Rambut rontok berlebihan, ini cara mengatasi secara alami

Rambut rontok parah sangat mengkhawatirkan karena akibat rambut rontok terus menerus maka dapat menyebabkan kebotakan

Cara mengatasi rambut rontok parah

Anda punya masalah kenapa rambut rontok parah maka hal ini akan membuat Anda merasa kuatir akan mengalami kebotakan. Jika menemukan ciri ciri rambut rontok karena penyakit ataupun bukan karena penyakit, tentu saja akan membuat seseorang merasa sangat kuatir akan hal ini. 
 
Intinya bahwa rambut rontok akan membuat Anda resah dan kuatir, bahkan hanya mimpi rambut rontok juga akan membuat resah karena memiliki arti yang kurang baik. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok.
 
Seseorang yang memiliki rambut rontok parah tentu saja akan berusaha untuk mencari tahu apa penyebab rambut rontok tersebut dan bagaimana cara agar rambut tidak rontok lagi.
 
Oleh sebab itu, mereka sangat membutuhkan solusi rambut rontok yang tepat untuk dapat mengatasi hal ini, baik dengan obat alami rambut rontok atau bukan. Hal ini, supaya mereka dapat melakukan perawatan rambut rontok hingga rambut menjadi tidak rontok lagi.
 
Berikut cara agar rambut tidak rontok lagi, yang bisa Anda baca di dalam artikel ini ya, sehingga Anda dapat segera mengatasi masalah rambut rontok Anda tersebut dengan cepat dan dapat mengatasinya dengan obat alami rambut rontok. Berikut kami akan mengulasnya di artikel ini dengan lengkap.

Cara mengatasi rambut rontok berlebih dapat dilakukan dengan bahan alami maupun dengan shampo rambut rontok. Saat ini, sudah banyak beredar merk merk shampo yang ada dipasaran diantaranya shampo tresemme untuk rambut rontok, pantene dan masih banyak lagi merk lainnya.

Cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok merupakan solusi rambut rontok :

Solusi tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan menggunakan shampo yang bagus untuk rambut rontok, memberikan vitamin untuk rambut rontok parah, melakukan creambath untuk rambut rontok, memberikan masker untuk rambut rontok, mengkonsumsi makanan bergizi dan lain sebagainya.
 
Namun demikian, banyak orang yang lebih suka mengatasi rambut rontok dengan obat alami  rambut rontok yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun dan masih banyak lagi lainnya yang akan kami bahas disini. 

Masalah apa penyebab rambut rontok akan menjadi suatu masalah besar bagi seorang wanita maupun pria, sehingga sangat penting diketahui bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebih ini dengan cepat, agar supaya tidak menjadi parah dan bisa menimbulkan masalah baru yaitu masalah kebotakan.

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang, baik dia seorang pria maupun wanita. Khususnya bagi kaum wanita maka rambut yang sehat dan indah merupakan idaman bagi mereka. 

Rambut dianggap juga sebagai sesuatu hal yang sangat penting bagi kaum wanita, karena selain dapat menunjang kecantikannya, rambut juga dapat dijadikan sebagai salah satu penunjang penampilannya bagian dalam bergaya melalui model rambutnya. 
 
Diantaranya rambut akan dibuat berbentuk kerly atau lurus dengan cara menggunakan alat catok rambut. Hal ini, akan menjadi penyebab dibutuhkannya vitamin rambut atau serum rambut rontok agar supaya rambut tidak rusak setelah menggunakan alat catok rambut tersebut.

Di jaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali dijumpai berbagai macam produk yang dapat digunakan untuk perawatan rambut yang dipromosikan dan diklaim mampu mengatasi rambut rontok yang cukup parah. 

Namun demikian masih banyak juga, orang yang lebih menyukai untuk menggunakan cara yang alami atau tradisional dalam mengatasi akibat rambut rontok. 
 
Cara tradisional untuk mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan bahan alami, dan hasil yang diperoleh cukup bagus untuk rambut dan tidak akan menimbulkan efek samping pada kesehatan rambut kita.

Lalu, seberapa banyak jumlah rambut rontok yang masih dapat digolongkan wajar atau normal? Secara normal rambut kita akan mengalami rontok sekitar 40 – 100 helai setiap harinya, dari jumlah keseluruhan rambut kita yang jumlahnya mencapai 100 ribu helai. 

Kita perlu memberikan perhatian khusus terhadap kondisi kesehatan rambut kita, apabila jumlah rambut kita yang rontok sudah lebih dari 100 helai rambut. Nah, jika terjadi demikian dan tidak segera diatasi maka kemungkinan akan menyebabkan kebotakan. 


Rambut yang sehat dan berkilau tentu saja akan menunjang penampilan baik itu wanita maupun pria, sehingga mereka dapat tampil lebih cantik dan lebih ganteng dengan rambutnya yang sehat dan indah tadi. 

Namun demikian, terjadinya masalah kesehatan rambut dapat saja dialami oleh semua orang, baik usia tua maupun muda. Masalah kesehatan rambut tersebut, diantaranya masalah ketombe, rambut kering maupun rambut rontok berlebih yang bisa menimbulkan kebotakan kalau tidak segera diatasi.

Meskipun masalah rambut rontok tidak akan membuat rasa sakit pada seseorang, namun demikian jika kita mengalami masalah rambut rontok maka masalah ini akan mengganggu penampilan kita dan membuat kita menjadi kurang percaya diri. 

Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan, secara alami dan cepat? 

Rambut rontok dapat diatasi melalui asupan makanan yang kita konsumsi sehari harinya. Makanan yang kita konsumsi merupakan salah satu cara yang paling mudah yang dapat kita lakukan dalam mengatasi masalah rambut rontok. 

Ada beberapa macam makanan yang ternyata cukup membantu untuk mengatasi masalah rambut rontok, dan tentu saja kita tidak sabar untuk segera mengetahuinya bukan?.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi rambut rontok berlebih : 

1. Kacang-Kacangan



Kacang kacangan

Jenis kacang kacangan merupakan jenis makanan yang dapat kita konsumsi untuk mengatasi rambut rontok, karena jenis kacang kacangan ini banyak mengandung asam lemak omega-3. Sehingga asam lemak omega-3 inilah yang berfungsi untuk memperkuat rambut sehingga dapat mengurangi rambut rontok.

Ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang sudah dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology.
 
Yang menyatakan bahwa 90 % dari wanita yang secara teratur mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 tinggi selama 6 bulan, maka mereka yang telah mengalami rambut rontok akan mengalami semakin berkurangnya rambut yang rontok. 

2. Kerang


Kerang

Kerang merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung zinc jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya, sehingga rambut rontok akan dapat diatasi jika kita mengkonsumsi kerang. 
 
Zinc yang terkandung didalam kerang merupakan salah satu mineral yang sangat bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut, sehingga rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Dalam 2 buah studi yang sudah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health. 

Dalam kedua studi tersebut sudah mendapatkan satu kesimpulan bahwa seseorang yang mengalami kekurangan zinc didalam tubuhnya akan mengalami kerontokan rambut lebih banyak jika dibandingkan dengan seseorang yang kadar zincnya tercukupi. 
 
Oleh sebab itu jika kita mengalami masalah rambut rontok tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi kerang. 

3. Produk-Produk Susu


Susu

Produk produk susu seperti keju, yogurt, susu sapi jika dikonsumsi dapat memperkuat rambut kita, sehingga dapat mengatasi masalah rambut rontok. 

Mengapa demikian? Karena produk produk yang mengandung susu mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, dan protein inilah yang dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut kita, sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Protein sangat dibutuhkan oleh rambut kita, karena protein sangat berguna untuk memproduksi keratin yaitu merupakan salah satu komponen yang sangat bermanfaat untuk memperkuat struktur rambut kita. 

4. Ikan Salmon


Ikan Salmon

Jenis ikan salmon apabila kita konsumsi maka akan sangat berguna untuk memperkuat rambut, karena ikan salmon mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dan juga mengandung omega-3. 

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa protein berguna untuk memproduksi keratin, dimana keratin dan omega-3 ini dapat memperkuat struktur rambut sehingga rambut tidak mudah rontok.

Ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi karena mempunyai kalori yang cukup tinggi, sehingga kita tidak khawatir mengalami obesitas maupun dampak buruk lainnya, apabila kita mengkonsumsi ikan salmon. 

5. Daging Merah


Daging merah

Daging merah mempunyai kandungan protein dan zat besi yang cukup tinggi, sehingga daging merah dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Kandungan protein dan zat besi yang terdapat pada daging merah dapat memperkuat rambut dan menunjang kesehatan rambut. 

Zat besi merupakan mineral yang mampu membawa oksigen keseluruh tubuh kita, sehingga kulit kepala kita akan mendapat pasokan oksigen yang cukup dan proses sirkulasi darah menjadi lancar, akibatnya folikel rambut juga akan mendapat nutrisi yang diperlukan dan rambut kita akan tetap sehat. 

6. Telur


Telur

Telur merupakan jenis makanan yang bisa dipastikan akan selalu tersedia di kulkas rumah kita. Telur terutama bagian putih telurnya ternyata mengandung protein yang cukup tinggi jika dibandingkan jenis makanan lainnya. 

Jika kita mengkonsumsi putih telur maka proteinnya dapat memperkuat rambut kita sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok. Kuning telur mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah yang menuju ke bagian kulit kepala. 

7. Buah-Buahan


Buah buahan

Buah buahan merupakan jenis makanan yang sangat bagus untuk kita konsumsi sehari hari supaya kita mendapatkan tubuh yang sehat. 

Buah buahan sangat berguna untuk mengatasi rambut rontok, karena buah buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang dapat memberikan nutrisi serta mineral pada kulit kepala kita.
 
Hal ini, supaya kulit kepala menjadi sehat dan tidak terjadi penyakit kulit kepala seperti psoriasis kulit kepala maupun ketombe. Nutrisi dan mineral sangat baik untuk memperkuat dan menyehatkan rambut kita dan masalah rambut rontok dapat diatasi. 

8. Sayur-Sayuran


Sayur sayuran

Sayur sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh kita, karena selain sayur sayuran banyak mengandung serat dan mineral. Sehingga sayur sayuran sangat berguna untuk memperkuat rambut kita, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.

Serat dan vitamin yang terkandung didalam sayur sayuran dapat membuat penyerapan nutrisi dari makanan akan lebih mudah terserap oleh tubuh kita secara maksimal. 
 
Hal ini akan membuat pasokan nutrisi yang menuju kulit kepala menjadi cukup dan rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Setelah kita mengetahui beberapa jenis makanan yang berguna untuk mengatasi rambut rontok, maka selanjutnya kita juga wajib untuk mengetahui beberapa cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan bahan alami.
 
Bahan alami ini bisa kita coba dengan mudah, supaya rambut rontok tidak semakin parah dan tidak berkembang menjadi kebotakan.

Baca juga :  Tips, Merawat Rambut, Cepat, Rambut Sehat

Berikut Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

1. Lidah Buaya


Lidah buaya

Lidah buaya ternyata mempunyai manfaat selain dapat membuat rambut kita sehat juga dapat merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala kita.

Caranya adalah : Basahi dahulu rambut kita dan jika rambut sudah setengah kering, maka usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya ke bagian rambut dan kulit kepala. 

Kemudian biarkan kira kira 15 hingga 20 menit. Setelah itu bersihkan rambut sampai bersih dengan menggunakan shampo. Cara ini dapat dilakukan secara rutin, 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Gel yang terdapat pada lidah buaya mengandung senyawa yang berguna untuk mengatasi rambut rontok, karena gel lidah buaya ini mempunyai sifat eksfoliate yaitu dapat mencegah penyumbatan kulit kepala yang disebabkan oleh sel sel kulit mati. 

Akibatnya pasokan nutrisi yang menuju kulit kepala menjadi lancar sehingga dapat memicu pertumbuhan rambut dan rambut rontok dapat diatasi.

2. Minyak zaitun


Minyak zaitun

Minyak zaitun untuk rambut rontok karena minyak zaitun ini ternyata dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya : Sebelum melakukan keramas maka oleskan minyak zaitun dari akar rambut sampai keujung rambut hingga merata, kemudian pijatlah secara perlahan lahan selama kurang lebih 2 – 4 menit. Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih.

3. Masker Buah 


Masker buah

Masker buah buahan digunakan untuk perawatan rambut dengan cara creambath. Masker buah buahan yang dapat digunakan diantaranya adalah buah pisang, alpukat, semangka dan melon. 
 
Creambath untuk rambut rontok dapat menggunakan masker buah buahan ini karena cukup bagus untuk mengatasi rambut rontok.

Cara membuat masker buah buahan :

Blander 3 macam buah kemudian tambahkan yogurt dan aduk aduk hingga rata, setelah itu oleskan pada seluruh rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, kemudian bersihkan rambut menggunakan shampo hingga bersih.

Jenis buah buahan diatas banyak mengandung asam sitrat dan anti oksidan yang sangat berguna bagi rambut kita. Buah pisang dan yogurt berfungsi untuk melembabkan rambut kita sedangkan buah semangka serta melon berguna untuk membuat rambut menjadi berkilau dan sehat.

4. Buah Mangga, Yogurt dan Kuning Telur


Buah mangga, yogurt, kuning telur

Campuran dari buah mangga, yogurt dan kuning telur dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya : Siapkan beberapa potong buah mangga, yogurt dan 2 butir kuning telur, kemudian blender sampai halus dan saring. 
 
Setelah mendapatkan hasil jus yang halus dan sudah terpisah dengan yang masih kasar, oleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, kemudian bersihkan rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih.

5. Minyak Kemiri


Minyak kemiri

Minyak kemiri selain dapat untuk menyuburkan rambut, kegunaan lain minyak kemiri untuk rambut rontok. Hal ini, karena biji kemiri mengandung 60 – 66 % minyak dan dapat menguatkan akar rambut. Minyak kemiri inilah yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya : Usapkan minyak kemiri pada rambut kita secara merata dari akar hingga keujung rambut, kemudian diamkan slama 1 – 2 jam sambil dipijat pelan pelan pada kulit kepala kita. Setelah itu bilas rambut sampai bersih dengan menggunakan shampo.

6. Kentang


Kentang

Kentang yang dijus dapat digunakan untuk menyuburkan rambut kita dengan cepat dan dapat mengatasi rambut rontok, rambut kering dan beruban.

Caranya : Ambil kentang, madu dan putih telur, kemudian blender sampai halus. Oleskan pada rambut kita secara merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 – 60 menit. Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih.

7. Bawang Putih


Bawang Putih

Bawang putih dapat mencegah serta mengatasi rambut rontok, meskipun masalah rambut rontoknya sudah memasuki kondisi yang cukup parah. Bawang putih mengandung antibakteri yang dapat memusnahkan parasit dan mengobati infeksi pada kulit kepala.

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang putih dapat memperlancar sirkulasi darah yang terdapat pada folikel rambut, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Caranya : Ambil beberapa siung bawang putih kemudian haluskan dan tambahkan minyak zaitun beberapa tetes, campurkan hingga rata. 
 
Oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bersihkan rambut hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebelum keramas, untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal.

8. Bawang Merah


Bawang merah

Bawang merah banyak mengandung sulfur dan berguna untuk mengobati dan mengatasi rambut rontok.

Caranya : Ambil beberapa siung bawang merah kemudian haluskan dan oleskan pada rambut hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bersihkan rambut hingga bersih.

9. Santan


Santan

Santan juga salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan dapat mengkilatkan rambut.

Caranya : Ambil santan secukupnya kemudian oleskan pada permukaan rambut secara merata dan sampai ke kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bersihkan rambut sampai bersih. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu supaya dapta memperoleh hasil yang maksimal.

10. Jahe



Jahe

Jahe ternyata juga dapat digunakan untuk menyuburkan rambut kita, karena jahe mengandung zingeron. Zingeron inilah yang dapat membantu mengatasi rambut rontok.

Caranya : Ambil 1 ruas jahe kemudian bersihkan kulitnya kemudian jahe diparut. Usapkan parutan jahe kerambut sampai merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit supaya parutan jahe tersebut dapat menstimulasi sel sel rambut. Setelah itu bersihkan rambut sampai bersih.

11. Minyak Lavender


Minyak Lavender

Minyak lavender merupakan salah satu dari minyak aromaterapi yang berguna untuk rambut kita, karena minyak lavender dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala kita yang diakibatkan oleh ketombe. 
 
Hal ini, karena minyak lavender mengandung antiseptik yang berfungsi sebagai desinfektan untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya : Teteskan minyak lavender kira kira sebanyak 10 tetes kemudian tambahkan minyak zaitun dan campurkan hingga rata. Oleskan campuran minyak tersebut pada kulit kepala dan diamkan kira kira selama 20 menit. Setelah itu bersihkan rambut sampai bersih.

12. Gaya Hidup Sehat


Gaya hidup sehat

Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memulai gaya hidup sehat, karena dengan gaya hidup sehat tentu saja akan memberikan dampak rambut akan menjadi sehat juga. 

Untuk itu selain perawatan rutin yang kita lakukan terhadap rambut kita dengan berbagai macam cara apabila tidak diikuti dengan gaya hidup sehat, maka semuanya itu tidak akan berguna.

Gaya hidup sehat diantaranya adalah melakukan olah raga ringan secara rutin dan mengkonsumsi jenis makanan makanan yang mempunyai nutrisi dan protein tinggi. 

Dengan mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan setiap hari dan sangatlah dianjurkan terutama sayur dan buah yang mengandung vitamin B, zat besi, kalsium.

Baca juga :  Hidup Sehat Dengan Minum Air Putih

Karena vitamin B, zat besi dan kalsium sangat bagus untuk kesehatan rambut kita, dan jangan lupa minumlah air putih yang cukup setiap harinya supaya dapat menjaga keoptimalan proses metabolisme tubuh dan sirkulasi darah menjadi lancar. 

Dengan metabolisme yang lancar maka rambut kita akan mendapatkan nutrisi yang cukup dan hal ini akan membuat rambut menjadi tidak mudah rontok. 

Selain Anda mengkonsumsi makanan makanan diatas yang dapat memberikan nutrisi pada rambut Anda maka Anda juga dapat menggunakan shampo untuk rambut rontok yang cocok dengan rambut Anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Rambut rontok berlebihan, ini cara mengatasi secara alami, semoga bermanfaat. 
 
Silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa terus sehat.
 
Semoga bermanfaat !!

0 komentar