Gejala vertigo kambuh, penyebab, jenis vertigo, cara mencegah

Serangan vertigo merupakan kondisi merasa pusing berputar dan hilang keseimbangan

Yuk cari tahu penyebab vertigo dan cara mengatasinya

Mari kita simak bersama apakah sebenarnya penyebab vertigo dan bagaimana cara mencegahnya. Hal ini, agar supaya apabila serangan vertigo kambuh yang terjadi tiba tiba pada Anda maupun pada orang orang terdekat Anda maka Anda dapat melakukan pengobatan vertigo seperti apa untuk dapat mengatasinya.

Manuver vertigo seperti apa, agar segera pulih. Oleh sebab itu,  Anda perlu mengetahui beberapa penyebab vertigo, supaya Anda dapat mengobati vertigo di rumah dan dapat mencegah serangan vertigo agar tidak kambuh lagi.

Vertigo vs pusing memang berbeda ya, kondisi serangan vertigo memang penderitanya akan merasa pusing, namun pusing ini disertai dengan perasaan dirinya dan sekelilingnya seperti berputar putar, bergerak. Kondisi ini bahkan akan membuat penderitanya sampai muntah akibat pusing berputar tadi.

Penderita yang mengalami serangan vertigo memang tingkat keparahannya berbeda beda, sehingga vertigo dapat berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam tergantung dari tingkat keparahan vertigo yang diderita. 
 
Serangan vertigo bagi penderita vertigo kondisi parah bahkan bisa membuat penderitanya sampai terjatuh karena penderitanya tidak tahan dengan perasaan seperti berputar putar ditempat berpijaknya.

Apakah Anda termasuk orang yang pernah mengalami serangan vertigo atau Anda belum pernah mengalaminya? Kalau anda termasuk orang yang pernah mengalami serangan vertigo, tentu saja Anda sudah pernah merasakan kondisi dimana seakan akan keadaan disekitarnya seperti berputar putar. 

Anda dalam posisi apapun akan terasa berputar putar, baik dalam posisi berdiri, posisi duduk maupun dalam posisi tidur di tempat tidurpun maka penderita vertigo akan merasakan seperti berputar putar disekelilingnya, sehingga membuat perut penderitanya terasa mual dan ingin muntah.

Baca juga : KurangMinum Air Putih, Tubuh Bereaksi Jangan Diabaikan

Gejala vertigo apa saja yang selalu dialami oleh penderitanya. Tanda vertigo tersebut umumnya adalah bahwa penderitanya selalu mengalami gejala mual dan muntah serta menjadi tidak mampu menjaga keseimbangan tubuhnya, sehingga penderitanya kesulitan untuk berdiri maupun berjalan. 

Akibatnya penderita vertigo hanya bisa terbaring di tempat tidur saja sambil memejamkan matanya apabila serangan vertigonya kambuh.

Berikut gejala serangan vertigo akut, antara lain adalah :

- Merasakan sensasi berputar, miring, tidak seimbang
- Mual dan muntah
- Sulit untuk berjalan
- Kesulitan berbicara
- Tingkat kesadaran menurun
- Gangguan pendengaran
- Berkeringat
- Pergerakan bola mata yang tidak normal (nistagmus)
- Anggota tubuh terasa lemah
- Respon melambat

Lalu, apa itu vertigo? yang penulis kutip dari Wikipedia, berikut pengertian vertigo secara lengkap :

Vertigo merupakan salah satu bentuk sakit kepala, dimana penderitanya akan mengalami perasaan gerakan yang bukan semestinya, seperti gerakan berputar ataupun melayang, yang disebabkan karena terjadi gangguan pada sistem vestibular.

Vertigo juga dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi gangguan kesehatan diantaranya  karena terdapat penyakit penyerta seperti :

- Tumor otak

Ada beberapa macam penyebab serangan vertigo kambuh :

- Melakukan berdiri secara langsung dari posisi jongkok
- Mendongak atau menengadahkan kepala secara tiba tiba
- Menundukkan atau memutar kepala secara tiba tiba 
- Konsumsi makanan tertentu, seperti : daging merah, jeroan, makanan yang digoreng, kopi atau makanan berkafein lainnya dan minum minuman beralkohol

Dalam istilah medis ternyata ada 3 macam jenis jenis Vertigo :

1.  Objektif

Serangan jenis vertigo objectif ini, penderita vertigo akan merasakan benda benda yang berada disekitarnya seakan akan bergerak.

2.  Subjektif

Serangan jenis vertigo subjectif ini, penderita vertigo akan merasakan seolah-olah dirinya bergerak padahal sebenarnya dirinya masih dalam posisi diam.

3.  Pseudovertigo

Serangan jenis vertigo pseudovertigo ini, penderitanya akan merasakan sensasi gerakan berputar di dalam kepalanya.

Tetapi secara umum vertigo adalah suatu gejala yang disebabkan karena gangguan keseimbangan yang terjadi pada telinga sebelah dalam karena infeksi telinga atau vertigo kristal telinga (ear crysals vertigo) yaitu adanya kristal alami tubuh yang masuk ke bagian dalam telinga.
 
Namun demikian, selain ketiga macam jenis vertigo ini, maka vertigo juga dapat disebabkan karena adanya penyakit penyerta lainnya.

Yuk kita simak, ada 3 macam gangguan tubuh yang dapat menyebabkan vertigo :

1.  Vertigo Perifer

Jenis vertigo ini, dipacu oleh gangguan mekanisme keseimbangan yang terjadi pada bagian dalam telinga. Gangguan ini berupa labirinitis, vesbular neurontis, vertigo posisi paroksismal jinak dan penyakit meniere.

2.  Vertigo Sentral

Gangguan yang terjadi pada otak kecil yang terletak dibawah otak besar atau batang otak yang dapat berpotensi munculnya vertigo sentral.

Penyebab vertigo sentral antara lain adalah migrain, sklerosis multipel, stroke dan transient ischaemic attack (TIA). Selain itu, dapat juga karena pengaruh obat-obatan tertentu, dan juga karena adanya tumor otak.

3.  Vertigo posisi paroksimal jinak (Benign Paroxysmal Positional Vertigo/ BPPV)

Vertigo yang disebabkan karena terjadi perubahan posisi secara tiba-tiba seperti : mendongak, dari posisi jongkong langsung berdiri, memutar atau menundukkan kepala. 
 
Kondisi vertigo jenis ini, dapat juga disebabkan karena terjadi infeksi telinga, operasi telinga, cidera kepala ataupun karena terlalu lama berbaring.

Nah ... Bagaimana cara mencegahnya supaya serangan vertigo tidak kambuh, yaitu dengan cara melakukan manuver vertigo sebagai berikut :

- Mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan buatlah diri kita merasa senang
- Mengontrol tekanan darah tinggi
- Mengontrol kolesterol
- Menghindari stres, menghindari minuman berkafein, menghindari minuman beralkohol
- Kurangi penggunaan garam
- Minum teh hijau
- Perbanyak minum air putih
- Jangan mengangkat tangan diatas kepala

Baca juga : Berapa liter minum air putih sehari, kapan waktu yang tepat

Bahaya vertigo yang bisa terjadi jika serangan vertigo mendadak muncul :

- Meningkatkan resiko kecelakaan saat berkendaraan
- Menyebabkan jatuh karena kehilangan keseimbangan
- Mengganggu pendengaran
- Mengganggu aktivitas sehari hari
- Menjadi tanda penyakit stroke atau masalah lainnya pada otak

Namun demikian, jika memang kita mengalami gejala vertigo apa saja jenisnya, maka sebaiknya segera periksakan dan konsultasikan kedokter supaya dapat terdeteksi sejak dini. Hal ini, agar supaya segera diketahui apa yang menyebabkan vertigo tersebut dan dapat segera diatasi penyebabnya.

Hal ini, tentu saja supaya kita dapat mencegah serangan vertigo kambuh yaitu dengan cara mulai dapat merubah gaya hidup sehat lebih baik yaitu dengan  mengkonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur dan buatlah Anda merasa bahagia.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Gejala vertigo kambuh, penyebab, jenis vertigo, cara mencegah, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar