Ini penyebab asam urat, gejala dan pencegahannya

Cara mengatasi asam urat dan kolesterol

Gejala asam urat, pencegahan tepat sangat penting

Sebelum membahas gejala asam urat pada kaki & penyebabnya maka penting diketahui juga cara pencegahannya. Hal ini, supaya Anda dapat menghindari penyakit asam urat kambuh lagi dan dapat menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat. 
 
Untuk lebih memahami tentang penyakit asam urat ini, baik tentang ciri ciri asam urat maupun penyebabnya maka sebelumnya kita perlu mengetahui terlebih dahulu, apakah yang dimaksud dengan penyakit asam urat

Apakah penyakit asam Urat berbahaya bagi tubuh kita? dan bagaimana cara pencegahan dan cara mengatasi penyakit asam urat ini.

Penyakit asam urat atau dalam bahasa medisnya Gout atau Hiperurisemia, merupakan suatu kondisi medis dimana terdapat gangguan metabolisme asam urat yang ada didalam tubuh manusia. 

Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar asam urat didalam tubuh dan kristal asam urat berlebih ini akan menumpuk di dalam jaringan tubuh sehingga akan menyebabkan inflamasi atau peradangan pada bagian persendian (artritis).  

Penimbunan kristal monosodium urat di dalam tubuh ini akan menimbulkan rasa nyeri sendi (Gout Arthritis), serta akan menimbulkan benjolan pada bagian bagian tertentu dari tubuh dan menimbulkan batu pada saluran kemih. 

Asam urat merupakan suatu produk akhir dari metabolisme purin. Bila kadar dalam darah dari asam urat normal, maka asam urat sangat berguna bagi tubuh kita, karena asam urat akan berperan sebagai antioksidan. 

Kadar asam urat normal wanita tidak sama dengan asam urat normal pria. Untuk tabel normal asam urat sudah pernah kami tampilkan didalam artikel kami sebelumnya yang berjudul  "Cara mengatasi asam urat pada kaki, jenis penyebab, pengobatannya".

Namun demikian, apabila kadar asam urat di dalam tubuh terlalu banyak maka akan dapat menimbulkan penyakit asam urat, gout yang kronis atau dalam jangka waktu lama.

Hal ini, akan dapat menyebabkan penumpukan asam urat, baik didalam maupun disekitar persendian. Nah, akibat penumpukan asam urat ini, akhirnya dapat berakibat menurunkan fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Akan tetapi jika kadar asam urat melebihi batas normal maka asam urat akan berperan sebagai prooksidan, dimana prooksidan ini akan mengakibatkan munculnya pengkristalan sehingga dapat menimbulkan gout. 

Perlu kita ketahui bersama bahwa peran asam urat yang normal didalam tubuh adalah ada sekitar 60 % radikal bebas yang terdapat di dalam serum yang telah dibersihkan oleh asam urat.

Berapakah kadar normal asam urat seseorang?

Kadar normal asam urat wanita dengan asam urat normal pria berbeda ya. Kadar darah asam urat normal untuk pria adalah 3.6 - 7 mg/dl, sedangkan kadar normal asam urat wanita adalah 2.3 - 6.1 mg/dl. ( Dikutip dari E. Spicher, Jack Smith W. 1994).
 
Penyakit asam urat atau biasa disebut dengan hiperurisemia gout merupakan suatu keadaan yang dapat menimbulkan gejala sangat nyeri, sehingga hampir tidak dapat ditahan sakitnya dan biasanya diikuti dengan pembengkaan serta rasa panas di area persendiannya.

Sendi sendi yang biasanya sering terserang penyakit asam urat ini adalah sendi pada bagian jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan dan sendi bagian lutut. 
 
Jika dibandingkan antara wanita dan pria, maka yang lebih sering terkena penyakit asam urat adalah pria, terutama untuk pria yang sudah menginjak usia diatas 30 tahun, tetapi untuk wanita yang sudah menopause juga akan berisiko terserang asam urat.


Oleh sebab itu sangat penting untuk kita ketahui, seperti apakah gejala dari penyakit asam urat ini, karena untuk pria yang usianya diatas 30 tahun serta wanita yang sudah menopause sangat berisiko terserang penyakit asam urat ini. 

Anda bisa melakukan cek kadar asam urat normal atau tidak yaitu dengan cara mengecek asam urat dengan jari ditusuk dengan jarum untuk mendapatkan setetes darah Anda (melakukan tes darah).

Berikut ciri ciri asam urat apabila seseorang terkena penyakit asam urat :

- Dalam beberapa jam pertama akan merasakan rasa sakit yang berlangsung cepat dan akan berlangsung selama 3 – 10 hari 

- Terjadi pembengkakan dan kulit disekitar sendi akan berwarna merah 

- Penderita penyakit asam urat menjadi tidak dapat bergerak dengan leluasa

Orang awam sering salah persepsi terhadap penyakit asam urat ini, karena terkadang orang biasanya menganggap bahwa penyakit asam urat selalu disamakan dengan rematik. 
 
Padahal kenyataannya asam urat dengan rematik berbeda, bahwa rematik merupakan satu istilah saja untuk menjelaskan rasa sakit yang terjadi pada persendian maupun otot yang terjadi peradangan. 


Dan satu lagi anggapan yang masih salah dan perlu diluruskan yaitu ada sebagian orang menganggap bahwa apabila kadar asam urat pada penderita hiperurisemia pasti akan terserang gout. 
 
Padahal kenyataan yang sering terjadi tidak demikian, karena hanya ada 1/3 dari penderita hiperurisemia yang terserang gout.

Apa saja yang menjadi penyebab seseorang bisa terkena penyakit asam urat :

Rasa nyeri dan pembengkakan sendi yang timbul, semuanya disebabkan oleh tusukan tusukan dari kristal kristal tajam yang ada disekitar sendi, dan kristal kristal tajam ini terjadi akibat penumpukan dari zat asam urat tadi.

Lalu makanan apa saja yang menjadi penyebab peningkatan asam urat? 

Jika kita menyukai atau senang mengkonsumsi makanan seperti jeroan, seafood dan daging merah, kemudian seseorang yang suka minum minuman beralkohol, maka akan terjadi peningkatan asam urat. 

Selain dari makanan yang kita konsumsi, ada juga penyakit yang bisa meningkatkan kadar asam urat yaitu jika seseorang menderita penyakit seperti : obesitas, diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal kronik maka sangat rawan terserang penyakit asam urat ini.

Berdasarkan salah satu penelitian, bahwa penyakit asam urat ini juga merupakan penyakit yang bersifat genetik, sehingga seseorang yang mempunyai keluarga yang menderita penyakit asam urat maka kemungkinan besar mereka akan berisiko terserang penyakit asam urat juga.

Bagaimana cara mengatasinya jika kita terserang penyakit asam urat :

Ada 2 macam tujuan utama untuk mengatasi penyakit asam urat yaitu :

- Meringankan gejala serta 
- Mencegah supaya serangan tidak terjadi lagi.

Meringankan gejala asam urat yaitu bisa menggunakan katong es yang ditempelkan dibagian sendi yang terasa sakit, sehingga bisa mengurangi gejala penyakit asam urat

Mencegah munculnya serangan ulang yaitu mengkonsumsi obat asam urat pereda rasa sakit, contohnya obat anti inflamasi

Kita sudah membahas tentang gejala penyakit asam urat, penyebab, cara penanganannya. Sekarang tibalah saatnya kita akan membahas tentang pencegahan dari penyakit asam urat ini.

Supaya penyakit asam urat tidak kambuh lagi maka bagaimana cara pencegahannya?

Berikut cara pencegahannya supaya penyakit asam urat tidak kambuh kembali :

- Mengkonsumsi obat penurun kadar asam urat, seperti allopurinol

- Jauhilah makanan makanan yang dapat memicu penyakit asam urat, contohnya : kulit ayam, hati sapi, biji melinjo, kembang kol, serta minuman beralkohol

- Turunkan berat badan, dengan mengkonsumsi makanan yang rendah kalori.

Penyakit asam urat jangan dianggap remeh, meskipun penyakit asam urat ini kemungkinannya kecil untuk bisa menimbulkan komplikasi. Namun demikian, kita harus mewaspadainya karena ada beberapa kemungkinan komplikasi yang bisa saja terjadi.

Berikut komplikasi yang terjadi jika seseorang terserang penyakit asam urat :

- Timbul benjolan keras atau tofi disekitar area yang mengalami radang pada jari kaki dan tangan

- Bisa terjadi kerusakan sendi permanen yang disebabkan radang yang terus berlangsung yang tidak diobati selama bertahun tahun, sehingga akan merusak tulang rawan dan tulang sendi.

- Akan menyebabkan batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium didalam ginjal.

Demikianlah sekilas tentang gejala, penyebab, penanganan, pencegahan serta komplikasi dari penyakit asam urat yang perlu kita ketahui sejak dini, supaya penyakit asam urat dapat segera kita atasi. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Ini penyebab asam urat, gejala dan pencegahannya, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu. 

0 komentar