Berapa liter minum air putih sehari, kapan waktu yang tepat

Air putih sehat, kapan jadwal minum air putih yang baik dan dianjurkan

Waktu minum air putih yang benar

Sesuai dengan anjuran yang beredar selama ini bahwa sehari minum air putih berapa liter atau berapa gelas minum air putih sehari? Hal yang paling penting adalah seseorang jangan sampai kurang minum air putih supaya tidak dehidrasi. 
 
Meskipun pada umumnya yang dianjurkan adalah 8 gelas perhari, tetapi jika Anda merasakan haus maka segeralah minum. Hal ini, karena kebutuhan tubuh seseorang antara yang orang satu dengan yang lain tidaklah sama.
 
Pada umumnya anjuran minum air putih adalah sebanyak 8 gelas sehari atau minum air putih 2 liter sehari adalah agar supaya seseorang tidak kekurangan cairan di dalam tubuhnya atau tidak sampai dehidrasi.
 
Namun demikian, gunakanlah cara berfikir secara sederhana saja yaitu bahwa aturan minum air putih sebenarnya bisa saja tidak usah dengan menggunakan ukuran atau takaran ya. Hal ini, bisa dilakukan dengan cara, jika Anda merasa haus maka segeralah Anda minum supaya tubuh Anda dapat terhidrasi.

Seperti yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya bahwa manfaat air putih bagi tubuh merupakan sesuatu kebutuhan yang vital bagi tubuh manusia. Hal ini,  karena tubuh manusia ternyata terdiri dari 60 % nya adalah air. 

Lalu, kapan waktu jadwal minum air putih yang baik? supaya manfaat minum air putih akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Ini semua akan dibahas dalam artikel berikut ya, dan pastikaan Anda membacanya sampai selesai ya.

Biasanya Anda akan minum air putih apabila merasakan haus atau setelah selesai makan bukan? Nah, sebenarnya apa sebenarnya efek minum air putih 3 liter sehari? 
 
Tentu aja, supaya dapat menggantikan cairan didalam tubuh yang telah digunakan oleh tubuh manusia sehingga tubuh bisa segar kembali. Asupan air didalam tubuh berfungsi sebagai cairan yang membantu berbagai proses yang dilakukan oleh tubuh manusia.
 
Namun demikian, diluar kebiasaaan ini bahwa minum air putih ternyata ada waktu yang paling tepat supaya manfaat minum air putih dapat lebih optimal diterima oleh tubuh dan manfaatnya dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. 

Cairan dalam tubuh berguna untuk membuang racun dari organ tubuh, mengedarkan nutrisi keseluruh tubuh, membantu pencernaan, dan menjaga kinerja otak bisa optimal.

Kekurangan asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan resiko sembelit, batu ginjal dan kulit kering. Namun demikian, kelebihan cairan di dalam tubuh juga dapat mengganggu kesehatan terutama bagi penderita gangguan tiroid, ginjal, liver dan jantung

Asupan cairan dalam tubuh dapat berupa minum air putih, dan juga minum minuman lain seperti jus, soda dan smoothie. 

Namun demikian, meskipun minuman selain air putih dapat menghidrasi tubuh tetapi kadar gula dan kalori tinggi yang terkandung didalam minuman selain air putih akan berdampak pada tubuh Anda.

Buah buahan dan sayuran seperti mentimun, selada, seledri dan semangka memiliki kandungan air lebih dari 90 %. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran ini, maka Anda juga akan mendapatkan cairan bagi tubuh dan vitamin serta mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh Anda. 

Kebutuhan cairan dalam tubuh setiap orang berbeda beda tergantung dari aktivitas yang dilakukan, kondisi suhu tubuh, kelembaban udara, serta intensitas berkemihnya sering atau tidak. 

Namun demikian, para ahli dari Institute Of Medicine (IOM) di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kebutuhan cairan rata rata perhari adalah untuk : 

- Pria dewasa 13 gelas atau 3 liter
- Wanita dewasa 9 gelas atau 2 liter
- Ibu hamil 10 gelas atau 2 liter lebih
- Ibu menyusui 12 gelas atau hampir 3 liter
- Anak atau remaja 6 sampai 8 liter atau hampir 2 liter.

Namun demikian, kebutuhan cairan dalam tubuh akan bertambah, jika seseorang melakukan aktivitas banyak berada diluar ruangan dalam kondisi panas terik, sedang berolah raga, sering berkemih atau kencing, sedang dalam kondisi demam atau diare

Pada penderita jantung atau ginjal harus membatasi asupan cairan sesuai dengan saran dari dokter ahlinya.

Nah, kapan waktu yang tepat untuk minum air putih atau jadwal minum air putih yang baik, supaya manfaat air putih dapat dirasakan maksimal bagi kesehatan tubuh Anda. 

Berikut ulasannya, kapan waktu yang tepat untuk minum air putih :

1.  Minum 2 Gelas Air Putih, Setelah Bangun Tidur

Apakah manfaat minum air putih 2 gelas sehari atau apa yang akan Anda dapatkan setelah minum air putih setelah bangun tidur. Ternyata manfaat minum air putih sebanyak 2 gelas setelah bangun tidur sangat bagus bagi tubuh. 

Jika Anda melakukannya dengan rutin maka Anda akan memperoleh manfaat seperti :

- Dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh 
- Dapat mengaktifkan organ dalam tubuh
- Dapat meningkatkan metabolisme tubuh

2.  Minum 1 Gelas Air Putih, 30 Menit Sebelum Makan

Manfaat minum air putih 1 gelas dengan jarak waktu 30 menit sebelum makan, maka kita akan mendapatkan manfaat minum air putih tersebut, yaitu :

- Dapat mengurangi rasa lapar sehingga kita dapat makan lebih sedikit
- Dapat menyiapkan lambung untuk mencerna makanan yang akan masuk lambung kita

3.  Minum 1 Gelas Air Putih, Sebelum Mandi

Manfaat minum air putih 1 gelas sebelum mandi maka akan mendapatkan manfaat minum air putih yang masuk ke tubuh Anda, akan berfungsi menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah Anda

4.  Minum 1 Gelas Air Putih, Sebelum Tidur

Manfaat minum air putih 1 gelas sebelum tidur, maka akan mendapatkan manfaat minum air putih sebelum tidur tersebut akan dirasakan tubuh, karena dapat :
 
- Merangsang pertumbuhan sel darah merah
- Mengurangi rasa lelah untuk menyongsong aktifitas di esok hari 

Sehingga dengan minum air putih yang sesuai dengan porsinya dan pada saat atau waktu yang tepat seperti ulasan diatas, maka tentu saja akan membantu menyehatkan dan membugarkan tubuh Anda. 

Tetapi Anda juga tetap harus minum air putih dengan waktu yang tepat tadi supaya kecukupan air untuk memenuhi tubuh agar tidak kekurangan air.


Mau membuktikannya sendiri dengan mengikuti ke empat point diatas berapa jumlah air putih yang kita minum dan kapan waktu yang baik untuk minum air putih tersebut. 

Silahkan di coba dan rasakan efek yang muncul di dalam tubuh Anda, setelah minum air putih sesuai dengan porsi dan waktu yang tepat  sesuai dengan ulasan diatas. 

Hidup sehat dengan air putih akan dirasakan oleh tubuh, apabila Anda mengikuti jadwal minum air putih yang baik.

Untuk memperbaiki mood dan menghilangkan stres, disarankan untuk minum air putih hangat sebelum tidur setelah seharian Anda capek bekerja karena air hangat mampu membuat tubuh menjadi rileks.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Berapa liter minum air putih sehari, kapan waktu yang tepat, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar