Pemberian nutrisi tepat, kehidupan pertama bayi, cetak anak cerdas

Nutrisi atau gisi bermanfaat sebagai substansi organik yang sangat dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari system tubuh 

Benarkah asupan protein sangat penting untuk ibu hamil

Asupan protein nabati maupun protein hewani yang bagus sangat penting dipersiapkan pada 1000 hari pertama kehidupan bayi, supaya bayi menjadi cerdas dan unggul nantinya. Nutrisi makanan yang baik dan sangat dibutuhkan pada kehidupan pertama bayi lahir.
 
Oleh sebab itu, makanan bernutrisi tinggi sangat penting bagi ibu hamil. Hal ini, agar bayi yang dilahirkan menjadi bayi yang cerdas dan menjadi bibit unggul.

Apa itu Nutrisi?

Nutrisi merupakan sejumlah kandungan gizi yang dapat ditemui dari makanan atau jenis bahan pangan antara lain karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, serta dan air.

Bahkan nutrisi ini berperan cukup penting dalam menjaga, membangun dan mempertahankan sel dan jaringan tubuh manusia.

Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan nutrisi dengan seimbang merupakan hal utama untuk dapat meningkatkan kesehatan serta mencegah munculnya penyakit.

Dengan demikian, asupan nutrisi harus seimbang. Hal ini, kelebihan maupun kekurangan nutrisi sama sama tidak baik karena akan berdampak terhadap sejumlah gangguan kesehatan. Makanan bernutrisi dapat diperoleh dari sayuran, kacang kacangan sampai dengan biji bijian.

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh berfungsi untuk :

- Menyokong pertumbuhan manusia

- Mempertahankan tingkat energi badan

- Mempertahankan berat badan ideal

- Meningkatkan kesehatan mental

- Menurunkan resiko terserang berbagai macam penyakit

- Membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang

Dalam memberikan makanan atau nutrisi yang terbaik pada anak sebaiknya perlu diperhatikan oleh orang tua dan wajib diberikan pada anak sejak anak berusia nol (anak masih di dalam kandungan) sampai dengan 1000 hari pertama, dengan cara menjaga asupan makanan sehat
 
Oleh sebab itu, makanan tinggi nutrisi merupakan hal penting dan menjadi kebutuhan nutrisi ibu hamil trisemseter 1 2 3.
 

Berikut jenis jenis nutrisi :

Nutrisi pada dasarnya dikelompokkan kedalam 2 jenis yaitu makronutrisi dan mikronutrisi. Berikut penjelasan dari jenis jenis nutrisi ini ya.

Makronutrisi

Makronutrisi ini merupakan nutrisi esensial yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini, karena makronitrisi ini berperan sebagai sumber energi untuk menjalankan fungsi metabolisme dan menjalankan organ tubuh lainnya.

Yang termasuk dalam makronutrisi ini antara lain protein, karbohidrat, lemak serta air

- Protein

Didalam protein ini, nutrisinya berupa asam amino dan makornitrisi akan membentuk 20 % dari berat badan seseorang. Protein berfungsi untuk membentuk sel baru, memperbaiki sel sel rusak dan mendukung proses pencernaan.

Nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan tinggi protein antara lain telur, daging, tahu, tempe maupun susu.

- Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi. Hal ini, karena tubuh akan menguraikan zat menjadi glukosa sampai akhirnya membentuk energi. Dengan demikian, yang termasuk jenis karbohidrat ini adalah gula dan pati.

Gula adalah jenis karbohidrat sederhana yang dapat memberikan energi dengan cepat, sedangkan pati merupakan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu untuk diserap oleh tubuh. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah nasi dan kentang.

- Lemak

Lemak merupakan salah satu jenis nutrisi yang selain memberikan energi juga membantu penyerapan vitamin, melumaskan sendi, membangun membran sel serta mengatasi peradangan.

Lemak terdiri dari lemak nabati yaitu minyak zaitun, alpukat, minyak kelapa dan lemak hewani yaitu susu, ikan dan telur.

- Air

Air merupakan salah satu nutrisi dan asupan paling penting dari tubuh manusia. Hal ini, karena tubuh manusia dewasa 60 % nya terdiri dari air.

Air berguna untuk melindungi jaringan tubuh, menyerap nutrisi, mengoptimalkan kerja organ tubuh, melancarkan pencernaan, mengatur suhu tubuh dan berbagai macam kegunaan lainnya bagi tubuh.

Oleh sebab itu, pada umumnya seseorang harus minum air putih minimal 8 gelas sehari atau sama dengan 2 liter air. Namun demikian, kebutuhan air setiap orang tidaklah sama karena tergantung dari usia, kondisi kesehatan serta aktivitas yang telah dilakukannya.

Mikronutrisi

Mikronutrisi ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia tetapi dalam jumlah sedikit. Mikronutrisi ini berfungsi untuk mendukung serta memaksimalkan fungsi metabolisme dan kinerja organ tubuh lainnya.

Adapun yang termasuk kedalam mikronutrisi ini adalah mineral dan vitamin.

- Mineral

Mineral merupakan salah satu jenis nutrisi yaitu kalium, zat besi, potassium, sodium, magnesium, zinc, selenium dan masih banyka lagi lainnya.

Mineral ini berfungsi untuk menoptimalkan fungsi saraf serta membantu mengubah makanan menjadi energi. Mineral dapat diperoleh dari susu, telur, keju, kacang kacangan, makanan laut dan gandum utuh.

- Vitamin

Vitamin merupakan salah satu jenis nutrisi diantaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K.

Vitamin vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi organ, mencegah penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaka kesehatan kulit, mata, tulang dan fungsi lainnya.

Makanan bernutrisi atau gizi yang bagus ini, sangat diperlukan oleh anak sejak masih janin didalam kandungan karena manfaat nutrisi diperlukan untuk menjaga stunting atau gagal tumbuh janin dalam kandungan. 

Stunting dapat terjadi apabila terjadi hambatan pertumbuhan pada janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, sejak usia dini supaya diberikan asupan makanan kaya nutrisi supaya jangan sampai terjadi mal nutrisi juga.

Ibu hamil wajib memastikan asupan gizi terpenuhi supaya janin dapat berkembang dengan baik dan kecukupan makanan dengan asupan gizi yang baik akan terlihat dari pertambahan berat janin sesuai dengan usia kehamilan. 

Usahakan agar asupan nutrisi ibu hamil terpenuhi dengan mengkonsumsi makronutrien seperti karbohidrat, protein serta lemak. Diutamakan supaya ibu hamil mendapatkan protein hewani yang dikombinasikan dengan mikronutrien yaitu vitamin serta mineral yang terdapat pada buah dan sayur.

Pencegahan stunting masih berlanjut sampai ke periode menyusui sehingga ibu ibu muda harus mengerti tentang cara pemberian ASI yang benar supaya anak tidak mengalami gizi buruk, karena pemberian MP-ASI yang benar dapat mendukung tumbuh kembangnya anak. 

Untuk mendukung hal ini maka harus diberikan asupan nutrisi ibu menyusui supaya anak yang menyusu pada ibunya akan mendapatkan nutrisi terbaik di dunia atau gizi yang bagus juga.

Apakah yang dimaksud dengan stunting? 

Stunting adalah keadaan gagal tumbuhnya anak, baik fisik maupun otaknya. Stunting biasanya berhubungan dengan malnutrisi dan infeksi kronis (non endokrin). 

Nutrisi yang bagaimana yang sangat penting diberikan anak sejak dini?

Jawabannya adalah protein, karena protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk bayi di usia 1000 hari pertama kehidupannya.

Anda semua tahu bahwa pencernaan bayi masih belum sempurna, sehingga dalam pemberian nutrisi untuk memenuhi kebutuhan bayi pada usia 0 – 6 bulan sangat membutuhkan perhatian khusus oleh para ibu ibu muda.

Perhatian khusus yang harus Anda berikan adalah  :

Jika bayi lahir dalam keadaan normal, maka untuk asupan makanannya sebaiknya diberikan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif sebagai makanan pertamanya. Hal ini, karena ASI merupakan nutrisi terbaik nomor 1 di dunia.

Dan ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan pertama tanpa diberikan makanan lain, kemudian dalam pemberian ASI eksklusif ini sebaiknya dilanjutkan lagi sampai anak mencapai usia 2 tahun sambil diberikan makanan pendamping ASI.

Apakah benar asupan nutrisi berupa protein sangat diperlukan oleh bayi dalam 1000 hari pertama?

Menurut seorang peneliti independen dari Belgia yang bernama profesor Yvan Vandenplas, dia mengemukakan bahwa nutrisi sangat penting bagi bayi dalam 1000 hari pertama kehidupannya adalah protein.

Mengapa demikian? Karena apabila nutrisi tidak diberikan pada bayi dengan jumlah yang cukup serta tidak mempunyai kualitas yang baik atau asupan nutrisinya terlalu rendah, maka akan membuat pertumbuhan bayi akan menjadi buruk. 

Oleh sebab itu memberikan nutrisi harus dalam jumlah yang cukup, dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan serta berkualitas, karena asupan protein ini sangat diperlukan sekali pada awal kehidupan bayi.

Pemberian nutrisi yang berlebihan pada bayi juga tidak diperbolehkan, karena akan berakibat tidak baik dan akan membuat pertumbuhan bayi selanjutnya menjadi buruk.
 
Hal ini, akan berdampak pada kondisi tubuh anak selanjutnya sehingga akan menjadi obesitas atau kelebihan berat badan, hipertensi serta munculnya penyakit metabolik. (Dikutip dari acara diskusi media di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu, 21 September).

Baca juga : Benarkah, Makanan Yang Mengandung Protein Dan Garam Tinggi Dapat Membuat Durasi Tidur Lebih Lama

Oleh sebab itu, di usahakan memberikan protein yang tepat dan berkualitas pada bayi di usia 1000 hari pertama kehidupannya. Hal ini, karena sangat penting sekali untuk dapat mengkondisikan kesehatan anak supaya pada kehidupan di masa tuanya menjadi tidak bermasalah terhadap kondisi kesehatannya.

Dan kalau perlu pada saat bayi masih berada dalam kandunganpun harus sudah mulai diperhatikan asupan proteinnya, yaitu melalui makanan yang di konsumsi oleh ibunya.

Menurut Yvan : Pemberian protein yang baik pada 1000 hari pertama kehidupan bayi ternyata akan menentukan sekali pada pertumbuhan fisik anak, kognitif anak serta berpengaruh pada kesehatannya seumur hidup. 

Apabila pemberian nutrisi sudah bagus sejak awal kehidupan bayi atau 1000 hari pertama kehidupan bayi maka akan menentukan kondisi kesehatannya pada saat menginjak usia 60 – 70 tahun nantinya.

Oleh sebab itu bagi orang tua muda disarankan mulai sekarang sudah harus dapat memberikan perhatian khusus terhadap pemberian protein dalam jumlah yang tepat dan berkualitas terhadap masa 1000 hari pertama kehidupan bayi. 

Mengapa demikian? hal ini, karena pengaruh nutrisi yang diberikan akan sangat berbeda, jika nutrisi tersebut baru di berikan pada saat bayi sudah mulai dewasa.

Oleh sebab itu, jika orang tua menginginkan anaknya dapat tumbuh sehat dari sejak bayi, untuk selanjutnya masuk ke usia anak-anak, remaja, dewasa hingga masa tuanya akan mengalami kesehatan yang baik, tentunya.
 
Nah, setelah membaca artikel ini, mulai sekarang bagi ibu ibu muda mulailah  memberikan perhatian khusus dalam pemberian asupan protein pada masa 1000 hari pertama kehidupan bayi.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Pemberian Nutrisi Tepat, Kehidupan Pertama bayi, Cetak Anak Cerdas, semoga bermanfaat. 
 
Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkansupaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar