Biasakan Minum Air Putih Secukupnya,Tubuh Menjadi Sehat

Minum air putih bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh manusia

Kapan dan berapa banyak minum air putih?

Hidup sehat dengan membiasakan diri minum air putih agar asupan cairan tubuh terpenuhi. Hal ini, karena minum air putih secara teratur dapat membantu kesehatan kulit Anda dan proses metabolisme tubuh meningkat sehingga membantu membakar kalori lebih banyak. 

Mengapa Air Putih ?

Jawabannya adalah minum air putih paling baik bagi tubuh Anda dalam memenuhi asupan cairan yang sangat diperlukan oleh tubuh Anda. Air putih merupakan satu satunya minuman yang paling baik bagi tubuh Anda dan air putih tidak beresiko serta air putih dapat diterima oleh tubuh dengan baik. 

Lalu apa kegunaan air putih bagi tubuh? air putih berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh manusia, dengan demikian minum air putih merupakan asupan cairan yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa air merupakan asupan cairan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia, dengan minum air putih maka akan berguna untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh tetap terjaga serta berfungsi untuk membentuk bantalan pada sendi Anda. 

Fungsi lain dari air putih yang kita minum, juga dapat menjaga mulut dan mata Anda supaya tidak kering serta dapat membantu mengeluarkan racun racun yang ada di dalam tubuh. Minum air putih 8 gelas perhari akan membantu menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih.

Manfaat lainnya dari air putih yang Anda minum adalah dapat membantu mengatur suhu tubuh Anda agar tetap terjaga dengan baik. 

Jadi jangan malas untuk terus minum air putih setiap saat jika Anda merasakan haus setiap harinya, meskipun Anda sedang sibuk bekerja dan beraktifitas. 
 
Mengapa harus demikian? Hal ini, karena minum air putih merupakan suatu pekerjaan yang mudah dan sederhana, serta sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari Anda.

Baca juga : Ketahuilah, Waktu Minum Air Putih Yang Benar

Air putih yang Anda minum juga dapat membuang lemak-lemak yang tidak berguna bagi tubuh sehingga dengan terbuangnya lemak yang tidak berguna tersebut maka dapat mengurangi berat badan.
 
Oleh sebab itu, kegunaan minum air putih ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan Anda dan ini penting bagi mereka yang kelebihan berat badan agar bisa mendapatkan berat badan ideal.

Jadi Usahakan Anda untuk bisa minum air putih sebanyak 2 liter/ hari, karena perlu Anda ketahui bahwa tubuh manusia ternyata 60 % nya mengandung air sehingga minum air putih merupakan salah satu kebutuhan yang cukup vital bagi tubuh Anda.

Tetapi minum air putih juga ada aturannya karena kelebihan ataupun kekurangan minum air putih akan berpengaruh tidak baik bagi kesehatan. Nah, aturan minum seperti apakah yang sebaiknya dilakukan supaya bermanfaat bagi tubuh.

Berikut ulasannya :

1. Berapa liter perhari

Berapa liter minum air putih sehari? Aturan minum air putih sebanyak 8 gelas perhari ternyata tidak mempunyai bukti ilmiah yang kuat. Aturan minum air putih menurut Institute of medicine's food and nutrition board adalah 2,7 liter perhari untuk wanita dan 3,7 liter perhari untuk pria.

2. Minum air putih setelah bangun tidur

Minum air putih sebanyak 1-2 gelas setelah bangun tidur dapat mengisi ulang untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika Anda tidur terlelap selama 7-8 jam. Selain itu minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu proses metabolisme tubuh dan membuang racun yang ada didalam tubuh.

3. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih 30 menit sebelum makan maka akan membantu melancarkan proses pencernaan. Namun minum secukupnya saja, karena kadar air putih yang berlebihan dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan fungsi enzim yang diperlukan saluran pencernaan untuk mencerna makanan.

4. Minum air putih pada saat lelah

Perlu kita ketahui bahwa 60 % dari fungsi tubuh manusia tergantung pada air termasuk otak dan system syaraf.
 
Oleh sebab itu, kekurangan asupan air akan menyebabkan tubuh Anda merasa kelelahan, kehilangan konsentrasi, sakit kepala, depresi, kesulitan tidur dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Sehingga disarankan untuk membiasakan minum air putih ketika Anda merasa lelah.

5. Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga

Salah satu penyebab tubuh kekurangan cairan karena dengan berolahraga, banyak cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Oleh sebab itu, supaya tubuh tidak dehidrasi dan juga untuk menguatkan otot maka disarankan Anda untuk minum air putih sebelum dan sesudah berolah raga.

6. Minum air putih sebelum tidur

Setelah seharian Anda lelah beraktivitas maka disarankan untuk minum air putih sebelum tidur. Minum secukupnya saja supaya dapat meningkatkan kualitas tidur dan supaya bisa tidur dengan nyenyak.

7. Minum air putih ketika sakit

Minum air putih pada saat sakit dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan didalam tubuh yang dibutuhkan ketika sakit.

8. Tidak minum air putih berlebihan

Minum air putih juga secukupnya saja, karena kekurangan cairan dapat mengganggu organ tubuh. 
 
Demikian juga, jika kelebihan cairan atau overhidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Overhidrasi dapat terjadi karena tubuh mengalami keracunan air atau hiponatremia. Apabila terjadi kadar natrium dalam aliran darah menurun akibat kelebihan air.

Dalam kasus yang parah, overhidrasi dapat membuat tubuh kejang, koma dan bahkan dapat mengakibatkan kematian. 
 
Gejala overhidrasi antara lain sakit kepala, mual, kram otot, muntah dan diare. Ini dapat terjadi karena ginjal menampung terlalu banyak air dan kelebihan air dapat menyebabkan konsentrasi garam dalam darah berkurang.

9. Meningkatkan fungsi otak

Dengan minum air putih yang cukup secara teratur maka dapat mencegah gangguan fungsi otak seperti kehilangan konsentrasi hingga sakit kepala akibat dehidrasi.

10. Melancarkan system pernafasan

Minum air putih yang cukup secara teratur dapat melancarkan system pernafasan karena tubuh yang kekurangan cairan dapat menghambat pernafasan.

11. Menjaga kesehatan kulit

Apabila kulit kekurangan cairan maka tubuh akan dehidrasi sehingga kulit akan kering dan keriput. Minum air putih secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit yang selalu membutuhkan asupan cairan.

12. Menurunkan berat badan

Minum air putih secukupnya dan secara teratur maka dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh berjalan dengan baik maka akan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak, sehingga kelebihan berat badan bisa berkurang.

13. Menjaga kesehatan ginjal

Cairan tubuh akan mengangkut sisa produk limbah melewati ginjal untuk dikeluarkan melalui urine. Ginjal berfungsi untuk membersihkan tubuh dari racun selama cairan didalam tubuh mencukupi.

Minum air putih yang cukup selain untuk menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh,  juga untuk membantu system metabolisme tubuh, melancarkan proses pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah, menjaga suhu tubuh dan meningkatkan fungsi otak. 
 
Oleh sebab itu, minum air putih memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Biasakan Minum Air Putih Secukupnya, Tubuh Menjadi Sehat, semoga bermanfaat. 
 
Silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

3 komentar