Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya, agar tidak botak

Rambut rontok parah dan banyak sangat perlu mendapat perhatian khusus, baik tentang bagaimana cara mengatasinya maupun dalam mencari penyebabnya

Faktor penyebab rambut rontok parah


Rambut sehat dan indah merupakan idaman bagi wanita maupun pria, akan tetapi untuk seorang wanita rambut merupakan mahkota karena rambut dapat diatur dengan macam macam gaya rambut. Rambut yang indah dan sehat dapat menunjang penampilannya sehingga akan terlihat lebih anggun dan cantik. 

Kenapa rambut rontok akan menjadi masalah besar bagi seorang wanita, sehingga sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana cara agar rambut tidak rontok lagi. Hal ini, karena rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita agar terlihat lebih anggun dan cantik.
 
Nah, untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambut rontok berlebih dan terus menerus tersebut, maka Anda harus mengetahui apakah penyebab rambut rontok berlebihan tersebut karena penyakit, salah menggunakan shampo atau mungkin karena penyebab lainnya.
 
Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengatasi rambut rontok tersebut dan segera melakukan perawatan rambut rontok agar rambut tidak rontok lagi. 
 
Dengan mendapatkan solusi yang tepat maka rambut rontok teratasi, sehingga tidak akan berlanjut menjadi masalah baru yang menakutkan yaitu masalah kebotakan.

Masalah rambut rontok berlebih, banyak dialami dan dikeluhkan oleh sebagian besar orang dan dapat dialami oleh siapa saja, baik itu rambut bayi rontok, rambut rontok di usia remaja, usia muda, dewasa maupun orang tua. 

Apabila masalah rambut rontok berlebih ini terjadi, pasti akan banyak mendapat perhatian khusus, apalagi bagi seorang wanita pasti akan segera mencari solusi rambut rontok dengan berbagai macam cara.
 
Diantaranya adalah dengan menggunakan vitamin, serum rambut rontok, conditioner untuk rambut rontok, creambath untuk rambut rontok, hair care untuk rambut rontok, shampo terbaik untuk rambut rontok, masker rambut untuk rambut rontok atau cara cara lainnya agar rambut tidak rontok lagi.

Masalah rambut rontok akan dapat menjadi masalah besar yang cukup serius karena akan dapat mengurangi penampilan mereka. Jika rambut rontok banyak, terus menerus hingga berlanjut maka akan dapat menyebabkan kebotakan. 

Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui faktor penyebab rambut rontok karena apa saja yang telah membuat rambut rontok berlebih dan berlangsung terus menerus dan parah. Hal ini, supaya Anda dapat mengatasinya rambut rontok dengan baik.

Baca juga :  Tips, Merawat Rambut, Cepat, Rambut Sehat

Sebelum kita membahas cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan rambut rontok terus menerus. 
 
Rambut rontok masih bisa dikatakan wajar apabila rambut yang rontok jumlahnya kurang dari 100 helai rambut. Namun demikian apabila rambut yang rontok jumlahnya lebih dari 100 helai rambut maka hal ini harus menjadi perhatian serius karena dikuatirkan akan berlanjut dan akan menyebabkan kebotakan.

Berikut faktor apa penyebab rambut rontok terus menerus :

1. Gangguan Hormon


Gangguan hormon

Rambut rontok bisa juga disebabkan oleh beberapa hormon, diantaranya hormon Alopesia Androgenetik, hormon Dihydro Testosterone (DHT) dan hormon Alopesia Areata. 

Hormon penyebab rambut rontok lebih banyak dialami oleh pria dari pada wanita, dengan perbandingan 70 % dialami oleh pria dan 40 % dialami oleh wanita.

Kebotakan yang disebabkan oleh hormon Alopesia Androgenetik merupakan salah satu penyakit keturunan karena adanya peningkatan sensitifitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone.

Hormon Alopesia Areata merupakan gangguan hormon yang dapat membuat rambut menjadi pitak. Gangguan hormon ini disebabkan oleh penyakit yang dinamakan Autonium, dan keadaan ini biasanya dialami oleh seorang remaja ataupun seseorang yang baru tumbuh menjadi dewasa. 

Jenis rambut rontok yang disebabkan oleh gangguan hormon ini sifatnya tidak permanen dan kondisi rambut akan tumbuh kembali setelah 1 tahun.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan Alopesia Areata ini adalah penyakit seperti diabetes, anemia, penyakit tiroid, vilitigo serta persinius. 

Bagi kaum wanita penyebab rambut rontok berlebihan ini biasanya muncul pada masa kehamilan, pada saat memasuki menopouse dan karena pengaruh dari pemakaian alat kontrasepsi.

2. Pengaruh Gizi dan Vitamin 


Gizi, vitamin

Kecukupan gizi dan vitamin merupakan salah satu cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok yang akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kekuatan rambut kita, sehingga asupan gizi dan vitamin yang kurang akan menyebabkan rambut mudah rontok. 

Rambut rontok terjadi karena helaian rambut yang tumbuh menipis sehingga mudah rapuh, oleh sebab itu kita harus memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi dan usahakan mendapatkan asupan gizi seimbang supaya masalah rambut rontok dapat teratasi. 

3. Penggunaan Bahan Kimia


Bahan kimia, semir rambut

Penggunaan bahan kimia yang terdapat pada semir rambut yang digunakan untuk mewarnai rambut kita merupakan salah satu penyebab kenapa rambut rontok parah. 

Sering melakukan pewarnaan rambut serta menggunakan dosis yang berlebihan akan dapat memicu kerusakan rambut, sehingga sebelum menggunakan pewarnaan rambut sebaiknya kita lebih selektif dan teliti. 

Dalam proses pendiaman rambut selama 30 menit setelah pewarnaan rambut akan memperparah kerontokan yang akan dialami oleh rambut kita. 

4. Alat Penata Rambut 


Hair dryer

Alat alat penata rambut seperti alat catok, alat pengering rambut, mengeriting rambut yang sering digunakan oleh kaum wanita supaya terlihat lebih cantik. Ternyata kegiatan penggunaan alat alat tadi akan berdampak buruk pada rambut kita. 

Alat catok rambut akan menyebabkan rambut menjadi kering dan menjadi mudah patah, sedangkan alat keriting rambut yang dililitkan akan menyebabkan akar rambut tertarik dan rambut menjadi pecah pecah bercabang, sehingga rambut menjadi mudah patah. 

Alat pengering rambut atau hair dryer akan menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah sehingga menjadi penyebab kerontokan rambut lebih cepat terjadi. 

5. Efek Mengkonsumsi Obat Obatan


Pengencer darah

Beberapa jenis obat ternyata dapat menyebabkan rambut rontok, jenis obat tersebut diantaranya adalah obat untuk mengobati depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi dan obat kontrasepsi. 

Rambut rontok yang disebabkan karena mengkonsumsi jenis obat obatan tadi apabila penggunaan obat obatan tersebut dihentikan maka masalah rambut rontok baru dapat berkurang. 

6. Jarang Keramas 


Jarang, keramas

Apabila kita jarang keramas maka rambut akan kotor, berminyak dan lembab. Kondisi rambut yang demikian ini akan membuat rambut menjadi mudah rontok. 

Rambut yang terkena sinar matahari dan bercampur dengan keringat, sehingga keringat yang menempel di rambut dan berada dikulit kepala akan terserap oleh folikel rambut dan akan membuat rambut menjadi lepek.

Salah satu tip untuk menghindari rambut rontok adalah usahakan jangan menggosok dibagian kepala terlalu kencang pada saat keramas, karena kalau menggosok kepala terlalu kencang maka akan merusak folikel rambut dan rambut akan menjadi mudah rontok. 

7. Terlalu Kencang Mengikat Rambut 


Ikat rambut

Wanita yang menyukai penampilannya dengan cara mengikat rambut, supaya dapat diperhatikan seberapa kuat atau lemahnya dalam mengikat rambut kita. 

Janganlah mengikat rambut terlalu kuat karena dengan mengikat rambut terlalu kuat maka akan menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga dapat menyebabkan rambut rontok. Usahakan dalam mengikat rambut jangan terlalu lama dan jangan lebih dari 2 jam, supaya rambut kita dapat bernafas. 

8. Gangguan Emosional 


Gangguan emosional

Kerontokan rambut bisa saja terjadi apabila seseorang merasa tertekan atau mengalami stres yang berlebihan. 

Hal ini disebabkan karena seorang yang stress akan membuat otot syaraf pada kepala menjadi menegang dan syaraf inilah yang menyebabkan syaraf akar rambut menjadi melemah sehingga menimbulkan kerontokan rambut. 

9. Sinar Matahari Serta Polusi 


Sinar matahari, polusi

Jika kita terlalu lama terpapar dibawah sinar matahri maka kesehatan rambut kita akan menurun, dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti menurunnya kesehatan rambut kita. 

Rambut akan berkurang keratinnya, dimana keratin merupakan protein yang berada di rambut, kuku serta gigi manusia dan fungsi keratin adalah untuk menjaga kesehatan rambut supaya rambut tetap berkilau. 

10. Infeksi kulit kepala


Infeksi kulit kepala

Infeksi yang terjadi pada kulit kepala (psoriasis kulit kepala) jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan kerontokan pada rambut kita. 
 
Namun demikian, rambut rontok yang disebabkan oleh infeksi dapat diatasi supaya tidak semakin parah yaitu dengan menggunakan anti jamur kerontokan rambut. 

11. Faktor Usia


Faktor usia

Semakin bertambahnya usia kita maka kerontokan rambut tidak dapat dihindari, karena semakin bertambahnya usia kita maka kondisi folikel kita akan semakin tipis sehingga akan menyebabkan rambut kita menjadi mudah patah. 

Namun demikian kondisi ini dapat diperkecil yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, zat besi, zinc serta vitamin.

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut rontok parah maka sudah seharusnya kita segera mencari cara untuk mengatasi rambut rontok tersebut. Supaya masalah rambut rontok dapat segera diatasi dan tidak akan menjadi semakin parah dan tidak akan menyebabkan kebotakan.

Dalam merawat rambut kita supaya sehat dan tidak rontok dapat dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah serta dapat dilakukan di sela sela waktu senggang kita. 

Namun demikian, dibutuhkan kemauan dan ketelatenan kita untuk rutin melakukannya, dengan biaya yang tidak mahal karena kita dapat melakukannya sendiri dirumah dan tidak perlu dilakukan di salon.

Baca juga :  Yuk Cari Tahu, Bagaimana Cara Tepat Merawat Rambut Dengan 3 Type Rambut

Cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami dapat dengan mudah kita lakukan sendiri, serta dapat memanfaatkan bahan bahan alami dapat di baca di artikel selanjutnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang  Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya, agar tidak botak, semoga artikel ini dapat bermanfaat. 
 
Silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.  

0 komentar