Cara mengatasi asam urat pada kaki, jenis penyebab, pengobatannya

Cara mengatasi asam urat di kaki, dapat mencoba menggunakan obat herbal untuk asam urat agar supaya nyeri  asam urat reda dengan cepat

Cara alami menyembuhkan asam urat

Artikel ini akan membahas tentang cara alami mengatasi asam urat (Hiperurisemia) dengan obat herbal untuk asam urat ya, agar supaya dapat menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat.
 
Pada umumnya, penyakit asam urat ini pada awalnya tidak menimbulkan gejala apapun sampai akhirnya muncul serangan akut yang benar benar terjadi.
 
Namun demikian, ada 3 macam jenis penyakit asam urat yang perlu Anda ketahui, karena penyakit asam urat ini dapat dilihat dari penyebabnya maupun dari faktor faktor lainnya. 

Untuk mengatasi asam urat dapat dicoba dengan menggunakan cara herbal tanpa menggunakan obat kimia dan juga dengan cara menjaga pola makan sehat yang baik serta mengindari atau pantangan makanan yang dapat memperparah asam urat.

Asam urat biasanya akan terjadi didaerah sendi tangan, sendi kaki maupun di lutut, dimana Anda akan merasakan nyeri dan kaku pada daerah daerah tersebut. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba menggunakan cara alami dalam mengatasi asam urat dan tanpa menggunakan obat obatan kimia. 

Dengan pengobatan cara tradisional ini diharapkan penyakit asam urat dapat diatasi dengan ampuh dan dapat menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat, tuntas dan tidak ada efek samping yang berbahaya terhadap organ tubuh lainnya, jika dibandingkan dengan menggunakan obat obatan kimia. 

Obat tradisional asam urat atau obat asam urat herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat diantaranya adalah daun salam, temu lawak, kunyit, jahe dan masih banyak lagi tanaman herbal lainnya yang bisa digunakan.

Penyakit asam urat berdasarkan jenis penyebabnya, ada 2 jenis yaitu :

1. Hiperurisemia primer

Penyakit asam urat jenis ini disebabkan oleh faktor genetik, enzim serta faktor hormonal yang telah menyebabkan gangguan pada metabolisme, sehingga gangguan metabolisme ini akan menyebabkan meningkatnya produksi asam urat didalam tubuh.

2. Penyakit asam urat sekunder

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh kita, diantaranya adalah :

- Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti : daging, jeroan, kepiting, kerang, kacang tanah, bayam, buncis serta kembang kol. 

Apakah yang dimaksud dengan purin? Purin merupakan salah satu senyawa basa organic yang berfungsi menyusun asam nukleat, dan asam nukleat adalah asam inti dari sel, juga termasuk dalam kelompok asam amino sebagai unsur pembentuk protein.

- Mengkonsumsi minuman tinggi fruktosa

- Seseorang yang mempunyai penyakit pada darahnya, seperti : penyakit sumsum tulang, polisitemia dan anemia hemolitik

- Mengkonsumsi minuman yang beralkohol, obat obat kanker, vitamin B12, obat obatan seperti diuretika, asam salisilat dosis rendah, asetosal dosis rendah, fenilbutazon serta pirazinamid yang dapat meningkatkan ekskresi cairan tubuh dan menurunkan ekskresi asam urat pada tubulus ginjal. 

Sehingga hal hal inilah yang dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. (Dikutip dari : Lieberman Michael 2009)

- Obesitas atau kelebihan berat badan

- Intoksikasi atau keracunan timbal

- Penderita diabetes melitus, karena penderita diabetes miletus mempunyai kadar keton atau hasil buangan lemak yang meningkat

- Seseorang yang sedang terapi hormonadrenok ortikotropik serta hormon kortikosteroid (Dikutip dari : Ronco Claudio, Franscesco Rodeghiero 2005

Penyakit asam urat atau hiperurisemia, menurut Lanny (2012) Dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Hiperurisemia Asimtomatik

Penyakit asam urat yang tanpa dikuti dengan gejala klinis gout, meskipun kadar asam uratnya tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa penyakit asam urat ini masih dalam tahap awal. 

Menurut catatan ada sekitar 20 – 40 % dari penderita asam urat yang telah mengalami sekali atau beberapa kali serangan kolik renal sebelum penderita tersebut mengalami serangan artritis. 

Seseorang dapat mengalami serangan gout akut dan batu ginjal, setelah mereka mengalami hiperurisemia asimtomatik selama 20 tahun.

2. Hiperurisemia Simtosis

Penyakit asam urat yang ditandai dengan gout pada jaringan sendi, ginjal, jantung, mata serta pada organ tubuh lainnya.

3. Patofisiologi Hiperurisemia

Terjadi peningkatan kadar asam urat dalam darah hingga melebihi batas normal, sehingga menyebabkan terjadi penumpukan kristalmosodium urat dan kristal ini akan mengendap dalam sendi sendi kita, sampai akhirnya muncul respon inflamasi hingga terjadinya serangan gout tersebut. 

Dan akibat dari penumpukan asam urat secara sekunder maka akan dapat menimbulkan nefrolitiasis urat (batu ginjal) yang akan diikuti dengan penyakit ginjal kronis. 


Setelah kita membahas berbagai macam jenis dari penyakit asam urat maka selanjutnya kita juga harus mengetahui bagaimana caranya mengobati penyakit asam urat ini supaya tidak menimbulkan komplikasi serius.

Berikut cara mengatasi asam urat (Dikutip dari Herliana, 2013) yaitu :

1. Terapi Medis

Terapi medis dilakukan dengan menggunakan obat obatan, apa obat asam urat tersebut. Berikut penjelasannya :

- Obat anti inflamasi Non-Steroid (OAINS) – fungsinya untuk menghilangkan rasa nyeri sendi akibat proses peradangan

- Obat Kortikosteroid – fungsinya sebagai obat anti radang dan menekan reaksi imun

- Obat imunosupresif – fungsinya untuk menekan reaksi imun, tetapi obat ini jarang dipakai karena dapat menimbulkan efek samping seperti penyakit kanker dan bersifat racun bagi ginjal serta hati

- Suplemen antioksidan yang dapat diperoleh dari asupan vitamin serta mineral yaitu dengan mengkonsumsi buah, sayuran segar yang berwarna hijau, dan wortel. Merupakan sayuran untuk penderita asam urat.

2. Menjaga asupan makanan

Dengan mengurangi makanan makanan yang mengandung purin tinggi, karena purin merupakan salah satu senyawa yang nantinya akan diubah oleh tubuh kita menjadi asam urat,

3. Pengobatan tradisional

Fokus dari kami adalah pengobatan asam urat yang dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan obar herbal asam urat, salah satu diantaanya adalah akar akaran maupun tanaman herbal lainnya, yang dikutip dari Wijayakusuma tahun 2006.

Berikut obat alami atau obat asam urat herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat atau hiperurisemia:

1. Sidaguri (Sida rhombifolia L) 

Sidaguri

Tanaman Sidaguri ini banyak mengandung Alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino serta zat philegmatic, dan tanaman sidaguri yang digunakan adalah tanaman yang masih segar kemudian dikeringkan.

Bagian batangnya mengandung tanin dan kalsium oksalat sedangkan pada bagian akarnya mengandung kaloid, steroid dan efedrine.

Caranya :  Jika digunakan untuk obat luar, maka haluskan tanaman siduri yang masih segar kemudian dioleskan pada sendi yang terasa sakit.

2. Daun Salam ( Syzygium plyanthum) 

Daun salam

Daun salam selain sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat, karena daun salam banyak mengandung minyak asiri (sitral, eugenol), tanin serta flavonoid. Selain itu daun salam sangat berguna sebagai peluru kencing (diuretik) serta penghilang rasa nyeri (analgetik)

Daun salam sebagai diuretik : karena daun salam dapat memperbanyak produksi urine, sehingga mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah

Daun salam sebagai analgetik : karena daun salam dapat menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh peradangan

Caranya : Ambilah 7 lembar daun salam kemudian cuci sampai bersih, setelah itu tambahkan 2 gelas air putih dan rebuslah sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas. Air rebusan daun salam ini diminum pagi dan sore.

3. Sambiloto (Andrographis peniculata) 

Sambiloto

Sambiloto dapat digunakan sebagai bahan obat asam urat herbal dan rasanya pahit. Sambiloto ini berfungsi sebagai anti radang, penghilang rasa nyeri serta penawar racun

Karena sambiloto mengandung deoksiandrografolid, andrografolid yaitu zat pahit, deoksi-11, 12-didehidroandrografolid, neoandrografolid, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehit, serta beberapa mineral seperti : kalium, natrium, kalsium, asam kresik serta damar.

4. Temulawak (Cucurma xanthorrhiza Roxb)

Temulawak

Temulawak adalah sejenis umbi berupa rimpang yang dapat digunakan sebagai obat, baik yang dalam bentuk kering maupun rimpang segar. 

Temulawak ini juga mempunyai rasa sedikit pahit dan berguna sebagai antiradang, antisembelit, tonikum serta diuretic, karena temulawak ini mengandung pati, kurkuminoid serta minyak asiri seperti felandren dan tumerol.

Jika seseorang sudah menderita asam urat, maka apa yang harus diperhatikan? Berikut yang harus diperhatikan oleh penderita asam urat :

- Jika muncul serangan akut maka sendi yang terserang harus diistirahatkan segera

- Lakukan olahraga yang tepat secara teratur yaitu dengan melakukan peregangan dan penguatan sekitar otot sendi, supaya bisa membantu mempertahankan kesehatan tulang rawan serta meningkatkan daya gerak sendi.

- Menggunakan obat anti inflamasi atau obat anti peradangan, yang fungsinya untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah

- Bagi yang mempunyai kelebihan berat badan, disarankan supaya dapat mengurangi berat badannya menjadi ke berat badan normal

- Menjalani diet rendah purin yaitu dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi purin.

- Menghindari minuman beralkohol, karena alkohol dapat meningkatkaan asam laktat plasma dan asam laktat plasma inilah yang akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh kita. 

Oleh sebab itu, lakukan cek asam urat Anda untuk mengetahui kadar asam urat Anda apakah dalam kondisi normal atau tidak. Normal asam urat laki laki berbeda dengan kadar asam urat normal wanita ya, demikian juga normal asam urat tergantung dari usianya juga.

Berikut tabel normal asam urat :

Tabel normal asam urat
 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengatasi asam urat pada kaki, jenis penyebab, pengobatannya, semoga bermanfaat. 
 
Apabila memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.  

0 komentar