Cara tepat mengatasi bau kaki, tidak sedap secara alami

Menghilangkan bau kaki, yang sangat menyengat itu harus, agar supaya tidak mengganggu orang lain

Apakah Anda bermasalah dengan bau kaki ?

Bagaimana cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap. Hal ini, supaya bau kaki ini tidak menyebabkan suasana tidak nyaman bagi orang lain yang berada di dekat Anda? Oleh sebab itu, artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui tips atau cara menghilangkan bau kaki tersebut.

Kalau Anda mempunyai teman yang mempunyai masalah bau kaki, tentu saja Anda akan merasa sangat terganggu sekali dengan bau kaki yang menyengat tersebut. Bau kaki tidak sedap akan membuat seseorang tidak percaya diri, apalagi jika Anda berada di kantor atau di sekolah. 
 
Untuk menghilangkan bau kaki maka Anda dapat menggunakan obat bau kaki di apotik, kaos kaki anti bau atau dapat juga menggunakan obat bau kaki herbal.

Bau kaki bisa disebabkan karena seseorang memakai sepatu tertutup terlalu lama atau bisa juga karena seseorang tidak membersihkan kakinya dengan benar. Nah, untuk menghilangkan bau kaki di sepatu maka Anda harus rajin membersihkan kaki dengan baik.

Bau kaki mempunyai istilah medis bromodosis, dan bau kaki ini muncul karena terjadi penumpukan keringat sehingga membuat bertumbuhnya bakteri pada kulit kaki, dan bakteri inilah yang akan membuat masalah bau kaki menjadi tidak sedap. 

Bau kaki tidak sedap, selain disebabkan oleh bakteri bisa juga disebabkan karena infeksi jamur. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh seorang atlet.

Kejadian mencium aroma bau kaki tidak sedap ini, sudah pernah saya alami sendiri ketika seorang teman dikantor membuka sepatunya dan bau kaki ini tersebut sangat menusuk ke penciuman saya. 
 
Hal ini, menyebabkan perut saya menjadi mual dan ingin muntah ketika bau kaki tersebut tercium oleh hidung saya. Pada waktu itu, saya merasa sangat terganggu sekali dengan bau kaki ini.
 
Saya akui bahwa memang sangat sulit untuk menegur teman saya mengenai kondisi aroma bau kakinya yang sangat  tidak sedap dan menyengat tersebut. Hal ini, karena saya kuatir akan menyinggung perasaannya dan malu terhadap kondisi kakinya yang bau tersebut.
 
Apalagi kondisinya berada di ruangan ber AC, sehingga bau kaki yang tidak sedapnya selalu mengganggu penciuman saya secara terus menerus.
 

Terlepas dari bagaimana cara menegur teman yang mempunyai bau kaki tidak sedap ini maka yang paling penting adalah bagaimana Anda dapat memberikan solusi cara menghilangkan bau kaki di sepatu yang tidak sedap secara tepat. 
 
Dengan harapan, semoga teman saya dapat membaca artikel ini juga dan segera dapat mengatasi masalah bau kakinya tersebut.

Apabila seseorang telah menyadari bahwa kakinya bau maka orang tersebut akan merasa kepercayaan dirinya akan menjadi hilang, disamping itu bau kaki ini akan membuat orang orang yang berada di sekitarnya menjadi terganggu. 

Maka segeralah mencari tahu cara menghilangkan bau kaki dengan cepat sehingga bau kaki tidak sedap tadi dapat segera hilang. Berikut tips agar kaki tidak bau saat memakai sepatu yang akan saya bahas lebih lanjut.

Yuk Kita Cari Tahu, Mengapa kaki bisa berbau dan apa penyebabnya?

- Percampuran antara bakteri dengan keringat
- Sepatu atau kaos kaki yang terlalu sempit sehingga pertukaran udara tidak sempurna
- Tidak menjaga kebersihan kaki dengan baik karena kaki kotor dan banyak daki sehingga akan menyebabkan kaki berbau tidak sedap
- Stress dan obat-obatan juga bisa memicu kaki menjadi bau

Namun demikian, jika anda termasuk orang yang mempunyai masalah dengan kaki bau maka janganlah cemas. Karena berikut akan kami berikan bagaimana cara mengatasinya bau kaki setelah pakai sepatu dengan menggunakan bahan bahan alami yang mudah Anda dapatkan di sekitar Anda. 

Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan cara menghilangkan bau kaki dengan cepat (dilansir dari laman Boldsky) :

1.  Bedak

Dengan cara menggunakan bedak tabur atau bedak bayi untuk menghilangkan bau kaki yaitu dengan cara menaburi bedak pada sepatu sebelum memakainya karena bedak ini dapat membantu dan menjaga kaki agar tetap kering dan wangi.

2.  Teh Hijau

Dengan mengisi satu tempat atau baskom besar dengan air hangat kemudian masukkan beberapa kantong teh hijau dan rendamlah kaki Anda di dalamnya selama beberapa menit. 

Dengan cara merendam kaki seperti ini, maka tidak hanya dapat mengatasi bau kaki tetapi juga bisa membuat kaki menjadi lebih rileks. 

Hal ini, karena teh hijau berfungsi untuk membantu menetralisir bakteri penyebab bau kaki. Jika memang tidak ada teh hijau maka bisa juga digantikan dengan minyak lavender.

3.  Apel

Apel mengandung zinc yang ternyata bisa membantu menghilangkan bau kaki. Caranya yaitu dengan menghaluskan apel lalu gosokkan pada kaki dan diamkan hingga mengering.

4.  Obat Kumur

Obat kumur baik berupa obat kumur air garam maupun obat kumur buatan memang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga obat kumur ini sekaligus juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki juga. 
 
Caranya yaitu cukup tambahkan beberapa tetes obat kumur pada air hangat, lalu rendam kaki beberapa saat.

5.  Petroleum Jelly

Petroleum jelly memang mempunyai berbagai macam manfaat, selain untuk perawatan tubuh juga dapat menghilangkan bau kaki. 

Cara penggunaannya : sebelum tidur rendamlah terlebih dahulu kaki dengan air hangat dan gosok kaki dengan batu apung yang bisa didapatkan di supermarket, lalu keringkan. 

Kemudian oleskan petroleum jelly dan bilas di pagi hari. Cara seperti ini juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki. 
 
(Nomor 1 sampai dengan nomor 5, dilansir dari laman Boldsky)

6.  Garam Epsom

Selain itu, untuk menghilangkan bau kaki di sepatu maka Adna dapat merendam kaki dengan menggunakan larutan garam Epsom dan air hangat. Cara membuatnya, campurkan setengah gelas garam Epsom dengan satu ember air hangat.

Kemudian, rendamlah kaki selama 10 sampai 20 menit supaya bakteri yang membuat kaki bau dapat segera hilang. 

(Nomor 6 dilansir dari Cleveland Clinik).

Obat kaki bau berupa garam Epsom ini dapat Anda beli di apotik terdekat atau di toko online yang banyak tersebar di media sosial.

Selain 6 cara diatas yang dapat mengatasi bau kaki maka Anda juga harus selalu menjaga kebersihan kaos kaki dan sepatu Anda supaya tidak menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau kaki  yang tidak sedap tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara tepat mengatasi bau kaki, tidak sedap secara alami, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar