Alasan tepat cara mengatasi sariawan, dengan obat alami

Bibir sariawan atau sariawan dipinggir bibir sangat mengganggu karena akan menimbulkan rasa perih jika tersentuh makanan atau minuman

Cara menyembuhkan sariawan secara alami

Meskipun sariawan tidak berbahaya, tetapi sariawan akan sangat mengganggu ketika Anda sedang makan atau sedang berbicara. Sehingga dibutuhkan obat sariawan paling ampuh herbal untuk mengobati sariawan tersebut supaya bisa cepat sembuh.

Sariawan bisa muncul diarea seperti sariawan di bawah lidah, sariawan di bibir luar, sariawan di bibir dalam, sariawan di gusi, sariawan di tenggorokan (radang tenggorokan), sariawan di gusi bahkan ada juga sariawan vagina. Sariawan yang muncul diarea mana saja, yang pasti semuanya akan terasa perih. 
 
Obat sariawan bukan herbal yang sering digunakan antara lain adalah albothyl sariawan, plester sariawan, atau salep sariawan lainnya. Namun demikian, kami hanya akan membahas tentang obat sariawan herbal dengan menggunakan bahan alami saja ya.
 
Bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan dapat Anda peroleh disekitar rumah Anda, diantaranya adalah  dapat menggunakan minyak kelapa, bawang putih, belimbing wuluh, kunyit dan masih banyak lagi bahan alami lainnya. 

Bibir sariawan merupakan salah satu gangguan mulut yang sering kita alami, dan gangguan mulut atau sariawan ini penyebabnya dinamakan Stomatitis Aftosa. Sariawan dapat muncul pada semua golongan usia ya, oleh sebab itu obat sariawan anak dengan obat sariawan dewasa tidaklah sama.

Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami sariawan, anak anakpun dapat mengalami gangguan mulut berupa sariawan ini, Oleh sebab itu, obat sariawan bayi dapat menggunakan obat alami seperti madu, kunyit maupun air kelapa yang digunakan sebagai minuman untuk sariawan.

Penyebab sariawan diantaranya adalah karena infeksi virus atau jamur, alergi makanan dan karena kekurangan nutrisi tertentu. 
 
Selain itu sariawan dapat juga muncul pada saat kondisi Anda sedang stres. Sariawan akan membuat selaput mulut terdapat luka yang berwarna putih dan agak berwarna kuning.

Meskipun sariawan bibir bukan merupakan suatu penyakit yang membahayakan Anda dan tidak akan menyebabkan kematian. Namun demikian, luka sariawan yang muncul dimulut Anda akan sangat mengganggu sekali pada saat Anda makan, minum maupun sedang berbicara. 

Bibir yang sariawan itu akan terasa perih dan meradang apabila Anda sedang mengunyah makanan, apalagi kalau sampai luka sariawan tersebut tersenggol. 


Untuk menyembuhkan luka karena sariawan dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah, dengan menggunakan obat alami. Namun demikian, Anda juga dapat makan buah untuk mengobati panas dalam dan sariawan, tentu saja buah buahan yang banyak mengandung vitamin C nya ya.

Apa sebenarnya penyebab sariawan di lidah, sariawan di gusi, sariawan di tenggorokan maupun sariawan di bibir luar, berikut penjelasannya :

- Karena tubuh Anda kekurangan nutrisi diantaranya kekurangan vitamin B12, vitamin C serta zat besi

- Karena mulut Anda tergigit dengan tidak sengaja tergigit atau telah terjadi benturan sehingga menimbulkan luka dimulut Anda

- Banyak makan makanan pedas

- Kebersihan mulut setelah makan kurang terjaga kebersihannya

Lalu bagaimana cara pencegahan sariawan, berikut penjelasannya :

- Merawat dan menjaga kebersihan mulut

Dengan cara sikat gigi 2 kali sehari dengan bulu sikat yang lembut, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa sisa makanan. Hindari menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), memeriksakan gigi kedokter gigi minimal 6 bulan sekali

- Usahakan pola makan yang sehat

Cukupi kebutuhan vitamin B terutama vitamin B6, B9 dan B12 yaitu dengan mengkonsumsi makanan seperti brokoli, bayam, asparagus, buah bit, hati sapi.
 
Kemudian, batasi makanan yang dapat mengiritasi mulut seperti makanan asam dan pedas dan hindari makan terburu buru dan sambil berbicara supaya tidak menyebabkan bibir atau lidah tergigit yang dapat menimbulkan sariawan

- Mencegah mulut kering

Minum air putih cukup, mengunyah permen karet rendah gula untuk merangsang produksi air liur, batasi asupan kafein dengan cara hentikan kebiasaan merokok, gunakan obat kumur khusus mulut kering, bernafaslah melalui hidung bukan melalui mulut, hindari makanan yang terlalu manis atau asam

Bagaimana cara menyembuhkan sariawan secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri dengan menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah Anda peroleh di sekitar rumah.

Berikut obat untuk sariawan dengan cara alami :

1. Pasta baking soda dan garam 


Pasta, baking soda, garam

Baking soda memiliki senyawa aktif yang mampu membunuh kuman dan bakteri pada bagian luka sariawan kamu. 
 
Sedangkan garam memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk mengurangi sakit peradangan, sehingga pasta baking soda dan garam sangat bagus sekali untuk dapat menyembuhkan sariawan yang ada di mulut Anda.

Caranya : Ambil baking soda dan garam untuk dihaluskan kemudian campurkan keduanya. Setelah kedua bahan tersebut tercampur tuangkan air panas lalu aduk aduklah hingga berbentuk seperti adonan. Nah, adonan ini dapat dipakai sebagai salep sariawan.

Adonan tersebut siap Anda oleskan pada bagian sariawan, lakukan ini setelah mulut Anda bersih dan setelah sikat gigi. Kemudian biarkan selama kira kira 10 menit, lalu oleskan secara rutin minimal 1 x sehari, maka Anda akan merasakan manfaatnya.

2. Air kelapa

 
Air kelapa

Perlu Anda ketahui, bahwa air kelapa ternyata mempunyai sifat elektrolit yang dapat mendinginkan tubuh Anda. Oleh sebab itu air kelapa dapat digunakan sebagai minuman untuk sariawan.
 
Selain itu air kelapa juga dapat menyembuhkan sariawan yang ada di mulut Anda. Apabila Anda minum air kelapa secara rutin maka air kelapa sudah terbukti bahwa air kelapa ini dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Caranya : Ambilah 1 gelas air kelapa, minumlah 1 gelas air kelapa minimal 1x sehari, akan tetapi jika ingin memperoleh hasil yang optomal minumlah 3x sehari 1 gelas air kelapa yaitu pagi, siang dan malam.

3. Pisang dan madu

 
Pisang, madu

Pisang dan madu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan yang ada di mulut Anda dan juga sudah terbukti sangat bagus untuk menyembuhkan sariawan di mulut Anda, terutama sariawan yang ada di bagian lidah. 
 
Pisang merupakan salah satu buah untuk mengobati panas dalam dan sariawan, apabila buah pisang ini dicampurkan dengan madu hingga berbentuk pasta.

Caranya : Ambil pisang secukupnya dan haluskan kemudian campurkan madu hingga berbentuk pasta. Setelah pisang dan madu tercampur rata dan berbentuk pasta, lalu oleskan pada bagian luka sariawan dan biarkan selama 10 menit kemudian berkumurlah hingga bersih. 

4. Buah jambu biji dan daunnya 


Jambu biji, daun jambu biji

Jambu biji banyak mengandung vitamin C lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah jeruk, meskipun orang banyak mengira kalau jeruk mempunyai vitamin C lebih tinggi. Jika sariawan mucul di mulut kita maka konsumsilah buah jambu secara rutin maka sariawan akan sembuh dengan sendirinya.

Jika tidak ada jambu biji maka Anda bisa memakai daun jambu biji yang masih muda, karena daun jambu biji banyak mengandung senyawa antibakterial yang dapat berguna untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab sariawan.

Caranya : Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, kemudian cuci bersih dengan air mengalir. Setelah daun jambu biji bersih maka kunyahlah hingga daun hancur selama 10 detik, kemudian berkumurlah hingga bersih.

5. Yoghurt 


Yoghurt

Yogurt adalah salah satu jenis minuman yang diperkaya dengan kandungan bakteri yang cukup tinggi, minuman ini merupakan suatu produk fermentasi yang berasal dari susu. Kandungan bakteri ini sangat berguna bagi pencernaan kita dan juga dapat mempercepat penyembuhan sariawan yang ada dimulut kita.

Apabila Yoghurt digunakan untuk proses penyembuhan sariawan maka yoghurt dapat diminum secara rutin minimal 2 x sehari dan ini bagi orang dewasa sedangkan untuk anak anak cukup 1x sehari.

6. Bawang putih

 
Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang selalu tersedia di dapur Anda dan mempunyai banyak kegunaannya karena bawang putih banyak mengandung senyawa abrasif yang berguna untuk membasmi bakteri bakteri yang ada di bagian luka sariawan.

Caranya : Ambil 1 atau 2 siung bawang putih kemudian haluskan bawang putih. Sebelumnya Anda bersihkan mulut dan gigi kita dengan menyikat gigi, kemudian tempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada luka sariawan. 
 
Biarkan selama 10 menit, kemudian berkumur dengan air hangat sampai bersih.

7. Pepaya mentah

 
Pepaya, mentah

Pepaya mentah ternyata banyak mengandung senyawa antiseptik yang cukup tinggi, sehingga senyawa antiseptik inilah yang dapat membasmi bakteri yang ada diluka sariawan.
 
Sehingga senyawa antiseptik ini dapat menyembuhkan sariawan, tetapi dalam penggunaan pepaya mentah ini jangan berlebihan karena getah yang ada di pepaya mentah dapat menyebabkan karang gigi atau plak gigi.

Caranya : Ambil buah pepaya mentah yang masih berwarna hijau kemudian kupas dan diiris berbentuk lingkaran. Tempelkan irisan pepaya tadi ke bagian luka sariawan dan biarkan selama 10 menit, kemudian kumurlah dengan air hangat sampai bersih.

8. Minyak kelapa dan madu

 
Minyak kelapa, madu

Minyak kelapa ternyata mempunyai kandungan antibakterial yang cukup baik untuk dapat membasmi bakteri yang ada di bagian luka sariawan, dan cara penggunaanya dapat dicampur dengan madu.

Caranya : Ambil 2 -3 sendok makan minyak kelapa kemudian capurkan dengan 1 sendok madu, setelah tercampur rata oleskan pada bagian luka sariawan dan biarkan selama 10 menit. Lalu kumurkah dengan air hangat sampai bersih.

9. Kunyit

 
Kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak mengandung senyawa antibakterial dan antiflamasi yang sangat berguna untuk mengobati luka sariawan yang ada dimulut kita.

Caranya : Ambil kunyit secukupnya kemudian haluskan, setelah kunyit haluskan campur dengan air hangat sampai berbentuk pasta. Oleskan pasta kunyit tadi kebagian luka sariawan, biarkan selama 10 menit kemudian kumurlah dengan air hangat sampai bersih.

10. Belimbing wuluh

 
Belimbing wuluh

Salah satu buah untuk mengobati panas dalam dan sariawan adalah blimbing wuluh, karena blimbing wuluh mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini, karena rasanya yang asam maka blimbing wuluh sangat efektif untuk membasmi bakteri yang ada di luka sariawan.

Caranya : Ambil blimbing wuluh secukupnya halukan blimbing wuluh tersebut kemudian tempelkan pada bagian luka sariawan atau bisa juga dengan mengunyah blimbing wuluh secara langsung selama 5 menit, kemudian berkumurlah sampai bersih.

Apabila kita kebetulan sedang menderita luka sariawan di mulut kita maka tidak ada salahnya kita bisa mencoba salah satu dari beberapa obat sariawan alami yang sudah kita bahas diatas.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Alasan tepat cara mengatasi sariawan, dengan obat alami, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu. 

0 komentar