Gondongan leher, cara tepat mengobati dengan bahan alami

Godongan leher merupakan infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar liur

Cara menyembuhkan gondongan alami cepat

Cara mengobati gondongan pada anak maupun pada orang dewasa dapat menggunakan obat alami gondongan di leher, berupa blau untuk gondongan maupun obat gondongan di apotik lainnya. Namun demikian, kali ini kami akan membahas obat herbal godongan ya.

Gejala penyakit godongan secara umum, biasanya penderitanya akan merasakan tenggorokan yang tidak nyaman karena pada bagian leher akan tampak membesar karena bengkak dan terjadi pembesaran atau peradangan kelenjar parotis akibat infeksi virus. 

Penyakit gondongan ini janganlah dianggap sepele, karena penyakit ini bisa menular apalagi jika gondongan tersebut sudah dalam kondisi menyebar. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui bagaimana cara mengobati godongan pada anak dan orang dewasa dengan obat alami. 

Penyebab gondongan pada anak maupun penyebab gondongan pada orang dewasa, sama sama disebabkan oleh kelompok virus yang bernama virus paramyxovirus. Virus ini dapat menyebar melalui percikan ludah maupun ingus pada saat penderita gondongan batuk atau bersin.

Gondongan leher dapat dialami oleh orang dewasa maupun oleh anak anak. Obat gondongan pada orang dewasa dan obat godongan pada anak dapat diatasi dengan blau untuk gondongan, obat gondongan di apotik atau bahan alami seperti bawang putih

Penjelasannya ada di ulasan obat herbal gondongan akan kami ulas di artikel berikutnya ya, silahkan Anda baca sampai selesai.

Infeksi pada kelenjar air liur yang disebabkan oleh bakteri atau virus dari golongan  paramyxovirus hingga menyebabkan penyakit gondongan ini, terjadi pada kelenjar parotis. Virus ini dapat dengan mudah menular ke orang lain melalui percikan ludah atau lendir yang keluar dari mulut atau hidung.

Sebenarnya kita mempunyai 3 pasang kelenjar ludah utama yaitu :

- Kedua terbesar adalah kelenjar parotis atau parotid, terletak di setiap pipi bagian atas rahang didepan telinga

- Dua submandibular kelenjar terletak di bagian mulut dan kedua sisi rahang

- Dua sublingual kelenjar terletak di bawah lantai dari mulut

Selain leher akan terlihat membesar maka penderita gondongan juga akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan.
 
Oleh sebab itu, untuk pengobatannya sebaiknya difokuskan untuk meringankan gejala dari gondongan tersebut, dimana untuk menyembuhkannya biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk pemulihan.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Perlu kita ketahui bersama bahwa kelenjar parotis merupakan kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air liur.
 
Gondongan akan menyebabkan pembengkakan pada kelenjar parotis yang letaknya tepat disamping muka dibawah telinga sehingga pembengkaan kelenjar parotis tersebut bisa sampai ke leher. 

Pembengkakan kelenjar parotis ini biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri, sehingga penyakit gondongan ini bisa menular melalui air liur dari seorang penderita gondongan.

Virus atau bakteri apakah yang bisa menimbulkan penyakit gondongan? Penyebabnya adalah virus yang cara penyebarannya hampir sama dengan virus yang menyebabkan flu dan batuk yaitu virus paramyxovirus. 

Sehingga jika kita berdekatan dengan orang yang terserang gondongan, maka kita dapat mudah tertular jika kondisi tubuh kita tidak fit dan jika kita menghirup virus yang dikeluarkan oleh orang yang terserang gondongan tersebut.

Ciri ciri gondongan

Pipi terlihat bengkak baik hanya bengkak disatu sisi pipi saja maupun kedua pipinya yang bengkak, akibat dari pembengkakan kelenjar parotis

- Merasa nyeri saat mengunyah atau menelan makanan

- Demam hingga 39°C

- Mulut terasa kering dan sakit kepala

- Sendi dan perut terasa nyeri

- Mudah sekali merasa letih

Berikut obat gondongan pada orang dewasa, dengan menggunakan bahan alami :

1. Mengkonsumsi Vitamin C


Vitamin C

Karena gondongan disebabkan oleh virus maka Anda harus melemahkan virus tersebut. Mengapa demikian? karena virus memang tidak bisa disembuhkan. Oleh sebab itu cara yang paling bagus adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melemahkan virus tersebut. 

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi vitamin C, karena vitamin C yang terkandung dari buah buahan yang Anda makan, maka sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat dan stabil, sehingga dimungkinkan dapat melemahkan virus yang menjadi penyebab gondongan tersebut.

2. Mencukupi Kebutuhan Gizi

 
Gizi seimbang

Seperti yang sudah kita bahas pada poin 1 bahwa Anda harus meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh Anda. 
 
Untuk memenuhi dan meningkatkan sistem imun tersebut, maka Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengadung gizi seimbang, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan dapat melemahkan virus penyebab gondongan, sehingga penyakit gondongan bisa sembuh.

3. Kompres Air Hangat

 
Kompres, air hangat

Untuk dapat mengatasi pembengkakan kelenjar parotis yang menimbulkan sakit nyeri serta berdenyut denyut, maka Anda dapat mengkompres dengan air hangat pada bagian yang bengkak tadi.

Dengan mengkompres air hangat maka rasa nyeri dan sakit pada bagian yang bengkak akan berkurang dan hilang. Kompreslah bagian yang bengkak dengan air panas sesering yang Anda inginkan atau jika rasa nyeri dan sakit muncul maka segeralah kompres lagi dengan air hangat.

4. Istirahat Cukup

 
Istirahat, cukup

Jika Anda terserang gondongan maka sebaiknya Anda istirahat yang cukup, supaya kondisi tubuh Anda membaik. Karena dengan beristirahat cukup (tidur berkualitas) maka seluruh organ tubuh Anda akan beristirahat juga sehingga fungsi tubuh Anda akan kembali bagus dan maksimal. 

Dengan demikian sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat dan akhirnya dapat melemahkan virus yang menjadi penyebab gondongan tadi.

5. Tidak Keluar Rumah

 
Istirahat, di rumah

Karena gondongan disebabkan oleh virus, maka virus ini akan menulari orang lain jika Anda berdekatan dengan mereka yang terkena penyakit gondongan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tinggal dirumah saja apabila terserang penyakit gondongan. 

Kondisi orang yang terkena penyakit gondongan berada dalam kondisi yang masih lemah dan belum stabil. Kondisi diluar rumah tentu saja banyak sekali virus bertebaran yang bisa menyebabkan orang tersebut terserang penyakit lainnya.

Jika Anda sampai terkena komplikasi penyakit yang disebabkan oleh virus lebih dari satu, maka penyembuhannya akan menjadi sulit. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda sementara tinggal didalam rumah saja dan tidak usah keluar rumah sebelum sembuh atau sebelum kondisi tubuh Anda stabil dan baik.

6. Konsumsi Cukup Air Putih

Minum, air putih

Seperti sudah Anda ketahui bersama bahwa tubuh Anda sangat memerlukan cairan yang cukup untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kegiatan fungsi organ tubuh Anda menjadi tidak maksimal.

Baca juga : KurangMinum Air Putih, Tubuh Bereaksi Jangan Diabaikan

Demikian juga dengan kelenjar parotis, kelenjar ini merupakan salah satu organ tubuh yang membutuhkan air putih untuk melakukan fungsinya. 

Oleh sebab itu, minumlah air putih yang cukup saat Anda terkena penyakit gondongan supaya kelenjar parotis tidak dehidrasi. Akibat dari kekurangan air putih maka akan menyebabkan kelenjar parotis yang sudah bengkak menjadi semakin terasa sakit dan nyeri.

7. Hindari Jus Buah
 
Jus buah

Apabila Anda terserang penyakit gondongan sebaiknya Anda menghindari minum jus buah, karena jus buah justru akan menyebabkan kelenjar parotis akan menjadi semakin membengkak.
 
Hal ini, akan menyebabkan rasa nyeri menjadi semakin parah. Oleh sebab itu sebaiknya minum air putih saja yang cukup dan hindari minum jus buah.

8. Mengkonsumsi Makanan yang Lunak

 
Bubur ayam

Pada saat terserang penyakit gondongan sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang lunak supaya gondongan tidak semakin parah. Dengan kondisi kelenjar parotis yang bengkak maka Anda akan kesulitan mengunyah maupun menelan makanan yang dikonsumsi.

Sehingga sebaiknya kita konsumsi makanan yang lunak terlebih dahulu, antara lain mengkonsumsi bubur ayam, sebagai pengganti nasi. Perlu diketahui bahwa kalori bubur ayam sebanyak 372  kalori dan karbohidratnya 36,12 gram, untuk setiap penyajian per 240 gramnya. 

Pada saat gondongan, disarankan Anda jangan mengkonsumsi mie instan ya, karena mie instan merupakan jenis makanan yang sulit dicerna sehingga bisa membuat sakit pada kelenjar parotis semakin parah.

9. Yodium

 
Sayur bayam bening

Penyakit Gondongan bisa juga disebabkan karena seseorang kekurangan yodium, meskipun bisa jadi orang tidak akan terhindar dari penyakit gondongan meskipun yodiumnya sudah tercukupi.

Oleh sebab itu, untuk mengobati gondongan maka kita harus memenuhi kebutuhan zat yodium yang diperlukan oleh tubuh Anda.
 
Dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung zat yodium yaitu dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung yodium cukup tinggi seperti sayur bayam, daun pepaya.

10. Bawang Putih

 
Bawang putih

Salah satu bumbu dapur yang bernama bawang putih ini memang mempunyai khasiat yang bagus untuk menjaga kesehatan kita. Bawang putih ternyata juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gondongan pada anak.

Caranya adalah dengan mencampurkan bawang putih pada masakan yang akan diberikan ke anak, karena bawang putih dapat merangsang produksi glutathione yang ada didalam tubuh anak, sehingga glutathione dapat menambah kinerja kelenjar parotis. 

Dengan demikian bawang putih dapat membuat pembengkakan menjadi hilang secara perlahan.

11. Selada Air

 
Selada air

Salah satu manfaat selada air yaitu dapat digunakan untuk menyembuhkan gondongan, karena selada air merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengadung zat yodium. Konsumsilah selada air sebagai lalapan atau dapat juga dibuat ditumis. 

Konsumsilah secara terus menerus selada air supaya dapat menghilangkan keluhan pembengkakan yang ditimbulkan oleh penyakit gondongan ini, dan gondongan akan menjadi berangsur angsur kempes dan sembuh.

12. Buah Nanas

 
Buah nanas

Buah nanas merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah nanas maka akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. 

Dengan menikmati rasa manis dan segar saat mengkonsumsi nanas, maka kita juga akan mendapatkan manfaat vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, dan dapat mengurangi dan menyembuhkan pembengkkan akibat dari penyakit gondongan ini.

13. Mengkudu

 
Buah mengkudu

Buah mengkudu atau buah noni juga dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit gondongan. Pilihlah buah mengkudu yang sudah berwarna putih karena menandakan bahwa buah mengkudu tersebut sudah matang atau sudah tua. 

Meskipun baunya menyengat apabila buah mengkudu dikonsumsi, dengan mengkonsumsi 3 kali sehari maka akan menyembuhkan penyakit gondongan Anda.

14. Jahe

 
Khasiat jahe

Jahe juga merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang cukup banyak manfaatnya untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. 
 
Salah satu khasiat jahe adalah dapat digunakan untuk mengobati godongan dengan cara menumbuk sebanyak 2 rimpang jahe ukuran besar sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air dan balurkan jahe yang sudah halus tersebut kebagian yang bengkak.

Demikianlah beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit gondongan yang bisa kita coba sendiri, dan jika cara tersebut dilakukan dengan teratur maka penyakit gondongan akan segera sembuh. 

Bagaimana ciri ciri penyakit gondongan akan sembuh?

- Rasa nyeri mulai berkurang

- Rasa panas dan pembengkakan akan sirna

- Pembengkakan menjadi kempes dan normal kembali

- Keluhan penyerta godongan seperti nyeri saat menelan, air liur meningkat, dan nyeri ketika mengunyah menjadi hilang

Gondok dan gondongan, apakah berbeda?

Perbedaan gondok dan gondongan adalah penyakit gondok merupakan gangguan hormon tiroid yang biasanya akan menyebabkan pembengkakan dileher, penyakit gondok ini sering disebut dengan goiter.

Sedangkan gondongan akan menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada kelenjar air ludah (parotis) yang disebabkan oleh virus.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang Alasan Tepat Mengobati Penyakit Gondongan, Dengan Bahan Alami, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.

0 komentar