Cara merawat rambut, sesuai jenis dan kondisi rambut

Gaya rambut berupa rambut lurus, rambut panjang, kondisi sehat dan tebal adalah idaman bagi pemilik jenis rambut lurus maupun rambut jenis apapun.

Yuk cari tahu bagaimana cara tepat merawat rambut

Rambut seseorang ada yang bentuk rambutnya halus dan ada juga yang kasar, ada juga yang bentuk rambutnya lurus, ada juga yang bergelombang, ada juga yang bentuk rambutnya ikal dan ada juga yang rambutnya keriting. 
 
Dengan adanya berbagai macam bentuk rambut yaitu rambut lurus, rambut ikal, rambut keriting tersebut. Sebaiknya, Anda harus tahu bagaimana cara merawat rambut sesuai dengan bentuk dan jenis rambutnya tadi, supaya perawatan rambut yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Di jaman modern seperti sekarang ini tidak hanya kaum wanita saja yang ingin mempunyai model rambut terkini, yang masih trend  dan yang cocok dengan bentuk wajahnya.  Kaum priapun tidak mau ketinggalan dengan model gaya rambut untuk dapat memperbaiki penampilannya. 

Banyak juga macamnya style rambut pria sehingga bisa disesuaikan dengan betuk wajah mereka agar bisa tampil dengan model rambut yang lebih keren dan up to date.
 
Model gaya rambut bisa disesuaikan dengan jenis rambutnya, baik yang mempunyai rambut lurus, rambut keriting, rambut pendek atau rambut panjang. Hal ini, agar supaya dapat menunjang penampilannya menjadi lebih baik.

Akan tetapi sebagai seorang wanita, mungkin akan lebih memperhatikan perawatan rambut dan penataan gaya rambutnya dari pada pria, agar supaya rambut dapat lebih indah dan sehat. Hal ini, karena bagi kaum hawa atau wanita, rambut merupakan mahkota bagi mereka. 

Memiliki rambut yang sehat dan indah, akan sangat diidamkan oleh kaum hawa tersebut. Dengan rambut yang sehat dan bersinar serta model rambut yang pas dengan bentuk wajahnya.
 
Hal ini, akan  dapat memancarkan kecantikan kaum wanita, menunjang penampilan dan akan menambah keanggunan mereka. 

Rambut tebal sehat dan model gaya rambut yang pas merupakan salah satu bagian yang dapat membuat penampilan seorang wanita terlihat lebih cantik, lebih anggun dan lebih mempesona. Kalau bagi pria, tentu saja akan lebih ganteng dan percaya diri.

Sehingga cara merawat rambut yang benar sehari hari merupakan suatu informasi dan pengalaman yang sangat berharga bagi setiap wanita, supaya mereka dapat terlihat lebih cantik dan natural dengan model rambut indahnya.

Baca juga : Tips, Merawat Rambut, Cepat, Rambut Sehat 

Ada beberapa macam jenis rambut yang secara umum telah Anda ketahui dan sering Anda lihat disekitar Anda baik melalui gambar maupun ketemu dengan orang orang yang pernah Anda jumpai secara langsung.  

Ada 3 macam jenis rambut yang secara umum ada disekitar Anda diantaranya adalah jenis rambut kering dan kasar, rambut berminyak dan rambut normal. 

Sehingga dalam hal melakukan cara perawatan rambut, juga memerlukan penanganan atau perawatan rambut yang tidak sama, antara cara merawat rambut dengan kondisi yang satu dengan kondisi yang lainnya tersebut.

Oleh sebab itu, akan berbeda dalam cara merawat rambut rontok dan kering, cara merawat rambut keriting, cara merawat rambut bergelombang, cara merawat rambut ikal, cara merawat rambut rusak akibat smooting dan warna, cara merawat rambut agar sehat dan lurus.
 
Selain itu berbeda juga dengan cara merawat rambut panjang agar tidak rontok, cara merawat rambut pendek, cara merawat rambut berminyak, cara merawat rambut smooting berjilbab, cara merawat rambut rusak maupun cara merawat rambut normal.
 
Oleh sebab itu, dalam melakukan perawatannya harus disesuaikan dengan kondisi rambutnya ya. Hal ini diperlukan perawatan dengan menggunakan produk shampo yang berbeda beda, tergantung dari jenis rambutnya. 
 
Selain itu, seseorang bisa menggunakan vitamin rambut, masker rambut dan produk produk perawatan rambut lainnya.

Nah, bagaimana cara melakukan perawatan rambut yang benar untuk berbagai macam jenis rambut tersebut, supaya para wanita maupun pria akan mendapatkan manfaat yang nyata dan supaya kesehatan rambut mereka bisa terjaga dengan baik. 

Dengan perawatan rambut yang tepat maka apapun jenis rambutnya diharapkan supaya mendapatkan rambut yang lebih bersinar dan lebih sehat.

Berikut cara merawat rambut, agar sehat dan tebal : 

Rambut lurus

1.  Rambut Lurus

Jenis rambut lurus, biasanya akan mempunyai batang rambut yang sangat lurus, sehingga untuk jenis rambut lurus ini maka rambut pada umumnya akan terlihat lepek atau rata, meskipun rambut baru saja dikeramas atau dibersihkan dengan produk shampo. 

Akan tetapi jika Anda sudah mengetahui cara merawat rambut lurus ini dengan benar, maka batang-batang rambut akan terlihat halus dan berkilau. 
 
Sebaliknya, apabila Anda salah dalam melakukan perawatan rambut lurus tersebut maka rambut akan bisa menjadi rusak bercabang dan rambut akan terlihat mencuat.

Maka dianjurkan dalam cara merawat rambut lurus adalah pilihlah produk shampo dan kondisioner untuk jenis rambut lurus. Namun, jika perlu bisa menambahkan perawatan dengan memberikan serum khusus rambut karena ada juga serum untuk wajah

Pilihlah produk serum yang mempunyai teksturnya liquid dan bukan oil, supaya rambut lurus Anda tidak terlihat semakin lepek. 

Kemudian secara rutin lakukan juga pengguntingan pada ujung-ujung rambut, supaya rambut tetap sehat. Cara lain supaya rambut lurus tidak terlihat lepek yaitu dengan cara memberi volumizing dry shampoo pada akar-akar rambut kemudian sisirlah rambut dengan jari.

Rambut keriting kecil kecil

2.  Rambut Keriting

Wanita yang mempunyai jenis rambut keriting biasanya sulit untuk dapat merapikan rambutnya. Tetapi jangan kuatir, karena para wanita yang mempunyai jenis rambut keriting ini juga akan bisa terlihat cantik, asal mereka dapat merawat rambutnya supaya terlihat lebih elastis dan berkilau. 

Untuk jenis rambut keriting kecil-kecil seperti ini, biasanya akan membuat rambut mudah patah dan terlihat kusam serta kasar, sehingga akan membutuhkan lebih banyak kondisi rambut yang lembab supaya terlihat sehat dan rambut mudah diatur. 

Pilhlah produk shampo dan kondisioner khusus untuk rambut keriting dan cara penggunaannya jangan langsung dibilas tetapi biarkan produk kondisioner yang sudah dipakai dirambut agak lama baru dibilas. 

Kemudian lengkapi juga dengan produk hair oil setiap selesai keramas terutama dibatang rambutnya, setelah itu lakukan massage pada kulit kepala dan gunakan sisir garpu yang bergigi jarang supaya rambut tidak kusut dan kering. 

Lakukanlah perawatan rambut keriting dengan produk hair mask (masker rambut) yang banyak mengandung pelembab 2 minggu atau sebulan sekali, supaya rambut sehat dan bersinar.

Rambut keriting ikal atau berombak

3.  Rambut Ikal Atau Berombak

Bagi wanita yang mempunyai jenis rambut berombak maka rambut akan terlihat mengembang dan kering, sehingga untuk jenis rambut seperti ini memang membutuhkan perhatian khusus. 

Apalagi jika rambut jenis ini baru selesai dikeramas maka rambut akan susah diatur karena batang rambut yang frizzy. Biasanya, tipe rambut bergelombang ini cenderung kusut dan susah diatur, karena batang rambut yang frizzy. 

Nah, bagaimana cara merawatnya untuk jenis rambut keriting ikal ini? Rambut keriting ikal sangat membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga kelembapan rambut. 

Apabila Anda menggunakan produk heat styling iron atau hair dryer untuk mengeringkan rambut setelah mencuci rambut, maka gunakanlah suhu yang paling rendah atau sedang supaya tidak membuat rambut menjadi semakin frizzy. 

Kemudian sebaiknya selalu menggunakan produk heat protection serum, sebelum Anda melakukan styling rambut.

Termasuk jenis rambut yang manakah rambut yang ada miliki? cobalah lakukan perawatan rambut sesuai dengan ulasan diatas supaya anda dapat memperoleh kondisi rambut yang sehat dan berkilau tentunya.

Jika Anda mengalami rambut rusak karena rambut di smoothing, berikut cara merawat rambut smoothing supaya rambut dapat sehat kembali :

- Pilihlah produk shampo dan kondisioner yang tepat

Pilihlah produk shampo dan kondisioner yang cocok dengan rambut Anda karena dengan perawatan rambut menggunakan kedua jenis ini yang dipadukan antara produk shampo dan kondisioner maka akan mengurangi kerontokan rambut akibat diluruskan dengan smoothing.

- Berilah produk vitamin rambut

Smoothing menggunakan produk yang menggunakan bahan kimia sehingga dapat membuat rambut kering dan rusak. Untuk mengembalikan rambut menjadi sehat kembali maka gunakanlah produk vitamin rambut.

- Kurangi aktivitas mengikat rambut

Bagi cewek yang suka mengikat rambut ekor kuda atau dikepang dapat merusak hasil smoothing dan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

- Gunakan sisir bergigi jarang dan hindari menggunakan sisir plastik

Gunakanlah  sisir yang menggunakan material kayu atau material lainnya jangan menggunakan sisir yang menggunakan material plastik karena dapat menimbulkan gaya listrik statis yang menarik rambut

- Gunakan Hair mask (masker rambut) dan creambath secara teratur

Perawatan rambut rontok akibat smoothing yaitu dengan menggunakan hair mask (masker rambut) dan creambath secara teratur karena treatment ini dapat mencegah kerontokan rambut

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara merawat rambut, sesuai jenis dan kondisi rambut semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar