Cara menghentikan cegukan, penyebab cegukan berkepanjangan

Cegukan merupakan kejang pada bagian otot diafragma yang tidak dapat dikendalikan

Sudahkah Anda tahu apa penyebab cegukan

Apakah yang dimaksud dengan cegukan? Jika Anda cegukan terus menerus maka hal itu menandakan bahwa ada sesuatu penyakit yang ada di dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang menyebabkan cegukan terus menerus tersebut.
 
Cegukan tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja tetapi bayi cegukan bisa saja terjadi. Lalu, apakah bayi cegukan dalam kandungan itu normal? Namun demikian, waspadai jika orang dewasa mengalami cegukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Bayi cegukan dalam kandungan ternyata sesuatu yang normal karena kondisi ini memang menjadi salah satu bagian dalam masa kehamilan.

Baca juga : Pemberian nutrisi tepat, kehidupan pertama bayi, cetak anak cerdas

Cegukan pada bayi terjadi pada masa kehamilan diakhir trisemester pertama ataupun di awal trisemester kedua. Pada kondisi kehamilan masa masa ini, ibu hamil akan merasakannya seperti tendangan bayi. 

Cegukan bayi dalam masa masa tersebut merupakan pertanda kalau bayi aktif berkembang di dalam janin.

Namun demikian, apabila usia kehamilan sudah menginjak 32 minggu dan ibu hamil masih merasakan bayi cegukan di dalam janin hingga 15 menit lamanya maka sebaiknya ibu hamil berhati hati.

Anda pasti sudah pernah mengalami cegukan bukan?, baik pria maupun wanita, orang dewasa maupun anak anak tanpa kecuali dapat saja mengalami cegukan. Cegukan memang cukup mengganggu karena sebentar sebentar Anda akan mengeluarkan suara hik. 

Nah, bagaimana cara mengatasi cegukan? tentu saja cegukan yang bukan disebabkan karena penyakit ya. Kondisi ini dapat kita atasi sendiri. Namun, untuk cegukan yang disebabkan karena penyakit penyerta maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter ahlinya ya.

Cegukan sangat mengganggu karena pada saat akan berbicara dan belum selesai berbicara dan baru sepatah kata saja maka sudah mengeluarkan suara hik lagi, dimana jarak cegukannya sangat cepat hanya berselang dalam hitungan detik saja. 

Sehingga kondisi ini memang sangat mengganggu sekali terhadap aktifitas Anda ketika sedang berbicara atau sedang berkomunikasi dengan orang lain. 

Cegukan atau singultus adalah keadaan dimana Anda mengeluarkan suara hik secara otomatis atau tanpa disengaja. Cegukan dapat terjadi selama beberapa detik, beberapa menit hingga bisa sampai lebih dari 2 hari. 
 
Cegukan dapat memunculkan suara hik, hal ini karena cegukan akan menimbulkan tekanan dibagian perut, dada dan tenggorokan.

Baca juga : Berapa liter minum air putih sehari, kapan waktu yang tepat

Mengapa kita bisa cegukan?

Di banyak kejadian yang sering terjadi, bahwa cegukan disebabkan karena telah terjadi cidera ataupun iritasi pada bagian vagus atau saraf frenikus karena fungsinya sebagai pengendali gerakan diafragma. 
 
Cegukan merupakan efek dari kontraksi otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba kemudian suara muncul ketika pita suara menutup pada saat kontraksi otot tersebut.

Diafragma mempunyai peranan cukup penting bagi pernafasan manusia, karena tubuh bergantung pada kontraksi dan pergerakan diafragma agar supaya proses pernafasan berlangsung secara normal. 
 
Cegukan juga sering terjadi pada bayi, dan beberapa study yang menunjukan bahwa cegukan pada bayi adalah proses yang normal dan bagian dari tumbuh kembangnya bayi.

Bagaimana cara mengatasi bayi sering cegukan/

- Ganti posisi menyusui
Dengan cara mengganti posisi menyusui maka diharapkan bayi tidak kemasukan udara lagi bersamaan dengan ASI.
 
- Pastikan posisi menyusui sudah benar
Dengan memastikan posisi menyusui sudah benar dan tepat, agar kondisi bagian puting beserta areola (bagian kulit yang berwarna lebih gelap yang melingkari puting) supaya masuk kemulut bayi dan posisi perut bayi berhadapan langsung dengan perut ibu.
 
- Memeluk dan menepuk punggung bayi
Untuk mengatasi bayi cegukan maka dapat dilakukan dengan cara memeluk bayi untuk memberikan ketenangan dan biasanya bayi akan berhenti cegukan dalam beberapa menit.
 
Selain itu, untuk mengatasi cegukan pada bayi dapat menepuk punggung bayi secara perlahan, sambil bayi digendong dengan posisi berdiri.

Pada saat menarik nafas, otot diafragma akan turun (kontraksi) dan akan naik kembali (relaksasi) ketika menghembuskan nafas. 
 
Cegukan bisa terjadi karena otot diafragma berkontraksi secara tiba tiba sehingga udara terlalu cepat masuk kedalam paru paru dan katup saluran pernafasan menutup. Nah, hal inilah yang akan menimbulkan suara hik.

Lalu apa sebenarnya penyebab cegukan terus? Cegukan yang bersifat sementara :

- Makan dalam porsi yang berlebihan
- Minum minuman bersoda atau beralkohol 
- Terjadi perubahan suhu udara secara tiba-tiba 
- Perasaan terlalu bersemangat 
- Makan makanan terlalu panas, terlalu dingin dan terlalu pedas

Cegukan memang tidak terlalu berbahaya bagi seseorang, jika cegukan tidak terjadi secara terus menerus. Hal ini, karena menurut para medispun, jarang sekali yang dianggap sebagai kondisi medis darurat karena cegukan biasanya akan berhenti dengan sendirinya.

Namun demikian, kita harus segera mewaspadainya jika cegukan itu berlangsung secara terus menerus sampai lebih dari 2 hari atau lebih dari 48 jam lamanya.
 
Hal ini, karena cegukan itu bisa saja merupakan sebuah tanda yang diberikan oleh tubuh kita tentang adanya sesuatu yang tidak beres dengan kondisi tubuh kita. 

Antara lain, jika telah terjadi kerusakan atau iritasi pada sistem saraf pusat dan terjadi gangguan metabolisme dan  bisa juga akibat menggunakan obat obatan tertentu.

Jika memang terjadi cegukan yang tidak berhenti sampai lebih dari 2 hari maka segeralah periksa dan konsultasikan ke dokter. Hal ini,  supaya segera dapat diketahui penyakit apa yang menjadi penyebab dari cegukan tersebut.

Beberapa penyakit yang memberi tanda berupa cegukan antara lain adalah :

Cegukan karena penyakit biasanya cegukan yang berkepanjangan dan berlangsung lebih dari 2 hari, penyebabnya diantaranya adalah

- Iritasi pada gendang telinga karena cidera dan iritasi pada vagus atau saraf frenikus yang berfungsi mengendalikan gerakan diafragma
- Pembesaran kelenjar tiroid, tumor, atau kista pada tenggorokan 
- Naiknya asam lambung ke kerongkongan karena penyakit asam lambung (Gastroesophageal reflix disease) 
- Kondisi penyakit kronis seperti : diabetes, parkinson, gagal ginjal, kanker (kemoterapi dapat menjadi penyebab cegukan karena akan terjadi gangguan sistem saraf pusat serta saraf tulang belakang sehingga tubuh tidak dapat mengendalikan cegukan) 
- Beberapa tindakan medis seperti pemasangan kateter pada otot jantung, prosedur tracheostomy pada leher. 

Selain itu cegukan terus menerus berkepanjangan juga bisa disebabkan karena efek samping penggunaan obat obatan seperti :

- Obat bius
- Obat penenang seperti diazepam
- Obat kemoterapi seperti carboplatin
- Methyldopa
- Dexamethasone

Beberapa penunjang pemeriksaan cegukan yang berkepanjangan adalah :

- Tes darah, untuk melihat tanda infeksi pemicu cegukan
- Tes pencitraan, untuk mendeteksi kelainan yang mempengaruhi syaraf. Tes pencitraan yang dapat dilakukan diantarannya foto rontgen, CT Scant atau MRI
- Endoskopi, untuk melihat kondisi kerongkongan atau saluran pernafasan
- Elektrokardiografi (EKG), untuk memeriksa kondisi jantung

Bagaimana Cara Mengatasi Cegukan Yang Bukan Disebabkan Karena penyakit?

- Cara sederhana untuk mengatasi cegukan adalah dengan minum air secara cepat sedikit demi sedikit, menahan napas beberapa saat, berkumur serta mengisap lemon.
- Cara sederhana yang lain adalah dengan bernapas di dalam sebuah kantong kertas, menjilat cuka, menarik lutut kearah dada kemudian dekatkan lutut kearah dada hingga dada terasa tertekan.

Dari ulasan diatas maka telah kita ketahui bahwa cegukan meskipun bukan suatu penyakit yang berbahaya, tetapi ternyata juga merupakan signal dari tubuh kita kalau ternyata di bagian tubuh kita ada yang tidak sehat.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara menghentikan cegukan, penyebab, cegukan berkepanjangan, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar