Heel spur, apa saja gejala taji tumit dan pengobatannya


Heel spur atau taji tumit merupakan endapan kalsium yang menyebabkan penonjolan tulang dibagian bawah tulang tumit

Apa yang menyebabkan taji tumit dan bagaimana pencegahannya

Heel spur atau taji tumit merupakan pertumbuhan tulang yang menonjol dibawah tulang tumit. Tulang taji tumit ini berhubungan dengan ligamen yang letaknya diantara tumit dan bola kaki.

Pada umumnya seseorang tidak akan menyadari kalau tumitnya telah muncul heel spur atau taji tumit ini, hingga seseorang merasakan sakit atau nyeri di taji tumit dan barulah kondisi ini disadarinya.

Oleh sebab itu, setelah seseorang merasakan sakit maka dia akan mencari bantuan untuk dapat mengatasi rasa nyeri di taji tumit tersebut.

Mengenai taji tumit atau heel spur ini memang tidak dapat disembuhkan hanya dengan terapi saja karena rekomendasi berupa perawatan non bedah hanya berguna untuk meredakan gejala hell spur ini.

Baca juga : Merk susu untuk tulang sendi, jaga kesehatan tulang sendi

Apa itu taji tumit

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa taji tumit bisa terjadi karena adanya pertumbuhan tulang yang menonjol di area bawah tumit. Taji tumit ini akan semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Penulis juga memiliki seorang teman yang mengalami nyeri taji tumit seperti disebutkan diatas dan sudah melakukan pengobatan dengan menggunakan metode terapi tetapi sakit dan nyeri ditumitnya tidak kunjung sembuh juga.

Akhirnya berdasarkan anjuran dari dokter ortopedi maka dia baru saja menjalani operasi taji tumitnya pada bulan Agustus 2023 untuk menghilangkan taji tumitnya tersebut.

Hal ini, dilakukan, karena perawatan non bedah tidak dapat menghilangkan rasa sakit yang dirasakannya dan hanya dapat meredakan gejala yang berhubungan dengan sakit dan nyerinya saja.

Apakah beda antara taji tumit dengan plantar fasciitis

- Taji tumit

Taji tumit ini bisa terjadi akibat reaksi dari stres serta peradangan yang disebabkan oleh plantar fasciitis. Lama kelamaan, tubuh akan merespon stres ini dengan membentuk tulang ekstra dan jaringan tulang ekstra inilah yang dinamakan dengan taji tumit.

Sebagian besar orang tidak akan merasakan sakit dari taji tumit ini tetapi jika digunakan untuk berjalan maka taji tumit memicu rasa sakit seperti nyeri plantar fasciitis.

- Plantar fasciitis

Plantar fasciitis ini disebabkan karena melakukan peregangan berlebihan atau merobek plantar fascia pada area ligamen yang membentang antara tumit dengan bola kaki.

Oleh sebab itu, apabila Anda menderita plantar fasciitis maka Anda akan merasa sakit pada bagian tumit terasa seperti sangat menusuk yang akan berlangsung sepanjang hari.

Rasa sakit ini akan hilang setelah digunakan untuk berjalan tetapi rasa sakitnya akan datang lagi setelah Anda duduk lalu bangkit untuk berjalan.

Apa saja gejala taji tumit dan penyebabnya

Akibat terjadinya stres serta ketegangan pada bagian ligamen dan tendon kaki atau mengalami plantar fasciitis sehingga tubuh akan memberikan respon stres tersebut dengan cara membentuk jaringan baru berupa tulang taji tumit.

Selain itu, Anda dapat menambah berkembangnya taji tumit karena Anda sering merobek penutup yang melapisi tulang tumit atau bisa juga karena seseorang mempunyai gangguan dalam gaya berjalannya.

Gangguan gaya berjalan ini merupakan suatu keadaan yang dapat mempengaruhi keseimbangan serta koordinasi seseorang sehingga tidak dapat berjalan seperti biasanya.

Baca juga : 10 Manfaat jalan pagi rutin,  cara menjaga kesehatan

Bagaimana diagnosis taji tumit

Dokter biasanya akan memeriksa kaki Anda dan akan menanyakan mengenai kemungkinan aktivitas fisik yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada tumit Anda tersebut.

Untuk selanjutnya, akan disarankan oleh dokter untuk melakukan sinar X. Dalam hal ini, supaya,dapat mediagnosis keadaan tumit Anda tersebut secara pasti.

Bagaimana cara pengobatan taji tumit

Cara merawat taji tumit ini tidak berbeda dengan cara merawat plantar fasciitis. Hal ini, karena rasa nyeri pada tumit yang disebabkan oleh taji tumit sebenarnya juga disebabkan oleh plantar fasciitis.

Dalam mengobati gejala plantar fasciitis yang dapat menghilangkan rasa nyeri terkait dengan munculnya taji tumit maka dapat dilakukan pengobatan atau melakukan perawatan tertentu.

Pengobatan taji tumit bisa dilakukan dengan melakukan perawatan khusus, antara lain :

- Mengistirahatkan tumit Anda dengan cara berhenti untuk melakukan olahraga joging atau lari

- Mengkompres bagian telapak kaki dengan kompres air dingin atau es untuk dapat membantu meringankan rasa nyeri tumit Anda

- Meminum obat antiinflamasi oral

- Memakai alas kaki atau sisipan sepatu berupa bantalan pada bagian bawah kaki yang berfungsi untuk menopang lengkungan telapak kaki serta melindungi platar fascia.

Baca juga : Cardio workouts, apa manfaatnya bagi tubuh Anda

Apakah menghilangkan taji tumit dapat tanpa operasi?

Untuk menghilangkan taji tumit mungkin dapat dipotong sebagai bagian dari operasi plantar fasciitis tetapi biasanya penyedia fasilitas kesehatan tidak selalu menyarankan untuk melakukan operasi dalam menghilangkan taji tumit ini.

Setelah taji tumit terbentuk memang akan terus ada sehingga operasi atau pembedahan merupakan satu satunya cara untuk dapat menghilangkan taji tumit ini. Dalam hal, mengobati taji tumit ini hanya untuk meredakan rasa nyerinya saja.

Bagaimana pencegahan terbentuknya taji tumit

Anda dapat mengganti, merubah atau menghindari semua kondisi yang akan menjadikan penyebab faktor risiko munculnya taji tumit.

Berikut beberapa faktor yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko tumbuhnya taji tumit :

- Apabila melakukan olahraga joging atau berlari maka pilihlah permukaan pijakan yang lembut atau tidak keras, antara lain bisa joging diatas rumput dan jangan diatas permukaan yang keras seperti trotoar atau jalan keras lainnya.

- Pakailah sepatu yang pas, tidak kebesaran atau kekecilan, agar supaya dapat mendukung lengkungan telapak kaki Anda dengan nyaman..

- Pakailah sandal atau sepatu apabila berjalan diatas lantai kayu yang keras atau ubin.

- Kondisikan cara berjalan Anda agar tekanan pada tumit menjadi berkurang.

Perubahan yang harus dilakukan untuk menghindari risiko taji tumit :

- Mengurangi berat badan agar dapat mengurangi beban atau tekanan pada kaki.

- Mengubah kegiatan sehari hari agar tidak terlalu sering berdiri.

Namun demikian, ada beberapa faktor yang tidak dapat diubah, antara lain :

- Plantar facia akan menjadi kurang fleksibel dengan bertambahnya usia sehingga lebih berisiko mengalami kerusakan serta lebih banyak akan mengalami plantar fasciitis.

- Seseorang secara bertahap akan kehilangan bantalan bantalan lemak alami pada bagian bawah kaki.

- Apabila seseorang memiliki kaki gemuk atau memiliki lengkungan tinggi

- Apabila seseorang telah memiliki taji tumit maka sebaiknya melakukan perawatan yang bisa meringankan rasa sakit yang muncul dari penyebab yang mendasarinya.

Namun demikian, hanya satu satunya cara yang dapat menghilangan taji tumit tersebut yaitu dengan cara menjalani operasi pengambilan taji tumit tadi.

Oleh sebab itu, Anda dapat berkonsultasi dengan layanan kesehatan mengenai solusi yang paling baik untuk dapat mengatasi taji tumit Anda tersebut.

Pada umumnya, taji tumit ini tidak sakit tetapi apabila Anda mengalami taji tumit ini maka Anda dapat merencanakan untuk mengelola gejala yang muncul terkait dengan taji tumit ini.

Ada beberapa tip yang dapat dilakukan dalam mengelola gejala terkait taji tumit ini, antara lain adalah :

- Mengurangi aktivitas yang dapat memperparah nyeri tumit.

- Pastikan memakai sepatu yang pas dengan ukuran kaki Anda sehingga dapat mendukung lengkungan telapak kaki dengan nyaman.

Apabila Anda telah melakukan perawatan untuk nyeri tumit tetapi perawatan tersebut tidak membantu atau tidak ada hasilnya maka sudah saatnya Anda mencoba perawatan lainnya dan mencoba memeriksakan potensi masalah lainnya.

Baca juga : Cara mengatasi varises di kaki, secara alami, penyebabnya

Berikut beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada dokter yang menangani Anda ya :

- Mengapa Anda mengalami taji tumit

- Apa yang harus dilakukan dengan taji tumit Anda tersebut

- Apakah taji tumit Anda akan hilang?

- Jika taji tumit Anda tidak menimbulkan sakit tumit, tanyakan apakah itu?

- Perawatan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengatasi masalah yan menyebabkan taji tumit

Demikianlah pembahasan artikel ini, tentang apa itu taji tumit, bagaimana pencegehannya, faktor apa saja yang dapat menyebabkan risiko munculnya taji tumit serta hal hal lain terkait dengan taji tumit. Harapan kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

0 komentar