Kenali tanda kesehatan tubuh, kurang sehat, segera atasi

Barometer tanda kesehatan tubuh kurang sehat, biasanya muncul demam, batuk, tubuh lemas atau bisa saja tanda yang lainnya lagi

Kenalilah tanda tubuh kurang sehat

Salah satu tanda gangguan kesehatan didalam tubuh manusia adalah munculnya signal,yang diberikan oleh tubuh dapat berupa demam, badan lemas, kesemutan, pusing, diare dan tanda tanda lainnya. Tanda atau signal yang muncul akan tergantung dari gangguan kesehatan tubuh yang terjadi.
 
Nah, jika muncul tanda gangguan kesehatan tubuh dan agar supaya Anda segera menyadari serta merespon adanya masalah kesehatan tersebut. Untuk selanjutnya, Anda dapat melakukan pemeriksaan atau tes kesehatan jika diperlukan serta melakukan pengobatannya.
 
Tubuh Anda secara otomatis akan memberikan signal atau tanda, apabila kondidi kesehatan tubuh Anda kurang sehat atau tidak enak badan. Nah, dari isyarat tubuh Anda ini maka Anda harus tanggap dan segera mengatasinya supaya kesehatan tubuh Anda dapat segera pulih dan sehat kembali.

Jika Anda merasakan tanda atau signal yang diberikan oleh tubuh, maka tanda tersebut janganlah diabaikan begitu saja ya. Hal ini, karena sinyal tersebut akan memberitahu Anda bahwa ada kondisi tubuh yang tidak seperti biasanya alias ada bagian tubuh yang kurang sehat. 

Kesehatan tubuh kurang sehat, apa tandanya?. Tanda atau signal yang diberikan oleh tubuh memang ada banyak macamnya karena akan tergantung dari penyakit apa yang terjadi di tubuh Anda tersebut.
 
Oleh sebab itu segera respon dan cermati signal tadi, karena tanda ini biasanya akan berlanjut dengan keadaan tubuh yang merasakan tidak enak badan atau sakit. 
 
Salah satu contoh tanda gangguan kesehatan didalam tubuh  yang umum, antara lain jika kolesterol tinggi muncul maka salah tanda yang diberikan oleh tubuh adalah kesemutan dan kaku dibagian tubuh tertentu. 
 
Contoh lainnya, jika tubuh memberikan signal atau tanda dibagian perut terasa nyeri panas dan mual maka ini tanda bantu empedu sudah berbahaya di dalam tubuh Anda. 
 
Itulah 2 contoh tanda yang diberikan oleh tubuh jika terdapat masalah kesehatan yang muncul dari tubuh seseorang. Contoh tanda tanda lainnya akan kami ulas di artikel ini. Oleh sebab itu, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai ya.

Sekali lagi, jangan pernah Anda mengabaikan signal ataupun tanda yang diberikan oleh tubuh Anda tersebut, supaya Anda dapat segera mengatasinya lebih cepat. 

Tubuh Anda secara alami akan mempunyai signal atau alarm yang akan memberi tahu kepada sistem tubuh ataupun organ lain untuk dibangunkan.

Baca juga : Biasakan Berjalan Kaki Setiap Hari Dan Dapatkan Kesehatan Yang Lebih Baik

Tidak jarang seseorang akan menganggap enteng ataupun kurang menanggapi mengenai munculnya signal atau alarm yang sudah diberikan oleh tubuh. Kondisi ini, akan menyebabkan mereka tidak dapat melakukan antisipasi sebelum benar benar munculnya penyakit yang akan menyerang tubuh Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui dan memahaminya tentang apa saja tanda-tanda yang akan diberikan oleh tubuh Anda tersebut, jika terjadi ketidak beresan atau masalah kesehatan dari salah satu organ tubuh Anda !

Berikut tanda-tanda kalau tubuh yang masih tidak sehat yang dikutip dari Idiva (Kamis, 05/02/2015) : 

1.  Sesak Napas

Jika anda merasakan sesak napas pada saat selesai naik ataupun turun tangga, itu adalah pertanda bahwa tubuh anda mulai tidak normal, bahkan kemungkinan stamina anda sudah berada pada titik terendah. 
 
Oleh sebab itu mulailah untuk rajin berolah raga ataupun melakukan aktifitas fisik supaya tubuh Anda bisa menjadi fit dan sehat kembali.

2.  Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Jika bibir anda kering dan pecah pecah, itu berarti bahwa tubuh anda telah memberi signal, kalau pada saat itu tubuh anda kekurangan vitamin B12. Nah, apa yang terjadi jika tubuh Anda sampai kekurangan vitamin B12. Hal ini, akan membuat munculnya beberapa penyakit seperti anemia dan kelelahan. 

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk dapat mengatasinya? Konsumsilah daging, unggas, telur, susu dan jika perlu konsumsi suplemen vitamin B12. 

3.  Pilek

Jika Anda sering terserang pilek? Berarti menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda masih dalam kondisi rendah. Maka sebaiknya berkonsultasilah ke dokter dan minum vitamin C, supaya kondisi tubuh Anda dapat segera pulih kembali..

4.  Urine Berwarna Kuning

Coba mulai sekarang perhatikan warna urine Anda karena warna urine dapat untuk melihat indikator kesehatan tubuh anda. 

Mengapa demikian? Coba Anda perhatikan, jika Anda minum air dengan jumlah cukup dan terhidrasi dengan baik, maka urine Anda sehat dan warna urine tidak akan terlalu kuning. 

Sehingga sesuai yang disarankan, sebaiknya Anda minum air putih minimal delapan gelas air sehari. Tetapi jika Anda sudah minum dengan cukup dan warna urine kuningnya tidak berubah, maka sebaiknya Anda perlu memeriksakan ginjal Anda.

Baca juga : KurangMinum Air Putih, Tubuh Bereaksi Jangan Diabaikan

5.  Kelelahan

Jika Anda mengalami kelelahan tanpa alasan, ketika Anda tidak melakukan kegiatan apapun tetapi Anda merasa sangat kelelahan berarti Anda memiliki masalah tiroid. 

Gangguan kelenjar adrenal atau tubuh Anda akan bekerja sangat keras untuk membuang zat zat toksin atau zat racun yang ada didalam tubuh dari makanan yang tidak menyehatkan maupun polusi disekitar Anda. 

6.  Mendengkur

Meskipun mendengkur merupakan hal yang biasa Anda dengar, namun demikian janganlah mengabaikan sebuah dengkuran. Hal ini, karena dengkuran ternyata ada kaitannya dengan kondisi sleep apnea atau gangguan tidur yang terjadi ketika ada obstruksi pada saluran napas. 

Sehingga kondisi ini dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan dapat menyebabkan gagal jantung juga. 

7.  Bermasalah Dengan Kulit

Jika kulit anda jerawat meradang atau terjadi gangguan kulit lainnya yang muncul secara terus menerus, padahal anda tidak menggunakan produk kecantikan yang salah. Maka kemungkinan anda terlalu stres, sehingga untuk mengatasi ini sebaiknya anda berlibur, menjernihkan pikiran dan istirahat yang cukup. 

8.  Nyeri Sendi

Nyeri sendi memang tidak ada hubungannya dengan berat badan Anda, namun demikian sangat berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. 
 
Oleh sebab itu disarankan, supaya Anda melakukan aktifitas berjalan jalan selama 45 menit di sela sela aktifitas Anda yang cukup sibuk, lalu rasakan perbedaannya setelah itu.

9.  Pola Tidur Berubah

Pola tidur yang berubah akan membuat tubuh Anda menjadi kurang enak, karena tubuh Anda harus melakukan penyesuaian dengan perubahan tersebut. 

Segeralah kembalikan pola tidur anda seperti biasanya, dengan cara menghapus semua masalah yang ada di kepala Anda dan cobalah atasi masalah anda secara rasional sehingga anda dapat menikmati tidur berkualitas seperti biasanya.

10.  Kulit Gatal

Jika kulit anda merasa gatal gatal secara terus menerus meskipun sudah diobati dengan salep anatu obat lainnya, maka segera konsultasikan ke dokter karena kemungkinan gatal tadi merupakan tanda penyakit liver.

11.  Sering Merasa Cemas

Terkadang seseorang akan menganggap bahwa merasa cemas itu adalah hal yang biasa yang ada didalam pikiran saja.
 
Namun demikian, perasaan cemas tersebut oleh tubuh akan diterjemahkan sebagai rasa sakit. Dan kenyataannya rasa cemas tersebut merupakan salah satu faktor resiko dari penyakit jantung

Kecemasan yang muncul ternyata tidak hanya timbulnya banyak masalah yang dihadapi, tetapi kecemasan disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon seks, hipertiroidisme, tumor adrenal serta berbagai macam penyakit lainnya. 

Bila rasa cemas muncul, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter ahlinya antara lain ke psikolog, spesialis obstetri ginekolog (untuk wanita) dan spesialis andrologi (untuk pria) untuk memeriksa kadar hormon Anda. 

Untuk mengatasi tanda tubuh kurang sehat  maka diperlukan daya tahan tubuh yang prima. Hal ini, dapat diperoleh asupan tambahan berupa vitamin untuk daya tahan tubuh dan tentu saja pilihlah vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh Anda tersebut. 

Dengan daya tahan tubuh yang bagus maka setidaknya tubuh Anda dapat mempertahankan diri dari serangan serangan penyakit.

Pengertian secara umum, daya tahan tubuh adalah kemampuan dari tubuh Anda sendiri yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari serangan virus ataupun kuman, sehingga badan Anda tetap dalam kondisi sehat dan dapat melakukan aktivitas tanpa adanya gangguan kesehatan. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Kenali tanda kesehatan tubuh, kurang sehat, segera atasi, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar