Cara mengobati bisul cepat kempes, dengan obat alami

Ciri ciri bisul adalah terdapat benjolan merah yang ada matanya dan bernanah

Cara menyembuhkan bisul secara alami

Obat bisul paling ampuh dapat dicoba dengan menggunakan obat bisul alami maupun salep bisul supaya bisul cepat kempes. 
 
Nah, apakah yang dimaksud dengan bisul atau furunkel ini? Bisul merupakan sebuah benjolan yang muncul di permukaan kulit, disekitar bisul berwarna agak kemerahan dan berisi nanah, serta akan terasa nyeri. 
 
Cara mengobati bisul selain menggunakan obat bisul alami maka orang tua kita sejak dahulu telah menggunakan salep untuk bisul berupa salep hitam untuk bisul dan antibiotik untuk bisul. Lalu kenapa seseorang bisa bisulan?

Munculnya bisul, sering disebabkan karena infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut yaitu tempat tumbuhnya rambut
 
Bisul dapat terjadi di area tertentu antara lain dapat dibagian seperti bisul di mata, bisul di kemaluan (bisul di miss v), bisul di kepala, bisul di anus, bisul di payudara, bisul di selangkangan, bisul di mata dan bisul di pantat.

Pada anak anak, sering terjadi bisul di mata yang biasa disebut dengan timbilen dan bisul dikepala. Nah, cara menyembuhkan bisul agar cepat kempes dapat menggunakan salep bisul ampuh berupa salep bisul hitam maupun dengan menggunakan salep bisul tradisional.


Benjolan yang berisi nanah tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang dapat mendorong terjadinya inflamasi pada folikel rambut atau pada lubang di pori pori kulit tempat tumbuhnya rambut.

Bakteri jenis Staphylococcus aureus ini dapat ditemukan didalam kulit serta didalam hidung. Sedangkan infeksi bisa terjadi, jika bakteri tersebut masuk ke folikel rambut melalui goresan luka ataupun karena gigitan serangga.

Bakteri yang ada di bisul biasanya disebut dengan karbunkel, karbunkel ini bisa menyebar ke bagian lapisan kulit sehingga akan muncul selulitis yang dapat menyebabkan kulit melepuh atau impetigo, dan kalau karbunkel ini menyebar ketulang disebut dengan osteomietis. 

Penyebaran ini sangat membahayakan karena dapat membuat organ tubuh lainnya terinfeksi juga. Contohnya : organ tubuh yang dapat terinfeksi adalah jantung.


Kalau kita jumpai bisul yang sering kita lihat, maka bisul biasanya akan muncul di kulit yang ditumbuhi rambut, sehingga jarang sekali kita jumpai bisul yang muncul di telapak tangan, telapak kaki, di bagian bibir ataupun dibagian lidah.

Yang sering terjadi, bisul sering muncul di bagian ketiak, kepala, leher, paha, pantat ataupun bagian wajah. Di bagian bagian tersebut, tentu saja merupakan bagian yang ditumbuhi rambut dari kulit Anda. 

Namun demikian bisul bisa saja muncul dibagian kemaluan, karena daerah tersebut sering mengalami gesekan serta berkeringat, dan bisul juga bisa muncul dibagian kelopak mata yang sering disebut dengan bintilan atau timbilan.

Bisul memang sering sekali muncul dibagian kulit kita yang berbulu tadi dan di bagian kulit kita yang sering mengeluarkan keringat, demikian juga dibagian yang sering terjadi gesekanpun dapat menjadi tempat munculnya bisul.

Apa penyebab bisul? bisul bukan disebabkan karena makanan, tetapi pemicu utama bisul adalah bakteri yang umumnya berjenis staphylococcus. Untuk jenis makanan seperti makanan yang tinggi lemak, tinggi karbohidrat, tinggi gula akan dapat memperparah bisul.

Biasanya rasa sakit karena bengkak akan berkurang apabila bisul sudah pecah, namun bagaimana cara mengobati bisul yang sudah pecah tapi masih bengkak supaya bisul yang sudah pecah dapat cepat kering. 

Berikut cara mengobati bisul yang sudah pecah tetapi masih keras :

- Bersihkan dengan air hangat.

- Olesi area infeksi dengan antiseptik.

- Pakailah salep bisul.

- Tutup area bisul yang pecah dengan perban.

- Mengganti perban secara berkala.

- Lakukan cuci tangan setiap akan merawat bisul.

- Minumlah obat antinyeri.

- Selalu menjaga kebersihan kulit.

 

Apakah tanda tanda dari gejala bisul :

- Muncul benjolan agak kemerahan yang muncul di kulit

- Terasa hangat kalau dipengang

- Benjolan berisi nanah

- Muncul titik putih dibagian puncak benjolan

Jika kita menderita bisul pada kulit Anda maka janganlah kuatir, karena Anda bisa mencoba dahulu untuk menyembuhkan bisul sendiri dengan memanfaatkan obat alami yang ada disekitar Anda.

Mengobati bisul secara alami dengan obat bisul tradisional agar bisul cepat kempes :

1. Mengkompres dengan air hangat

 
Kompres, air hangat

Dalam menyembuhkan bisul yang masih ringan, maka seharusnya Anda tidak perlu ke dokter terlebih dahulu. Karena Anda bisa mencoba menyembuhkan sendiri terlebih dahulu, dengan cara mengkompresnya dengan air hangat.

Caranya : ambil waslap yang lembut kemudian basahi waslap dengan air hangat, tempelkan waslap tersebut pada bagian bisul minimal 3 x sehari. Dengan mengkompres air hangat, maka akan  dapat mengurangi rasa sakit serta dapat membuat nanah berkumpul di puncak benjolan.

Kemudian bersihkan bisul yang sudah pecah dengan memakai kain kasa yang sudah diberi alkohol dan sabun anti bakteri, kemudian oleskan obat bisul dan tutup bagian bisul yang sudah pecah tadi dengan kain kasa steril.

Ganti perban tersebut minimal 2 hingga 3 kali sehari, basuhlah tangan kita setiap kali selesai mengobati bisul supaya bakteri tidak membuat infeksi ke bagian tubuh yang lain.

Dan jangan sekali kali Anda memecahkan bisul dengan paksa, karena hal ini akan membuat infeksi akan menjadi semakin parah, sehingga biarkanlah supaya bisul pecah sendiri.

2. Lidah buaya


Lidah buaya

Ternyata lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul meskipun kondisi bisul sudah cukup parah, karena lidah buaya banyak mengandung mineral alami, vitamin serta antioksidan.

Caranya : Ambil bagian daging lidah buaya kemudian oleskan ke bagian bisul secara rutin, setelah itu area bisul yang sudah diolesi ditutup dengan kain halus.

3. Mentimun dan biji pala


Mentimun, biji pala

Ternyata mentimun mempunyai kandungan anti inflamasi yang cukup tinggi, hal ini dapat digunakan untuk mencegah peradangan yang terjadi pada kulit kita. Dan untuk biji pala dapat digunakan karena banyak mengandung anti bakterial yang bisa melawan infeksi.

Caranya : Ambil 1 buah mentimun kemudian haluskan semuanya baik biji maupun kulitnya, setelah halus campurkan dengan biji pala. 
 
Ramuan yang sudah tercampur tadi bungkus dengan menggunakan daun pisang, setelah itu oleskan pada area bisul dan biarkan sampai mengering kemudian bersihkan dengan air hangat.

4. Bawang putih 


Bawang putih

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati bisul karena bawang putih mempunyai kandungan antibiotik yang cukup tinggi.

Caranya : Ambil 2 siung bawang putih kemudian haluskan dan tempelkan di area bisul yang sebelumnya sudah dikompres dengan air hangat. Tutup area yang sudah diberi bawang putih tadi dan biarkan sampai bawang putih meresap ke area bisul tersebut. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

5. Bawang merah 


Bawang merah

Jika kebetulan dirumah tidak tersedia bawang putih maka bawang merah juga dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul. Hal ini, karena baik bawang putih maupun bawang merah, keduanya dapat digunakan untuk mempercepat proses bisul menjadi kering.

Caranya : Ambil 2 siung bawang merah kemudian haluskan, setelah halus tempelkan pada area bisul yang sebelumnya sudah dikompres dengan air hangat. Biarkan sampai 1 atau 2 jam lamanya, kemudian bersihkan dengan air hangat.

6. Temulawak 


Temulawak

Temulawak biasanya dapat diolah menjadi salah satu minuman herbal yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu temulawak dapat digunakan untuk obat herbal bisul.

Caranya : ambil 1 ruas temu lawak kemudian dipotong tipis tipis dan rebus dengan 2 gelas air, tambahkan sedikit gula aren, setelah mendidih tambahkan asam jawa seibu jari. Setelah dingin, air temulawak tersebut saringlah dan minumlah semuanya.

7. Asam jawa


Asam jawa

Asam kawak atau asam jawa merupakan asam jawa yang sudah diolah sehingga akan berwarna cenderung lebih hitam. Asam jawa atau asam kawak juga dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul sebagai obat luar yang dioleskan ke bagian bisul.

Caranya : Ambil asam kawak kemudian campurkan dengan minyak kelapa dan garam secukupnya, setelah tercampur rata kemudian oleskan pada area bisul yang sudah dibersihkan. Biarkan sampai ramuan tersebut mengering, kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

8. Daun sirsak


Daun sirsak

Daun sirsak ternyata juga banyak mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehingga daun sirsak dapat digunakan juga untuk pengobatan bisul.

Caranya : Ambil daun sirsak secukupnya setelah itu tumbuk daun sirsak hingga halus, kemudian tempelkan ke area bisul. Biarkan sampai kering, setelah itu bilaslah dengan air hangat sampai bersih.

9. Daun sirih


Daun sirih

Daun sirih juga merupakan salah satu yang mengandung ekstrak yang mengandung antibiotik yang dapat menyembuhkan bisul, serta dapat mencegah penyebaran bakteri ke bagian kulit yang lainnya.

Caranya : Ambil 3 lembar daun sirih yang sudah dicusi bersih, kemudian tubuk daun sirih tersebut hingga halus. Setelah halus tempelkan daun sirih tersebut ke area bisul, biarkan 1 hingga 2 jam, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Apabila bisul dalam kondisi sudah berukuran besar atau biasa disebut dengan karbunkel maka tindakan penyembuhannya memang membutuhkan pertolongan dokter umum, untuk dilakukan pembedahan supaya nanah dan darah kotornya dapat dikeluarkan.

Biasanya dokter akan memberikan obat salep antibiotik (salep bisul), apabila kondisi bisul mengalami kondisi sebagai berikut :

- Muncul demam

- Terjadi infeksi yang serius dan komplikasi

- Bisul sering kambuh

Demikianlah beberapa cara untuk menyembuhkan bisul sebagai obat herbal bisul yang dapat Anda coba dan Anda lakukan sendiri di rumah. 

Demikian juga untuk pembuatan ramuannya maupun pengobatan bisul yang dapat Anda lakukan sendiri dengan cukup mudah. 
 
Anda bisa menentukan sendiri bahan bahan alami diatas yang kebetulan tersedia di rumah, sehingga Anda dapat  membuat ramuannya dan dipergunakan sebagai pengobatan bisul Anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengobati misul cepat kempes, dengan obat alami, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu. 

0 komentar