Cara merawat rambut, supaya rambut sehat, mengembang dan tebal

Rambut panjang, sehat dan tebal tentu saja harus mengetahui cara merawat rambut dengan baik dan benar

Tips merawat rambut cepat, rambut sehat

Cara merawat rambut agar sehat dan tebal, untuk sebagian orang akan menggunakan masker rambut, vitamin rambut, minyak zaitun untuk rambut dan juga produk produk perawatan rambut lainnya. 
 
Dalam melakukan bagaimana cara merawat rambut maka seseorang bisa melakukan dengan cara merawat rambut alami.
 
Selain itu, bisa juga cara merawat rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut berupa masker untuk merawat rambut kering atau jenis rambut lainnya yang banyak bertebaran di toko online maupun offline.
 
Gaya rambut, baik model rambut panjang, rambut lebat, rambut sehat dan rambut mengembang maupun rambut pendek tebal dan sehat, merupakan dambaan bagi semua orang, baik dia berjenis kelamin pria maupun wanita.
 
Oleh sebab itu Anda harus tahu cara merawat rambut sehari hari dengan benar supaya rambut bisa menjadi lebih sehat dan bercahaya. 

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis rambut yang Anda miliki, supaya hasil  perawatan rambut  bisa lebih maksimal.
 
Hal ini, karena cara merawat rambut agar tidak kering, cara merawat rambut rontok dan kering berbeda dengan cara merawat rambut rusak, cara merawat rambut lurus, cara merawat rambut ikal, maupun cara merawat rambut rontok.

Berikut tips tips yang benar untuk merawat rambut yang sangat dibutuhkan dan tips ini akan kami ulas disini. Hal ini, agar supaya diperoleh hasil rambut yang sehat dan tebal, rambut indah, rambut bercahaya, serta rambut menawan.

Seperti halnya dengan organ tubuh Anda yang lain, rambut merupakan salah satu organ tubuh Anda yang juga membutuhkan perawatan rambut sehari hari dengan baik. Bentuk rambut seperti benang dan tumbuh di bagian kulit manusia dan hewan terutama mamalia. 

Rambut muncul dari epidermis (kulit luar) sehingga rambut dapat muncul dan tumbuh meskipun rambut berasal dari folikel rambut yang berada jauh dibawah dermis. (Dikutip dari wikipedia).

Baca juga : Yuk Cari Tahu, Bagaimana Cara Tepat Merawat Rambut Dengan 3 Type Rambut

Supaya Anda dapat memperoleh hasil rambut sehat dan tebal serta bercahaya, maka kita perlu melakukan perawatan rambut sehari hari, yang dilakukan secara rutin dan telaten. 

Karena rambut bagi seorang wanita merupakan sebuah mahkota, sehingga dengan mahkota yang indah, sehat dan berkilau tentu saja akan berdampak pada si pemiliknya. Kondisi ini akan membuat wajah akan menjadi terlihat semakin bertambah cantik dan mempesona. 

Step cara merawat rambut yang benar dan tepat harus melalui beberapa tahap, yaitu : 

1.  Dimulai Dari Kulit Kepala

Cara merawat rambut pria maupun wanita, seharusnya dimulai dari kulit kepala, kalau kulit kepala tidak sehat tentu akan berpengaruh terhadap kekuatan akar rambut menjadi berkurang, sehingga rambut mudah rontok. 

Karena akar rambut tertanam dibawah kulit kepala, maka perawatan rambut dan kulit kepala yang bersih dan sehat akan membuat folikel rambut akan mendapatkan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya,  sehingga rambut akan menjadi sehat dan berkilau. 

Oleh sebab itu, kondisi kulit kepala yang sehat tidak berketombe dan akar rambut kuat merupakan kunci mendapatkan rambut sehat. 

Menurut para ahli kimia kosmetik, mereka menyarankan supaya kita memilih produk perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol atau terdapat tulisan myristyl, cetyl dan stearyl. 

Selanjutnya,selalu secara rutin membersihkan rambut setiap dua atau tiga hari sekali, serta pijat kulit kepala selama 30 detik. Dengan melakukan pemijatan kulit kepala maka akan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat merangsang folikel rambut.
 
Dengan melakukan perawatan pemijatan dan rutin membersihkan rambut maka akan dapat memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau. 

Selain itu, dapat juga ditambah dengan menggunakan kombinasi produk perawatan rambut alami, produk perawatan rambut berupa vitamin rambut yaitu minyak zaitun dan vitamin E. 

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun dan vitamin E di kulit kepala kita supaya kulit kepala kita terlindungi dari sinar ultraviolet matahari apabila kita tidak memakai topi pada saat keluar rumah. 

2.  Memilih Sampo Yang Sesuai

Pilihlah produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda dan sebaiknya tidak menggunakan produk sampo yang mengandung bahan-bahan keras seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. 

Pada saat keramas sebaiknya menggunakan air hangat supaya dapat membersihkan minyak alami rambut dan berikan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut. 

Setelah selesai keramas, sebaiknya jangan menyisir atau menggosok-gosok rambut ketika rambut dalam kondisi masih basah, karena rambut yang masih basah akan lebih mudah mengalami kerusakan. 

Sebaiknya kita menyisir rambut ketika kondisi rambut sudah 90 % kering kemudian biarkan rambut akan menjadi kering dengan sendirinya. 

3.  Minimalkan Pemakaian Asesoris Rambut

Supaya rambut tetap sehat, selain merawat rambut sehari hari secara rutin, maka sebaiknya kurangi penggunaan aksesoris rambut supaya rambut dapat bernapas. Menguncir atau mengepang rambut jangan terlalu sering dan jangan terlalu kencang.  

Sebaiknya kurangi pemakaian alat alat produk untuk model rambut yang berbahan kimia dan kurangi pemakaian alat penata rambut yang menggunakan panas, seperti hair dryer, alat catok rambut dan lain sebagainya.

4.  Asupan Makanan Dan Vitamin Rambut

Makanan yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut, oleh sebab itu sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang sarat dengan : 

- Protein seperti : telur, susu, kacang, ikan, unggas, daging 
- Zat besi seperti : kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, bayam 
- Asam lemak omega-3 seperti : ikan salmon, sarden, keju, yoghurt 
- Selain itu kita juga bisa mengonsumsi suplemen biotin yang dapat membantu mengurangi atau  kerontokan mencegah rambut

Akan tetapi jika kita sudah mencoba bermacam-macam cara perawatan rambut dengan lebih dari satu produk perawatan rambut, dan hasil yang diperoleh belum sesuai yang diharapkan.
 
Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mencoba cara merawat rambut alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional berikut ini.

Cara merawat rambut alami dengan bahan tradisional yang akan diulas berikut, memang tidak membutuhkan waktu yang lama, dan hanya membutuhkan waktu kira-kira 20 menit saja untuk dapat menikmati hasil rambut yang lebih sehat dan bercahaya. 

Berikut tips cara merawat rambut alami, dengan bahan alami dan cepat prosesnya (Dikutip dari Brightside) : 

Gunakan Masker Alpukat Untuk Nutrisi Rambut !

Alpukat adalah buah yang dapat dengan mudah Anda dapatkan dipasar tradisional maupun di supermarket, ternyata alpukat dapat digunakan sebagai masker rambut yang sangat bagus dan berguna untuk memberi nutrisi pada rambut sehingga rambut akan terasa lebih sehat dan bercahaya. 

Bagaimana cara membuatnya? 

Berikut cara membuat masker rambut yang dapat memberikan nutrisi untuk rambut Anda dan bahan-bahan yang diperlukan. 
Masker rambut, alpokat, minyak zaitun, madu, telur

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- 1 buah alpukat
- 1 sendok teh minyak zaitun
- 1 sendok teh madu
- 1 butir telur 

Cara membuat dan cara penggunaannya : 

Campurkan semua bahan-bahan diatas kemudian oleskan pada bagian rambut dari pangkal rambut sampai ke ujung rambut, lalu diamkan selama 20 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat. 

Silahkan mencoba cara merawat rambut alami diatas dan praktekkan tips cara merawat rambut dengan menggunakan bahan alami. Kemudian buktikan dan nikmati rambut yang sehat dan berkilau hanya dalam waktu 20 menit saja.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara merawat rambut, supaya rambut sehat mengembang dan tebal, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar