Cara mengatasi sesak nafas, tepat, alami dan tanpa obat

Sesak nafas yang disebabkan diluar penyakit diantaranya sesak nafas karena jantung, sesak nafas saat tidur, sesak nafas di malam hari dan yang lainnya.

Cara alami tepat mengatasi sesak nafas

Bagaimana cara alami tanpa obat kimia dan dengan menggunakan obat herbal untuk mengatasi sesak nafas. Hal ini, bisa Anda lakukan jika sesak nafas tersebut bukan disebabkan karena suatu penyakit penyertanya ya
 
Penyebab sesak nafas karena penyakit memang ada banyak macamnya, diantaranya sesak nafas karena jantung, sesak nafas karena asam lambung, sesak nafas karena batuk pilek, sesak nafas karena asma dan mungkin masih banyak lagi masalah kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan sesak nafas.
 
Dimana kondisi sesak nafas ini dapat dialami yaitu sesak nafas saat tidur, sesak nafas di malam hari, dimana sesak nafas yang bukan karena penyakit bisa saja dialami oleh setiap orang diantaranya sesak nafas saat hamil, sesak nafas karena alergi dan lain sebagainya.

Cara mengatasi sesak nafas ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyakit penyerta apa yang telah menjadi penyebab sesak nafas tersebut. Hal ini, agar kondisi ini dapat segera dilakukan pengobatan dari dokter ahlinya. 

Berikut akan saya bahas secara singkat, sehingga paling tidak cara ini dapat digunakan sebagai langkah awal untuk mengatasi jika terjadi serangan sesak nafas. 

Sebelumnya kita perlu mengetahui terlebih dahulu, bahwa sesak nafas atau istilah lainnya adalah dyspnea, merupakan suatu keadaan yang membuat kita tidak merasa nyaman dan akan mengalami kesulitan bernafas. 
 
Hal ini, disebabkan karena kurangnya pasokan udara atau oksigen yang masuk ke dalam paru paru sehingga terjadilah sesak nafas tersebut. 

Dalam keadaan normal, maka pada saat kita bernafas udara akan keluar dan masuk ke paru paru secara normal, sehingga aktifitas bernafas tersebut akan melibatkan anggota tubuh kita.
 
Aktifitas bernafas ini akan melibatkan paru paru, diafragma, otot dinding dada, pusat pernafasan di otak, jaringan saraf, molekul pensinyalan impuls saraf, sejumlah reseptor kimia serta mekanis di otak dan juga pembuluh darah.


Pada saat kita mengalami sesak nafas maka anggota tubuh yang terlibat pada saat kita bernafas tadi akan bekerja lebih keras, karena kurangnya oksigen yang dapat masuk. 
 
Sesak nafas merupakan salah satu tanda atau signal yang diberikan oleh tubuh manusia, yang menunjukkan kalau ada gangguan kurang sehat pada tubuhnya. 

Penyebab sesak nafas di malam hari adalah :

Terjadi gangguan pada paru paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), kanker paru paru, stroke, distrofi muskular, obesitas, anemia, gagal jantung, emboli paru, efusi pleura, penyempitan jantung, kelelahan dan bisa juga karena terjadi karena serangan panik.

Selain itu, banyak juga orang yang mengalami sesak nafas karena maag, mengapa bisa terjadi sesak nafas karena maag tersebut?. 

Hal ini disebabkan karena asam lambung naik ke kerongkongan dan masuk ke tenggorokan dan paru paru sehingga membuat saluran pernafasan membengkak dan membuat sulit bernafas. Kalau sampai ini terjadi maka segeralah di bawa ke dokter untuk memperoleh pengobatan.

Berat ringannya dari sesak nafas memang ada peringkatnya, dari yang kondisi paling ringan hingga yang paling berat. Tanda tanda sesak nafas akan memperlihatkan kondisi seperti : kulit nampak pucat, denyut nadi cepat, demam, pingsan.

Jika sesak nafas tergolong berat dan muncul sesudah reaksi alergi, maka kondisi ini merupakan kondisi gawat darurat medis dan harus segera ditangani, karena kalau sampai terlambat ditangani maka akan mengancam jiwa seseorang.

Sesak nafas tiba tiba terjadi di malam hari banyak dialami oleh sebagian orang. Sesak nafas di malam hari ini yang terjadi secara tiba tiba ini dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
 
- Orthopnea : merupakan sesak nafas yang muncul ketika pasien dalam posisi berbaring 
- Paroxysmal nocturnal dyspnea : merupakan kesulitan bernafas yang muncul dalam beberapa jam setelah seseorang tertidur

Dan perlu kita ketahui bersama bahwa cara untuk mengatasi sesak nafas, bukan merupakan pengganti obat utama dari penyakit yang menimbulkan sesak nafas tersebut ya, akan tetapi hanya untuk membantu meringankan dari gejala sesak nafas itu sendiri.

Berikut cara mengatasi sesak nafas, alami dengan melatih tubuh kita :

Biasanya sesorang yang mengalami sesak nafas atau kesulitan bernafas dalam jangka waktu cukup singkat, akan tetapi ada juga yang mengalami sesak nafas dalam jangka waktu yang cukup lama dan bahkan sampai berminggu minggu. 

