena kulit merupakan organ yang menutupi hampir seluruh dari tubuh manusia, sehingga sangat penting untuk Anda jaga supaya tetap terhidrasi. 

Kulit merupakan salah satu petunjuk awal dehidrasi penuh yang nantinya akan berlanjut lagi hingga dapat  menjadi penyebab timbulnya masalah yang lebih serius. Selain itu, akibat kurang minum air putih bagi kulit adalah kulit akan tampak kering.

Kalau tubuh Anda kekurangan air maka keringat yang dikeluarkan oleh tubuh Anda juga menjadi kurang, sehingga tubuh menjadi tidak dapat membersihkan kotoran dan minyak yang telah terakumulasi setiap hari. Dalam kondisi seperti ini Anda harus segera minum air putih lebih banyak.

Haus merupakan ciri ciri kurang minum air putih

2.  Merasa Sangat Haus

Meskipun mulut Anda sudah tidak merasa kering tetapi kalau Anda masih merasa haus sebaiknya Anda minum lagi karena itu merupakan tanda atau signal yang diberikan oleh tubuh, kalau Anda masih kurang minum air putih.

Mata kering merupakan ciri ciri kurang minum air putih

3.  Mata Kering

Kurang minum air juga dapat menyebabkan mata kering dan mata memerah, karena asupan air didalam tubuh berfungsi untuk memproduksi air mata. 

Selain itu, akibat dari kekurangan asupan air didalam tubuh Anda maka air mata akan mengering sehingga bisa mengakibatkan kerusakan permukaan okular, iritasi mata maupun gangguan penglihatan.

Sakit tulang belakang salah satu cici ciri kekurangan minum air putih

4.  Sakit Tulang

Perlu diketahui bahwa tulang rawan dan tulang belakang cakram kita 80 % nya adalah air, sehingga asupan minum air putih merupakan kebutuhan yang penting untuk dapat menjaga tulang dari gesekan satu sama lain. 

Setiap Anda bergerak seperti gerakan secara tiba-tiba, berlari, melompat ataupun terjatuh. Dengan asupan air yang cukup maka akan dapat menjaga tubuh dari dehidrasi dan juga akan dapat menjaga tulang rawan dan tulang belakang cakram Anda. 

Dengan minum yang cukup setiap harinya maka kurang minum air putih yang menyebabkan sakit pinggang dapat Anda cegah ya.

5.  Timbul Masalah Kesehatan

Dengan minum air putih yang cukup maka manfaat minum air putih 2 liter sehari dapat meluruhkan racun ditubuh Anda, karena organ tubuh bekerja bagaikan mesin yang akan menyaring produk limbah dari setiap makanan yang masuk ketubuh Anda. 

Nah, kalau mesin yang ada di tubuh Anda tidak diisi dengan air maka mesin tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. 

Sehingga akan menyebabkan tubuh Anda dehidrasi dan kalau sampai terjadi demikian maka tubuh akan meminjam darah sebagai  penggantinya. Lalu apa yang terjadi kalau sampai darah Anda yang dipinjam sebagai pengganti air, tentu saja akan membuat kesehatan menjadi terganggu.

Letih, lesu merupakan akibat kurang minum 

6.  Merasa Letih Dan Lesu

Apabila Anda merasa letih dan lelah sepanjang hari, kondisi ini bisa saja disebabkan karena tubuh Anda kekurangan air. Segeralah untuk minum air putih secukupnya supaya badan dapat menjadi segar kembali.

Masalah pencernaan merupakan ciri ciri kekurangan minum air putih

7.  Bermasalah Pada Pencernaan

Penyebab kurang minum air putih akan dapat mengganggu sistem pencernaan Anda, karena tanpa hidrasi yang cukup maka akan menimbulkan jumlah dan kekuatan lendir menjadi berkurang.
 
Hal ini, memungkinkan asam lambung dapat membuat kerusakan di perut, sehingga akan membuat perut Anda menjadi merasa mulas dan akan menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Penuaan dini pada wajah merupakan ciri ciri kekurangan minum air putih juga

8.  Penuaan Dini

Asupan air yang masuk ke tubuh ternyata juga digunakan untuk mempertahankan bentuk secara alami, dan seiring dengan bertambahnya usia maka Anda harus meningkatkan asupan air yang masuk ke dalam tubuh. 

Karena penuaan dini, salah satunya penyebabnya adalah akibat kurang minum sehingga terjadi kekurangan asupan air yang masuk kedalam tubuh Anda yang berlangsung secara terus menerus. 
 
Oleh sebab itu minum air yang cukup sangat penting, agar supaya akibat kurang air putih bagi wajah dapat dihindari. 

Disini manfaat minum air putih 8 gelas sehari diperlukan karena manfaat air putih untuk kecantikan sangat penting supaya tidak terjadi penuaan dini.

Jarang buang air kecil, merupakan salah satu ciri ciri kekurangan minum air putih

9.  Jarang Buang Air Kecil

Jika Anda dalam sehari tidak melakukan buang air kecil (pipis) sebanyak 4 – 7 kali, mungkin Anda tidak minum air putih dalam jumlah yang cukup. 

Tubuh akan memberi tanda berupa air kencing atau urine yang berwarna kuning gelap, yang berarti bahwa tubuh Anda kurang hidrasi. Di dalam kasus yang paling ekstrim, dehidrasi dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

10.  Kram Otot

Apabila Anda kurang minum air putih setelah berolah raga atau setelah melakukan aktivitas fisik maka akan dapat menyebabkan kram otot

Karena tubuh yang mengeluarkan keringat akan menurunkan plasma darah dan kadar elektrolit seperti kalium dan natrium. Apabila tidak diimbangi dengan minum air putih atau cairan lainnya maka akan dapat terkena kram otot.

11.  Penyakit Batu Ginjal Dan Infeksi Saluran Kencing

Akibat kurang minum air putih dapat meningkatkan resiko batu ginjal dan infeksi saluran kencing, karena kekurangan cairan di dalam tubuh akan membuat tubuh kesulitan untuk menghilangkan bakteri yaitu penyebab infeksi disaluran kencing.
 
Selain itu, mineral pembentuk batu yang mengendap diginjal, biasanya akan bisa hilang dengan minum air putih.

12.  Tekanan Darah Menurun

Kurang minum air putih akan menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi dan jumlah plasma darah yang mengandung protein didalam tubuh menurun, sehingga akan menyebabkan tekanan darah dapat menurun juga.

Baca juga : BiasakanMinum Air Putih Secukupnya,Tubuh Menjadi Sehat

Dari tanda-tanda atau ciri ciri yang diberikan oleh tubuh yang menunjukan bahwa tubuh Anda dehidrasi atau kekurangan air, maka mulai sekarang jangan sungkan atau malas lagi untuk minum air putih yang cukup ya. 

Supaya akibat buruk yang ditimbulkan karena kekurangan minum air putih tidak terjadi pada Anda. Nama penyakit akibat kurang minum air putih diatas supaya dapat Anda hindari, jika Anda tidak mengabaikan minum air putih yang cukup ya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Kurang Minum Air Putih, Tubuh Bereaksi Jangan Diabaikan, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar