Manfaat bayam hijau, menu bayam, untuk Kesehatan tubuh Anda

Sayur bayam bagus bagi kesehatan karena mengandung berbagai macam vitamin termasuk vitamin K

Ketahuilah manfaat luar biasa dari bayam

Bayam memang ada banyak macamnya, diantaranya ada bayam merah, bayam hijau, bayam brazil, bayam jepang, bayam malabar, bayam ungu, bayam batik dan mungkin masih ada banyak lagi jenis bayam lainnya yang tidak dapat kami sebutkan semuanya disini.

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki daun berwarna hijau dan violet gelap. Sayuran dengan warna seperti ini merupakan tanda bahwa bayam memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi, diantaranya mengandung mineral, phytonutrients serta mengandung kalori yang rendah. 

Daun bayam mempunyai beberapa manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh manusia, karena bayam banyak mengandung zat besi yang sangat berguna bagi tubuh manusia.

Di Indonesia, bayam mudah ditemukan di pasar tradisional maupun di supermarket, dan harganya juga tidak mahal. Bayam mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, rendah kalori, kaya serat dan mengandung berbagai macam nutrisi yang memiliki kasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apakah yang dimaksud dengan Phytonutrients ? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Phytonutrients adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tanaman, dan tanaman menggunakan fitonutrien supaya dapat melindungi tanaman dari serangan serangga, dan melindungi tanaman terhadap radiasi dan sinar UV. 

Fitonutrien juga dapat memberikan manfaat yang signifikan terhadap manusia yang mengkonsumsi makanan nabati yang kaya fitonutrien tersebut.

Manfaat dari fitonutrien diantaranya adalah kegiatan antioksidan dan anti inflamasi serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan DNA dari paparan racun, detoksifikasi karsinogen dan mengubah metabolisme estrogen.

Baca juga : Kurang Minum Air Putih, Tubuh Bereaksi Jangan Diabaikan

Selain itu, bayam juga mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan kita, karena bayam mengandung beberapa vitamin diantaranya vitamin A, B2, C, E, K, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, seng, folat, protein serta serat.

Baca juga : Kenalilah, Tanda Kalau Tubuh Anda Kurang Sehat

Sayuran bayam memang merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Di rumah Anda pasti pernah menyajikan menu masakan rumahan seperti sayur bayam bening ataupun tumis bayam. 
 
Selain itu, daun bayam juga dapat dibuat keripik bayam yang bisa digunakan untuk cemilan dan jus bayam yang bisa digunakan sebagai minuman sehat.

Bayam selain banyak mengandung vitamin juga sangat nikmat sekali jika kita nikmati untuk menu makan siang yaitu berupa menu sayur bayam yang dapat dikombinasikan dengan sambal terasi, tempe goreng & tahu goreng serta ikan laut yang digoreng. Rasanya nikmat dan segar sekali bukan?

Beberapa menu cara memasak sayur bayam antara lain :

- Sayur bayam bening


Cara memasak sayur bayam bening, menggunakan bumbu sayur bayam bening antara lain bawang merah, temu kenci dan daun salam

- Tumis bayam hijau
Olahan bayam berupa tumis bayam, dengan bumbu bawang putih yang digeprek

Banyak cara memasak bayam, namun ada juga yang menyukai mengonsumsi bayam dengan cara mudah yaitu dengan cara mengkonsumsi bayam mentah, yang digunakan sebagai salad atau dibuat smoothie dan jus bayam. 

Dengan banyak mengkonsumsi bayam secara rutin maka Anda akan banyak mendapatkan manfaatnya untuk dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh Anda.

Berikut beberapa manfaat yang cukup bagus dari mengkonsumsi bayam hijau secara rutin :

1.  Mengandung Zat Besi

Bayam mengandung lemak, bebas kolesterol dan juga mengandung zat besi. Apakah manfaat zat besi bagi tubuh Anda? 
 
Zat besi merupakan komponen utama dari hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda, sehingga akan membantu Anda untuk dapat memiliki kuku, kulit, serta rambut lebih baik.

2.  Membantu Kerja Otak

Asam folat, lutein dan betakaroten yang terkandung di dalam bayam dapat memberikan nutrisi yang sangat baik kepada otak Anda sehingga bayam dapat membantu mengurangi masalah ingatan pada Anda seperti demensia.

Apakah demensia itu? demensia bukanlah merupakan suatu penyakit tetapi merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak. 

Biasanya akan ditandai dengan terganggunya mental seseorang sehingga menyebabkan gangguan berpikir dan hilang ingatan, selain itu demensia juga dapat menyebabkan perubahan sifat dan perilaku seseorang.

3.  Membuat Jantung Lebih Sehat

Sifat antioksidan yang terkandung pada bayam, terutama kandungan vitamin C dan betakarotennya dapat menjaga kesehatan jantung. Demikian juga dengan magnesium, folat dan kalium yang terdapat di dalam bayam akan dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4.  Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Warna hijau gelap yang terdapat pada daun bayam, menunjukkan bahwa daun bayam memiliki kandungan klorofil yang tinggi dan Ini dapat berguna untuk mengeluarkan racun dari hati dan usus 
 
Mengapa bisa demikian ? jawabannya adalah karena sifat antibakterial dan antiperadangan yang dimiliki oleh bayam tersebut.

5.  Meningkatkan Kekuatan Otot

Kandungan nitrat yang ada di dalam bayam dapat membantu berfungsinya otot menjadi lebih baik, sedangkan Nitrat dapat membantu sel mitokondria untuk dapat berfungsi lebih baik.

6.  Menyehatkan Dan Menguatkan Tulang

Vitamin K yang terdapat di dalam bayam akan dapat membantu mempertahankan kalsium yang berada didalam tubuh kita, sehingga akan membuat kita akan memiliki tulang yang kuat dan sehat.

7.  Menyembuhkan Peradangan

Senyawa flavanoid, karotenoid, selain asam alfa-linolenat dalam bayam ternyata juga dapat menyembuhkan peradangan sehingga dapat meminimalisir risiko kanker.

8.  Melindungi Mata

Kandungan karotenoid dalam bayam dapat membantu meningkatkan kesehatan mata serta dapat melindungi mata dari bahaya katarak dan degenerasi makula.

9.  Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi demikian juga dengan sodium yang rendah dalam bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan dapat mempertahankan supaya tekanan darah tetap stabil.

10.  Memerangi Kanker

Flavanoid dan antioksidan dalam bayam dapat membantu memerangi berbagai jenis kanker. Demikian juga dengan Karotenoid, lutein, neoxanthin, serta kandungan lainnya yang terdapat di dalam bayam dapat menghilangkan radikal bebas berbahaya dari dalam tubuh kita.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Manfaat bayam hijau, menu bayam,  untuk kesehatan tubuh Anda, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar