Manfaat nanas bagi kesehatan tubuh, apa saja ya ?

 

Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia

Nanas kaya nutrisi dan bermanfaat untuk tubuh

Nanas merupakan buah yang memiliki rasa manis segar, tinggi serat, vitamin, antioksidan serta mineral dan berkalori cukup rendah. Oleh sebab itu, nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain dapat meningkatkan imun tubuh, membantu diet serta mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Nanas atau Ananas comosus ini, banyak dijumpai di daerah tropis seperti di negara Indonesia. Meskipun sebenarnya nanas ini merupakan tanaman asli dari negara Amerika Selatan, tetapi tanaman ini sudah menyebar sampai ke negara negara tropis di dunia.

Nanas, selain dapat dikonsumsi secara langsung maka nanas dapat juga diolah menjadi jus nanas, acar nanas, salad buah, puding nanas atau bisa juga dibuat selai nanas untuk isian kue nastar dan sering digunakan juga sebagai toping pizza.

Selain itu, nanas dapat juga diolah menjadi menu makanan seperti nanas thai food, nanas sushi, acar nanas, sambal nanas serta berbagai macam menu makanan lainnya yang menggunakan bahan nanas.

Mengapa mengkonsumsi nanas bagus untuk kesehatan tubuh? Hal ini, karena nutrisi yang berasal dari nanas ini memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Lalu, nutrisi apa saja yang terkandung didalam buah nanas tersebut?

Berikut penjelasan kandungan nutrisi buah nanas :

Dalam sebuah nanas terdapat beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin C dan mangan. Manfaat vitamin C sangat dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan sistem kekebalan tubuh serta membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Sedangkan mangan merupakan mineral alami yang berguna untuk membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan.

Kandungan nutrisi dalam 1 buah nanas yang memiliki ukuran sedang, dengan beratnya antara 900 – 1000 gram. Maka dalam 100 gram nanas akan terkandung 40 kalori dan berbagai macam nutrisi.

Nutrisi yang terkandung didalam nanas dengan berat 100 gram tersebut, antara lain :

- 0,5 gram protein

- 10 gram karbohidrat

- 1 gram serat

- 58 IU viatmin A, 48 miligram vitamin C, 18 mikrogram folat

- 110 miligram kalium, 12 miligarm magnesium

Selain kandungan nutrisi nutrisi diatas, nanas juga mengandung vitamin B, kolin, selenium, zinc, antioksidan dan bromelain. Bromelain ini merupakan enzim khas yang terdapat dalam nanas dan enzim ini dapat memproduksi zat yang berguna untuk mencegah peradangan.

Manfaat nanas bagi kesehatan tubuh, antara lain :

- Mencegah flu

Tingginya kandungan vitamin C yang terdapat pada nanas maka akan dapat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Dengan terpenuhinya asupan vitamin C harian maka daya tahan tubuh meningkat dan mampu melawan berbagai macam penyakit termasuk flu.

- Mengatasi sembelit

Kandungan serat yang cukup tinggi dan terdapatnya enzim bromelain pada nanas maka dapat mencegah serta megatasi sembelit. Enzim bromelain ini berfungsi untuk memecah molekul protein agar supaya lebih mudah dicerna dan diserap oleh usus.

- Menghentikan diare

Kandungan bromelain yang terdapat pada nanas, selain dapat mengatasi sembelit juga dapat mengurangi gejala diare.

Zat bromelain ini sangat efektif dalam menghambat pelekatan bakteri yang menyebabkan diare seperti E. Coli dan V. Cholera pada permukaan usus.

- Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dari nanas akan membantu tubuh akan merasakan kenyang lebih lama. Kondisi ini, akan membuat seseorang akan mengkonsumsi kalori lebih sedikit.

Selain dapat mengenyangkan lebih lama maka mengkonsumsi nanas juga dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan menaikkan pemecahan lemak dalam tubuh.

- Mengurangi rasa nyeri dan bengkak

Kandungan zat bromelain pada nanas dapat mengurangi rasa nyeri setelah operasi khususnya operasi gigi dan mengurangi pembengkakan.

Namun demikian, kandungan zat bromelain ini selain cukup bagus untuk saluran cerna maka zat ini juga dapat meredakan memar, bengkak maupun nyeri yang disebabkan oleh cedera otot maupun nyeri karena radang sendi.

- Mencegah kerutan di kulit

Salah satu pemicu munculnya tanda tanda penuaan dini pada kulit adalah paparan radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi nanas yang mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C ini maka akan dapat membantu mencegah penuaan kulit akibat radikal bebas tersebut.

Vitamin C ini akan bekerja untuk meningkatkan produksi kolagen serta mencegah hiperpigmentasi pada kulit.

- Membantu penyembuhan luka bakar

Enzim bromelain yang terdapat pada nanas juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Hal ini karena enzim ini dapat membantu pemulihan jaringan yang rusak, mengangkat sel kulit mati dan meredakan rasa nyeri.

- Mencegah serangan jantung

Beberapa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam nanas seperti flafonoid dan fenolik ini mampu mngurangi resiko terjadinya serangan jantung.

Hal ini karena, senyawa antioksidan dalam nanas dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel serta berbagai macam gangguan kesehatan lainnya, salah satunya adalah penyakit jantung.

- Mencegah osteoporosis

Kadungan mineral yang tinggi dari buah nanas, antara lain kalsium dan mangan. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Mangan selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

- Mencegah kanker

Dari hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa zat bromelain dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan molekul yang dapat menghambat perkembangan sel kanker.

Oleh sebab itu, kandungan bromelain dari buah nanas ini dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Sedangkan kandungan antioksidan yang tinggi dari buah nanas dapat meminimalkan stres oksidatif dan peradangan yang menjadi penyebab kanker.

- Menyamarkan flek hitam

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah nanas diyakini dapat mengurangi flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar UV serta mampu membuat kulit menjadi cerah.

Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara mengoleskan krim yang mengandung ekstrak nanas pada kulit wajah secara merata.

Baca juga : Foundationmakeup terbaik rekomen hasil full coverage, glowing

- Meredakan sinusitis

Kandungan antioksidan dan enzim bromelain yang terdapat didalam buah nanas bersifat antiradang.

Selain dapat mengurangi nyeri sendi, juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri dan keluhan pada penderita sinusitis yaitu peradangan yang terjadi pada rongga di sekitar hidung.

- Meredakan batuk

Sudah sejak lama, buah nanas telah dikenal sebagai obat batuk tradisional. Hal ini, karena kandungan enzim bromelainnya mampu meredakan batuk dengan cara mengencerkan dahak dan mengurangi rangsangan untuk batuk.

Selain itu, kandungan vitamin C dari buah nanas dapat meningkatkan imun tubuh sehingga dapat mempercepat penyembuhan batuk tersebut.

- Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium, serat dan antioksidan yang terdapat pada buah nanas bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi serta mengendalikan tekanan darah supaya tetap stabil.

Slain itu, kandungan yang terdapat pada nanas ini berpengaruh terhadap kadar kolesterol di dalam darah sehinga secara tidak langsung dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).

- Meningkatkan produksi sperma

Menskipun manfaat nanas yang satu ini tidak banyak diketahui tentang diyakini bahwa mengkonsumsi nanas dapat meningkatkan produksi sperma.

Hal ini, karena kandungan bromelain yang terdapat pada nanas dapat meningkatkan kadar testoteron sehinga produksi sperma juga ikut meningkat.

Seperti telah kami sampaikan diatas bahwa nanas dapat dikonsumsi secara langsung maupun dapat diolah menjadi minuman jus maupun menu makanan lainnya.

Buah nanas tidak dianjurkan bagi seseorang yang alergi terhadap lateks. Hal ini, karena kandungan yang terdapat pada nanas dapat memicu reaksi alergi seperti gatal gatal sakit perut maupun diare.

Selain itu, mengoleskan nanas secara langsung pada kulit juga tidak disarankan. Hal ini, karena dapat menimbulkan iritasi.

Apabila, Anda ingin memperoleh manfaat nanas untuk mengurangi tanda tanda kerutan kulit maka dapat menggunakan produk perawatan yang mengandung ekstrak nanas.

Mitos yang mengatakan bahwa mengkonsumsi nanas dapat menyebabkan persalinan prematur atau bahkan keguguran. Hal ini, berhubungan dengan kandungan bromelain pada nanas yang dapat menyebabkan diare atau kram pada ibu hamil.

Oleh sebab itu, mitos ini tidak benar ya. Apabila mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang wajar justru kandungan nutrisi pada nanas akan memberikan manfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

Meskipun manfaat nanas cukup bagus terhadap kesehatan tetapi harus dikonsumsi dengan jumlah yang wajar dan jangan berlebihan ya.

Terutama, jika Anda memiliki masalah kondisi medis tertentu seperti kondisi alergi lateks, asam lambung atau sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi nanas tersebut.

Semoga bermanfaat !

Sumber referensi :

Muhammad Rivaldi Mappa, dkk, 2019, tentang Pemanfaatan buah nanas (Ananas cpmosus L) sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh di era pandemi Covid 19, Jurnal kesehatan Institut kesehatan dan tehnologi Graha Medika Jakarta.

0 komentar