5 Warna urine, ungkap kesehatan tubuh Anda

Air seni (Urine) berwarna kuning adalah normal karena pertanda Anda terhidrasi sedangkan urine berwarna cokelat atau urine berwarna kuning pekat menunjukkan kondisi Anda dehidrasi parah.

Warna urine tanda ada tidaknya masalah kesehatan tubuh Anda

Warna Urine dapat digunakan sebagai tanda yang dapat mengungkap kondisi kesehatan tubuh Anda bermasalah atau tidak. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan warna urine Anda tersebut ya, terutama jika kondisi tubuh Anda tidak fit.

Urine merupakan cairan sisa hasil proses metabolisme tubuh yang diekskresi oleh ginjal untuk selanjutnya akan dikeluarkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, perhatikan warna urine Anda pada saat buang air kecil, apakah urine keruh atau bening kondisinya?
 
Hal ini, karena ada berbagai macam warna urine, diantaranya urine warna coklat, urine berwarna hijau dan urine berwarna merah, semua warna urine ini tidak normal dibandingkan warna urine yang seharusnya.

Kondisi urine berwarna merah maka terdapat urine dan darah ketika buang air kecil. Kondisi ini, kemungkinan telah terjadi luka, radang atau infeksi pada saluran kecing atau saluran kemih sehingga kondisi ini harus di waspadai supaya segera dilakukan pengobatan infeksi urine tersebut.
 
Selain itu, apabila Anda merasakan sakit nyeri di area bawah perut atau punggung bawah dan pada saat buang air kecil merasakan seperti terbakar dibagian organ intim serta demam menggigil. Kemudian buang air kecilnya sedikit dan tidak lancar maka kemungkinan merupakan gejala infeksi urine.

Seperti kita ketahui bersama bahwa warna urine normal akan berwarna kuning bening dan ini menunjukkan bahwa tubuh Anda sehat. Warna urine bisa sangat bervariasi dari kuning muda bening sampai ke warna kecoklatan. 
 
Nah, warna urine atau warna air seni ini dapat menterjemahkan tanda kesehatan badan kurang sehat atau sehat. Warna air seni merupakan tanda, air seni berwarna kuning, warna urine keruh maupun urine berbusa akan menunjukan adanya gejala penyakit. Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya.

Ada beberapa macam warna air kencing yaitu dari warna urine kuning pucat hingga warna kuning kecokelat-cokelatan. Perbedaan warna urine ini disebabkan karena adanya kandungan pigmen bernama urochrome yang terdapat pada urine, serta adanya kekentalan dari urine itu sendiri.

Anda harus dapat mengenali warna urine Anda sendiri ya dan harus dapat membedakan ciri ciri dari warna air kencing yang normal maupun warna air kencing yang tidak normal. 
 
Hal ini, agar supaya  Anda dapat mewaspadainya jika warna urine tidak normal sehingga dapat segera dapat dilakukan pengobatan yang tepat.
 
Oleh sebab itu, warna urine yang tidak normal dapat digunakan  sebagai indikator kondisi tubuh tidak sehat atau munculnya suatu penyakit pada tubuh Anda, sehingga Anda dapat segera melakukan pemeriksaan medis untuk mengatasi penyakit yang mungkin muncul di tubuh Anda tersebut.

Di artikel ini, akan kami membahas tentang beberapa arti dari warna air seni (urine) yang akan menunjukkan keadaan atau kondisi kesehatan Anda. 

Berikut beberapa warna air kencing yang harus dikenali dan diperhatikan, supaya Anda dapat mewaspadai jika warna air kencing Anda tidak normal, sehingga Anda dapat segera melakukan pengobatan sejak dini supaya penyakit Anda dapat segera disembuhkan atau diatasi.

Yuk ! Perhatikan warna urine Anda, apakah warna urine Anda normal atau tidak. Berikut penjelasannya :

1. Warna urine bening atau tidak berwarna


Warna urine normal, adalah warna urine jernih

Apabila urine tidak berwarna atau air seni berwarna bening dan jernih, dan apabila hal ini tidak diikuti dengan penurunan berat badan maka ini menunjukkan bahwa tubuh Anda dalam kondisi sehat.
 
Namun demikian, jika warna urine yang jernih diikuti dengan penurunan berat badan, dan juga sering buang air kecil serta  rasa haus yang meningkat secara terus menerus, maka kemungkinan Anda mengindap diabetes

Dan saran kami, segeralah Anda melakukan konsultasi ke dokter ahlinya untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh Anda. Apakah Anda mengindap diabetes atau tidak.

Baca Juga : Kenalilah, 3 Tanda Tersembunyi Dibalik Penyakit Diabetes

2 Urine berwarna kuning


Urine berwarna kuning

Warna kuning pada urine merupakan warna yang secara umum kita ketahui, karena air seni berwarna kuning ini adalah warna urine yang paling ideal bagi kesehatan tubuh Anda dan ini menunjukkan bahwa kondisi kesehatan Anda bagus.

Kalau urine berwarna kuning dan agak pucat, maka ini menandakan bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik dan ini akibat dari kebiasaan yang sudah bagus untuk meminum air putih cukup tetap harus dipertahankan. 
 
Apabila urine berwarna kuning agak gelap maka ini menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan atau dehidrasi.

Bisa juga warna urine Anda berubah menjadi warna kuning pekat agak gelap karena mungkin Anda telah mengkonsumsi vitamin B, tetapi kalau Anda tidak mengkonsumsi vitamin B berarti kondisi tubuh Anda memang membutuhkan minum air putih yang lebih banyak lagi. 

Jika tubuh Anda tidak dalam kondisi terhidrasi dengan baik maka limbah yang dibuang melalui urine tidak dapat diencerkan sehingga warna urine Anda akan menjadi kuning gelap.

3. Urine warna cokelat 


Urine warna cokelat

Apabila warna urine Anda berubah warnanya menjadi warna coklat maka ini merupakan tanda bahwa kemungkinan tubuh Anda telah terjadi gangguan pada organ hati
 
Biasanya pada penderita hepatitis atau pada penderita gangguan ginjal serta telah terjadi infeksi pada saluran kemih serta sirosis sehingga warna urinenya akan berubah menjadi cokelat.

Namun demikian, bisa juga terjadi jika Anda telah berolahraga terlalu berat, sehingga urine akan berbah warnanya menjadi berwarna cokelat. Hal ini, karena otot yang bekerja terlalu keras akan melepaskan zat yang bernama myoglobin dan zat inilah yang telah membuat urine menjadi berwarna cokelat.

4. Urine berwarna hijau atau biru


Urine berwarna hijau atau biru

Jika warna urine Anda berwarna hijau atau biru, maka sebaiknya Anda wajib mewaspadainya atas kondisi ini ya. Hal ini, karena urine berwarna hijau atau biru adalah warna urine yang tidak umum, dimana warna urine yang seharusnya adalah berwarna kuning. 

Warna urine dapat berubah warna menjadi berwarna hijau atau biru dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

- Telah terjadi infeksi saluran kemih 
- Adanya jamur yang bersifat parasit 
- Anda telah mengkonsumsi zat pewarna makanan yang berlebihan.
- Anda telah menggunakan obat obatan seperti Amitriptyline, Indomethacin serta propofol sehingga obat obatan ini dapat membuat urine berubah warnanya menjadi hijau.

5. Warna urine, jingga


Warna urine, jingga

Jika kita pernah mengalami perubahan warna urine menjadi berwarna jingga atau oranye maka Anda sebaiknya mewaspadai kondisi ini ya. Hal ini, karena kemungkinan tubuh Anda telah mengalami gangguan pada fungsi hati.

Lain halnya jika Anda memang baru saja mengkonsumsi makanan yang mempunyai warna yang sama dengan warna air seni Anda diantaranya baru saja mengkonsumsi makanan yang berwarna jingga atau oranye sehingga akan mempengaruhi warna urine Anda juga.
 
Jika memang demikian, maka tidak perlu dikuatirkan karena makanan tersebut tentu saja akan mempengaruhi warna urine Anda hingga berubah warnanya menjadi jingga juga. 

Namun demikian, perlu diperhatikan juga perubahan warna urine ini tidak berlangsung lebih dari 2 hari, jika dalam 2 hari warna urine sudah berubah maka hal ini bukan merupakan indikasi bahwa telah terjadi gangguan kesehatan pada tubuh Anda. 

5. Urine berwarna merah atau pink


Urine berwarna merah atau pink

Jika warna urine Anda berubah menjadi berwarna pink atau merah maka hal ini menunjukan bahwa telah ada kandungan darah pada urine Anda. 
 
Kandungan darah ini bisa disebabkan dari berbagai macam penyakit diantaranya telah terjadi gangguan ginjal, prostat, tumor maupun telah terjadi infeksi pada saluran kencing. 


Oleh sebab, Anda perlu memperhatikan warna urine Anda dengan seksama ya, sehingga jika telah terjadi perubahan warna urine Anda seperti yang sudah kami bahas diatas, maka segeralah kita mewaspadainya.
 
Disarankan agar Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kondisi kesehatan Anda.

Apakah infeksi saluran kemih dapat sembuh dengan sendirinya?

Jika kondisi infeksi saluran kemih masih ringan, pada umumnya infeksi saluran kemih dapat sembuh dengan sendirinya secara alami. 

Cara alami yang dapat Anda lakukan adalah dengan banyak minum air putih supaya buang air kecilnya semakin sering. Hal ini, supaya bakterinya dapat keluar bersama dengan urine.

Kenapa air seni berbau menyengat, apakah kondisi seperti ini normal?

Air seni yang berbau tidak selamanya disebabkan karena kondisi kesehatan ya, melainkan dapat disebabkan karena tubuh Anda dehidrasi, mengkonsumsi vitamin ataupun mengkonsumsi obat obatan tertentu yang menjadikan air kencing berbau menyengat.

Air seni yang berwarna kuning pekat ini, menunjukkan bahwa urine mengandung lebih banyak amonia dan mengandung lebih sedikit air. Nah, kondisi inilah yang dapat menyebabkan air kencing baunya lebih menyengat dari biasanya.

Air seni yang berbau tidak enak dan air seni berbau amoniak. Hal ini, bisa saja merupakan tanda adanya penyakit infeksi saluran kencing pada tubuh Anda atau bisa juga karena tubuh Anda dehidrasi.

Pada umumnya, urine sebagian besar terdiri dari air dan campuran dari produk limbah seperti urea. Oleh sebab itu, jika air kencing Anda berbau menyengat hampir sama dengan bau amonia maka kemungkinan besar tubuh Anda sedang dehidrasi.

Amonia merupakan suatu senyawa kimia yang mempunyai rumus NH3. Senyawa ini biasanya berbau sangat tajam dan khas.

Lalu, bagaimana caranya supaya air kencing tidak berbau menyengat?

- Minumlah air putih secara rutin dan secukupnya supaya dapat membantu Anda dapat buang air kecil secara teratur dan supaya tubuh Anda terhidrasi

- Minum lebih banyak air jika dalam keadaan cuaca panas maupun ketika berolahraga

- Menghindari minuman bersoda, kopi maupun minuman beralkohol

Berikut ciri ciri dari Urine yang normal

Warna air kencing yang normal adalah bening orange pucat dan tanpa endapan. Selain itu, baunya tajam, reaksi sedikit asam terhadap lakmus pH rata ratanya 6, serta jenisnya antara 1.010 sampai dengan 1.025 (Pearce)

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang 5 Warna Urine Ungkap Kesehatan, Tubuh Anda, semoga artikel ini bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu.   

0 komentar