Cara mengobati kutu air di jari tangan, kutu air di kaki dengan herbal

Kutu air disela jari kaki dan kutu air di tangan, timbul ruam merah, bersisik, rasanya gatal, panas dan perihnya memang sangat mengganggu penderitanya

Cara tepat menyembuhkan kutu air di jari tangan dan kaki

Kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan jamur tersebut biasanya tumbuh di sela sela jari tangan dan jari kaki. Obat kutu air di telapak kaki maupun obat kutu air di tangan, pada umumnya berupa salep gatal kutu air. 
 
Namun demikian, selain salep buat kutu air maka terdapat juga obat tradisional kutu air yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal kutu air ini.
 
Biasanya, area yang terkena kutu air tersebut akan terasa sangat gatal, panas, perih dan sangat menjengkelkan sekali. Penyakit kutu air ini mempunyai istilah medis yang terkenal dengan nama Tinea Pedis.

Anda perlu mengetahui cara mudah untuk mengatasi kutu air, karena Anda dapat mengatasi penyakit kutu air tersebut dengan obat kutu air anti jamur atau perawatan yang mudah dilakukan sendiri di rumah, maupun dengan cara menggunakan obat tradisional kutu air dengan bahan herbal.
 
Obat herbal sebagai obat kutu air ditangan maupun obat kutu air di kaki, diantaranya adalah bawang putih, air garam dapur, air teh, pasta gigi dan masih banyak lagi obat herbal dengan bahan alami lainnya yang akan dibahas di artikel ini.

Meskipun penyakit kutu air merupakan penyakit yang tidak tergolong serius. Namun demikian, Anda harus mengatasi penyakit kutu air tersebut. Hal ini, supaya infeksinya tidak semakin memburuk dan tidak akan menyebar kebagian tubuh lain. 

Cara tepat untuk menyembuhkan kutu air, dapat kita coba dengan berbagai macam cara, salah saru caranya adalah dengan cara merendam area yang terserang kutu air dengan air teh.
 
Hal ini, karena air teh mengandung asam tannic yang dapat berfungsi sebagai obat kutu air anti jamur untuk membunuh jamur, sehingga cara ini dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh jamur tadi. 

Selain itu cara lain yang dapat dicoba untuk menyembuhkan kutu air adalah dengan cara mengobati kutu air dengan pasta gigi, karena pasta gigi dapat mempercepat keringnya luka yang disebabkan oleh kutu air.

Jenis jamur yang menyebabkan penyakit kulit berupa kutu air ini adalah jenis jamur dermatofit atau jamur trikofiton. Jamur ini bisanya akan tumbuh di sela sela jari kaki maupun sela sela jari tangan. 

Namun demikian, tidak tertutup kemungkinannya kalau jamur ini bisa juga menyerang bagian tubuh lainnya, seperti pada bagian tangan serta bagian pangkal paha.

Jamur penyebab kutu air ini akan sangat senang tumbuh apabila kondisi kaki maupun kondisi area tubuh lainnya sangat lembab dan sering terkena air. Dan apabila kondisi kulit kita sensitif, maka jamur juga akan lebih cepat tumbuh sehingga munculah penyakit kutu air ini.

Oleh sebab itu, untuk mencegah tumbuhnya jamur penyebab kutu air ini, maka basuhlah kaki sampai bersih sehingga tidak akan tumbuh jamur. 
 
Selain itu, perlu diperhatikan juga apabila kita sudah terlalu lama memakai sepatu tertutup dan ketat, sehingga akan menyebabkan sirkulasi udaranya pasti tidak lancar. 
 
Oleh sebab itu, jika kita tidak rajin dalam membersihkan kondisi kaki kita agar selalu bersih dan kering maka akan dapat  menyebabkan jamur cepat tumbuh.

Kutu air juga bisa menular yaitu dengan cara kontak langsung dengan penderita kutu air, atau bisa juga melalui barang barang yang sudah digunakan oleh penderita kutu air seperti handuk, sepatu, kaos kaki, sprei ataupun pakaian.
Perlu diketahui juga bahwa gejala munculnya kutu air, secara umum adalah kulit akan terasa gatal, kemudian kulit akan berubah warna menjadi memutih, kemerahan dan kering serta bersisik, lembab, pecah pecah, gatal, sakit dan melepuh. 
 
Apabila gejala ini tidak segera diobati maka kulit akan melepuh dan akan menjadi muncul kantung nanah, sehingga akan menjadi parah. Untuk selanjutnya, obat kutu air anti jamur herbal akan kami ulas berikut ya.

Gejala gejala umum yang sering muncul jika kutu air menyerang pada bagian tubuh kita, sangat perlu kita ketahui supaya kita dapat segera mengobatinya dengan tepat. Selain kulit akan berubah warna merah dan bersisik, maka kulit kita akan terasa gatal, perih dan panas.

Bagaimana Cara Tepat Untuk Menyembuhkan Penyakit Kutu Air Yang Muncul Di Sela Sela Jari Kaki & Tangan Secara Alami?

Penyakit kutu air memang cukup menggangu aktifitas kita sehari hari, karena kulit akan terasa gatal dan perih serta panas, sehingga penyakit kutu air ini harus segera diobati dan disembuhkan dengan cara alami dan tepat supaya jamur dapat segera dimusnahkan dan penyakit kutu air dapat segera sembuh.

Berikut beberapa cara dan metode alami yang tepat yang bisa kita coba gunakan untuk mengobati kutu air :

1. Garam Dapur

Di dapur kita pasti akan tersedia garam dapur sebagai pelengkap memasak kita sehari hari yaitu untuk memberikan rasa asin pada masakan kita. 
 
Ternyata garam juga dapat digunakan sebagai obat tradisional kutu air yang dapat menyembuhkan kutu air yaitu dengan cara merendam bagian kaki ataupun tangan yang terkena penyakit kutu air. Merendam dengan air hangat yang dicampur dengan garam menjadi air garam yang hangat.

Caranya : Rendamlah kaki atau tangan kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam selama kurang lebih 20 menit dan lakukanlah secara rutin setiap hari. Karena garam mengandung antiseptik alami sehingga air garam dapat membunuh jamur yang menyebabkan kutu air.

Manfaat antiseptik dari garam ini juga sudah direkomendasi oleh dunia medis yang dapat digunakan sebagai mouthwash alami, untuk mencegah berbagai macam masalah mulut diantaranya untuk mengatasi bau mulut, sariawan serta sakit gigi.

2. Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh

Tea Tree Oil atau Minyak pohon teh merupakan obat alami yang mengandung bermacam macam bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah kulit, seperti kuti air.

Bahan alami yang terkadung didalam minyak pohon teh ini merupakan salah satu obat herbal yang dapat membasmi bakteri atau kuman yang menyebabkan masalah kulit seperti kutu air.
 
Selain itu, antioksidannya yang cukup tinggi dapat digunakan untuk mencegah akibat buruk dari radikal bebas sehingga kesehatan kulit bisa tetap terjaga.

Caranya : Dengan mengoleskan minyak pohon teh ini di bagian kulit yang terkena kutu air, lakukanlah dengan mengoleskan 3 kali sehari secara rutin setiap harinya.

3. Soda Kue

Soda kue adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kue. Selain sebagai bahan untuk membuat kue, ternyata soda kue mempunyai kandungan antiseptik yang sangat efektif untuk membunuh kuman atau jamur yang menyebabkan kutu air secara perlahan lahan.

Caranya : Dengan merendam kaki atau tangan yang terkena kutu air kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan soda air selama kurang lebih 20 menit. Lakukanlah cara ini setiap hari, di setiap pagi hari dan sore hari secara rutin.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak mengandung nutrisi seperti atsiri dan allicin. 
 
Nutrisi atsiri dan allicin ini sangat berguna sebagai antiseptik, anti bakteri serta anti inflamasi yang mampu membasmi kuman atau bakteri penyebab kutu air. Selain itu kandungan senyawa inflamasi juga dapat meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh gatal karena kutu air tersebut.

Caranya : Ambilah 1 siung bawang putih kemudian ditumbuk dan tempelkan bawang putih yang sudah ditumbuk halus kebagian kulit yang terkena kutu air.
 
Setelah itu, balut dengan kain perban supaya tumbukan bawang putih bisa menempel di kulit. Biarkan selama 6 jam dan lakukan cara ini setiap 6 jam sekali setiap hari.

5. Umbi Singkong

Umbi singkong adalah sejenis umbi umbian yang merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dan cukup nikmat kalau singkong rebus maupun singkong goreng kita nikmati selagi masih hangat, sebagai cemilan pendamping kopi ataupun teh hangat.

Singkong ternyata mempunyai racun yang disebut sianida dan kandungan sianida ini ternyata juga bisa membahayakan bagi tubuh kita apabila singkong dikonsumsi secara berlebihan. Namun demikian, kandungan sianida ini dapat digunakan untuk membunuh jamur penyebab kutu air.

Caranya : Ambil singkong dikupas dan dihaluskan kemudian tempelkan pada kulit yang terserang kutu air, biarkan sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air dingin dan lakukanlah cara tersebut secara rutin sampai mendapatkan hasil yang maksimal dan kutu air menjadi sembuh.

6. Daun Talas

Daun talas selain dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat brobos atau buntil yang cukup enak dimakan, ternyata daun talas dapat digunakan untuk mengobati kutu air.

Mengapa daun talas sangat bagus untuk mengobati kutu air, karena :

- Banyak mengandung antibiotik alami yang dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh kutu air.

- Mengandung atioksidan alami berupa polifenol yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, untuk mengobati kutu air dan dapat mencegah supaya penyakit kutu air tersebut tidak bertambah parah.

- Mengandung zat antiseptik alami yang disebut saponin, dimana zat antiseptik ini berguna untuk membunuh jamur penyebab kutu air.

Tetapi berhati hatilah apabila kita mengambil daun talas, karena daun talas ada getahnya dan getah ini dapat menimbulkan gatal gatal jika terkena pada kulit kita.

7. Daun Sirih

Daun sirih memang terkenal sebagai bahan herbal yang mengandung sifat antiseptik, dimana sifat antiseptik ini sangat ampuh untuk membunuh kuman penyebab kutu air.

Caranya : Ambil daun sirih secukupnya kemudian rebuslah daun sirih tersebut dan ditambahkan dengan garam. 
 
Air rebusan daun sirih dengan garam ini merupakan antiseptik yang cukup ampuh untuk membunuh kuman penyebab kutu air. Redamlah bagian yang terkena kutu air tersebut ke dalam air rebusan daun sirih dan garam secara teratur sampai penyakit kutu air benar benar sembuh.

8. Air Teh

Air teh selain nikmat diminum, air teh ternyata banyak mengandung antiseptik dan antioksidan. Sehingga air teh ini sangat efektif untuk mempercepat penyembuhan kutu air.

Caranya : Ambilah teh celup kemudian rebuslah dengan air secukupnya. Diamkan air rebusan teh tersebut hingga dingin, setelah itu rendamlah bagian tubuh yang terkena kutu air. Lalukan cara ini secara rutin sampai kutu air sembuh.

9. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang berfungsi untuk mengobati kutu air, karena cuka apel mempunyai tingkat PH yang berguna untuk menyeimbangkan kondisi kulit kita serta dapat membunuh kuman penyebab kutu air.

Caranya : Oleskan cuka apel pada area tubuh kita yang terserang penyakit kutu air dan biarkan selama kurang lebih selama 20 menit. lakukanlah cara ini secara rutin sampai kutu air sembuh.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain dapat digunakan untuk bahan menggoreng makanan, ternyata minyak kelapa mengandung salah satu zat yang bernama asam laurat. Dan asam laurat ini, obat ampuh kutu air untuk membunuh jamur yang menyebabkan kutu air atau sebagai obat herbal kutu air anti jamur.

Caranya : Oleskan minyak kelapa pada area tubuh kita yang terserang penyakit kutu air dan biarkan selama kurang lebih selama 20 menit. lakukanlah cara ini secara rutin sampai kutu air sembuh.

Selain dapat membunuh jamur penyebab kutu air, minyak kelapa juga sangat bagus digunakan sebagai pelembab alami yang dapat meningkatkan nutrisi pada kulit sehingga kulit yang kena penyakit kutu air.
 
Setelah kutu air sembuh maka kulit akan terlihat lebih sehat setelah menggunakan minyak kelapa secara rutin setiap hari.

Demikianlah beberapa cara alami atau obat herbal yang dapat dicoba oleh kita, untuk mengobati kutu air dan bahan alami tersebut juga dapat dengan mudah Anda peroleh disekitar rumah. 

Biasakanlah untuk menjaga kebersihan kaki Anda supaya tetap kering dan bersih, sehingga jamur tidak menyukai tempat yang bersih dan kering akhirnya kulit Anda akan selalu sehat dan terhindar dari jamur kutu air tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengobati kutu air di jari tangan, kutu air di kaki dengan herbal, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar