Ikan salmon untuk ibu hamil, dan untuk kesehatan bagus

Ikan salmon filet, tekstur dagingnya sangat lembut, rasanya lezat dan warna salmon merah muda menunjukkan bahwa ikan salmon masih dalam kondisi segar

Manfaat ikan salmon untuk ibu hamil

Makan ikan salmon ternyata sangat bagus untuk kesehatan, termasuk untuk anak anak dan juga untuk ibu hamil. Hal ini, karena asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon merupakan salah satu nutrisi yang dapat menunjang kesehatan fungsi otak. 
 
Sehingga dengan makan ikan salmon, maka akan dapat mencegah penyakit Alzheimer, serta menurunkan tingkat stres dan depresi. 

Manfaat lain dari mengkonsumsi ikan salmon adalah protein yang terkandung didalam ikan salmon tidak mudah dicerna seperti halnya dengan karbohidrat. Itulah sekilas tentang manfaat dari makan ikan salmon yang cukup bagus bagi kesehatan. 

Ternyata manfaat ikan salmon untuk bayi 6 bulan terbukti sangat bagus juga, demikian juga untuk ibu hamil, ibu menyusui juga sangat sangat bagus sekali karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, dan dapat mengurangi faktor resiko untuk beberapa penyakit.
 
Beberapa produk berupa minyak ikan salmon untuk anak juga cukup bagus dan minyak ikan salmon ini dapat Anda dapatkan di apotik terdekat dengan rumah Anda ya. 

Bagi wanita hamil tentu saja mereka akan selalu menjaga pola makan yang bagus ya, karena dengan menjaga pola makan sehat akan berpengaruh kepada kesehatan ibu dan asupan nutrisi juga akan berdampak kepada janinnya.

Salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi selama masa kehamilan adalah ikan salmon, karena ikan salmon merupakan sumber makanan yang bernutrisi serta kaya akan gizi bagi ibu hamil.

Harga ikan salmon memang tergolong mahal ya, karena Indonesia harus mengimport untuk mendapatkan ikan salmon tersebut. Namun demikian, apakah sudah ada ikan salmon lokal atau ikan salmon Indonesia, mengingat ikan air tawar ini hanya dapat hidup di suhu tertentu.

Harga ikan salmon memang lebih mahal dari pada ikan tuna karena termasuk ikan import dengan harga sekitar Rp. 300 ribu per kilogramnya. Namun demikian, harga ikan salmon tersebut tentu saja akan berubah dengan berjalannya waktu ya. Anda dapat mengecek harga terkini, jika akan membelinya.

Ikan salmon termasuk kedalam keluarga ikan Salmonidae dan masih satu keluarga dengan ikan bandeng. Ikan salmon ini hidup di air tawar dengan suhu di bawah 20 derajat Celsius sehingga ikan salmon ini tidak dapat hidup di Indonesia yang memiliki suhu sekitar 26 derajat Celsius.

Berikut manfaat ikan salmon untuk ibu hamil adalah :

- Mendukung perkembangan otak bagi janin

Ikan salmon yang mempunyai warna daging merah muda ini merupakan ikan laut yang habitatnya berada di Samudra Atlantik. Ikan salmon ini kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan yang terdapat dalam ikan salmon ini berguna untuk meningkatkan visual pada janin, sebagai anti peradangan dan mendukung perkembangan otak janin.

Selain itu, kandungan yang terdapat dalam ikan salmon dapat meminimalisir ibu hamil dari resiko kelahiran prematur serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi semasa kehamilan. Hal ini, membuat ibu hamil dapat terhindar dari berbagai macam resiko penyakit jantung.

- Menjadi sumber energi

Kandungan protein dan vitamin yang terdapat di dalam ikan salmon dapat membantu pertumbuhan otot janin serta membantu mengatur sistem metabolisme tubuh. Hal ini, dapat membuat janin tumbuh dengan sempurna.

Bagi ibu hamil, kandungan protein dari ikan salmon dapat menjadi sumber energi dan dapat mengatur pertumbuhan hormon ibu hamil.

Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam ikan salmon dapat meningkatkan kesehatan mata dan vitamin D nya dapat mencegah terjadinya osteosporosis, sedangkan vitamin E yang terdapat dalam ikan salmon dapat membantu menjaga kulit ibu hamil.

- Menangkal berbagai macam penyakit

Ikan salmon juga mempunyai kandungan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dimana nutrisinya sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Kandungan asam amino yang terdapat di dalam ikan salmon dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Selain itu, nutrisi dari ikan salmon dapat menghindarkan ibu hamil dari resiko anemia.

Bagi yang mempunyai masalah dengan pencernaannya, maka dengan mengkonsumsi ikan salmon maka akan dapat mengatasi masalah pencernaan. 

Ikan salmon juga mempunyai kandungan asam amino yang berfungi untuk menangkal berbagai macam penyakit, diantaranya kardiovaskular, radang sendi sampai diabetes.

- Membantu pembentukan sel sel darah

Kandungan lain dari ikan salmon adalah DHA dan EPA. Dimana kandungan DHA ini dapat meningkatkan kekuatan otak pada janin serta meminimalisir tingkat keguguran, sedangkan kandungan EPA berfungsi dalam pembentukan sel sel darah dan jantung.

- Menangkal radikal bebas

Ibu hamil dapat mengkonsumsi ikan salmon 2 kali dalam seminggu, agar supaya manfaat dari ikan salmon dapat dirasakan oleh ibu hamil secara maksimal. 

Namun demikian, beberapa orang atau negara menyukai menyantap daging ikan salmon mentah, diantaranya negara Jepang dengan resep salmon (recipes salmon) berupa sushi salmon yaitu resep dengan menggunakan daging ikan yang disajikan mentah yang diberi nama Sashimi.

Kandungan selenium yang terdapat di dalam ikan salmon dapat melindungi kulit ibu hamil dari paparan sinar matahari. 

Selain itu, ikan salmon juga banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah dari pengaruh berbahaya dari radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini seperti kerutan atau noda hitam pada kulit wajah.

Jika memasak ikan salmon untuk ibu hamil, sebaiknya dipastikan agar ikan salmon benar benar matang ya, supaya ikan salmon aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Seperti apakah tekstur dari daging ikan salmon? Tekstur daging ikan salmon sangat lembut dan mempunyai rasa yang cukup lezat, serta mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. 

Oleh sebab itu sangat disarankan dan jangan ragu ragu lagi  untuk segera mengkonsumsi ikan salmon ini setiap hari. Karena ikan salmon rasanya yang enak dan mudah dibeli di supermarket didekat rumah Anda.

Berikut manfaat lain dari mengkonsumsi ikan salmon :

1. Kesehatan Mata

Asam lemak omega-3 dan asam amino yang terkandung di dalam ikan salmon dapat mencegah mata lelah dan mencegah penuaan mata karena kering dan rabun pada saat usia lanjut. 
 
Dengan seringnya mengkonsumsi ikan salmon, maka nutrisinya dapat membuat mata tetap sehat dan pandangan mata semakin tajam.

2. Mencegah penyakit 

Dengan mengkonsumsi ikan salmon yang mengandung omega-3 dan asam amino, maka dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) yang ada didalam tubuh kita.
 
Selain itu, dapat menjaga fleksibiltas pembuluh darah, menguatkan otot jantung, dapat memperbaiki jaringan organ jantung dan pembuluh darah, menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, serta dapat mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

3. Meningkatkan daya tahan dan fungsi otak 

Tingginya kandungan omega-3 dari ikan salmon sangat berguna sekali untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi otak, dimana kombinasi dari omega-3, vitamin A, vitamin D, DHA dan Selenium sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem saraf.

4. Mengatasi kesulitan tidur 

Kandungan Triptofan pada ikan salmon merupakan natural sedatif yang sangat bagus untuk dikonsumsi, bagi seseorang yang mempunyai gangguan susah tidur. 

Apakah kandungan Triptofan itu? Triptofan adalah salah satu dari 20 macam asam amino penyusun protein yang bersifat esensial bagi manusia, dan tripofan juga merupakan prekursor dari vitamin B3 yang mampu menginduksi relaks dan rasa kantuk.
 
Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tripofan seperti ikan salmon ini akan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.  (Sumber : Wikipedia)

5. Kesehatan tulang

Kandungan vitamin D dan kalsiton yang terdapat pada ikan salmon dapat meningkatkan densitas dan kekuatan tulang, serta dapat mencegah kerusakan tulang seperti osteoporosis.

6. Membentuk otot 

Kadar protein tinggi yang terkandung didalam ikan salmon tidak akan mudah dicerna seperti halnya dengan karbohidrat, sehingga fungsi dari protein ikan salmon ini dapat membentuk otot dan dapat membantu pembakaran lemak didalam tubuh dapat lebih masimal.

7. Enzim, jaringan dan hormon

Ikan salmon juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, vitamin B serta vitamin D, yang sangat berguna dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon serta kuku.


Dengan melihat begitu banyaknya manfaat luar biasa dari ikan salmon yang sangat berguna untuk  menjaga kesehatan tubuh kita, maka kita akan lebih yakin lagi untuk mengkonsumsi ikan salmon,  karena jenis ikan salmon ini mengandung banyak nutrisi dan dapat menyehatkan tubuh Anda. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Ikan salmon untuk ibu hamil, dan untuk kesehatan bagus, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.  

0 komentar