Cara menghilangkan bercak putih diwajah, bercak bukan penyakit

Bercak putih pada kulit tapi bukan panu bisa disebabkan karena terpapar sinar matahari atau bekas luka, bercak putih seperti panu tapi tidak gatal.

Tahukah Anda bahan alami yang dapat menghilangkan bercak putih di kulit

Bercak putih di wajah dapat terjadi karena berbagai macam penyebabnya. Bercak putih ini akan menyebabkan penampilan menjadi tidak sempurna dan akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. 
 
Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bercak putih di kulit secara alami yang akan dibahas didalam artikel berikut ini ya.
 
Bercak putih dapat terjadi dibagian tubuh mana saja, diantaranya dapat terjadi bercak putih di lidah, bercak putih di mulut, bercak putih pada kulit tangan atau bercak putih dibagian tubuh lainnya. 
 
Untuk menghilangkan bercak putih di kulit wajah dengan cepat ini maka Anda dapat menggunakan obat herbal atau bisa menggunakan salep penghilang bercak putih di wajah.

Kulit merupakan bagian tubuh Anda yang berada di bagian tubuh paling luar sehingga kulit memang merupakan bagian tubuh Anda yang paling sensitif untuk dapat terserang berbagai macam penyakit kulit dan kelainan kulit lainnya.
 
Hal inilah, yang akhirnya dapat menyebabkan kulit Anda akan terlihat bercak putih di wajah atau diarea kulit lainnya akibat bekas luka ataupun karena terpapar sinar matahari. Namun demikian, bercak putih ini bukan panu yaitu bercak putih seperti panu tetapi tidak gatal.

Bercak putih, belang atau noda putih ini dapat menyerang pada kulit dari jenis kulit apapun dan kepada siapapun baik pada orang dewasa maupun anak anak. 
 
Apabila seseorang dewasa maupun anak anak pernah mengalami luka pada kulitnya maka bekas luka biasanya akan memiliki warna kulit yang berbeda atau memiliki warna lebih putih dari warna kulit aslinya.
 
Namun demikian, bercak putih di wajah bayi bisa terjadi karena hilangnya pigmenmentasi warna kulit yang disebabkan karena gangguan autoimun atau disebabkan karena milia pada bayi. 
 
Untuk menghilangkan bercak putih di wajah bayi dapat menggunakan salep penghilang bercak putih di wajah bayi di apotik. Anda dapat membelinya di apotik terdekat dari rumah Anda ya.
 
Untuk bercak putih pada bayi karena milia ini akan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 2 sampai 3 minggu, setelah sel kulit matinya terkelupas.
 

Jika terdapat bercak putih di kulit, bercak putih pada kulit tangan, bercak putih di mulut atau bercak putih dibagian manapun maka akan menyebabkan kulit menjadi tidak indah lagi dan akan menimbulkan rasa percaya diri menjadi berkurang atau sedikit hilang. 
 
Lalu, bagaimana cara menghilangkan bercak putih pada wajah dengan cepat supaya bercak putih di kulit tersebut dapat segera hilang atau segera teratasi dengan baik.

Kita tidak perlu kuatir karena belang putih tersebut dapat diatasi dengan pengobatan menggunakan cara yang alami yang mudah Anda dapatkan di sekitar rumah Anda yaitu berupa tujuh bahan alami yang dapat dipakai sebagai rujukan untuk mengatasi belang putih tersebut.

Berikut tips atau cara menghilangkan bercak putih di wajah atau belang putih pada tubuh Anda :

1.  Biji Lobak

Biji lobak

Cara membuatnya yaitu dengan menumbuk 25 gram biji lobak sampai menjadi berbentuk bubuk kemudian campurkan dengan 2 sendok teh cuka hingga campuran tersebut berbentuk pasta. 

Selanjutnya oleskan pasta tersebut pada bagian kulit yang terdapat belang putih dan tunggu sampai kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Kemudian lakukan dengan mengoleskan kembali setiap hari selama beberapa bulan hingga belang putih hilang.

2.  Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba


Ginkgo biloba adalah salah satu antioksidan yang dapat mengurangi proses penyebaran penyakit dan dapat menginduksi pigmentasi. 

Cara pemakaiannya yaitu gunakan 40-80 mg pada belang putih sebanyak tiga kali sehari. Dalam menggunakan bahan alami ini sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter untuk dosis yang sesuai dengan kondisi tubuh kita.

3.  Cuka Sari Apel

Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata dapat membasmi jamur yang menyebabkan vitiligo, sehingga cuka sari apel dapat membantu menurunkan kadar asam pada perut. 

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan air dan cuka sari apel dengan jumlah yang sama, kemudian oleskan pada kulit yang terkena vitiligo 2 kali sehari selama sebulan, atau minum segelas air dengan 1 sendok makan cuka sari apel setiap hari sebelum makan.

4.  Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang terdapat belang putih sebanyak 2-3 kali sehari dan ulangi terus dalam beberapa minggu.

5.  Jahe

Jahe

Cara menghilangkan bercak putih di wajah dengan jahe, ternyata jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah dan produksi melanin. 
 
Cara pemakaiannya yaitu dengan mengiris jahe yang masih segar kemudian mengoleskan irisan jahe tersebut pada kulit yang belang putih, lalu tunggu hingga mengering. 

Ulangi cara tersebut sebanyak 1-2 kali sehari sampai beberapa minggu. Atau dapat menggunakan cara lainnya yaitu dengan cara  membuat jus jahe yang dicampur dengan daun mint, kemudian di minum setiap hari dalam waktu beberapa minggu.

6.  Neem

Daun neem

Campurkan daun neem yang sudah ditumbuk dengan buttermilk hingga menjadi pasta lalu oleskan pasta tadi pada bagian kulit yang belang putih hingga kering. Setelah itu, bilas hingga bersih dan lakukan selama beberapa minggu hingga belang putih hilang.

7.  Kunyit

Kunyit

Campurkan 5 sendok teh bubuk kunyit kemudian dicampur dengan 250 ml atau 1 cangkir minyak mustard, lalu oleskan pada area belang putih sebanyak 2 kali sehari dan buktikan sendiri kasiatnya.

Jika anda mau mencoba tips diatas, sebaiknya lakukan konsultasi dahulu kepada dokter agar dosisnya dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Lalu, apa yang menyebabkan kulit Anda menjadi bercak putih :

1.    1. Panu


Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang sering terjadi didaerah tropis, panu mempunyai istilah medis Pityriasis Versicolor. Panu inilah yang akan menyebabkan noda putih pada kulit dan biasanya diikuti dengan rasa gatal yang mengganggu. 

Penyakit kulit berupa panu ini penyebabnya adalah infeksi jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale. Jamur ini biasanya akan menyerang bagian tubuh seperti punggung, dada, leher serta lengan bagian atas.

Panu sering menyerang orang yang mempunyai banyak keringat, mempunyai kulit berminyak, kurang menjaga kebersihan, tertular orang lain ataupun bertempat tinggal didaerah lembab atau seseorang yang daya tahan tubuhnya menurun.

2. Vitiligo

2

Penderita vitiligo akan mengalami masalah sel kulit berhenti memproduksi melanin (zat yang mewarnai kulit), sehingga kulit akan muncul bercak bercak putih pada wajah, lengan, tungkai, kemaluan dan rambut. 

Vitiligo merupakan gangguan kulit yang komplek karena sampai sekarang belum diketahui secara pasti penyebabnya. Peneliti masih menduga bahwa penyebabnya adalah faktor genetik penyakit autoimun serta kondisi lingkungan.

3. Sun Spot

Sun Sopt adalah kelainan yang disebabkan kelainan kulit karena sering terpapar sinar matahari dan dikenal dengan istilah hipomelanosis gutala idiopatik. 

Bercak putih ini tidak menimbulkan rasa gatal ataupun nyeri dan sama sekali tidak berbahaya. Namun demikian Sun Spot sulit dihilangkan, sehingga dapat mengganggu penampilan.

4. Dermatitis Atopik

Merupakan kelainan kulit yang disebabkan alergi dan sering dikenal dengan sebutan eksim. Gejala yang muncul karena dermatitis Atopik ini berupa wanra kulit menjadi kemerahan dan bercak putih di daerah wajah, lengan atau tungkai. 

Bercak putih akan terasa gatal terutama pada malam hari, dermatitis atopik biasanya diderita oleh seseorang yang berjenis kulit kering.

5. Pityriasis Alba

Biasanya bercak putih terjadi pada anak maupun orang dewasa yang alergi, bercak putih yang ditimbulkan oleh pityriasis alba berupa bercak berwarna putih atau merah muda berbentuk bulat atau oval didaerah pipi atau dagu. 

Penyakit ini tidak menimbulkan keluhan apapun dan cara menghilangkan bercak putih di wajah anak maupun orang dewasa karena alergi ini, dalam beberapa minggu atau bulan akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara menghilangkan bercak putih di wajah secara alami, namun bukan bercak putih yang disebabkan karena penyakit tetapi bercak putih akibat sinar matahari atau bekas luka.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara menghilangkan bercak putih di wajah, bercak bukan penyakit, semoga bermanfaat. 
 
Jika bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar