Cara mengatasi gejala kolesterol tinggi, pola makan, olah raga

Stop, kolesterol tinggi

Tips mudah, tepat mengendalikan kolesterol tinggi

Sebelum kami membahas tentang tips mudah untuk mengendalikan kolesterol yang sudah terlanjur bersarang ditubuh Anda. Alangkah baiknya, kalau Anda perlu mengerti terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan kolesterol itu?

Gejala kolesterol tinggi pusing, gejala kolesterol tinggi pada leher terasa kaku, gejala kolesterol tinggi pada kaki terasa kesemutan. Itulah beberapa gejala kolesterol yang umumnya sering terjadi.

Agar supaya Anda dapat mengendalikan kolesterol tersebut agar tidak naik. Pertama kali, Anda perlu memperbaiki pola makan sehat sehari hari, supaya kolesterol tersebut dapat terkendali dan kolesterol normal bisa Anda dapatkan, sehingga tubuh Anda bisa kembali sehat.

Ada beberapa macam cara menurunkan kolesterol, diantaranya adalah mengubah gaya hidup dan pola makan yang baik. Hal ini, supaya kadar kolesterol dapat dikendalikan sehingga menjadi kadar kolesterol normal.

Cara ini dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol dengan baik. Kondisi kolesterol tinggi apabila kadar kolesterol dalam darah berada diatas kadar normal (> 200 mg/dl). 
 
Seseorang dianggap memiliki kolesterol tinggi berapa batasan pengukurannya? Jika hasil kadar kolesterol dalam range antara 200 - 239 mg/dl sudah masuk kedalam batas tinggi dan jika kadar kolesterol berada diatas 240 mg/dl atau lebih maka berhati hatilah karena kadar kolesterolnya tinggi.

Jika kadar kolesterol dibiarkan terus menerus tinggi maka akan mengakibatkan resiko kesehatan terganggu diantaranya dapat terkena penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol merupakan suatu penyakit yang muncul karena didalam membran sel dan plasma darah kita mengandung lemak sterol yaitu sejenis lipid yang dinamakan steroids, dan steroids adalah semacam molekul lemak atau yang hampir sama dengan lemak.

Dan perlu kita ketahui bahwa steroids adalah lipid yang mempunyai struktur kimia khusus dan terdiri dari 4 cicin atom karbon.
 
Sedangkan steroids yang lain mungkin kita sudah sering mendengarnya tentang steroid hormon seperti kortisol, estrogen dan testoteron, dimana hormon tersebut terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol.

Baca juga : Kram Dan Kesemutan Berbeda, Gejala, Penyebab, Pencegahan, Penanganannya
 
Di jaman modern seperti sekarang ini sering terjadi kurang baiknya pola makan dan makanan yang dikonsumsi, sehingga menyebabkan banyak orang yang telah menderita kolesterol tinggi. 

Gejala kolesterol tinggi ada banyak macamnya tanda tanda gejala yang akan dirasakan, diantaranya :

- Gejala kolesterol tinggi pusing
- Gejala kolesterol tinggi pada leher
- Gejala kolesterol tinggi pada kaki dan tangan

Kadar kolestrol tinggi sering menjadi momok yang menakutkan dan tentu saja harus dihindari. Nah, kadar kolesterol tinggi berapa yang harus diperhatikan oleh  seseorang. 

Apabila hasil pemeriksaan kadar kolesterol seseorang melewati angka 200, maka harus dilanjutkan dengan pemeriksaan kolesterol LDL dan juga pemeriksaan Triglyceride. 

Perlu diketahui bahwa kolesterol terdiri dari 2 jenis, yaitu : 

- LDL (Low density lipoprotein) yaitu kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh kita 
- HDL (High density lipoprotein), HDL inilah yang mencegah kolesterol jahat mengendap di dalam tubuh kita

Beberapa Tips yang dapat digunakan untuk mengendalikan tanda tanda gejala KOLESTEROL TINGGI, berupa konsumsi dan aktifitas yang dianjurkan serta apa yang harus dihindari dalam mengendalikan kolesterol tersebut.

KONSUMSI makanan seperti apakah yang dianjurkan, untuk seseorang yang cenderung memiliki kolesterol tinggi :

Makan, buah buahan

1.  BUAH

Dalam setiap porsi makanan yang Anda santap setiap hari, coba biasakan untuk mengkonsumsi buah buahan 2 jam setelah atau 2 jam sebelum makan.
Dengan mengkonsumsi buah, memang sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan menjadi lebih sehat, karena buah merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh yang rendah. 
Dan apabila Anda dapat mengonsumsinya lebih banyak, maka Anda akan merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan untuk mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. 
Konsumsilah makanan yang kaya akan serat seperti apel, pir, stroberi karena dapat menurunkan kolesterol.


Makan, sayuran

2.  SAYURAN

Perbanyak porsi sayuran dalam setiap porsi makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya, karena sayuran merupakan sumber serat yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral yang tinggi. 

Sumber serat tinggi seperti sayuran ini banyak mengandung serat larut dan serat tidak larut yang berfungsi untuk mengikat kolesterol dalam usus sehingga dapat mencegah untuk diserap oleh usus. 

Semua sayuran yang berwarna hijau dan oranye merupakan sumber vitamin dan kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, beta karoten, vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin A dan vitamin K. 

Konsumsilah makanan yang kaya akan serat seperti brokoli, ubi, terung karena dapat menurunkan kolesterol.

Protein, nabati

3.  PROTEIN

Variasikan konsumsi protein nabati dan hewani setiap harinya dengan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, unggas. 

Jika Anda mengkonsumsi protein dari Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, unggas maka bisa mengurangi kolesterol dalam darah, karena jenis protein tadi mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. 

Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak 1-2 ons dalam sehari maka akan dapat menurunkan kolesterol sekitar 5 %.

Minum air putih

4.  AIR PUTIH

Konsumsi air puti lebih banyak jika dibandingkan dengan air lain yang Anda minum dalam sehari dan minum air putih minimal 8 liter setiap harinya

Beras merah, sumber, karbohidrat kompleks

5.  KARBOHIDRAT

Pilih untuk mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks, supaya gula darah dapat terkontrol dan Anda menjadi tidak mudah lapar.

Baca juga : Berapa liter minum air putih sehari, kapan waktu yang tepat

AKTIFITAS, olah raga untuk kolesterol tinggi yang dianjurkan adalah :

Olah raga, jalan kaki

Olah raga, bersepeda

Usahakan aktifitas fisik yang Anda lakukan sehari-hari dapat seimbang dengan jumlah makanan yang Anda konsumsi, supaya tujuannya Anda untuk mendapatkan kebugaran tubuh akan dapat Anda peroleh secara maksimal. 

Nah ... kegiatan olah raga apa saja yang dapat Anda lakukan bagi seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi. Anda dapat berolah raga seperti : berjalan kaki, bersepeda, menari dan sebagainya.

Yang Harus Dihindari Untuk Penderita KOLESTEROL TINGGI adalah :

1.  Rokok Dan Alkohol

Rokok dan alkohol wajib dihindari bagi penderita kolesterol tinggi, karena orang yang merokok dan sering minum minuman beralkohol akan meningkatkan risiko pembentukan plak di pembuluh darah

2.  Junk Food

Junk Food juga merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi, karena makanan junk food atau makanan cepat saji ini banyak mengandung transfat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke

3.  Susu Full Cream

Susu full cream merupakan salah satu minuman yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi, karena susu full cream dapat meningkatkan kolesterol

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Cara mengatasi gejala kolesterol tinggi, pola makan, olah raga 
 
Silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar