Cara menyembuhkan asma kambuh, agar sembuh total

Asma dapat diatasi dengan alat untuk asma seperti inhaler asma atau obat asma semprot dan juga dengan obat asma tradisional

Cara alami menyembuhkan asma cepat

Bagaimana cara mengobati asma agar sembuh total  dan supaya tidak kambuh lagi. Biasanya asma akan kambuh pada kondisi udara dingin, atau di saat malam hari dan kambuh secara mendadak. Nah, bagaimana cara mengatasi asma yang kambuh secara mendadak tersebut. 
 
Asma bisa saja terjadi pada orang dewasa maupun pada anak anak karena asma juga bisa disebabkan karena keturunan atau bawaan lahir. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan obat herbal asma yang bisa Anda coba sendiri dengan mudah. 
 
Apakah asma menular? Pada kenyatannya penyakit asma ini tidak menular. Namun demikian, beberapa infeksi virus seperti salesma dan flu juga dapat menyebabkan munculnya serangan terhadap penderita asma.
 
Cara alami pengobatan asma dengan obat asma tradisional ini, Anda dapat memanfaatkan bahan bahan alami yang bisa kita peroleh dengan mudah disekitar rumah Anda, diantaranya adalah  dapat menggunakan bawang putih, bawang bombay, madu, jahe dan kopi. 

Anda pasti sering mendengar tentang bagaimana penyakit asma ini dialami seorang penderita asma jika kambuh. Penyakit asma ini merupakan jenis penyakit paru yang menyebabkan penderitanya susah untuk bernafas. 

Asma dapat menyerang siapa saja, baik pada anak anak maupun orang dewasa. Jika seseorang terserang asma maka organ pernafasannya akan terganggu dan biasanya akan sesak nafas. Untuk asma pada orang dewasa biasanya bukan disebabkan karena alergi, lain halnya jika asma terjadi anak anak.
 
Bagaimana jika terjadi asma pada anak? Apa yang menyebabkan? Asma pada anak biasanya terjadi karena faktor bawaan lahir, dimana infeksi saluran nafas yang terjadi secara berulang dan parah. Termasuk juga pilek, pneumonia, bronkitis dan infeksi sinus atau sisusitis.
 
Asma pada anak bisa juga terjadi karena anak terkena pemicu alergi tertentu (alergen), diantaranya disebabkan karena debu, bulu hewan peliharaan, tungau dan serbuk sari.

Obat asma anak, ada berbagai macam pilihan dan jika tidak menggunakan obat tradisional maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak supaya aman dalam penggunaannya.

Namun demikian, asma sampai saat ini belum dapat diketahui asal mulanya, dan oleh para ahli kesehatan tentang asal mula penyakit asma ini masih terus dilakukan penelitiannya. 

Biasanya asma ini akan muncul apabila terjadi peradangan pada saluran pernafasan sehingga membuat meningkatnya produksi lendir pada saluran pernafasan tersebut. Kondisi ini akan membuat saluran pernafasan menyempit sehingga penderita asma akan mengalami kesulitan bernafas.

Tanda tanda yang sering muncul pada penderita asma jika asmanya mulai kambuh adalah nafas akan berbunyi. Kemudian, berlanjut dengan sesak nafas dan dada terasa nyeri sampai batuk berat. 

Tanda atau gejala yang akan muncul dari penderita asma, ada banyak macamnya karena gejala atau tanda itu akan tergantung dari penyebab dari asma itu sendiri, serta tergantung dari tahap asma yang diderita oleh seseorang.

Baca juga :  Cara Alami Menyembuhkan Hidung Tersumbat Jadi Plong

Bagi penderita asma pada awalnya akan mengalami gangguan yang ringan saja, akan tetapi gejala ringan ini janganlah dibiarkan saja karena jika tidak segera diobati maka asma akan menjadi bertambah berat.

Untuk itu kita perlu mengetahui gejala awal dari penyakit asma ini, supaya gejala awal dari penyakit asma dapat dicermati oleh penderita asma maupun oleh kita yang kebetulan mempunyai saudara atau teman dekat yang menderita asma.

Hal ini, supaya dapat segera dilakukan pertolongan yang tepat ataupun dapat segera dilakukan deteksi sejak dini. Namun demikian, jika gejalanya sudah semakin berat maka dapat segera dibawa ke ahli medis untuk segera melakukan konsultasi.

Berikut beberapa macam ciri ciri penyakit asma :

- Sering mengalami gangguan tidur terus menerus dan merasa gelisah

- Sesak nafas atau nafas jadi berat

- Biasanya diikuti dengan batuk kecil dalam beberapa hari dan terjadi setiap malam

- Mudah lelah, depresi dan mudah tersinggung

- Tenggorokan sakit, pilek dan hidung tersumbat seperti gejala terserang influenza

Setelah kita mengetahui ciri ciri penyakit asma maka sekarang kita dapat fokus pada pengobatannya karena penyakit asma pada tahap tertentu akan sangat berbahaya bagi penderitanya bahkan bisa menyebabkan kematian karena tidak dapat bernafas. 

Dalam menangani penderita asma yang mengalami serangan asma maka harus segera diobati untuk meringankan sesak nafas dan gangguan pernafasannya.

Hal ini, bisa dilakukan jika penyakit asma tersebut disebabkan oleh alergi, seperti disebabkan karena debu, jamur, serbuk sari bunga, bulu binatang, asap, bau yang kuat serta kondisi udara dingin ataupun panas. 

