5 Manfaat buah naga merah, banyak kandungan gizinya

Buah naga merah, buah naga putih maupun buah naga kuning bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin pada buah naga tersebut

Manfaat buah naga bagi kesehatan, apa saja?

Kita semua pasti sudah tidak asing dengan yang namanya buah naga bukan? karena bentuknya yang khas dan rasanya yang manis. Anda tentu sudah pernah menikmati buah naga tersebut karena banyak manfaat buah naga untuk kesehatan. 
 
Ada beberapa varian buah naga diantaranya buah naga merah, buah naga putih, buah naga kuning, buah naga ungu kemerahan (nila). 
 
Ada beberapa manfaat dari buah naga, diantaranya adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil, buah naga untuk asam lambung, untuk melancarkan pencernaan, bisa juga untuk diet  dan manfaat manfaat lain yang terdapat didalam buah naga.

Buah naga merah mempunyai rasa manis sedangkan buah naga putih mempunyai rasa agak sedikit asam. Buah naga mempunyai manfaat bagi kesehatan, hal ini karena buah naga banyak mengandung berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Kalori buah naga, banyak atau sedikit? Memang jumlah kalori yang terdapat didalam buah naga cukup sedikit karena setiap 100 gram buah naga akan mengandung kalori sebanyak 60 kalori saja.

Namun demikian, meskipun berkalori rendah, buah naga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan dan bermanfaat untuk menghidrasi seseorang.

Yuk kita bahas satu persatu apa sajakah manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita! 

Baik buah naga merah maupun buah naga putih, kedua macam buah naga ini banyak mengandung berbagai macam vitamin, mineral yang tentu saja dapat memberikan manfaat yang cukup baik terhadap kesehatan tubuh Anda. 

Dan apabila Anda mengkonsumsi buah naga secara rutin, maka akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda karena mengkonsumsi buah naga dapat menambah asupan vitamin yang akan berdampak pada meningkatnya kekebalan tubuh Anda. 

Buah naga juga bagus untuk dikonsumsi oleh pria maupun wanita, bagus juga dikonsumsi oleh ibu hamil, oleh balita dan dapat juga untuk kecantikan wajah serta bagus untuk syaraf, untuk diet dan untuk lambung.


Buah naga ternyata mempunyai kandungan gizi yang bagus, sehingga dalam 1 buah naga diperkirakan mengandung 20 macam gizi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam 1 buah naga :


Gizi
Jumlah/100 gram
% AKG harian
Keterangan
Air
87 g
NA
Sangat kaya akan air
Protein
1.1 g
2.1 %
-
Lemak
0.4 g
-
Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat
11.0 g
3.4 %
-
Serat
0.04 mg
12 %
Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine)
0.04 g
2.7 %
-
Vitamin B2 (Riboflavin)
0.05 mg
2.9 %
-
Vitamin B3 (Niacin)
0.16 mg
0.8 %
-
Vitamin C (Ascorbic Acid)
20.5 mg
NA
Sangat kaya akan air
Kalsium (Ca)
 8.5 mg
0.9 %
Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Besi (Fe)
0.16 mg
0.8 %
-


Keterangan : 
AKG = Angka kebutuhan gizi
gr = gram
mg = miligram

Setelah kita mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam 1 buah naga maka kami akan melanjutkan lagi dengan pokok bahasan utama artikel ini yaitu apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi buah naga.

Berikut apa saja yang dapat kita kupas satu persatu dari manfaat atau kegunaan yang terkandung dalam buah naga :

- Buah naga merupakan buah yang rendah kalori, karena diperkirakan mengandung 60 kalori per 100 gram. Akan tetapi buah naga banyak mengandung antioksidan, mineral maupun vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

- Biji buah naga ternyata juga banyak mengandung senyawa psytochemical antioksidan fitokimia, phytoalbumin berfikir yang dapat memperbaiki nafsu makan seseorang.
 
Selain itu, juga mampu bekerja sebagai pencahar atau memperlancar pencernaan dan juga baik untuk kesehatan kulit serta kesehatan rambut kita.

- Buah naga juga banyak mengandung vitamin C, dan diperkirakan mengandung vitamin C sekitar 8-9 mg per 100 gram atau mengandung vitamin C sekitar 12-15 % dari DRI (Asupan vitamin C yang direkomendasi setiap hari). 
 
Seperti telah kita ketahui bersama bahwa dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C maka akan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap serangan agen infeksius serta radikal bebas yang berbahaya.

- Buah naga juga mengandung vitamin A dan karoten, dimana senyawa ini mempunyai sifat antioksidan dan sangat berguna untuk kesehatan mukosa serta kulit kita. Karena karoten dapat melindungi tubuh kita terhadap kanker rongga mulut.

- Buah naga banyak mengandung mineral seperti fosfor, mangan, zat besi serta magnesium. Dimana kegunaan magan bagi tubuh kita adalah sebagai co-factor dari antioksidan, superoksida dismutase. 
 
Lain halnya dengan magnesium, magnesium merupakan mineral yang dapat memperkuat tulang kita, dimana fungsinya hampir sama dengan kalsium.

Lalu apa manfaat buah naga yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita?

Berikut manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kita :

1. Manfaat bagi ibu hamil

Buah naga banyak mengandung asam folat, kariten serta beberapa vitamin serta banyak mengandung serat, sehingga buah naga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin. 

Kandungan vitamin serta serat dari buah naga, sangat diperlukan sekali dalam proses perkembangan janin. Cara mengonsumsi buah naga yang baik untuk ibu hamil adalah dapat dilakukan dengan cara dibuat jus buah naga, agar supaya buah naga lebih cepat dicerna oleh ibu hamil.

2. Dapat mendeteksi kandungan boraks dan formalin

Dengan munculnya banyak kasus yang sangat membuat kita kuatir terhadap banyaknya makanan yang dicampur dengan boraks maupun formalin, dengan tujuan supaya makanan menjadi awet dan penjual tidak akan menderita kerugian apabila jualannya tidak habis. 

Hal ini akan sangat berbahaya bagi tubuh kita, apabila makanan yang sudah tercampur dengan boraks maupun formalin tersebut sampai masuk ketubuh kita.

Lalu bagaimana cara menggunakan buah naga untuk mendeteksi makanan yang mengandung boraks maupun formalin? 
 
Berikut cara agar kita mengetahui apakah tahu mengandung formalin atau tidak? yaitu dengan cara :

Rendamlah tahu yang diperkirakan menggunakan formalin kedalam ekstrak dari buah naga dan air selama kurang lebih 15 menit.
 
Kemudian masukkan kertas tisu pada air rendaman tersebut maka hasilnya kertas tisu akan menjadi berwarna merah lebih lama jika dibandingkan kertas tisu pada tahu tanpa formalin.

3. Membantu menjaga kesehatan Gigi 

Jika kita mengalami masalah pada gigi maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah naga, karena buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi untuk dapat menjaga kesehatan gigi kita supaya gigi tetap kuat dan tidak menjadi gigi berlubang.

4. Melancarkan pencernaan

Buah naga banyak mengandung vitamin B1 dan serat larut yang dapat melancarkan pencernaan kita. Dengan mengkonsumsi jus buah naga maka buah naga dapat lebih muda dicerna dan akan membantu melarutkan penyumbatan di usus.

5. Membantu menjaga kesehatan mata

Buah naga mengandung betakaroten yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita, maka konsumsilah jus buah naga secara rutin maka mata kita akan lebih sehat dan jernih.

Dengan banyaknya manfaat dari buah naga maka tidak ada salahnya jika kita bisa mengkonsumsi buah naga secara rutin dan untuk dikonsumsi sehari hari. 

Mengingat manfaat dari buah naga sangat banyak yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol, memperkuat tulang, menjaga kesehatan mata serta menjaga kesehatan gigi, melancarkan pencernaan kita. 


Selain itu, buah naga juga dapat mencegah beberapa penyakit penyakit yang menakutkan dan mematikan seperti kanker serta beberapa penyakit pada usus.

Lalu, apakah ada efek sampingnya jika kita mengkonsumsi buah naga? 

Sampai sekarang ini, memang belum ditemukan efek samping dari mengkonsumsi buah naga karena buah ini dapat juga dikonsumsi oleh wanita hamil, wanita menyusui, penderita penyakit diabetes, penyakit jantung maupun penderita asma.

Jika kita mengkonsumsi buah naga maka jangan kaget, karena efek sampingnya hanya ada perubahan warna pada air seni maupun feses kita. Karena warna air seni dan feses akan berubah warnanya menjadi kemerah merahan. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang  5 Manfaat buah naga merah, banyak kandungan gizinya, semoga bermanfaat. 
 
Jika memang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu. 

0 komentar