10 Manfaat jalan pagi rutin, cara menjaga kesehatan

Manfaat olah raga jalan kaki, bagus untuk cara menjaga kesehatan tubuh

Rutin jalan setiap hari dapatkan kesehatan bagus

Kita semua sudah mengetahui bahwa olahraga jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling mudah di lakukan dan paling murah serta dapat berpengaruh positif pada kesehatan tubuh seseorang. Hal ini, karena peredaran darah akan menjadi lancar.

Dengan rutin melakukan olah raga jalan kaki setiap hari, maka manfaat jalan pagi ini akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda sehingga badan menjadi lebih sehat. Mulai sekarang, biasakan olah raga jalan kaki setiap hari.

Dengan olah raga jalan kaki yang  dilakukan secara rutin dan dilakukan setiap hari, dimana kita usahakan jalan kaki tersebut dilakukan dengan durasi kira kira 30 menit setiap harinya. 
 
Jika melakukan jalan kaki 1 km berapa kalori yang bisa terbakar? Ternyata berjalan kaki dengan jarak 1 km dan dengan kecepatan jalan kaki 4,8 km/jam maka diperkirakan akan dapat membakar kalori sebanyak 50 kalori.
 
Namun demikian, kecepatan jalan kaki jika ditambah dengan kecepatan tinggi maka jumlah kalori yang terbakar diperkirakan akan lebih banyak.
 
Pada umumnya, seseorang akan terbakar kalorinya antara 30-40 kalori untuk setiap 1000 langkah. Hal ini, berarti bahwa ketika berjalan kaki 10.000 langkah maka kalori akan terbakar sebanyak 300-400 kalori.
 
Apabila olahraga jalan kaki dilakukan secara rutin setiap hari maka Anda akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda, peredaran darah akan menjadi lancar dan otomatis tubuh akan terasa bugar.

Berjalan kaki adalah olah raga yang sangat mudah, murah dan Anda dapat melakukannya dimana saja, kapan saja serta dapat dilakukan oleh semua orang. Hal ini, karena olahraga jalan kaki ini termasuk olahraga yang ringan.

Olah raga jalan kaki tidak memerlukan keahlian khusus, tidak memerlukan latihan latihan khusus, tidak memerlukan peralatan khusus dan tidak memerlukan tempat yang khusus juga, Sehingga olah raga jalan kaki dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja Anda mau.

Berjalan kaki merupakan olah raga yang cukup ringan sehingga tidak memiliki efek yang buruk dan berisiko sangat kecil bagi tubuh Anda untuk bisa mengalami cidera jika dibandingkan dengan olah raga yang lainnya.
 
Oleh sebab itu, banyak dari Anda sering tidak menyadari dan kurang banyak yang mau melakukan olah raga jalan kaki ini. 

Apalagi dengan sudah dimilikinya berbagai macam fasilitas transportasi pribadi maka seseorang dapat mempercepat untuk menuju kesuatu tempat sehingga banyak orang yang enggan atau malas untuk berjalan kaki. 

Baca juga : Kenalilah, Tanda Kalau Tubuh Anda Kurang Sehat

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit setiap harinya, tetapi bagi yang baru pertama kali melakukan olahraga jalan kaki maka sebaiknya dilakukan dalam durasi selama 10 menit hingga 15 menit saja. 

Supaya tubuh Anda bisa menyesuaikan terlebih dahulu, setelah itu secara bertahap, durasi atau lama olahraga jalan kaki tersebut bisa Anda tingkatkan terus menerus dan sedikit demi sedikit sampai bisa mencapai 30 menit setiap harinya. 

Jika Anda dapat melakukan olahraga jalan kaki secara rutin dan dapat menjalani gaya hidup sehat maka Anda akan mendapatkan manfaat yang cukup bagus terhadap kesehatan Anda. Manfaat jalan kaki untuk diet, hal ini karena olah raga jalan kaki menurunkan berat badan.

Manfaat jalan pagi untuk ibu hamil trisemester 3 juga bagus dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungan.

Berjalan kaki tidak akan menimbulkan ketegangan dan Anda akan mendapatkan banyak manfaat serta mendapatkan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh Anda. 

Berikut 10 Manfaat jalan kaki pagi positif yang akan kita peroleh dari jalan pagi secara rutin, diantaranya adalah : 

1.  Meningkatkan Hormon Endorphin

Dengan melakukan olah raga berjalan kaki secara rutin maka Anda akan mendapatkan manfaat yaitu mendapatkan manfaat berupa berkurangnya stres dan lelah, karena meningkatnya hormon endorphin tersebut. 

Karena olahraga jalan kaki dapat membantu otak Anda untuk melepaskan hormon endorphin yang fungsinya dapat membuat seseorang merasa bahagia, dengan munculnya perasaan senang atau bahagia ini akan membuat seseorang akan lebih berenergi. 

2.  Meningkatkan Konsentrasi

Dengan olahraga jalan kaki secara teratur dapat membuat proses metabolisme tubuh Anda menjadi lancar sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat. Jika tubuh sehat maka otomatis dapat meningkatkan konsentrasi Anda menjadi lebih baik lagi. 

3.  Menurunkan Resiko Terkena Alzheimer

Dengan berjalan kaki secara rutin setiap harinya maka Anda akan mendapatkan manfaat diantaranya dapat menurunkan resiko terkena alzheimer yaitu suatu penyakit yang tidak menular berupa otak yang mengkerut dan mengecil. 

Alzheimer ini biasanya terjadi pada seseorang yang menginjak usia 60 tahun dan bahkan ada juga yang baru berusia 50 tahun tetapi dapat terjangkit alzheimer ini. 

Mungkin hal ini tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya, bahwa ternyata manfaat jalan kaki pagi bisa membantu dalam mengurangi atau mencegah stres. 

Jadi dengan menyempatkan berjalan kaki setiap sehari, ternyata bisa mengurangi stres atau bisa mencegah timbulnya stres. 

Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin sehingga membuat mood Anda menjadi lebih baik dan dapat mengurangi rasa cemas serta depresi. 

4.  Menurunkan Resiko Terkena Serangan Jantung

Olahraga jalan kaki yang dilakukan setiap hari ternyata sangat bagus untuk kesehatan jantung dan dapat mengatur tingkat kolestrol seseorang. 

Dalam sebuah studi telah diperoleh bahwa jika melakukan olahraga jalan kaki selama 30 menit maka bisa menurunkan sekitar 40 % terhadap kemungkinan seorang wanita yang mengalami masalah jantung.

Baca juga :  Harus Diketahui Dan Diwaspadai Gejala Serangan Jantung

Karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung seseorang sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh serta dapat memperkuat jantung Anda. 

Namun, apabila Anda memiliki masalah jantung sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sehingga Anda dapat mengetahui seberapa lama dapat melakukan olahraga jalan kaki tersebut. 

5.  Melatih Kekuatan Otot Kaki, Pinggul Dan Bahu

Dengan olahraga berjalan kaki otomatis tangan akan mengayun dan siku akan Anda tekuk sebagaimana biasanya irama berjalan antara tangan dan kaki akan selalu bergerak. 

Dengan semakin cepatnya gerakan tangan Anda, otomatis gerak kaki juga akan mengikuti sehingga jalan Anda akan lebih cepat. Gerakan ini akan mengangkat lengan, bahu dan punngung bagian atas. 

6.  Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Olahraga dengan berjalan kaki dapat membantu proses metabolisme tubuh Anda. Jika metabolisme tubuh Anda menjadi lancar maka tekanan darah juga akan menjadi stabil dan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) menjadi berkurang. 

Sehingga bagi penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk dapat melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari secara rutin untuk dapat menjaga kestabilan tekanan darahnya. 

7.  Menurunkan Risiko Kanker Colon

Dengan rutin berolahraga jalan kaki setiap hari dan memulai pola hidup sehat, maka akan menurunkan risiko terkena kanker colon atau usus besar. 

8.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan berjalan kaki maka akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda karena metabolisme tubuh Anda menjadi lancar dan akan meningkatkan sistem imun tubuh Anda, sehingga Anda menjadi tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit berbahaya. 

9.  Menurunkan Berat Badan Dan Mempertahankan Berat Badan Ideal 

Dengan melakukan olahraga jalan kaki selama 30 menit setiap harinya dan berjalan kakinya dilakukan dengan cepat maka akan dapat membakar kalori sekitar 150 kalori perharinya. 

Oleh sebab itu, dengan rutin melakukan olahraga ini secara teratur akan dapat menurunkan berat badan serta dapat mempertahankan berat badan ideal yang Anda inginkan. 

10.  Membangun Masa Tulang

Pada lansia banyak yang mengalami penyakit tulang karena berkurangnya masa tulang sehingga mengakibatkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis

Nah, untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang selain dengan cara mendapatkannya dari kalsium yang berasal dari susu maka harus diimbangi juga dengan berjalan kaki setiap harinya kurang lebih selama 15 menit.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang 10 Manfaat jalan pagi rutin, cara menjaga kesehatan, semoga bermanfaat. 
 
Alangkah indahnya jika kita dapat membagikan artikel ini kepada teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar