Manfaat kopi dan manfaat negatif kopi bagi kesehatan

Black coffee atau kopi hitam,merupakan minuman yang berwarna hitam pekat dan tak disangka ternyata banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh manusia

Benarkah minum kopi dalam jumlah yang pas, baik untuk kesehatan

Bagi penikmat kopi, tentu saja akan merasanya ada yang kurang jika meraka belum menyeruput kopi setiap harinya. Oleh sebab itu, wajib hukumnya bagi mereka untuk menikmati secangkir kopi yang ditemani dengan cemilan seperti singkong rebus, pisang goreng, pisang rebus ataupun cemilan lainnya.

Semua orang akan memahami bahwa makanan maupun minuman apapun, apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, tentu saja akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya jika dikonsumsi dalam jumlah secukupnya saja maka akan memberikan dampak baik bagi tubuh.

Demikian juga dengan kopi, minuman yang satu ini jika diminum dalam jumlah yang pas porsinya maka akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi kopi secukupnya saja ya, 1 sampai 2 cangkir perharinya agar dapat diperoleh manfaatnya.

Kandungan kafein yang terdapat didalam kopi akan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan stamina, merangsang kerja jantung, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mood.

Selain itu, kopi juga memiliki kadungan antioksidan yang dapat menekan risiko kanker dan kandungan asam klorogenatnya akan dapat mengurangi risiko diabetes. Kopi juga dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer, Demensia dan Parkinson.

Selain terdapat beberapa manfaat minum kopi yang dapat diperoleh oleh tubuh, namun kopi juga dapat berbahaya bagi orang orang tertentu yang intoleran dan sangat sensitif terhadap kafein kopi.

Bahaya kopi terhadap orang orang yang mengalami kondisi tertentu tersebut antara lain adalah :

Jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya, meningkatkan asam lambung, risiko serangan jantung dan stroke yang disebabkan karena meningkatnya kadar trigliserida, risiko keguguran pada ibu hamil, risiko dehidrasi, insomnia dan mudah gugup.

Seorang teman saya merupakan seorang pecinta kopi juga. Oleh sebab itu, dia akan selalu membawa travel mug yang berisi kopi panas untuk menemani perjalanannya dari rumah ke kantor setiap harinya.

Mungkin orang orang seperti ini akan sulit membayangkan, jika hari harinya tanpa ditemani dengan minuman kopi ini tersebut, tentu akan terasa ada yang kurang memberikan energinya untuk memulai aktivitasnya.

Dengan menyeruput secangkir kopi maka seseorang akan merasa lebih tenang. Hal ini, karena kafein dari kopi akan membuat seseorang bersemangat kembali. Namun demikian, apakah minum kopi baik untuk Anda?

Pada saat ini, dukungan terhadap kopi telah semakin meningkat, terbukti dengan banyaknya gerai gerai kopi yang baru dibuka, baik yang namanya sudah terkenal seperti starbucks maupun gerai kopi dalam scala kecil atau berupa penjaja kopi jalanan saja.

Hal ini, menunjukkan bahwa penggemar kopi di dunia ini telah berkembang semakin banyak, baik seorang wanita maupun pria, baik yang berusia muda maupun tua. 

Mereka akan menyukai kopi untuk menemani dalam mereka berdiskusi, mencari inspirasi, ide atau hanya sekedar ngerumpi ngobrol sana sini sambil ngopi atau minum kopi.

Ada sebagian besar orang penyuka kopi yang lebih menyukai black coffee (kopi hitam) tanpa tambahan gula, sehingga muncul pertanyaan terbuat dari apakah black coffee ini ?

Black coffee merupakan kopi hitam yang terbuat dari kopi Robusta asli 100 persen tanpa campuran, yang diproses sampai menjadi bubuk dan kondisinya mudah larut meskipun menggunakan air dingin.

Ternyata kopi hitam ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B2, B3 dan B5. Selain itu, juga mengandung mineral, kalium, magnesium maupun mangan.

Oleh sebab itu, kopi hitam memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menjaga fungsi otak, meningkatkan daya ingat, menstabilkan gula darah, mencegah depresi, meningkatkan energi dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Dalam sebuah penelitian, telah menunjukkan bahwa minum kopi di pagi hari akan dapat memperoleh banyak manfaat.

Hal ini, karena kopi memiliki salah satu zat yang dapat membantu mencegah masalah kesehatan, diantaranya masalah kesehatan seperti penyakit alzheimer dan penyakit jantung yang sering terjadi pada kaum wanita.

Kopi tidak hanya mengandung kafein saja, tetapi kopi juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan zat aktif lainnya yang dapat membantu mengurangi peradangan internal dan melindungi tubuh terhadap penyakit.

(Pernyataan ini dikemukanan oleh pakar nutrisi dari Johns Hopkins University School of Medicine)

Apa saja manfaat positif kopi bagi kesehatan

Manfaat minum kopi bagi kesehatan, bukan hanya dapat meningkatkan energi saja tetapi terdapat beberapa manfaat lainnya.

Berikut dampak positif kopi bagi kesehatan :

- Mengurangi resiko terkena penyakit

Dalam sebuah penelitian telah menemukan bahwa penyuka kopi pada kaum wanita akan memiliki resiko lebih kecil meninggal dunia yang disebabkan oleh beberapa penyakit seperti jantung koroner, diabetes, stroke dan penyakit ginjal.

- Tubuh dapat memproses glukosa lebih baik

Dalam suatu penelitian juga ditemukan bahwa seseorang yang telah minum lebih banyak kopi akan memiliki kecenderungan lebih kecil terserang diabetes tipe 2.

Seseorang yang telah minum kopi satu sampai 2 cangkir kopi setiap harinya maka akan dapat membentu mencegah gagal ginjal, sewaktu kondisi jantungnya melemah dan mengalami kesulitan memompa darah yang cukup ke seluruh tubuhnya.

- Meminimalkan kemungkinan terserang parkinson

Dengan minum kopi maka kafein yang terdapat di dalam kopi tidak hanya terdapat hubungan antara manfaat kafein dengan manfaat untuk meminimalkan kemungkinan terkena penyakit parkinson saja.

Namun demikian, juga dapat membantu penderita penyakit parkinson ini lebih dapat mengontrol pergerakannya.

- Melindungi organ hati

Baik kopi biasa yang tanpa kafein maupun kopi kafein maka keduanya sama sama mempunyai dampak perlidungan terhadap organ hati manusia.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pecinta kopi akan cenderung mempunyai tingkat enzimhati yang sehat apabila dibandingkan dengan seseorang yang tidak minum kopi.

- Memiliki DNA yang lebih kuat

Kerusakan DNA dapat diperkecil dengan kopi dark roast. Kondisi kerusakan DNA ini muncul secara alami dan dapat menimbulakn kanker atau tumor apabila tidak diperbaiki oleh sel Anda.

- Menurunkan peluang terkena kanker usus besar

Secara umum, banyak para wanita yang menderita kanker usus besar karena dari 23 wanita akan terdapat 1 wanita yang menderita penyakit ini.

Namun demikian, berdasarkan sebuah penelitian telah diperoleh bahwa wanita yang suka minum kopi biasa tanpa kafein maka akan memperoleh kemungkinan sebesar 26 % lebih kecil untuk terkena kanker kolorektal ini.

- Mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer

Di negara Amerika tercatat terdapat hampir 2 per 3 yang terkena penyakie Alzheimer adalah kaum wanita.

Telah diyakini bahwa wanita yang menyeruput 2 cangkir kopi setiap harinya, akan dapat memperoleh perlindungan yang signifikan terhadap perkembangan keadaan Alzheimernya.

Hal ini, fakta ditemukan dalam satu penelitian bahwa kaum wanita berusia diatas 65 tahun yang telah minum kopi sebanyak 2 sampai 3 cangkir kopi setiap harinya maka akan mempunyai risiko lebih kecil terkena dimensia.

- Terhindar dari serangan stroke

Secangkir kopi yang diminum setiap hari bagi seorang wanita akan memiliki manfaat menurunkan risiko stroke. Hal ini, kaena stroke merupakan salah satu penyebab kematian yang berada diurutan ke 4 pada kaum wanita.

Nah, akan muncul pertanyaan berapa banyak kopi yang aman dapat diminum setiap hari ?

Hal ini, karena memang dapat dibenarkan jika minum kopi berkafein berlebihan maka akan dapat membuat seseorang merasa gelisah.

Selain itu, asupan kafein yang berlebihan akan dapat menyebabkan antara lain :

- Detak jantung meningkat

- Tekanan darah naik

- Merasa cemas

- Sulit tidur

Oleh sebab itu tentang berapa jumlah kopi maksimal yang dapat diminum agar supaya dapat memperoleh manfaat positif kopi dan terhindar dari dampak negatif kopi tersebut.

Dikutip dari Pedoman Diet untuk orang Amerika maka untuk wanita minum kopi yang aman adalah sebanyak 3 hingga 5 cangkir kopi setiap harinya dengan asupan kafein maksimal sebanyak 400 miligram kafein masih dianggap aman.

Kopi akan memiliki kandungan kafein yang tidak sama ya, karena tergantung dari jenis kopinya. Namun demikian, rata rata secangkir kopi kira kira setara dengan kopi dengan berat 8 ons akan mengandung kafein sebanyak 95 milgram.

Bagi wanita yang sedang hamil atau sedang menyusui maka porsi kopi yang dapat diminum tentu saja tidak boleh sama dengan wanita pada umumnya ya.

Oleh sebab itu, bagi wanita hamil atau sedang menyusui sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda tentang boleh atau tidaknya menambah kafein didalam makanan atau minuman Anda.

Setiap orang akan memiliki toleransi kafein yang tidak sama dan jika Anda merasa gelisah ketika minum kopi maka sebaiknya waspada supaya tidak berlebihan dalam minum kopi tersebut.

Hal ini, agar Anda masih dapat memperoleh manfaat positif bagi kesehatan Anda yaitu hanya dengan minum kopi sehari sebanyak 1 cangkir saja dan menggunakan kopi tanpa kafein.

Secangkir kopi apabila sudah ditambahkan macam macam kedalam kopi tersebut maka akan dapat membuat berbeda tentang seberapa sehat minuman kopi tersebut apabila dibandingkan dengan kopi murni tanpa tambahan apapun.

Oleh sebab itu, lebih baik menambahkan 2 sendok makan susu, seperempat sendok teh bahan bahan alami seperti ekstrak vanili, kapulaga, kayu manis atau coklat bubuk dari pada menambahkan krim dan gula pada secangkir kopi.

Pada saat ini, kopi sudah merupakan bagian dari gaya hidup seseorang yang menggembirakan sehingga perasaan gembira ini dapat berpengaruh lebih besar terhadap kesehatan seseorang.

Oleh sebab itu, kopi merupakan tambahan yang menyenangkan terhadap faktor faktor kesehatan yang paling utama tersebut.

Hal ini, tentu saja harus diikuti dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang dan juga harus berolahraga secara rutin serta menjaga kondisi berat badan yang sehat.

Lalu, apa saja bahaya kopi

Bagi orang orang tertentu yang memiliki respon negatif terhadap kafein sebaiknya menghindari minum kopi. Hal ini, karena setiap orang memiliki respon yang tidak sama terhadap kafein antara satu orang dengan orang lainnya.

Oleh sebab itu, ada orang yang meskipun hanya mengandung kafein dosis rendah sampai sedang antara 50 – 300 mg saja maka akan dapat menyebabkan peningkatan kewaspadaan, energi dan kemampuan berkonsentrasi.

Sedangkan untuk dosis kafein yang lebih tinggi dari yang disebutkan tadi maka akan dapat menimbulkan dampak negatif antara lain kecemasan, kegelisahan , insomnia dan peningkatan detak jantung.

Manfaat minum kopi

Dalam penelitian yang terdahulu, kopi memang menunjukan sisi negatifnya. Namun demikian, dalam penelitian yang paling baru terhadap kopi telah menunjukkan isyarat potensi manfaat kesehatannya.

Manfaat kesehatan dari kopi diduga karena didalam kopi terdapat kandungan antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan kandungan inilah yang mempengaruhi efek pencegahan penyakit dalam tubuh.

Dengan minum secangkir kopi setiap hari maka akan dapat melindungi  tubuh dari masalah kesehatan seperti :

Parkinson, demensia, diabetes tipe 2, serangan jantung, stroke, penyakit hati (termasuk kanker hati), Obesitas (khususnya peningkatan presentase total lemak tubuh).

Tentu saja minum kopi jangan ditambahi dengan yang bahan bahan yang dapat membuat badan tidak sehat, tetapi kopi dapat dikonsumsi dengan susu, pilihlah susu yang bebas lemak atau rendah lemak, susu kedelai sehingga dapat meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D harian Anda.

Apa saja efek negatif kopi

Akhir akhir ini kopi memang telah menjadi salah satu minuman yang populer, baik di negara Indonesia maupun di negara lain seperti Amerika.

Kopi yang mengandung kafein jika diminum beberapa kali dalam sehari maka akan menimbulkan efek. Hal ini, karena stimulan kafeinnya.

Oleh sebab itu, ada efek negatif kopi jika kopi diminum secara berlebihan antara lain adalah :

- Peningkatan tekanan darah

- Sakit kepala

- Gugup

- Gelisah

- Sakit maag

- Kecemasan meningkat

- Tremor otot (merasa gemetar)

- Insomnia (kesulitan tidur)

- Jantung berdebar debar

- Irama jantung tidak normal

- Sering buang air kecil

- Dehidrasi

- Peningkatan pengeroposan tulang (osteoporosis) pada kaum wanita pasca menopause (Apabila pola makannya kurang memperhatikan asupan kalsium)

- Peningkatan kadar kolesterol (ini disebabkan karena kopi tanpa filter dan tidak direbus)

Nah, efek efek negatif tersebut bisa saja terjadi pada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap kafein, meskipun mereka hanya minum 2 sampai 4 cangkir kopi saja setiap harinya.

Kondisi khusus lainnya, seperti wanita yang sedang hamil, sedang mencoba untuk bisa hamil atau wanita yang sedang menyusui memang perlu untuk membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 mg setiap harinya.

Bahkan banyak dokter kandungan yang menyarankan tentang asupan kopi selama kehamilan harus dihentikan total.

Selain itu, untuk seseorang yang mengalami masalah kesehatan seperti menderita sakit maag atau refluk asam, sebaiknya menghindari minum kopi atau jika ingin minum kopi harus dalam jumlah sedikit.

Seseorang yang masih menjalani pengobatan, sebaiknya tanyakan kepada dokter yang menangani, apakah obat obatan yang diberikan oleh dokter dapat berinteraksi dengan kopi.

Hal ini, karena beberapa obat seperti efedrin yang dipakai dalam dekongestan, diketahui dapat meningkatkan tekanan darah serta risiko terkena stroke apabila diminum bersamaan dengan kopi.

Lalu, bagaimana cara menghentikan kecanduan kopi?

Seseorang dikatakan telah mengalami kecanduan kopi, apabila tidak dapat berhenti minum kopi lebih dari 4 cangkir setiap harinya.

Oleh sebab itu, jika ada orang yang kecanduan kopi maka untuk dapat menghentikannya dapat dilakukan secara pelan pelan dan bertahap yaitu dengan mengurangi jumlah minum kopi setiap harinya.

Misal setiap harinya minum kopi 8 cangkir menjadi 4 cangkir, dan seterusnya sampai bisa berhenti sama sekali minum kopinya. Namun demikian, tidaklah bijak kalau menghentikan sepenuhnya minum kopi karena kopi juga memiliki manfaat bagus juga.

Mengapa berhenti minum kopi harus dilakukan secara bertahap. Hal ini, karena jika dilakukan berhenti minum kopi secara tiba tiba dari kebiasaan minum kopinya maka akan dapat menyebabkan gejala penarikan diri seperti sakit kepala parah dan kegelisahan.

Setelah berhasil minum kopi 4 cangkir setiap harinya maka cangkir kopi kelima dan selanjutnya dapat digantikan dengan air putih.  Minum air putih, juga dapat mengeluarkan kafein secara alami dari tubuh dan dapat mencegah dehidrasi akibat minum kopi.

Pilihlah kopi yang tanpa kafein dan minum kopi kafein dan kopi tanpa kafein secara bergantian selama 2 sampai 3 minggu. Setelah itu, beralih minum kopi tanpa kafein sepenuhnya serta mengurangi kopi berkafein secara bertahap.

Dengan melakukan penguranagan minum kopi secara bertahap ini, maka akan dapat membantu mengubah kebiasaan minum kopi Anda tanpa memunculkan gejala penarikan diri.

Demikian pembahasan kami tentang kopi baik tentang manfaat kopi bagi orang sehat maupun manfaat negatif kopi bagi orang orang dengan kondisi tertentu atau orang yang mengalami masalah kesehatan atau orang yang sangat sensitif terhadap kopi.

Semoga bermanfaat untuk Anda !!

0 komentar