Cara mengurangi radiasi hp, Anda wajib tahu

Radiasi ponsel cukup berbahaya, dan dapat menjadi penyebab kanker

Cara mengatasi radiasi ponsel penyebab kanker

Cara mengatasi dan mengurangi bahaya radiasi ponsel atau handphone sangat penting Anda ketahui, karena dalam kegiatan sehari hari Anda. Anda dapat menghitung sendiri, berapa lamakah Anda akan menggunakan ponsel Anda. 

Radiasi hp ke otak, apakah berbahaya? Hal ini, perlu diusahakan untuk meminimalkan pengaruh bahaya radiasi ponsel Anda tersebut terhadap kesehatan Anda. 

Tidak dipungkiri lagi bahwa hampir sebagian besar orang akan mengalami kondisi yang sama antara lain, begitu bangun pagi atau begitu buka mata akan langsung melihat handphone atau smartphonenya untuk melihat berbagai macam kepentingan melalui hpnya tersebut.

Bahaya radiasi ponsel ini dapat menimbulkan risiko kanker dan juga dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda. 

Oleh sebab itu, sangat perlu Anda ketahui bagaimana cara untuk mengatasinya, meskipun sudah muncul kaca mata anti radiasi komputer yang bisa juga dipakai pada saat menggunakan hp Anda. Namun demikian, radiasi yang akan berpengaruh terhadap otak juga perlu diminimalkan ya.

Mengingat di jaman sekarang ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir semua orang di dunia ini sangat membutuhkan alat ponsel dalam kegiatan sehari harinya atau untuk kebutuhan kerjanya. Handphone atau ponsel menjadi sesuatu yang tidak boleh terlewatkan dari genggaman tangan mereka.

Menurut informasi dari World Health Organization (WHO) bahwa ponsel dimungkinan menghasilkan karsinogen yang dimungkinkan dapat memicu sel kanker. 

Dugaan dari WHO tersebut tentu saja sangat membuat kita semua khawatir ya. Hal ini, karena dijaman modern seperti sekarang ini, hampir semua orang menggunakan alat komunikasi seperti ponsel ini.
 
Dari mulai kita bangun tidur sampai dengan kita tidur lagi, bahkan hampir dapat dikatakan bahwa kita semua tidak akan bisa terlepas dari ponsel yang berada digenggaman kita, dalam kehidupan sehari hari kita.
 
Semua informasi yang kita butuhkan dapat diperoleh semua jawabannya hanya dari handphone Anda, mau telpon, mau chat, mau foto, mau jualan online, mau membeli barang online, mau pesan ini itu semua fasilitasnya dapat dipermudah dan disediakan hanya dengan menggunakan alat handphone kita.

Bahkan, transaksi perbankan seperti transfer, pembukaan rekening, bayar tagihan, bayar angsuran, beli pulsa hp serta transaksi transaksi perbankan lainnya yang tidak kami sebutkan semuanya, dengan mudah dapat dilakukan hanya dengan menggunakan handphone.


Terlepas dari benar atau tidaknya kalau radiasi dari ponsel dapat menyebabkan kanker, ternyata hal ini masih muncul kontroversial dan masih membutuhkan beberapa penelitian yang cukup panjang untuk bisa membuktikannya.
 
Namun demikian, belum diketahui kepastiannya, apakah benar ada atau tidaknya hubungannya antara penggunaan ponsel dengan risiko kanker? 

Yang perlu kita lakukan sekarang ini adalah agar kita berusaha sebisa mungkin untuk dapat mengurangi pengaruh radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel kita. Hal ini, untuk kepetingan menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.

Ponsel yang kita gunakan memang memancarkan radiasi tetapi dengan tingkat radiasi rendah, dimana radiasi ini sangat berhubungan sekali dengan kanker otak. 

Handphone samsung terbaru 2022, apakah bebas dari radiasi?. Keingin tahuan kami ini, akan kami bagikan kepada Anda juga ya, sebagai pengguna handphone baik handphone merk samsung maupun handphone merek merek yang lainnya ya.

Sebagai informasi bahwa smartphone merupakan perangkat radio yang mempunyai pancaran radiasi. Meskipun pancaran radiasi smartphone ini tidak berbahaya bagi tubuh manusia, tetapi kita perlu mengetahui seberapa besar pancaran radiasi tersebut.

Berikut ini 15 handphone tahun 2022 yang mempunyai radiasi terendah (diterbitkan oleh German Office for Radiation Protection/ BFS) :

Dikutip dari Android Republic, Rabu, tanggal 13 Juli 2022

Radiasi smartphone ini dikumpulkan oleh BFS hingga Desember 2021, berikut informasinya :

- ZTE Blade V10

Smartphone ini mempunyai tingkat radiasi 0,13 watt per kg

- ZTE Axon Elite

Smartphone ini mempunyai tingkat radiasi 0,17 watt per kg

- Samsung Galaxy Note 10+5G

Smartphone ini mempunyai tingkat radiasi 0,19 watt per kg

- Samsung Galaxy Note 10

Smartphone ini mempunyai tingkat radiasi 0,21 watt per kg

- Samsung Galaxy A80

Smartphone ini mempunyai tingkat radiasi 0,22 watt per kg

- Samsung Galaxy A72

Smartphone ini mempunyai tingkat radiasi 0,23 watt per kg

Lalu bagaimana caranya supaya pancaran radiasi dari ponsel tersebut dapat berkurang, agar supaya potensi kanker yang diakibatkan oleh pancaran radiasi ponsel dapat dikurangi. 
 
Meskipun belum ada bukti klinisnya tentang korelasi antara radiasi dengan risiko kanker yang ditimbulkan. Namun demikian, sebaiknya apa saja yang perlu kita lakukan supaya terhidar dari kemungkinan buruknya yang bisa saja terjadi terhadap kesehatan tubuh kita. 

Berikut cara mengurangi risiko kesehatan yang diakibatkan oleh radiasi hp bagi mereka para pengguna hp, yaitu :

1. Gunakan headset

Berdasarkan informasi dari Environmental Working Group (EWG) bahwa dengan menggunakan headset maka radiasi dari ponsel kita akan lebih kecil karena kita telah menjauhkan ponsel dari kepala Anda. 

Dan dengan semakin jauh kita dari sumber radiasi yang dipancarkan oleh ponsel kita maka paparan radiasi pun menjadi lebih sedikit yang akan mempengaruhi tubuh kita, terutama bagian otak kita.

2. Berkomunikasi dengan mengirim pesan daripada telepon

Jika memang masih bisa dimungkinkan menggunakan dengan cara mengirim pesan maka akan lebih baik kita menggunakan cara dengan mengirimkan pesan singkat daripada telepon. 

Karena dengan cara tersebut akan membuat ponsel menggunakan sedikit energinya dan pancaran radiasinya pun akan berkurang juga sehingga sumber radiasi ponsel terhadap otak akan berkurang.

Jika kita memang harus telepon dalam berkomunikasi maka sebaiknya dapat dilakukan dengan cepat dan pilihlah hanya untuk panggilan penting saja. Usahakan Batasi pembicaraan jika menggunakan telepon, maksimal hanya satu jam saja.

3. Jika signal buruk, jauhkan hp dari telinga

Apabila pada saat melakukan panggilan telepon terlihat sinyal tidak ada atau sinyal buruk maka sebaiknya jauhkan ponsel dari telinga kita. Monitor sinyal dengan cara melihat langsung ke ponsel sampai telepon kita bisa tersambung dan memperoleh signal dengan baik. 

Pada saat ponsel kita signalnya buruk maka radiasi ponsel kita akan lebih besar karena ponsel kita akan bekerja lebih berat untuk bisa memperoleh signal yang bagus.

4. Jauhkan hp saat menunggu tersambung

Sebelum ponsel kita bisa tersambung kepada pihak yang kita inginkan maka sebaiknya jauhkan ponsel dari telinga kita. Karena hal Ini dapat meminimalisir paparan radiasi yang dapat mempengaruhi otak kita. 

Pada saat kita berbicara dengan menggunakan ponsel sebaiknya posisi ponsel kita miringkan dari telinga kita supaya tingkat pancaran radiasi dapat berkurang ketika ponsel menerima sinyal pada saat transmisi.

5. Jangan membuat panggilan di lift atau mobil

Kita semua tentu sudah banyak yang tahu bahwa menerima atau menelepon pada saat berada di mobil dapat berbahaya. Karena Ponsel menggunakan lebih banyak tenaga untuk dapat tersambung di ruangan logam tertutup seperti lift dan mobil, sehingga dalam kondisi ini akan banyak memancarkan radiasi.

6. Hindari anak anak dari hp

Sebisa mungkin kita dapat menghindarkan anak-anak dari ponsel atau bisa juga menggunakan pelindung radiasi, diantaranya menggunakan kaca mata anti radiasi anak supaya dapat melindungi mata anak ketika melihat video melalui hp. 
 
Hal ini, karena dijaman modern seperti sekarang ini, kita banyak melihat kalau anak balita sudah menggunakan ponsel untuk bermain. 

Menurut para ahli bahwa justru anak anak inilah paling rentan terhadap potensi bahaya radiasi karena otak anak anak akan menyerap radiasi ponsel dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa.

7. Pilihlah hp dengan radiasi rendah

Sebaiknya pilihlah ponsel yang mempunyai pancaran radiasi yang lebih rendah dengan cara Cek SAR (spesific absorption rate), karena cara ini digunakan untuk mengukur penyerapan radiasi di tubuh dan biasanya ini bisa dilihat dalam instruksi manual ponsel.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengurangi radiasi hp, Anda wajib tahu, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar