Terapi, cara mengobati vertigo, penyebab dan cara alami

Vertigo akan menimbulkan sensasi berputar di dalam maupun diluar kepala yang terjadi tiba tiba, dan seringkali dipicu karena menggerakkan kepala yang terlalu cepat

Cara alami terapi menyembuhkan vertigo cepat

 
Apa yang menyebabkan vertigo, bagaimana gejala vertigo dan berapa lama vertigo berlangsung?. Gejala vertigo ini, akan menunjukan seberapa parah serangan vertigo yang dialami oleh seorang penderita vertigo.
 
Oleh sebab itu, tentu saja penderita vertigo ini ingin mengetahui apa obat vertigo yang tepat untuk dapat mengobati vertigo jika serangan vertigo muncul. 
 
Penderita  vertigo dapat menggunakan beberapa alternatif cara mengatasi vertigo yaitu bisa dengan menggunakan obat vertigo, latihan vertigo maupun obat herbal untuk menyembuhkan vertigo.
 
Mengingat bagi seseorang yang sudah pernah merasakan penyakit vertigo, penderita vertigo akan sangat tersiksa dengan penyakitnya ini. Hal ini, karena dapat membuat seseorang menjadi tidak bisa bangkit dari tempat tidurnya jika serangan vertigo ini muncul. 
 
Nah, disini dibutuhkan cara menyembuhkan vertigo secara permanen supaya gejala vertigo dapat segera berakhir dan tidak akan kambuh kembali. 
 
Vertigo vs pusing merupakan dua kondisi yang saling berhubungan bagi penderita vertigo, karena serangan vertigo akan menyebabkan pusing dan diikuti dengan kondisi kepala seperti berputar putar.

Gejala vertigo yang dialami oleh seseorang tidak akan sama antara orang yang satu dengan yang lainnya, ada yang ringan tanpa terasa dan ada juga yang sangat parah.  

Mereka yang mengalami gejala vertigo parah maka seseorang akan merasakan seakan akan dirinya dan tempat di sekeliling yang dipijaknya seperti berputar putar, sehingga mereka akan merasa mual hingga muntah.
 
Hal ini, terjadi apabila mereka memaksakan posisinya bangkit dari tempat tidur dan dengan mata terbuka, sehingga mata harus tetap terpejam supaya tidak merasakan semakin berputar.

Penyakit vertigo ini memang tidak secara langsung akan menyebabkan kematian, namun demikian penyakit vertigo ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari hari  seseorang, apabila serangan vertigo kambuh. 

Bagi mereka yang terserang vertigo, maka mereka tidak akan sanggup untuk berdiri dan membuka matanya sehingga mereka akan cenderung berbaring di tempat tidur sambil memejamkan matanya sampai gejala vertigo tersebut hilang, akibatnya mereka tidak dapat melakukan aktivitas apapun.

Gejala yang muncul dari penyakit vertigo ini akan sangat bervariasi, jika dilihat dari berapa lama vertigo berlangsung. 

Lamanya gejala vertigo ada yang hanya berlangsung dalam beberapa detik saja, akan tetapi ada juga yang berlangsung sampai beberapa menit. Namun demikian, jika vertigo sudah dalam kondisi parah maka gejalanya akan berlangsung sampai beberapa hari.


Gejala vertigo lainnya yang menyebabkan vertigo kambuh adalah hilangnya keseimbangan tubuh, kemudian kepala terasa berputar sehingga muncul rasa mual dan bahkan penderita bisa sampai mengalami muntah. 
 
Namun demikian, vertigo jarang sekali dialami oleh anak anak dan biasanya akan dialami oleh orang dewasa saja.

Munculnya serangan vertigo bisa juga disebabkan karena telah terjadi kerusakan pada labirin serta saraf vestibular, selain itu setiap munculnya gejala vertigo pasti ada penyebabkannya.

Berikut Beberapa Penyebab Vertigo mendadak:

1. Gangguan Telinga Dalam

Apabila terjadi gangguan telinga bagian dalam maka keseimbangan kita akan menjadi terganggu, karena fungsi telinga bagian dalam adalah untuk menyampaikan sinyal khusus dari luar lingkungan ke bagian otak.
 
Diantaranya vertigo kristal telinga, hal ini karena ditemukan kristal kalsium kecil di dalam bilik telinga bagian dalam, sehingga akan mengganggu fungsi telinga bagian dalam.
 
Setelah itu otak akan mendiskripsikan gambaran suara yang kemudian didengar oleh telinga. Sistem ini kegunaannya untuk membantu tubuh kita agar supaya bisa berjalan dengan seimbang.

2. Infeksi Telinga Dalam

Jika terjadi infeksi telinga bagian dalam maka akan menimbulkan masalah serius, karena infeksi ini bisa menjalar ke organ bagian dalam kepala yang lain. Infeksi ini akan menyebabkan peradangan pada bagian dalam telinga sehingga akan membuat kepala terasa seperti berputar putar.
 
Bagaimana cara membedakan telinga mana yang menyebabkan vertigo? Kelainan telinga ini biasanya menenimbukan gejala kurang nyaman seperti berdenging dan seperti ada tekanan pada telinga, sehingga gejala ini dapat menimbulkan resiko serangan vertigo.

3. Trauma Kepala

Jika seseorang pernah mengalami trauma di bagian kepala seperti pernah mengalami kecelakaan, maka cidera pada bagian kepala maupun leher tersebut bisa saja akan menjadi penyebab terkena risiko vertigo.

4. Konsumsi Obat Jangka Panjang 

Seseorang yang telah mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang cukup lama, maka obat obatan tersebut akan dapat mengakibatkan kerusakan telingan bagian dalam, sehingga akan menimbulkan risiko serangan vertigo.

5. Migrain  

Seseorang yang sering mengalami migrain maka akan mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengalami risiko terkena vertigo. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami migrain maka tanda vertigo umumnya akan muncul juga.

6. Stroke

Jika seseorang yang sudah lanjut usia mengalami gangguan stroke, maka hal ini akan memicu terhadap terkena risiko serangan vertigo.
 
Hal ini, karena gangguan stroke akan menyebabkan terjadi gangguan pada syaraf yang akan menyebabkan gangguan terhadap keseimbangan tubuh. Gejala stroke juga bisa terjadi apabila seseorang telah mengalami vertigo dalam jangka waktu cukup lama.

7. Penyakit meniere

Penyakit meniere adalah penyakit yang disebabkan karena banyaknya cairan yang ada didalam telinga seseorang, sehingga bisa menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu. Biasanya dokter akan melakukan tes pendengaran dengan frekuensi rendah dan tes keseimbangan untuk memastikannya.

Bagaimana cara untuk mengatasi vertigo ? cara mengatasinya tentu saja akan sangat tergantung dari apa penyebab vertigo yang bisa menimbulkan gejala vertigo itu sendiri.
 
Seperti yang telah dibahas diatas bahwa ada 7 penyebab vertigo yang telah membuat munculnya gejala penyakit vertigo dan penyebab serangan vertigo kambuh.

Untuk mengatasi vertigo maka kita dapat mencoba dan membuat sendiri ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan vertigo, dan cara ini bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan karena bahan bahannya sangat mudah kita peroleh disekitar kita.

Berikut cara alami dengan bahan alami & Terapi latihan Vertigo untuk menghilangkan serangan vertigo :

1. Kulit manggis


Kulit manggis

Ternyata kulit Buah Manggis mengandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, dan zat yang terkandung dalam kulit manggis adalah zat antioksidan, vitamin B1, B2 dan Vitamin C. Selain itu kulit manggis juga mempunyai kandungan lainnya seperti kalsium, sodium, potassium dan zat besi.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam kulit buah manggis sangat berguna dan ampuh untuk membantu dalam mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh yang disebabkan karena serangan radikal bebas, dan selain itu juga dapat mencegah kerusakan pada system syaraf tubuh kita.

Cara membuat : Keringkan dahulu kulit manggis setelah itu rebuslah kilt manggis dengan air secukupnya dan ramuan air rebusan kulit manggis siap utnuk diminum.

2. Daun sirsak


Daun sirsak

Ternyata daun sirsak banyak mengandung zat acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, zinc, vitamin A, Vitamin B serta kalsium. 

Kandungan-kandungan yang ada didalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi / hipertensi, dapat mengatasi gejala stress, serta dapat meminimalisir rasa depresi karena berbagai aktivitas berat yang telah dilakukan kita sehari-harinya.

Cara membuatnya : Ambil daun sirsak secukupnya kemudian bersihkan dan rebuslanh dengan air secukupnya, maka air rebusan daun sisak ini siap kita minum.

3. Metode Terapi


Terapi

Ada beberapa metode terapi atau latihan untuk vertigo yang dapat dicoba dan dapat diterapkan untuk menyembuhkan vertigo. Berikut beberapa pengobatan rumah untuk vertigo dengan terapi latihan vertigo :

1.      Duduklah dengan posisi punggung lurus dengan mata terbuka, kemudian berdiri perlahan dengan kondisi mata yang tertutup, lakukanlah beberapa kali secara rutin.
 
2.      Tempelkan telinga kiri ke bahu kiri, kemudian tahan selama 15 detik, demikian juga dengan telinga kanan tempelkanlah ke bahu kanan selama 15 detik juga, dan lakukanlah gerakan ini sebanyak 3-5 kali baik kebahu kiri maupun kebahu kanan.
 
3.     Pada posisi berdiri tegak tutuplah mata selama 5-10 detik, kemudian buka mata kita secara perlahan, dan lakukan gerakan ini sebanyak kurang lebih lima kali.
 
4.      Lakukan gerakan latihan otot mata, dengan cara mengikuti arah objek yang sedang bergerak, contohnya dengan mengikuti gerakan kendaraan yang ada di jalan raya, setelah itu buatlah mata dalam keadaan fokus pada benda yang bergerak tadi.
 
5.     Lakukan latihan gerakan bola mata ke arah kiri dan kanan, terapi ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari sesuai dengan kemampuan kita masing masing.

Kita harus waspada terhadap gejala penyakit vertigo yang sering muncul karena vertigo yang seringkali muncul ternyata juga dapat menjadi pemicu terjadinya stroke. 

Hal ini dikemukakan oleh seorang dokter spesialis syaraf dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang bernama Dr. M Kurniawan yang telah menjelaskan bahwa vertigo mempunyai beberapa penyebab dan penyebab salah satunya adalah gangguan di sentral atau otak kecil.

Gangguan yang terjadi di sentral atau di otak kecil disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah di otak tersebut, yang disebabkan oleh stroke. 
 
Oleh sebab itu dengan metode terapi ini supaya dapat mengkondisikan otak Anda supaya dapat beradaptasi dengan sinyal yang membingungkan dari telinga. 

Nah inilah yang menjadi penyebab vertigo, sehingga dengan metode terapi atau latihan vertigo ini diharapkan dapat mengurangi frekuensi munculnya vertigo kambuh.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Terapi, cara mengobati vertigo, penyebab dan cara alami, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar