Cara mengatasi varises di kaki, secara alami, penyebabnya

Varises di kaki sering terjadi, namun tidak sedikit yang mengalami juga varises ditangan yang menjadikan kulit menjadi tidak mulus

Cara alami cepat menyembuhkan varises di kaki

Varises adalah urat urat yang kelihatan menonjol di sekitar bagian kaki maupun tangan. Meskipun vrises tidak berbahaya, namun varises menyebabkan urat urat yang terlihat menonjol ini, janganlah dianggap sepele ya. 
 
Kondisi varises, ada yang varises ringan maupun sudah termasuk kedalam kondisi varises berat. Untuk pengobatan varises dapat memakai stocking varises, suntik varises, membeli obat varises di apotik berupa salep varises atau pengobatan varises dengan bahan tradisional.

Dalam istilah kedokteran, varises merupakan gangguan pembuluh darah vena dan biasanya terjadi di sekitar area tungkai terutama betis. Pembuluh darah vena ini merupakan pembuluh darah yang digunakan untuk mengembalikan darah yang berasal dari metabolisme tubuh menuju ke jantung

Varises ini, kadang kala tidak menimbulkan rasa sakit maupun rasa tidak nyaman sehingga varises sering dianggap sepele. 

Namun demikian, varises dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi tersumbat, baik varises yang berada di bagian betis , lutut maupun yang berada di bagian lengan, sehingga proses aliran darah yang menuju ke seluruh tubuh menjadi tersumbat karena varises tersebut.

Jika muncul varises ringan, baik varises ditangan maupun varises dikaki maka jangan diabaikan saja,  tetapi sebaiknya dapat segera diatasi supaya varises tidak menjadi bertambah parah.
 
Selain varises pada kaki, varises merupakan pelebaran pembuluh darah yang dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, diantaranya adalah varises rahim, varises vagina, varises di betis. Intinya bentuk varises atau ciri varises semuanya sama yaitu akan terlihat urat varises yang menonjol.

Menurut laman Cedars-Sinai Medical Centre, Los Angeles, Amerika Serikat bahwa varises rahim atau dinamakan dengan Pelvic Congestion Syndrome (PCS) merupakan salah satu

 penyebab paling umum nyeri panggul kronis pada wanita.

Kondisi varises rahim seperti ini, akibat dari terjadinya pelebaran varises pembuluh vena pada bagian perut bawah atau panggul.

Namun demikian, varises juga dapat juga terjadi di bagian anus, esofagus, varises vagina, leher rahim (serviks) serta rahim. Varises ini bisa terjadi karena terjadi tekanan yang sangat kuat serta gangguan fungsi katup pembuluh darah.

Untuk wanita yang mempunyai faktor resiko varises maka aktivitas yang dilakukan seperti mengangkat berat, sering duduk, jongkok serta berdiri terlalu lama atau mempunyai riwayat varises sebelumnya maka varises bisa terjadi kembali di awal awal kehamilan.

Biasanya varises dapat terjadi di usia kehamilan akhir/ trimester ketiga ketika janin sudah semakin besar dan berat.

Keluhan seperti rasa nyeri diperut atau rasa tidak tidak nyaman di daerah perut bawah sering dikeluhkan oleh penderita varises, bahkan ada yang merasakan nyeri atau seperti terbakar terutama ketika berolah raga atau melakukan aktivitas berta seperti mengejan dan aktivitas berat lainnya.


Tetapi kita tidak usah khawatir, seperti telah kami sebutkan diatas bahwa cara menyembuhkan varises salah satunya dapat menggunakan obat varises oles (salep varises) atau bisa juga dengan obat varises alami yaitu dengan menggunakan bahan herbal yang dapat dengan mudah kita peroleh di rumah. 

Namun demikian, kita juga harus mengetahui terlebih dahulu, apa saja yang dapat menjadi penyebab varises yang muncul di bagian tubuh Anda tersebut.

Berikut, Apa saja yang menjadi penyebab penyakit varises :

1. Usia kehamilan tua

Pada saat usia kehamilan semakin tua dan kandungan semakin membesar, maka beban dan tekanan dari pembuluh vena di bagian kaki semakin meningkat sehingga berisiko menimbulkan varises. 

Selain itu, dapat juga disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil, sehingga otot vena menjadi lebih rileks. Hal ini,  akan membuat katup perlindungan menjadi lemah dan akhirnya menyebabkan timbulnya varises.

Kondisi usia kehamilan yang semakin tua, akan menyebabkan pembuluh vena berkurang keelastisitasannya dan kondisi ini akan menyebabkan aliran darah yang seharusnya menuju ke jantung akan kembali menyebar ke seluruh tubuh. 

Nah, keadaan inilah yang akan memicu munculnya varises di bagian paha maupun di bagian tangan wanita yang hamil tua.

2. Obesitas 

Jika berat badan tubuh kita tidak normal atau terlalu gemuk, maka akan menyebabkan tekanan vena di bagian kaki menjadi meningkat. 
 
Hal inilah yang akan membuat vena menjadi terhambat untuk mengalirkan darah ke jantung dan tekanan yang berlebihan pada vena akan membuat aliran darah menjadi melawan arus.

3. Berdiri terlalu lama

Kebiasaan berdiri dalam jangka waktu lama, hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang bekerja sebagai pelayan ataupun kasir di supermarket. 
 
Kebiasaan berdiri terlalu lama ini, juga akan menyebabkan beban yang ditanggung oleh vena di kaki menjadi meningkat sehingga akan mudah mengalami varises.

Meskipun cara untuk menghilangkan varises dapat ditangani secara medis yaitu dengan suntik varises, obat varises oles, stocking kompresi untuk varises maupun operasi varises.
 
Namun demikian, tidak ada salahnya kalau kita mencoba terlebih dahulu dengan cara obat varises alami yaitu dengan menggunakan bahan bahan herbal, yang bisa kita buat sendiri dan bahan bahannya juga mudah kita dapatkan. 
 
Hal ini, karena bahan alami tidak berbahaya bagi tubuh kita, maka silahkan mencoba untuk mengatasi varises dengan obat herbal tersebut ya.

Berikut cara alami & cepat dalam cara mengatasi varises ringan :

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis

Jeruk nipis selain dapat dibuat minuman yang menyegarkan dan mengandung vitamin C, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan varises.

Caranya : ambilah 1 sampai 2 buah jeruk nipis, kemudian potong jeruk nipis menjadi 2 bagian. Oleskan jeruk nipis pada bagian tubuh yang terdapat varises, dan lakukan secara teratur dengan mengoleskan jeruk nipis 2 kali sehari. 

Meskipun penyembuhan dengan cara alami ini membutuhkan waktu yang tidak bisa instant, akan tetapi kalau kita menggunakannya secara teratur dan rutin maka varises akan berangsur angsur hilang.

Cara penggunaannya pun juga sangat mudah yaitu hanya memerlukan 1-2 buah jeruk nipis yang dipotong menjadi dua bagian, kemudian usapkan jeruk nipis yang sudah dibelah tadi ke bagian tubuh yang terkena varises.

2. Kacang Hijau


Kacang hijau

Kacang hijau merupakan jenis kacang kacangan yang mempunyai banyak sekali kegunaannya bagi kesehatan kita, karena kacang hijau mengandung kalium, zat besi, zinc, potasium, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C serta vitamin E.

Air rebusan dari kacang hijau ternyata juga dapat digunakan untuk menyembuhkan varises karena air rebusan kacang hijau mempunyai kandungan protein yang dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak serta dapat mampu menjaga kesehatan otot kita termasuk dapat menjaga otot vena kita.

Caranya : ambil segenggam kacang hijau kemudian rebuslah kedalam 2 gelas air, kemudian minumlah air rebusan kacang hijau tersebut 2 kali sehari secara rutin, sampai varises hilang dan sembuh.

3. Memijat 


Memijat

Varises juga dapat disembuhkan dengan cara memijat dengan menggunakan ramuan alami atau ramuan tradisional yang bisa kita buat sendiri.

Cara membuat ramuannya : Ambilah 12 siung bawang putih, 6 buah jeruk nipis, dan minyak zaitun secukupnya. 
 
Kemudian iris bawang putih tipis tipis, kemudian campurkan irisan bawang putih tersebut dengan air perasan jeruk nipis, setelah bawang putih dan air perasan jeruk tercampur rata maka ramuan siap digunakan untuk memijat area varises. Pijatlah dengan cara melingkar selama 15 – 20 menit.

4. Blackberry 


Blackberry


Blackberry adalah salah satu jenis buah yang mengandung antosianin dan proanhocyanidis, sehingga buah ini dapat melancarkan aliran darah dan dapat mengurangi risiko varises. Oleh sebab itu, buah blackberry ini sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita varises.

5. Olahraga ringan


Olahraga, ringan


Seseorang yang bekerja dikantor akan terlalu banyak duduknya sedangkan seseorang yang bekerja di supermarket sebagai kasir biasanya terlalu banyak berdirinya. Terlalu lama duduk selain dapat menyebabkan wasir ternyata juga dapat memicu varises. 

Mengapa terlalu lama duduk dan berdiri dapat memicu varises? Hal ini disebabkan karena pada posisi badan sedang duduk ataupun berdiri dalam waktu yang lama akan dapat membuat kaki menahan beban tubuh kita. 

Sehingga apabila kita dalam bekerja lebih banyak duduknya, maka pastikan supaya setiap 30 menit sekali lakukan olahraga ringan, yaitu dengan bangkit berdiri dan lakukan jalan-jalan di sekitar tempat kita bekerja supaya peredaran darah lancar kembali.

6. Kurangi Kebiasaan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi


Sepatu, hak tinggi

Bagi wanita menggunakan sepatu hak tinggi (high heels), hal ini merupakan penunjang penampilannya, karena dia akan menjadi lebih anggun dan menarik. 
 
Namun demikian, sebaiknya kurangi kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi karena sepatu hak tinggi akan membuat fungi otot pada bagian betis menjadi bekerja lebih berat. 

Apabila memang harus menggunakan sepatu hak tinggi dalam bekerja, sebaiknya sekali sekali dapat melepaskan sepatu tersebut agar supaya otot bagian kaki dapat beristirahat sejenak dan sirkulasi darah menjadi lancar kembali.

Selain terdapat 6 macam cara alami dan cepat menyembuhkan varises yang dapat Anda coba. Hal ini, karena pengobatan varises atau penyembuhan dengan obat varises alami ini sangat aman.
 
Namun demikian, untuk mencegah varises sebaiknya kita rutin melakukan olahraga ringan dengan berjalan kaki setiap hari selama 15 – 30 menit, supaya peredaran darah kita menjadi lancar dan resiko varises dapat dihindari. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengatasi varises di kaki, secara alami, penyebabnya, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu. 

0 komentar