Kenali kolesterol tinggi dan gejalanya, wajib tahu dan waspada

Kolesterol tinggi dan gejalanya,  salah satu gejalanya adalah akan muncul rasa kaku kaku dan kesemutan pada kaki dan tangan

Kenalilah 7 tanda akibat kolesterol

Pada umumnya, tubuh Anda secara otomatis akan memberikan tanda, apabila terjadi kondisi kolesterol tinggi dan tanda respon tubuh tersebut biasanya berupa telapak tangan dan telapak kaki kaku kaku, kesemutan serta tengkuk pegal. 
 
Oleh sebab itu, segera untuk melakukan cek kolesterol jika tubuh Anda memberikan tanda kolesterol tinggi dan gejalanya seperti yang disebutkan tadi. Jangan sampai tanda respon yang diberikan oleh tubuh diabaikan begitu saja ya.
 
Pastikan Anda tidak mengacuhkan respon yang diberikan oleh tubuh Anda tersebut, dan segera ambil tindakan dan segera atasi keluhan tubuh tersebut atau berupa sinyal diberikan oleh tubuh Anda tersebut, supaya Anda terhindar dari komplikasi yang berbahaya.

Lalu, berapa nilai kolesterol normal

Dilansir dari Institut Jantung, Paru paru dan Darah Nasional di AS (NHLBI) bahwa kadar kolesterol total yang bagus (nilai kolesterol normal) adalah sebesar kurang dari 200 mg/dl dan kadar kolesterol dianggap tinggi jika kadar kolesterol telah mencapai 240 mg/dl atau lebih.

Kesehatan yang prima merupakan sesuatu yang sangat mahal harganya dan sangat di dambakan oleh semua orang tentunya. 
 
Oleh sebab itu, untuk dapat mencapai kondisi kesehatan yang prima tersebut maka Anda harus memulainya dengan cara mengikuti pola makan sehat, pola hidup sehat dan melakukan olahraga secara teratur. 

Selain itu, Anda juga harus mengetahui sinyal atau tanda penting yang diberikan oleh tubuh Anda, ketika tubuh Anda dalam kondisi tidak prima atau tubuh Anda kurang sehat pasti tubuh Anda akan memberikan respon berupa tanda tanda spesifik sesuai dengan penyakit yang menyertainya.

Berbagai macam tanda yang diberikan oleh tubuh Anda, tentu saja akan muncul secara alamiah dan tanda atau sinyal yang akan diberikan oleh tubuh Anda tersebut, tentu saja tidaklah sama antara masalah kesehatan yang satu dengan masalah kesehatan yang lainnya.
 
Sinyal yang diberikan oleh tubuh tersebut akan tergantung dari penyakit apa yang mendasari atau bagian mana yang dianggap oleh tubuh Anda sedang mengalami kondisi kurang sehat. Jika kondisi tubuh Anda sehat maka Anda akan dapat merasakan kondisi tubuh yang enak dan segar.

Pada umumnya tubuh akan memberikan tanda, jika kolesterol tinggi yaitu di area kaki dan tangan serta tengkuk yang terasa kaku kaku dan kesemutan. Untuk mengetahui bahwa kolestrol Anda tinggi maka ada 7 tanda yang dapat Anda kenali yang akan kami bahas di dalam artikel ini.

Dalam keadaan normal, sebenarnya kolesterol juga akan dibutuhkan oleh tubuh, supaya tubuh dapat berfungsi secara normal.
 
Namun demikian, jika kadar kolesterol jahat (LDL kolesterol) berlebihan dalam tubuh maka akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung mendadak, stroke serta berbagai macam masalah kesehatan lainnya.

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai, apabila tubuh kita sudah mengalami kadar kolesterol tinggi ini. Hal ini, karena kolesterol dapat menumpuk dengan cepat dan akan mengendap di dalam tubuh Anda tanpa Anda menyadarinya. 

Pada kenyataannya, banyak juga di masyarakat yang telah mengalami kondisi kadar kolesterol tinggi ini, dan penyakit ini termasuk jenis penyakit yang cukup menakutkan juga.
 
Hal ini, karena menurut catatan terdapat 7,9 % dari orang yang ada di seluruh dunia telah meninggal dunia yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi ini.

Baca juga : Tips, Mudah Tepat Mengendalikan Kolesterol Tinggi

Di Indonesia, orang yang telah menderita kolesterol tinggi prosentasenya cukup banyak juga, karena sudah hampir mencapai 28 % dari keseluruhan penduduk Indonesia. 
 
Oleh sebab itu, apabila kolesterol tinggi tidak segera diatasi maka akan mengacam kesehatan Anda, dimana hal ini dapat juga menimbulkan resiko kematian. Mengapa demikian?

Hal ini, karena kolesterol tinggi akan berimbas terhadap munculnya berbagai macam penyakit lain seperti serangan jantung, stoke serta penyumbatan pembuluh darah, sehingga tingginya kadar kolesterol didalam darah harus segera diatasi dan diwaspadai ya. 

Seperti yang sudah sering saya bahas sebelumnya, bahwa tubuh Anda sebenarnya sudah mempunyai sinyal ataupun tanda-tanda yang akan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda. 

Nah, tinggal bagaimana kepekaan Anda untuk dapat segera mengerti dan menangkap serta menterjemahkan sinyal yang diberikan oleh tubuh Anda secara alamiah tadi terhadap kemungkinan munculnya suatu penyakit.

Baca juga : Yuk Cari Tahu, Apa Saja Perbedaan Kram Dengan Kesemutan

Lalu apa saja tanda atau sinyal yang akan diberikan oleh tubuh Anda apabila kadar kolesterol Anda tinggi? Supaya Anda dapat segera mengerti dan dapat mengatasinya dari dampak buruk masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi tersebut. 

Jika kolesterol tinggi dan gejalanya muncul dari tubuh Anda maka wajib diketahui dan diwaspadai.

Apa saja gejala kolesterol tinggi tersebut : 

1.  Kesemutan

Kesemutan pada telapak kaki

Apabila anda sering merasa kesemutan pada tangan, kaki atau bagian tubuh tertentu, maka itu merupakan pertanda bahwa aliran darah anda tidak lancar sehingga ada syaraf yang tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. 

Nah, penyebab aliran darah yang tidak lancar ini salah satunya adalah disebabkan oleh Kolesterol tinggi. 

2.  Kepala Bagian Belakang Berat

Tengkuk berat

Jika ada merasa pusing atau kepala bagian belakang (tengkuk) terasa berat maka anda harus harus waspada, karena bisa jadi pusing tersebut disebabkan karena kolesterol tinggi. 

Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar Otak dan kepala. Apabila gejala ini dibiarkan saja, maka akan berakibat fatal. Hal ini, karena akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke. 

3.  Pundak Dan Tengkuk pegal

Pundak pegal

Jika ada merasakan pundak dan tengkuk pegal maka ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen dan darah yang menuju ketempat tersebut. Hal ini, terjadi akibat dari adanya penumpukan kolesterol. Oleh karena itu, segera waspadai dan lakukan upaya untuk mengatasinya. 

4.  Nyeri Pada Kaki

Bagian kaki, nyeri

Jika anda merasakan bagian kaki terasa nyeri maka ini juga merupakan salah satu tanda bahwa kolesterol anda tinggi. Hal ini, karena kolesterol akan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri sehingga aliran darah yang menuju ke kaki menjadi terhambat. 

5.  Sering Menguap

Sering, menguap

Seseorang yang sering menguap dapat terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak. Selain itu, sering mengantuk yang tidak wajar, juga merupakan akibat dari penumpukan kolesterol sehingga akan menyumbat pembuluh darah, akibatnya pasokan oksigen ke otak menjadi tidak bisa optimal. 

6.  Warna Kuku Berubah

Warna kuku, berubah

Jika anda melihat bahwa warna kuku anda tidak seperti biasanya maka segeralah waspadai, karena ini dapat saja terjadi akibat dari kolesterol tinggi. 

Terganggunya sirkulasi darah yang menuju ke bagian kuku akan menyebabkan kuku tidak mendapat pasokan darah yang cukup sehingga akan terjadi perubahan warna kuku menjadi tidak seperti biasanya. 

Tanda perubahan warna kuku ini bisa dikenali dengan mudah, diantaranya adalah : Kuku menebal dan lebih lambat pertumbuhannya. 

7.  Kram 

Kram

Jika anda mengalami kram pada beberapa bagian anggota tubuh maka bisa saja hal ini di akibatkan oleh kolesterol tinggi. Kram ini dapat dirasakan pada saat malam hari atau setelah bangun tidur. 

Kram tersebut biasanya dirasakan pada bagian seperti : kaki, tumit, telapak kaki dan bagian tubuh lainnya. Tetapi rasa nyeri dari kram tersebut akan hilang dengan sendirinya apabila anda mulai menggerakkan anggota tubuh Anda tersebut.
 
Baca juga : Cardiovasculardesease, gangguan jantung seperti apakah

Demikianlah, 7 gejala kolesterol yang harus Anda ketahui dan Anda waspadai bahwa kemungkinan tubuh Anda telah mengalami kondisi kadar kolesterol tinggi.
 
Oleh sebab itu, kita harus segera tanggap untuk segera menindak lanjuti pengobatannya agar supaya kolesterol tinggi dapat segera diatasi dan dinormalkan lagi. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Kenali  kolesterol tinggi dan gejalanya, wajib tahu waspada, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

2 komentar