Jika seseorang yang mempunyai alergi terhadap yang disebutkan tadi, maka mereka harus menghindari semua alergen tersebut supaya terhindar dari serangan asma dengan cara menggunakan masker, baju hangat ataupun cara lainnya disesuaikan dengan jenis alerginya.

Baca juga :  Cara Alami Menyembuhkan Batuk Berdahak Cepat

Pengobatan pada penderita asma biasanya dengan jenis obat asma yang diberikan oleh dokter dan obat akan diberikan dengan jangka waktu yang cukup lama. Pemakaian obat dalam jangka waktu lama ini tentu saja akan menyebabkan beberapa resiko terhadap kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kalau kita mencoba berbagai cara menyembuhkan asma kambuh secara alami dengan menggunakan obat asma tradisional karena obat asma alami ini cukup efektif untuk menyembuhkan asma. 
 
Selain itu cara alami atau obat asma  tradisional ini dapat mengurangi gejala asma dan dapat juga digunakan sebagai terapi untuk mengatasi gangguan asma.

Berikut Cara menyembuhkan asma kambuh, dengan bahan alami :

1. Ramuan Bawang Putih 


Ramuan, bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup manjur untuk menyembuhkan penyakit asma tahap awal, karena bawang putih dapat membuat organ pernafasan penderita asma menjadi lega serta dapat mengurangi cairan lendir yang mengganggu pernafasan.

Cara pembuatannya : Ambil 2 siung bawang putih kemudian rebus dengan 100 ml air, setelah mendidih dinginkan dan air rebusan bawang putih siap diminum. Sebaiknya air rebusan bawang putih diminum pada malam hari.

2. Jahe 


Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang mempunyai aroma khusus, dan jahe ternyata juga dapat digunakan untuk meringankan sesak nafas serta dapat mengurangi peradangan yang terjadi di saluran pernafasan, sehingga bisa untuk menyembuhkan asma untuk tahap awal.

Cara membuatnya : Ambil beberapa ruas jahe yang masih segar dan jangan menggunakan jahe yang sudah disimpan lama, kemudian rebuslah dengan air. Setelah mendidih kemudian dinginkan air rebusan jahe tersebut dan air rebusan jahe tersebut siap diminum.

3. Kopi


 
Kopi

Bagi pecinta penikmat kopi maka mereka cukup bangga juga karena kopi ternyata dapat menjadi minuman yang cukup membantu dalam perawatan seseorang yang menderita penyakit asma.

Sebaiknya mengkonsumsi kopi hitam pahit dan tanpa menggunakan gula karena kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat menghilangkan gangguan pernafasan serta melegakan saluran pernafasan. 

Namun demikian tidak disarankan untuk terus menererus mengkonsumsi kopi karena kandungan kafeinnya juga tidak baik untuk tubuh.

4. Bawang Bombay 


 
Bawang bombay

Bawang bambay merupakan salah satu bumbu dapur yang juga dapat digunakan untuk mengatasi asma. 

Hal ini, karena bawang bombay mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan dan dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada paru paru penderita asma. Konsumsilah bawang bambay mentah untuk menyembuhkan asma.

5. Madu 


Madu

Madu juga dapat membantu melegakan saluran pernafasan bagi penderita asma karena madu mengandung zat alami dimana alkohol yang terdapat dalam madu dapat menenangkan rongga perafasan penderita asma. 

Selain itu madu juga mengandung nutrisi yang dapat menjaga dan meningkatkan system kekebalan tubuh kita sehingga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Cara membuatnya : Ambil 1 sendok madu kemudian tambahkan sedikit kayu manis campurkan dengan air hangat dan aduk hingga rata. Kemudian campuran madu dengan kayu manis siap diminum.

6. Senam Pernafasan 


Senam pernafasan

Senam pernafasan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala serta serangan asma. 

Senam pernafasan ini dilakukan untuk melatih organ paru paru supaya dapat berfungsi normal kembali, dan dari gerakan senam ini juga dapat menjaga kondisi kesehatan serta membuat pikiran kita menjadi rilek serta menghindari penderita asma dari stres.

7. Akupuntur 


Akupuntur

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk perawatan terhadap penderita asma adalah metode akupuntur, metode akupuntur ini merupakan metode yang berasal dari China. 

Terapi ini dilakukan pada beberapa titik tubuh yang berhubungan dengan rogga pernafasan dengan menggunakan jarum. Untuk dapat mencapai hasil yang maksimal hingga sembuh dari asma maka terapi akupuntur ini harus dilakukan secara rutin.

Dari berbagai macam penyakit yang ada termasuk asma maka pencegahan penyakit tersebut sangat diperlukan, supaya penyakit tersebut dapat dicegah. 

Untuk siapa yang dapat terserang penyakit asma? maka penyakit asma tidak akan melihat apakah seseorang itu masih anak anak atau orang tua, semuanya bisa saja terkena asma baik anak anak maupun orang tua.

Berikut beberapa tips untuk mencegah asma :

- Selalu menjaga kondisi lingkungan tetap bersih dan terbebas dari debu, jika seseorang alergi debu

- Hindari memelihara hewan seperti anjing dan kucing, jika seseorang alergi terhadap bulu

- Olah raga secara teratur sehingga badan tetap sehat dan bisa terhindar dari resiko asma

- Menjaga berat badan yang ideal supaya terhindar dari asma, karena obesitas akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita

- Menghindari merokok dan alkohol, karena alkohol dan rokok dapat menyerang pernafasan yang dapat memicu asma. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara menyembuhkan asma kambuh, agar sembuh total, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar