Pola makan sehat jantung, seperti apakah ?

 

Pola makan sehat jantung dapat mulai diterapkan dengan cara mengkonsumsi makanan diet sehat jantung

Apa itu diet sehat jantung dan apa yang harus dihindari

Untuk dapat mencegah serta mengelola penyakit cardiovascular maka sebagai kunci utamanya adalah supaya dapat menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup sehat. Dalam menerapkan rencana diet sehat jantung ini ternyata tidak sesulit yang Anda pikirkan ya.

Yang perlu diperhatikan adalah mengenai pola sehat keseluruhan dari semua pilihan rencana pola makan sehat jantung yang sudah Anda tentukan pilihannya supaya dapat diperhitungkan. Hal ini, supaya mendapatkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan jantung Anda.

Diet jantung sehat untuk menurunkan berat badan bisa juga, selain untuk menjaga dan memelihara jantung agar tetap sehat.

Apa itu diet sehat jantung

Diet sehat jantung merupakan rencana makan yang bertujuan untuk menekankan makanan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Makanan makanan tersebut antara lain adalah sayuran dan buah buahan, biji bijian, unggas tanpa lemak dan ikan berminya seperti ikan salmon dan tuna yang mengandung banyak asam lemak omega 3.

Selain itu, diet sehat jantung ini membatasi makanan olahan yang banyak mengandung gula, garam dan lemak tidak sehat. Hal ini, karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Diet jantung yang dilakukan harus seberapa ketatkah ?

Menurut Hwang, diet jantung ini memang sangat fleksibel karena diet sehat jantung ini bisa memberikan beberapa macam pilihan makanan.

Seperti misalnya buah dan sayuran, Anda dapat mengkonsumsi buah atau sayuran baik yang masih segar, beku, kalengan maupun yang sudah kering. Namun demikian, Anda harus tetap memperhatikan tambahan garam maupun gulanya apabila buah atau sayuran tersebut sudah dalam varietas kemasan.

Berikut pola makan sehat jantung yang sebaiknya dilakukan :

Pertama tama cari tahu terlebih dahulu seberapa banyak kalori yang Anda butuhkan dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsi untuk dapat menjaga berat badan Anda.

Pada umumnya, informasi nutrisi dan kalori yang terdapat di dalam label makanan akan di dasarkan pada diet 2000 kalori per hari.

Namun demikian, Anda dapat memerlukan lebih sedikit atau lebih banyak kalori tergantung dari faktor faktor seperti umur, jenis kelamin dan seberapa besar tingkat aktivitas fisik yang dilakukan.

Sebaiknya tingkatkan jumlah serta intensitas aktivitas fisik Anda sehari harinya agar dapat membakar lemak lebih banyak.

Sebaiknya menargetkan minimal 150 menit aktivitas fisik sedang atau 75 menit aktivitas fisik berat atau bisa juga dikombinasikan keduanya dalam setiap minggunya.

Nah, dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur maka akan dapat membantu Anda dalam mempertahankan berat badan atau dapat mempertahankan berat badan yang sudah Anda turunkan dari berat badan sebelumnya.

Apabila tidak mudah dalam menjadwalkan olahraga seperti jalan pagi, bersepeda atau olah raga lainnya secara teratur maka cobalah untuk melakukan aktivitas rutinitas sebagai pengganti olahraga.

Diantaranya parkirlah kendaraan Anda ditempat parkir yang agak jauh, naik tangga tidak menggunakan lift. Hal ini, supaya Anda dapat melakukan aktivitas olahraga berjalan untuk mencapai ketempat tujuan Anda.

Makanan untuk diet sehat jantung, antara lain  dengan mengkonsumsi :

- Berbagai macam buah buahan dan sayuran

- Produk yang terbuat dari biji bijian utuh, antara lain roti gandum, bagel, mufin Inggris, tortilla, sereal seperti aotmeal atau gandum parut, beras coklat atau gandum atau quinoa, gandum utuh atau pasta gandum utuh dan couscous.

- Sumber protein yang sehat seperti kacang kacangan, kacang polong, putih telur, tahu, ikan dan makanan laut lainnya yang banyak mengandung asam lemak omega 3 seperti salmon, mackerel, herring dan trout danau.

- Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, daging dan unggas yang tidak berlemak dan tidak diproses.

- Minyak nabati tak jenih seperti minyak zaitun, kanola, safflower, kacang tanah, kedelai, bunga matahari atau alpukat.

- Makanan olahan agar dapat di kurangi, karena makanan olahan akan terdapat tambahan garam untuk mengawetkannya

- Mengurangi asupan gula tambahan atau gula buatan

- Memasak dengan sedikit garam atau tanpa garam

- Membatasi minuman beralkohol atau sama sekali tidak minum alkohol

- Usahakan untuk mengikuti pola diet jantung sehat ini, baik dalam mengkonsumsi makanan yang disiapkan di rumah, dipesan di restoran ataupun membeli secara online.

Oleh sebab itu, ketika membeli makanan kemasan sebaiknya membaca terlebih dahulu fakta gizi serta daftar bahan yang dipakai pada label makanan tersebut. Sebaiknya memilih makanan kemasan yang mengandung sedikit sodium, tambahan gula serta lemak jenuh.

Makanan yang sebaiknya dibatasi, antara lain :

- Dari biji bijian antara lain makanan yang dipanggang seperti kue, biskuit, muffin, scone, croissant, cobber, donat, pastri dan pai, nasi putih.

Selain itu, makanan ringan yang mengandung minyak terhidrogenasi parsial termasuk keripik kentang, kerupuk campuran makanan ringan, puff keju dan popcorn microwave.

- Potongan daging berlemak tinggi seperti daging giling biasa, iga, T-bone dan steake ribeye.

- Daging olahan seperti hot dog, sosis, salami, jeroan seperti hati, otak

- Unggas dengan kulit

- Telur utuh

- Sayuran dan buah buahan yang di goreng, sayuran yang disiapkan dengan mentega, keju atau saus krim, buah kaleng dalam sirup kental

- Produk susu seperti keju penuh lemak, krim keju, susu utuh, yogurt susu murni, es krim, krim

- Lemak dan minyak seperti mentega, minyak tropis seperti kelapa, kelapa sawit dan minyak inti sawit

- Diet jantung sehat juga akan membatasi asupan natrium karena natrium dapat meningkatkan tekanan darah serta membuat jantung akan bekerja lebih keras.

Oleh sebab itu, batasi asupan natrium Anda jangan lebih dari 2000 miligram setiap harinya. Sebagai patokannya, satu sendo teh garam meja itu sama dengan 2.300 miligram.

Untuk memulai melakukan diet jantung ini lakukanlah perubahan perubahan kecil seperti mengganti mentega dengan minyak zaitun pada waktu memasak, biasakan makan lebih banyak buah dan sayuran

Pada awalnya mungkin sulit untuk melakukan pola makan sehat jantung yang berbeda dengan pola makan yang biasanya Anda lakukan.

Namun demikian, dengan melakukan perubahan kecil diatas dari waktu ke waktu maka akan dapat memperoleh manfaat dari rencana diet jantung sehat ini.

Diet jantung sehat jadikanlah sebagai gaya hidup jangka panjang Anda

Bagi penderita kanker memang tidak semuanya akan mengalami masalah jantung setelah melakukan pengobatan kanker. Namun demikian, penderitanya akan dapat hidup 15 tahun atau lebih sebelum penderita mengalami gejala kerusakan jantung muncul.

Oleh sebab itu, mengapa sangat disarankan bagi penderita kanker agar selalu mengikuti diet jantung sehat selama hidup mereka. Dengan jantung yang sehat akan dapat menjadikan kesehatan Anda menjadi lebih baik.

Bagaimanapun juga, tidak akan ada ruginya dengan menerapkan pola makan sehat jantung ini di kehidupan Anda sehari harinya karena Anda akan menjadi lebih sehat. Dengan badan yang sehat, apapun yang akan kita lakukan menjadi lebih semangat dan bahagia.

Semoga bermanfaat ya !!

0 komentar