Apabila sesak nafas yang dialami bukan merupakan kondisi darurat medis maka tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara alami atau melatih tubuh, sebagai berikut.

1. Pursed-lip Breathing

Pursed-lip Breathing adalah salah satu tehnik bernafas yang dapat digunakan untuk mengatasi sesak nafas yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Tehnik ini dapat membantu memperlambat laju pernafasan kita sehingga akan membuat nafas kita menjadi lebih dalam dan efektif.

Cara ini bisa dilakukan setiap saat ketika kita mengalami sesak nafas, terutama pada saat kita dalam kondisi membungkuk, mengangkat benda maupun pada saat menaiki tangga.

Caranya : relaksasikan otot leher dan bahu kita kemudian tutup mulut pada saat kita menghirup udara dari hidung. Bernafaslah perlahan lahan melalui hidung dalam 2 hitungan, kemudian buang nafas secara perlahan lahan melalui celah bibir atau mulut kita sampai hitungan ke 4.

2. Posisi Duduk Kedepan Dan Sedikit Membungkuk 

Lakukan dengan cara istirahat sambil duduk maka akan dapat membantu membuat tubuh rileks dan bernafas akan lebih mudah.

Caranya : Kondisikan posisi duduk dikursi dengan kedua telapak kaki menapak di lantai, kemudian condongkan dada agak kedepan. Lanjutkan dengan meletakan siku tangan dilutut secara perlahan dan menahan dagu dengan tangan, usahakan otot leher dan bahu kita tetap rileks. 

Bisa juga dilakukan dengan posisi duduk kemudian bertumpu dimeja dan istirahatkan lengan dengan posisi kepala kita dimeja, gunakan batal untuk menyangga kepala kita supaya nyaman.

3. Posisi Berdiri Dan Menyandar Dinding

Pada posisi berdiri dan menyandar dinding ternyata bisa membantu merilekskan tubuh dan saluran pernafasan kita.

Caranya : Berdiri dan menyandar di dinding dan dengan menempelkan pinggul kita didinding dan kedua kaki terbuka selebar bahu, kemudian letakkan tangan disamping kedua paha kita. Usahakan santai dan condongkan badan agak kedepan. 

Bisa juga dilakukan dengan cara berdiri kemudian letakkan telapak tangan dimeja untuk menumpu tubuh kita dan untuk merilekskan otot leher dan bahu kita.

4. Berbaring Posisi Miring

Berbaringlah dengan menggunakan bantal yang ditinggikan diantara kedua kaki dan kepala, kemudian bernafaslah pada posisi berbaring miring dan usahakan posisi punggung tetap lurus. 

Atau bisa juga dengan berbaring telentang dengan posisi kepala agak ditinggikan dan beralaskan bantal, setelah itu tekuk lutut dan dengan meletakkan bantal dibawah lutut.

Kedua cara ini dapat membantu tubuh serta saluran udara menjadi rileks sehingga membuat pernafasan menjadi lebih mudah.

5. Pernafasan Diafragma

Lakukan dengan menggunakan pernafasan diafragma merupakan salah satu cara untuk mengatasi sesak nafas.

Caranya : Duduklah di kursi kemudian rilekskan lutut, bahu, kepala serta leher, kemudian letakkan satu tangan kita diatas perut dan satu tangan lagi letakkan didepan dada. 

Bernafaslah secara perlahan lahan melalui hidung sampai tangan kita merasakan perut kita bergerak ketika bernafas. Pada saat menghembuskan nafas, maka kencangkanlah otot perut kemudian buanglah nafas melalui bibir mengerucut atau mulut secara perlahan lahan.

Usahakan berikan penekanan pada saat menghembuskan nafas dari pada pada saat mengirup nafas, dan menghembuskan nafas usahakan lebih lama dari pada bisanya sebelum perlahan lahan menghirup nafas kembali, dan ulangi lagi kira kira 5 menit.

6. Batuk Terkontrol

Dengan cara melakukan batuk secara terkontrol maka akan dapat membantu kita bernafas lebih baik, apalagi jika tenggorakan atau disekitar paru paru kita banyak lendirnya maka dengan cara inilah maka akan dapat membantu sekali pernafasan kita. 


Untuk dapat terhindar dari sesak nafas maka wajib menerapkan pola makan sehat, pola hidup sehat atau gaya hidup sehat yang harus dijalani dengan disiplin. 

Misalnya : Berhentilah merokok atau hindarilah asap rokok, hindarilah polusi udara dan usahakan berat badan ideal atau jangan terlalu gemuk, jaga pola makan dengan mengkonsumsi menu sehat dan istirahat yang cukup. 

Dalam mencoba mengatasi sesak nafas dengan cara cara diatas, sebaiknya tenangkanlah pikiran dan emosi kita supaya kondisi rileks dapat diperoleh dan membuat nafas menjadi lebih baik. 

Akan tetapi jika sesak nafas berkepanjangan di malam hari atau sesak nafas yang dikuti dengan demam, menggigil, pergelangan kaki membengkak dan dingin, sesak nafas karena asam lambung tak kunjung sembuh maka segeralah dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengatasi sesak nafas, tepat, alami dan tanpa obat, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu. 

0 komentar