Inilah bahaya tidur pagi, tidur melebihi quota bagi kesehatan

Bahaya tidur pagi dan tidur terlalu lama, tidak bagus bagi kesehatan karena akan mengganggu metabolisme dan gangguan hormon diantaranya adalah hormon insulin

Bahaya tidur terlalu lama bagi kesehatan

Meskipun tidur sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuhnya agar supaya keesokan hari bisa kembali segar. Tidur malam hari merupakan waktu tidur yang pada umumnya dilakukan seseorang untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas seharian.

Tidur malam dan dapat tidur nyenyak di malam hari sangatlah penting dan merupakan harapan semua orang agar supaya memperoleh tidur yang berkualitas. Namun demikian, jika tidur malam tidak bisa tidur nyenyak maka dapat ditambah dengan tidur siang untuk menutup kekurangan tidur malamnya.
 
Akan tetapi, tidur terlalu lama (oversleeping) juga kurang bagus karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Risiko buruk medisnya antara lain adalah dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung bahkan bisa menyebabkan kematian.

Dalam menjalani kehidupan Anda sehari-hari semua orang pasti memerlukan waktu untuk dapat menghentikan seluruh kegiatan organ tubuhnya dengan cara beristirahat yaitu tidur. Kegiatan tidur ini merupakan suatu kegiatan yang rutin kita lakukan setiap hari. 

Namun demikian, Anda harus melakukan istirahat dengan cara tidur sesuai dengan porsi yang tepat, jangan sampai tidur pagi terlalu lama atau kurang tidur di malam hari. Hal ini, karena tidur terlalu lama akan berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Nah, berapa lamakah waktu tidur yang terbaik bagi seseorang supaya dapat memulihkan kondisi tubuhnya dan supaya tubuh dapat menjadi segar kembali di pagi harinya. 

Dengan kualitas tidur yang baik yaitu dengan tidur sekitar 6 sampai 8 jam sehari, maka kualitas tidur ini sangat baik untuk dapat menunjang tubuh Anda menjadi tetap fokus dan dapat bersemangat lagi di pagi harinya. 

Dampak dari kurang tidur juga dapat membuat tubuh Anda menjadi tidak fit dan akhirnya tubuh Anda mudah terserang dengan berbagai macam penyakit.

Baca juga : Kenalilah, Tanda Tubuh Kurang Sehat

Tidur nyenyak yang berkualitas setiap hari, memang merupakan keharusan bagi semua orang untuk bisa mendapatkannya kondisi tubuh yang dapat menunjang kesehatan untuk melakukan aktifitas kembali pada esok harinya. 
 
Namun demikian, Anda jangan tidur terlalu berlebihan karena tidur yang berlebihan ternyata tidak baik juga untuk kondisi kesehatan Anda.

Menurut Susan Redline yaitu seorang profesor di bidang pengobatan tidur di Harvard, bahwa seseorang yang tidur lebih dari 10 jam setiap harinya, justru akan memiliki kondisi kesehatan yang lebih buruk dibandingkan dengan seseorang yang tidur dengan durasi normal antara 7 hingga 8 jam perharinya,

Menurut penelitian bahwa di negara Amerika Serikat telah dijumpai atau terdapat sekitar 30 persen orang yang tinggal di sana mempunyai durasi tidur yang lebih lama dari durasi tidur normal.

Apa yang menyebabkan tidur terlalu lama :

Meskipun para ahli menyarankan bahwa waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7 - 9 jam sehari, namun demikian wakti tidur yang dibutuhkan sangat bersifat individual, karena tidur seseorang akan tergantung dari beberapa faktor, antara lain :

- Usia
- Aktivitas sehari hari
- Kondisi kesehatan
- Gaya hidup

Berikut beberapa bahaya tidur dengan durasi lebih dari 8 jam yang dikutip dari Men's Health, yaitu :

1.  Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Tidur dengan durasi lebih dari 8 jam di malam hari ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
 
Penyakit jantung ini merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan banyak orang karena merupakan penyebab kematian paling tinggi di Amerika Serikat. 
 
Hal ini, karena menurut catatan kematian yang disebabkan karena penyakit jantung sudah mencapai hampir 34 persen dari jumlah kematian karena penyakit lainnya.

2.  Sulit Menurunkan Berat Badan

Jika seseorang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas maka biasanya mereka akan mempunyai kesukaan tidur yang lebih lama, sehingga hal ini akan membuat mereka sulit untuk menurunkan berat badannya karena dengan kebanyakkan tidur otomatis mereka menjadi kurang gerak. 

Hal ini dikemukakan oleh Michael Irwin yaitu seorang profesor ilmu psikiatri dan perilaku di David Geffen School of Medicine di UCLA.

3.  Meningkatkan Risiko Diabetes

Apabila seseorang terlalu banyak tidur maka akan dapat meningkatkan gula darah didalam tubuhnya (yaitu glukosa).
 
Hal ini, karena tidak ada pembakaran didalam tubuhnya untuk dapat mengurai gula yang menumpuk didalam tubuh kita, sehingga hal ini akan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

4.  Kemampuan Otak Cepat Menurun

Menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan di Journal of the American Geriatrics Society, menyampaikan bahwa tidur dalam jangka panjang dan kronik dapat mempercepat kemampuan otak lebih cepat menurun.
 
Penurunan otak ini, dua tahun lebih cepat dari kondisi normalnya sehingga kondisi ini dapat menjadikan seseorang menjadi sulit melakukan kegiatan sehari-hari atau dimensia.

Tidur dengan waktu yang lama akan dapat menimbulkan masalah pada fungsi dasar mental seseorang, di mana dia akan sering terbangun di malam hari, sehingga dia akan membutuhkan tambahan untuk waktu tidurnya lagi.

5.  Berisiko Kematian Lebih Cepat

Didalam sebuah studi epidemologi yang berskala cukup besar telah memperlihatkan hasil bahwa seseorang yang tidur lebih lama akan berisiko meninggal lebih cepat. Akan tetapi mengenai penyebabnya belum berhasil diketahui, namun demikian diperkirakan karena telah terjadi inflamasi.

6.  Memperburuk Mood

Kalau membicarakan tentang depresi dan tidur, maka keduanya merupakan kegiatan yang saling berhubungan karena seseorang yang depresi pasti akan tidur lebih lama. 

Namun demikian, dengan tidur lebih lama ternyata justru akan membuat seseorang menjadi semakin depresi. Oleh sebab itu, sesorang yang mengalami depresi tentu saja mood atau semangat untuk melakukan kegiatan menjadi berkurang bahkan ekstrimnya bisa hilang sama sekali.

Baca juga : Kenalilah, 3 Tanda Tersembunyi Dibalik Penyakit Diabetes

Namun demikian tidak semua orang akan mengalami ke 6 resiko yang kurang baik akibat tidur yang lebih lama di malam hari tersebut. Akan tetapi dalam beberapa kasus, dengan mempercepat waktu bangun akan mengembalikan semangat bagi mereka untuk memulai aktifitas kembali. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Inilah bahaya tidur pagi, tidur melebihi Quota bagi kesehatan, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar