Apa Penyebab Kentut Bau Busuk, Berbahayakah Bagi Kesehatan

Kentut adalah proses alami yang dialami oleh semua orang, namun kentut yang berbau busuk dapat mengganggu orang yang ada disekitar Anda

Anda sering kentut dan bau busuk, yuk cari tahu penyebabnya

Kentut merupakan proses alamiah dari tubuh manusia untuk mengeluarkan gas dari saluran pencernaan. Jadi semua orang pasti akan mengalaminya. Namun, tidak semua ketut menyenangkan terutama kalau kentutnya berbau busuk sehingga dapat mengganggu kenyamanan orang yang berada disekitar Anda.

Agar bisa kentut yang merupakan proses alamiah dari tubuh maka kentut adalah proses yang wajar terjadi dan akan dialami oleh semua orang karena kentut merupakan bagian dari proses pencernaan. 
 
Namun demikian, jika kondisinya kentut kentut terus dan bau busuk, apa penyebabnya? Pada kesempatan ini, kami akan ulik di artikel ini ya. Pastikan Anda membacanya sampai selesai.
 
Jika seseorang tidak bisa kentut maka perutnya akan merasa kembung, tidak enak dan pasti akan berusaha bagaimana cara agar bisa kentut secara alami. Setelah kentut, tentu saja perut akan merasa lega.

Semua makanan yang masuk kedalam saluran pencernaan maka akan diproses penghancurannya oleh pencernaan, untuk selanjutnya akan diserap nutrisinya oleh tubuh. 
 
Salah satu hasil dari proses penghancuran makanan didalam pencernaan adalah berupa gas, dan pada saat gas akan dikeluarkan oleh tubuh maka disebut dengan kentut.

Saluran pencernaan juga dapat kemasukan gas dari udara dan kondisi ini bisa terjadi karena udara bisa masuk pada saat Anda makan, berbicara, mengunyah maupun menelan. Selain itu, gas yang ada didalam pencernaan bisa juga disebabkan oleh bakteri yang tinggal didalam usus manusia. 

Kenyataannya, manusia dapat menyimpan gas sekitar 0,5 sampai 1,5 liter gas setiap harinya, dan seluruh gas tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh dalam beberapa cara diantaranya melalui sendawa dan kentut.

Kentut juga merupakan pertanda bahwa saluran pencernaan Anda bekerja dengan baik dan pertanda tubuh Anda sehat. Namun demikian, Anda juga harus waspada apabila gas yang dikeluarkan melalui kentut berbau busuk. 

Kentut yang berbau busuk, apakah merupakan suatu pertanda adanya penyakit yang berbahaya?. Nah, menurut penelitian dari University of Exeter, Inggris mengatakan bahwa ketut bau busuk merupakan pertanda tubuh Anda sehat.

Kentut bau busuk ini berasal dari gas yang mengandung sulfur seperti methanethiol, hidrogen sulfida dan dimenthyl sulfida. Selain itu, kentut bau busuk juga berasal dari bakteri yang terdapat didalam usus dan feses yang tertahan di rektum. 

Namun demikian, diluar hal hal yang disebutkan tadi, kentut bau busuk bisa saja menjadi pertanda dari kondisi terjadinya masalah kesehatan tertentu. Hal ini, apabila dubur Anda terus menerus mengeluarkan kentut berbau busuk yang diikuti dengan gejala tertentu lainnya.

Ada istilah yang mengatakan bahwa orang yang telah kentut akan tersenyum lega karena perutnya merasa lega dan tidak mules lagi.
 
Sebaliknya bagi orang yang menerima atau yang mencium bau kentut tadi akan berekpresi lain karena mereka merasa terganggu dengan bau kentut yang menyengat dan tidak sedap tadi. 

Kita biasanya sulit sekali menentukan siapa yang kentut jika memang diantara orang orang yang ada disana tidak ada yang mengakuinya. Hal ini, karena kentut tidak dapat dilihat dan hanya bisa didengar jika ketut berbunyi dan hanya bisa dicum jika kentut itu bau.
 
Memang hal ini, sulit dibuktikan ya. Mohon maaf, ini hanya intermeso saja ya karena setelah kentut tentu akan melegakan, perut tidak kembung dan akan merasa nyaman kalau gas sudah bisa terbuang melalui kentut.

Baca juga : Kenalilah, Penyakit Yang Menyebabkan Perut Kembung

Ketika seseorang merasakan mencium bau kentut, maka sering terjadi mereka menjadi saling menyalahkan. Bahkan sering kali tidak ada yang mau mengakuinya kalau memang seseorang sudah kelepasan buang angin atau kentut dengan alasan malu. 

Meskipun sebenarnya kentut itu sehat, namun usahakan jangan sampai buang angin atau kentut disembarang tempat atau sewaktu masih banyak orang. Hal ini, karena akibatnya akan sangat memalukan Anda dan sangat membuat orang orang yang berada disekitar Anda merasa tidak nyaman.

Mengenai kasus kentut maka orang dewasa kondisinya berbeda dengan seorang bayi ya. Hal ini, karena jika orang dewasa kentut terus menerus dan bau kemungkinan ada masalah dengan pencernaannya atau bisa juga karena munculnya penyakit lain apabila disertai dengan gejala lainnya.

Nah, bagaimana dengan seorang bayi sering kentut atau kentut terus menerus dan bau, apakah kondisi ini wajar atau berbahaya pada bayi terkait dengan kesehatannya. Berikut penjelasannya ya.

Bayi sering kentut tapi tidak bab

Mengapa bayi sering kentut tapi tidak bab, apakah hal ini bisa dianggap wajar? Seorang bayi yang baru lahir memang masih mempunyai sistem pencernaan yang belum sepenuhnya matang.

Oleh sebab itu, bayi akan sering mengalami perut kembung, sendawa, gumoh serta sering buang angin dan bab yang menyemprot. Nah, kondisi seperti ini, merupakan sesuatu yang normal dan biasanya tidak akan mengganggu sang bayi.

Kenapa bayi sering kentut, ini karena banyaknya udara tertelan pada saat bayi menyusu, menghisap dot maupun pada saat bayi menangis. Kondisi ini normal dan tidak berbahaya pada bayi, tetapi bisa saja menyebabkan bayi tidak nyaman karena disertai dengan perut kembung.

Namun demikian, perlu Anda ketahui ciri ciri bayi masuk angin yang berbeda dengan kondisi normal bayi yang sering kentut tersebut. 

Ciri ciri bayi masuk angin adalah :

- Bayi sering menangis dan rewel

- Wajahnya memerah

- Tidak cukup tidur dan tidak nafsu  makan

- Gelisah dan tidak nyaman

Kentut bayi bau dan susah bab

Seorang bayi sering kali ketika bab fecesnya cenderung keras. Namun demikian, Anda jangan salah persepsi, jika bayi susah bab dan sering kentut juga kentutnya bau bukan berarti bayi tersebut masih sembelit. Hal ini, bisa terjadi karena bayi secara alami akan menyimpan banyak gas di dalam perutnya.

Yuk cari tahu, apa sih yang menyebabkan kentut bisa berbau busuk?

Pertama-tama kita harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kentut ! 

Kentut adalah gas yang dihasilkan dari metabolisme usus, karena makanan yang kita makan sehari-hari akan menghasilkan kotoran, sehingga dari kotoran yang dihasilkan ini membuat usus kita akan menyaring gasnya kemudian gas akan dibuang menjadi kentut. 

Gas tadi akan menimbulkan bau yang tidak sedap. (Dikutip dari dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dari Departemen Penyakit Dalam Divisi Gastroenterologi RS Cipto Mangunkusumo, sewaktu ditemui oleh detikHealth, Jumat (19/4/2013).

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kentut bau busuk sekali yaitu :

- Terlalu banyak mengonsumsi daging 
- Infeksi pada saluran pencernaan.
- Pasien kanker usus
- Gas yang terkandung dalam kentut seperti karbondioksida, hidrogen sulfida dan merkaptan. Nah, senyawa-senyawa ini mengandung sulfur yang ternyata  ikut andil pada bau kentut. 
 
Sehingga dengan semakin banyak bakteri yang meproduksi ketiga senyawa tersebut di dalam perut, maka akan semakin busuklah bau kentut Anda.

Nah, perlu kita ketahui bahwa daging dan telur adalah penyumbang bau kentut, sedangkan kacang-kacangan sebagai penyumbang volume kentut.

Lalu, Makanan atau Hal apakah yang dapat menyebabkan sering kentut kentut? 

1.  Minuman Bersoda

Apabila Anda minum minuman bersoda maka akan membuat efek kembung pada perut. Hal ini, karena minuman berkarbonasi ini akan membuat perangkap udara di dalam dan angin akan keluar dalam bentuk kentut ataupun melalui sendawa.

2.  Salad

Meskipun salad menyehatkan bagi tubuh Anda, salat terdiri dari sayuran mentah yang memiliki banyak serat. 
 
Namun demikian, untuk sayuran jenis brokoli ataupun kubis yang ada dalam salad merupakan jenis sayuran yang dapat membuat Anda sering kentut. Mengapa demikian? jawabannya adalah karena Jenis sayuran berkabohidrat ini sulit untuk dicerna.

3.  Lobak

Jenis sayuran Lobak juga bisa membuat perut kembung dan jenis sayuran ini merupakan salah satu sayuran paling tinggi yang dapat menyebabkan perut kembung.

4.  Menghirup Banyak Udara

Anda biasanya tidak menyadari kalau telah menelan atau menghirup udara, sehingga udara tadi dapat masuk hingga ke saluran pencernaan. 

Udara yang tidak sengaja masuk ini, bisa terjadi pada saat Anda berbicara, makan dan minum. Jika jumlah udara yang terperangkap di dalam tubuh Anda terlalu banyak maka akan dikeluarkan dalam bentuk kentut.

5.  Banyak Makan Manis

Jika Anda banyak makan makanan yang manis dan mengandung gula faux ataupun gula alami. maka untuk gula faux sulit dicerna oleh tubuh sehingga gula fauk akan tetap tinggal di dalam usus dan akan mengalami fermentasi, akibatnya akan membuat gas di dalam perut menjadi banyak.

6.  Stres

Kalau bisa Anda harus menghindari stres, karena stres akan menyebabkan tidak baik bagi kesehatan Anda. Ternyata stres juga dapat menginduksi kentut karena usus Anda akan terhubung ke jaringan saraf, sehingga jika pikiran Anda terganggu maka akan dapat menyebabkan perut kembung juga.

7.  Sembelit

Jika Anda tidak dapat buang air besar maka kotoran akan tersumbat di usus, sehingga kondisi ini akan menyebabkan sembelit. Akibat dari sembelit ini akan membuat Anda akan kentut lebih sering dari biasanya.

Kondisi kentut yang berbahaya bagi kesehatan adalah :

·        - Malabsorpsi Karbohidrat

Ini terjadi karena saluran cerna tidak dapat mencerna karbohidrat secara optimal. Dalam kondisi ringan malabsorpsi karbohidrat ini dapat menyebabkan keluhan sakit perut dan kembung.
 
Tetapi dalam kondisi berat termasuk dalam penyakit celiac yang dapat menimbulkan nyeri sendi dan kaku sendi, tulang lemah dan rapuh, kejang serta gangguan kesuburan.

·        - Intoleransi Laktosa

Keadaan dimana enzim yang dibutuhkan untuk memecah laktosa tidak terpenuhi oleh tubuh, sehingga bakteri akan menyerap laktosa tersebut dan akan menghasilkan gas berbau busuk. 
 
Bagi penderita Intoleransi Laktosa ini, sebaiknya menghindari minum susu, supaya dapat mengurangi gas didalam perut. Hal ini untuk mengurangi kentut berbau busuk.

·        - Infeksi Saluran Cerna

Hal ini disebabkan karena bakteri atau virus yang menginfeksi saluran pencernaan, infeksi ini biasanya disertai dengan diare, demam dan sakit perut. Apabila infeksi saluran pencernaan ini terjadi terus menerus maka harus segera berobat ke dokter untuk segera diobati.

·        - Konstipasi atau Sembelit

Konstipasi atau sembelit ini akan membuat feses menumpuk dan tertahan di dalam usus dan ini akan membuat bakteri berkembang biak sehingga dapat menimbulkan penyebab kentut berbau busuk. Semakin lama feses tertahan didalam usus maka bau busuk kentut akan semakin parah.

·        - Kanker Usus Besar

Sel kanker yang tumbuh diusus akan mengganggu fungsi organ organ yang terlibat dalam proses pencernaan, sehingga sel kanker tersebut dapat menyumbat saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang tersumbat oleh kanker usus besar membuat gas terperangkap dan bakteri mudah berkembang biak.

Anda tidak perlu kuatir apabila kentut Anda bau busuk tetapi tidak diikuti dengan gejala penyerta lainnya karena kondisi yang demikian Anda termasuk sehat. 

Namun demikian, untuk menghindari kentut bau busuk maka Anda dapat menghindari makanan seperti kol, daging, keju, susu sapi dan bawang putih karena makanan makanan tersebut banyak mengandung sulfur. 

Anda dapat mengkonsumsi makanan berserat seperti ikan, ayam, jahe, alpukat, bayam, wortel, minum air putih dan makanan berserat lainnya.

Apakah pada penderita asam lambung kentut bau juga? Istilah kedokteran penyakit lambung adalah penyakit pencernaan yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan sehingga muncul gejala seperti mengeluarkan secara berlebihan, rasa pahit dan nyeri terbakar di dada. 

Apakah penyebab kentut bau pada saat hamil? Pada ibu hamil, hormon progesteron meningkat sehingga hormon ini membuat otot otot dalam tubuh termasuk otot pada usus menjadi rileks sehingga memperlambat pencernaan.
 
Hal inilah yang akan menyebabkan penumpukan gas sehingga ibu hamil menjadi lebih sering kentut dan bersendawa.

Namun demikian, mengenai penderita asam lambung kentut bau atau tidak dan bumil kentut bau atau tidak, hal ini akan tergantung dari makanan yang dikonsumsi dan lancar atau tidaknya BAB setiap harinya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Apa Penyebab Kentut Bau Busuk, Berbahayakah Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat. 
 
Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar