Cara mengobati sakit mata merah, berdasar penyebabnya

Mata merah terjadi akibat iritasi atau radang pembuluh darah di bagian putih mata

Cara menyembuhkan sakit mata merah

Sakit mata merah dapat menyebabkan mata menjadi bengkak berair serta muncul belekan. Obat sakit mata belekan, obat sakit mata merah dan bengkak sangat dibutuhkan untuk dapat mengobati sakit mata ini dengan cepat dan ampuh ya yaitu dapat berupa salep sakit mata atau obat tetes mata. 
 
Nah, berikut ini kami akan membahas penyebab mata sakit dan bengkak dan cara mengobati sakit mata dengan cepat, serta ciri ciri sakit mata tersebut.

Ciri ciri sakit mata dapat berupa mata merah, mata berair, kering dan nyeri. Penyakit mata selain mengalami gangguan pada mata menjadi merah, perih dan nyeri, bahkan ada yang sampai menimbulkan bengkak pada sekitar mata.

Kemudian diikuti dengan munculnya belekan di sudut mata Anda. Hal ini, akan menghambat pandangan mata Anda karena mata Anda menjadi pedih dan berair bahkan sampai bengkak.

Meskipun penyakit mata merah ini tidak berbahaya dan tidak mematikan, namun demikian penyakit mata jangan sampai Anda sepelekan ya, karena penyakit mata ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda juga. 

Orang yang Anda jumpai akan takut bertatapan langsung dengan mata Anda yang merah, karena mereka kuatir akan tertular sakit mata juga.

Teman teman Anda banyak yang menjauh dan tidak mau berdekatan dan bertatap muka langsung dengan Anda yang sedang sakit mata. Mengapa demikian? penyebabnya adalah karena mereka takut tertular. Lalu, apakah penyakit mata menular?

Sakit mata bisa disebabkan karena iritasi, alergi maupun infeksi. Oleh sebab itu, sakit mata yang disebabkan oleh infeksi bisa saja disebabkan oleh virus, bakteri bahkan jamur atau parasit. Nah, penyakit mata yang disebabkan oleh virus inilah yang dapat menular.
 

Jika mata Anda terasa gatal, sebaiknya Anda jangan mengucek ngucek mata Anda tersebut ya karena dengan mengucek ngucek mata maka akan dapat menyebabkan mata Anda menjadi iritasi. 

Saran yang dianjurkan jika mata Anda merasa gatal, sebaiknya diberi obat tetes mata supaya rasa gatal tersebut akan segera hilang dengan sendirinya. Selain itu, sakit mata yang bukan karena virus dapat juga diobati dengan bisa menggunakan obat alami sakit mata berupa obat sakit mata alami daun sirih.

Apa saja macam macam penyakit mata :

1. Viral Conjunctivitis

Penyakit mata yang disebabkan oleh virus merupakan jenis penyakit mata yang menular, penyakit mata ini dinamakan Viral Conjunctivitis. 

Untuk mengobati penyakit mata jenis ini tidak diperlukan perawatan khusus karena penyakit mata ini akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari berlangsung. Apabila terkena penyakit mata jenis ini maka akan muncul cairan bening dan encer dari mata.

2. Bakteri atau virus

Sakit mata merah disebabkan karena bakteri sehingga sakit mata merah yang satu ini cukup serius, karena jika tidak segera diobati maka bisa menyebabkan kerusakan pada mata Anda.

Apa perbedaannya antara sakit mata merah yang disebabkan oleh virus atau bakteri dengan yang disebabkan oleh viral konjuncitivitis?

Perbedaannya terletak pada cairan yang dikeluarkan oleh mata Anda, jika sakit mata merah disebabkan oleh viral konjuncitivitis maka cairan yang keluar bening dan encer. 
 
Namun demikian, jika sakit mata merah disebabkan oleh virus atau bakteri maka cairan yang dikeluarkan kental dan berwarna kekuningan atau biasa Anda sebut dengan belek.

Apa pula persamaannya? Persamaan bahwa sakit mata yang disebabkan oleh viral konjuncitivitis dengan yang disebabkan oleh virus atau bakteri adalah termasuk dalam penyakit mata yang menular.

3. Alergi

Sakit mata merah bisa juga disebabkan karena seseorang alergi terhadap debu, serbuk sari serta bulu hewan peliharaan. Penyakit mata jenis ini tidak menular, namun bisa muncul dalam waktu yang lama dan biasanya ditandai dengan rasa gatal pada mata Anda.

4. Iritasi

Mata merah yang disebabkan karena iritasi, akan terjadi apabila mata Anda kelilipan ataupun mata Anda terkena percikan. Ciri ciri sakit mata karena iritasi adalah mata akan berair dengan sedikit kental, dan sakit mata merah ini akan sembuh dalam waktu sehari atau lebih.

Cara Mengobati Sakit Mata Merah :

1. Viral Conjunctivitis

Jenis sakit mata viral conjunctivitis dapat mengobati sakit mata dengan menggunakan salep sakit mata berupa salep anti biotik. Sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari setelah diberikan salep sesuai dengan penggunaan takarannya dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter.

2. Sakit mata karena bakteri

Jenis sakit mata yang disebabkan oleh virus atau bakteri memang tidak memerlukan pengobatan khusus karena sakit mata ini akan sembuh sendiri dalam waktu 1 sampai dengan 3 minggu, dan hanya memerlukan obat anti virus, jika hasil pemeriksaan dokter penyebabnya adalah virus herpes simplex.

3. Sakit mata karena Alergi

Jika jenis sakit mata yang disebabkan karena alergi, maka bisa digunakan obat tetes mata. Obat tetes mata ini harus atas konsultasi dan pemberian dari dokter, karena dokter biasanya akan memberikan obat supaya dapat mencegah dan mengurangi alerginya. 


Dari ulasan diatas tentang adanya berbagai macam penyebab sakit mata, memang perlu kita ketahui bersama, sehingga cara penyembuhannya juga bisa tepat. Artikel ini penting karena dapat digunakan untuk menambah pengetahuan kita tentang penyakit mata jika Anda mengalaminya.

Sehingga sedikit banyak kita sudah mempunyai gambaran, termasuk jenis sakit mata yang mana, yang Anda alami tersebut?, dan obat jenis apa yang nantinya akan Anda gunakan jika Anda mengobatinya sendiri atau jika Anda menerima obat dari dokter ahlinya. 

Untuk porsi obat yang kita gunakan memang harus disesuaikan dengan petunjuk dokter supaya sakit mata Anda cepat sembuh dan tidak menimbulkan efek lain pada mata Anda. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengobati sakit mata merah, berdasar penyebabnya.  Semoga bermanfaat. 
 
Apabila bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu

0 komentar