Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, tepat dan cepat

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah karena pilek atau tidak pilek?

Cara alami menyembuhkan hidung tersumbat  

Hidung tersumbat memang sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas Anda sehari hari karena seseorang akan menjadi kesulitan dalam bernafas. 
 
Oleh sebab itu,, cara untuk meredakan hidung tersumbat maka Anda dapat menggunakan obat hidung tersumbat dengan bahan herbal maupun non herbal.
 
Obat untuk hidung tersumbat dapat Anda coba dengan menggunakan bahan bahan alami yang dapat Anda temukan di sekitar rumah Anda. Kondisi hidung tersumbat dapat terjadi hanya sebelah saja atau bisa tersumbat keduanya.
 
Selain obat untuk hidung tersumbat dengan bahan alami, ada juga yang menggunakan balsem untuk hidung tersumbat,  obat tetes hidung tersumbat, pijatan untuk hidung tersumbat atau cara mengatasi hidung tersumbat dengan minyak kayu putih. 
 
Namun demikian, yang akan kami bahas di artikel ini adalah cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir, anak anak maupun orang dewasa ya.
 
Hidung tersumbat tapi tidak pilek, hidung tersumbat tapi tidak ada ingus, semua ini bisa saja terjadi pada seseorang karena hidung tersumbat tidak hanya disebabkan karena pilek saja tetapi bisa juga disebabkan oleh penyebab lainnya.
 
Nah, jika hidung tersumbat di kedua sisi maka hal inilah yang akan menyebabkan Anda akan kesulitan bernafas. Apabila ini terjadi demikian, biasanya penderita mengalami sakit kepala, demam dan hidung tersumbat. 

Apalagi jika hidung Anda tersumbat dan pada saat malam hari ketika akan tidur malam, maka Anda akan kesulitan bernapas karena kedua rongga hidung tersumbat, sehingga Anda harus bernapas melalui mulut. Nah, bagaimana cara tidur saat hidung tersumbat sebelah atau tersumbat kedua duanya? 
 
Hidung tersumbat bisa dialami orang dewasa, anak maupun bayi. Namun demikian, jika hidung tersumbat terjadi pada bayi, memang sangat kasihan sekali ya karena anak bayi belum dapat menyampaikan keluhannya dan hanya bisa menangis saja.
 
Oleh sebab itu, dibutuhkan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi jika hidung bayi tersumbat. Para ibu ibu biasanya akan menggunakan bawang merah untuk hidung tersumbat pada bayi yang dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon.

Hal ini, karena bawang merah mempunyai kandungan senyawa sulfur yang mampu mengatasi gangguan saluran pernapasan sehingga mampu melegakan hidung tersumbat dan mencairkan dahak. 

Cara membuatnya yaitu dengan mengupas bawang merah, kemudian haluskan bawang merah dan campurkan dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Selanjutkan balurkan pada punggung, kaki dan tangan si kecil.

Anda bisa mencoba mengobatinya dengan menggunakan cara alami karena cara ini akan kami bahas disini ya. Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat dengan obat hidung tersumbat alami, karena bahan alami tidak akan berbahaya bagi tubuh Anda.

Apakah sebenarnya yang menyebabkan hidung tersumbat? Hidung tersumbat atau mampet  terjadi karena jaringan di dalam hidung terganggu.
 
Hal ini, biasanya bisa disebabkan karena penyakit flu (influenza) atau pilek, cuaca dingin, iritasi karena menghirup polusi udara, infeksi dan sinusitis ataupun alergi, tetapi bisa juga disebabkan karena struktur hidung yang tidak normal. 

Anda bisa mencoba menggunakan cara alami untuk obat hidung tersumbat, sehingga dapat meredakan hidung tersumbat selanjutnya hidung akan menjadi lega, plong dan Anda menjadi bisa bernapas kembali melalui hidung.

Berikut cara ampuh mengatasi hidung tersumbat dengan cara tradisional :

1. Minum jeruk hangat

 
Minum, jeruk hangat

Cara melegakan hidung tersumbat maka Anda bisa minum jeruk hangat, jeruk hangat akan melegakan tenggorokan Anda. 

Cara membuatnya : peraslah jeruk kemudian dicampur dengan air hangat dan sedikit madu, setelah itu jeruk hangat bisa diminum. Jeruk hangat bisa mengatasi hidung tersumbat, karena air jeruk mengandung vitamin C dan air jeruk dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

2. Minum teh hangat.

 
Minum, teh hangat

Teh hangat yang sudah direbus dengan serai dan jahe dapat digunakan cara mengatasi hidung tersumbat dan flue.
 
Oleh sebab itu, dengan minum air teh hangat yang sudah dicampur dengan serai dan jahe tersebut. maka tubuh kita akan hangat dan berkeringat sehingga air rebusan ramuan tadi bisa mengatasi flu dan hidung yang tersumbat yang disebabkan oleh penyakit flu.

Cara membuatnya : Ambil air sebanyak 2 gelas rebus dengan 2 lonjor serai dan 1 buah jahe yang sudah dibersihkan kulitnya.
 
Selanjutnya, jahe dan serai di tumbuk atau di kepret saja hingga agak memar, supaya kalau Anda rebus dengan teh, serai dan jahe bisa meresap dalam air rebusan tadi. Setelah mendidih saring dan rebusan air teh, serai dan jahe siap Anda minum.

3. Dengan cara Steaming atau penguapan. 


Steaming

Alat untuk hidung tersumbat dengan menggunakan cara steaming atau penguapan yaitu dengan mengarahkan muka Anda kearah panci yang berisi air panas yang sebelumnya sudah ditetesi dengan minyak eukaliptus atau teh kamomi.
 
Hal ini, karena minyak eukaliptus ini mengandung zat penenang yang dapat meredakan hidung tersumbat. 

Pada saat penguapan tadi, bagian belakang kepala kita ditutup dengan handuk supaya handuk dapat menahan uap yang keluar dari panci yang berisi air panas tadi agar penguapannya efektif sebagai obat hidung tersumbat.

4. Mandi Air hangat

 
Mandi air hangat

Cara meredakan hidung tersumbat maka Anda dapat mandi air hangat dengan menggunakan pancuran yaitu dengan suhu air paling hangat yang bisa ditahan oleh tubuh Anda. 

Mandi air hangat dengan menggunakan pancuran kira kira selama 10 – 20 menit, kemudian tarik napas dalam dalam supaya paru paru dan rongga hidung Anda terisi uap, sehingga dengan cara ini bisa mengatasi hidung tersumbat.

5. Makan sup ayam 


Makan, sup ayam

Dengan makan sup ayam hangat merupakan cara meredakan hidung tersumbat, karena dengan mengkonsumsi sup ayam hangat yang biasanya terdapat bumbu mrica dan pala. 

Hal ini, akan akan membuat tubuh Anda menjadi segar dan hangat setelah menyantap sup ayam tadi dan sup ayam dapat berfungsi sebagai sistein yang dapat melonggarkan hidung tersumbat.

6. Tidurlah dengan posisi kepala agak tinggi


Tidur dengan bantal tinggi

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur supaya dapat mengurangi penyumbatan hidung Anda maka aturlah posisi tidur Anda, yaitu tidur dengan meletakkan bantal yang agak tinggi. 

Jika biasanya Anda hanya menggunakan 1 bantal saja maka sekarang pakailah dengan menggunakan 3 tumpukan bantal sekaligur.
 
Hal ini, supaya letak kepala Anda agak tinggi dan posisi tidur usahakan telentang, karena dengan posisi tidur demikian maka hidung tersumbat dapat teratasi dan Anda akan dapat sedikit bernapas.

7. Banyak minum air putih 

 
Banyak minum air putih

Lakukan minum air putih lebih banyak minimal 8 gelas sehari supaya tubuh Anda tetap terjaga asupan airnya. Dengan banyak minum air putih, hal ini untuk dapat membantu mengecerkan lendir yang ada dalam rongga hidung Anda. 

Sebaiknya hindarilah produk olahan susu maupun keju karena produk ini akan membuat hidung tersumbat akan menjadi bertambah parah. 

8. Kurangi paparan terhadap sumber alergi


Hindari, penyebab alergi

Jika hidung tersumbat disebabkan oleh alergi dimana alergi bisa disebabkan oleh kulit hewan, debu ataupun jamur.
 
Oleh sebab Anda harus selalu rajin untuk membersihkan ruangan rumah atau mobil secara rutin dan berkala, supaya Anda terhindar dari hidung tersumbat secara musiman yang disebabkan karena alergi.

9. Pijatan untuk hidung tersumbat

Titik pijatan untuk hidung tersumbat dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk

Cara melegakan hidung tersumbat dapat menggunakan pijatan dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk yang diletakkan pada pangkal hidung. Cari ruang antara hidung dengan sudut mata bagian dalam.

Setelah itu berikan tekanan sedang pada daerah tersebut selama 15 detik, lakukan terus dengan ibu jari dan jari telunjuk di sepanjang sisi hidung selama kira kira 30 detik. Cara melegakan hidung tersumbat ini dapat mudah Anda praktekkan jika Anda mengalaminya ya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, tepat dan cepat, semoga bermanfaat.
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.  

0 komentar