11 Cara menjaga kesehatan mata, sebagai pekerja kantoran


Cara menjaga kesehatan mata, supaya mata tetap sehat dan jernih sangat diperlukan oleh Anda yang selalu bekerja di depan komputer atau laptop

Tips menjaga kesehatan mata kita pada saat kerja

Di jaman sekarang dengan kecanggihan teknologi yang serba komputer maka dalam melaksanakan pekerjaan sehari hari di kantor, pasti tidak akan bisa terlepas dari peranan komputer dalam membantu menyelesaikan pekerjaan kantornya. 
 
Cara agar mata sehat maka kita harus menjaga kesehatan mata dengan menggunakan vitamin untuk kesehatan mata, mengkonsumsi makanan untuk kesehatan mata.

Kebanyakan dari para pekerja kantoran akan bekerja didepan komputer atau laptopnya, rata rata mereka akan di depan komputer atau laptopnya lebih dari 8 jam sehari. Oleh sebab itu, sangatlah diperlukan bagaimana cara menjaga kesehatan mata Anda supaya tetap sehat.

Dengan kegiatan yang selalu menggunakan komputer tentu saja akan membuat mata menjadi lelah, oleh sebab itu Anda harus menjaga mata dan merawat kesehatan mata Anda.

Sayangi mata Anda, karena setiap harinya mata Anda akan selalu berhadapan dengan monitor komputer atau laptop. Hal ini, karena fungsi dan peran mata sangat penting bagi manusia sebagai indera penglihatan. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan mata Anda sebaik baiknya.

Pekerja kantoran yang selalu menghadap komputer atau laptop lebih dari 8 jam sehari dan ditambah lagi dengan kesadaran untuk menjaga kesehatan mata yang kurang, maka banyak pekerja kantoran yang rentan mengalami gangguan pada mata.

Gangguan mata tersebut diantaranya adalah munculnya gejala sakit kepala, penglihatan kabur, mata lelah, merah, kering atau berkedut. Nah, untuk mengatasicara merawat mata agar tetap sehat dan jernih, beikut tipsnya ya.

Beberapa Tips yang dapat kita ikuti untuk melakukan, cara menjaga kesehatan mata kita pada saat kerja di kantor, yaitu :

1.  Mengatur Jarak Pandang

Kita harus mengatur jarak yang benar, dengan cara menjaga jarak pandang mata Anda dengan monitor, kira kira jarak yang paling baik yaitu antara 50 - 100 cm. 
 
Sehingga jaraknya jangan terlalu jauh dan juga jangan terlalu dekat, kemudian Anda sebaiknya menggunakan meja dan kursi yang nyaman pada saat bekerja karena meja dan kursi yang nyaman akan mengurangi rasa lelah Anda pada saat bekerja.

2.  Gunakan LCD Monitor

Disarankan supaya Anda bisa menggunakan LCD monitor dan LCD monitor dapat di set sesuai dengan kenyamanan mata Anda, sehingga LCD monitor tersebut dapat menjaga kesehatan mata Anda yang harus seharian penuh berada di depan layar monitor komputer atau laptop.

Mata akan menjadi letih apabila seseorang berada dihadapan komputer, smartphone, laptop terlalu lama. Akibatnya akan memunculkan gejala berupa nyeri leher, sakit kepala, sakit pada bahu dan punggung, mata menjadi kering, pandangan mata jadi kabur.

Apabila Anda memang harus bekerja didepan komputer terus menerus maka sebaiknya istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik maupun setiap 20 menit sekali. Selain itu, dapat mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali selama 15 menit.

Jika mata terasa kering maka Anda dapat mengedipkan mata Andat maupun dapat meneteskan obat tetes mata.

3.  Hindari paparan sinar ultraviolet

Selain kulit, mata juga perlu kita lindungi dari efek paparan sinar ultra violet karena mata yang terlalu sering terpapar sinar ultra violet akan berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar bahkan yang lebih berbahaya lagi adalah kanker mata.

Oleh sebab itu, gunakan kaca mata hitam sangat disarankan agar mata dapat terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB secara langsung atau dapat menggunakan topi bertepi lebar ketika beraktivitas pada siang hari.

4.  Perbanyak Minum Air Putih

Manfaat minum air putih memang sudah banyak dibahas kebaikannya bagi kesehatan tubuh kita, sehingga disarankan kita harus memperbanyak minum air putih karena kekurangan minum air putih akan menyebabkan tubuh kita tidak dapat memproduksi air mata yang berguna untuk menjaga kelembaban mata kita.

5.  Mengkonsumsi makanan bergizi

Atur asupan makanan yang Anda konsumsi yaitu dengan cara memperbanyak makan buah dan sayuran. Kemudian diikuti dengan minum yang cukup serta konsumsi tambahan vitamin dan mineral secara teratur, supaya mata Anda akan tetap sehat.

Makanan makanan yang bernutrisi dan memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein selenium serta asam lemak omega-3 sangat bagu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Hal ini, karena beberapa nutrisi tersebut diyakini dapat mencegah masalah kesehatan mata yang ada hubungannya dengan usia, diantaranya katarak dan degenerasi makula.

Nutrisi nutrisi ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang kacangan dan buah jeruk.


6.  Stop Merokok

Hal ini, karena merokok dapat meningkat risiko terkena penyakit katarak, degenerasi makula serta kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan dan merusak retina mata. Oleh sebab itu, mulai sekarang usahan hentikan kebiasaan merokok.

7.  Mengatur Pola Tidur

Dengan mengatur pola tidur yang baik dan pola tidur yang berkualitas yaitu usahakan tidur selama 6 - 8 jam sehari dan istirahatkan mata anda sejenak setiap setiap 20 menit  sekali selama 20 detik, akan dapat menjaga kesehatan mata Anda.

8.  Berolahraga Secara Teratur

Sediakan waktu untuk berolahraga secara teratur karena dengan berolahraga secara teratur maka manfaatnya  adalah akan dapat menunda Degenerasi Makula terkait dengan usia Anda.

Menurut sebuah penelitian bahwa olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata yang dapat mengakibatkan risiko kehilangan penglihatan akibat penyakit tekanan darah tinggi, diabetes serta kadar kolesterol tinggi.

 

9.  Cuci Mata Dan Muka

Cucilah mata dan muka anda dengan air dingin karena dengan mencuci mata dan muka anda dengan air dingin maka akan dapat membantu membuat mata dan wajah anda menjadi rileks dan kembali segar serta dapat mengurangi ketegangan mata karena lelah.

10.  Sirkulasi Udara

Anda perlu memperhatikan juga tentang sirkulasi udara yang ada di ruangan kerja Anda, selain itu ada juga hal lain yang perlu diperhatikan terkait dengan ruangan yaitu cahaya ruangan. Sehingga usahakan untuk menggunakan cahaya ruangan yang cukup sehingga tidak memperberat kerja mata anda.

11.  Tes kesehatan mata secara teratur

Disarankan untuk melakukan tes kesehatan mata secara rutin, paling tidak dapat Anda lakukan setiap 2 tahun sekali. Namun demikian, jika usia seseorang sudah mencapai lebih dari 40 tahun maka sebaiknya memeriksakan mata setiap tahun sekali.

Hal ini, dilakukan agar supaya dapat mencegah penyakit mata yang ada hubungannya dengan bertambahnya usia seseorang. Diantaranya adalah penyakit degenerasi makula, glaukoma akibat diabetes serta mata katarak.

Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin maka akan dapat memantau keadaan mata dan mendeteksi sejak dini masalah kesehatan mata yang diturunkan secara genetik dari orang tua kepada anaknya. Hal ini, supaya dapat dilakukan penanganan segera dan tepat.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang 11 Cara menjaga kesehatan mata, sebagai pekerja kantoran, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar