Jadwal kerja organ hati dalam tubuh manusia setiap harinya

Jadwal kerja organ hati antara lain untuk melakukan proses membuang zat zat yang tidak berguna dan melakukan regenerasi organ tersebut.

Benarkah tidur larut malam dapat menyebabkan kerusakan hati ?

Yuk simak baik baik artikel ini. Pada jam jam berapakah yang merupakan kegiatan jadwal kerja de-toxin organ dalam, khususnya organ hati atau liver yang telah dilakukan oleh tubuh manusia secara otomatis.

Pada umumnya, setiap orang akan mempunyai jam biologis atau mekanisme pengaturan waktu internal dalam tubuh yang akan bekerja secara otomatis.

Sistem kerja tubuh yang bekerja secara otomatis ini sering disebut dengan ritme sirkadian yaitu suatu sistem yang berperan untuk memastikan organ tubuh bekerja secara optimal setiap harinya.

Dalam kegiatan jam biologis ini, tubuh bekerja dalam waktu 24 jam. Namun demikian, kegiatan jam biologis ini akan dipengaruhi oleh faktor alami dalam tubuh diantaranya saraf suprachiasmatis/ SCN pada otak serta dipengaruhi juga oleh cahaya di lingkungan sekitarnya.

Baca juga : Kenali tanda kesehatan tubuh kurang sehat, segera atasi

Oleh sebab itu, siklus inilah yang tidak disadari oleh tubuh tetapi akan dapat menentukan waktu tidur, produksi hormon, suhu tubuh serta berbagai macam fungsi tubuh lainnya.

Nah, pada saat seseorang melakukan istirahat tidur ini, maka organ dalam tubuh khususnya organ hati akan membuang semua racun hasil metabolisme dan akan melakukan regenerasi sel sel pada organnya tersebut.

Berikut jadwal kerja organ hati/ liver dan kerja organ dalam tubuh manusia sesuai jam biologisnya :

1. Pada jam 9 – 11 malam

Pada jam 9 sampai jam 11 malam ini terjadi pembuangan zat zat yang tidak berguna atau zat beracun (de-toxin) pada bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Oleh sebab itu, dalam durasi jam jam ini harus dilalui dengan suasana tenang.

Selain itu, pada jam jam ini, merupakan waktunya tubuh memproduksi hormon melatonin. Apabila seseorang sering bangun pagi maka hormon melatonin ini akan lebih cepat diproduksi dari pada seseorang yang sering bangun siang.

Hormon melatonin ini menjadi petunjuk kalau sudah waktunya seseorang untuk beristirahat dengan cara tidur dan hormon inilah yang berfungsi untuk membantu seseorang bisa tidur terlelap.

Baca juga : Cara  meningkatkan kualitas tidur,  supaya tidur malam nyenyak

2. Pada jam 11 – 1 malam

Pada jam 11 sampai jam 1 malam merupakan saatkan tubuh melakukan proses de-toxin di bagian organ tubuh hati. Dalam proses de-toxin ini maka harus berlangsung dalam keadaan tidur pulas.

3. Pada jam 1 – 3 dini hari

Pada jam 1 sampai dengan jam 3 dini hari merupakan kondisi tidur seseorang yang paling lelap. Pada saat itu, waktunya tubuh melakukan proses de-toxin di bagian empedu ketika dalam kondisi keadaan tidur pulas tersebut.

Selain itu pada jam jam ini, tubuh akan memproduksi hormon melatonin semakin banyak. Oleh sebab itu, seseorang akan merasa lebih lelah dan mengantuk pada jam tersebut.

Perlu kita ketahui, bahwa melatonin merupakan suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal atau kelenjar kecil di otak, yang berperan untuk mengontrol siklus tidur dan bangun seseorang.

Oleh sebab itu, pada jam jam ini sebaiknya untuk menghindari makan malam. Hal ini, karena organ usus masih melakukan proses detoksifikasi yaitu proses pengeluaran racun yang ada didalam tubuh manusia.

4. Pada jam 3 – 5 pagi

Pada jam 3 sampai dengan jam 5 pagi ini, telah terjadi proses de-toxin pada paru paru. Oleh sebab itu, pada jam jam tersebut akan terjadi batuk yang hebat, terutama akan dialami oleh seseorang yang sedang sakit batuk selama proses tersebut berlangsung.

Oleh sebab itu dalam proses de-toxin ini, Anda tidak perlu minum obat batuk. Hal ini, justru akan menghambat proses pembuangan racun tersebut jika pada saat proses de-toxin sampai minum obat batuk.

Selain itu, pada jam jam ini suhu tubuh seseorang akan mencapai titik paling rendah. Mengapa bisa terjadi demikian?

Hal ini, karena energi di dalam tubuh yang pada awalnya berperan untuk menghangatkan tubuh akan dialihkan untuk memperbaiki kulit maupun untuk melawan infeksi. Pada saat menjelang pagi ini, hormon melatonin yang diproduksi oleh tubuh akan semakin berkurang.

5. Pada jam 5 – 7 pagi

Jam 5 sampai jam 7 pagi merupakan saat de-toxin bagian usus yaitu melalui proses buang air besar (BAB) maupun buang air kecil. Pada jam jam ini, produksi hormon melatonin juga akan berkurang.

Pada jam jam tersebut masih terjadi tinggi tingginya proses pergerakan usus sehingga waktu yang paling pas bagi seseorang untuk melakukan BAB.

6. Pada jam 7 – 9 pagi

Jam 7 sampai dengan jam 9 pagi merupakan kondisi masih tinggi tingginya terjadi proses metabolisme tubuh dan waktunya penyerapan gizi makanan bagi usus kecil. Oleh sebab itu, pada jam jam tersebut sangat disarankan untuk sarapan atau makan pagi.

7. Pada jam 9 – 12 siang

Pada jam 9 pagi sampai dengan jam 12 siang merupakan saatnya seseorang akan disibukkan dengan aktivitas sehari harinya.

Selain itu, pada jam jam ini merupakan kondisi masih tinggi tingginya tubuh melakukan proses untuk memproduksi hormon kortisol sehingga otak siap untuk bekerja selama seharian.

Perlu diketahui bahwa hormon kortisol ini berfungsi untuk menyediakan energi yang cukup bagi tubuh khususnya jika tubuh sedang dalam kondisi dibawah ancaman, tekanan ataupun stres.

Oleh sebab itu, tubuh akan memakai gula atau glukosa serta lemak untuk menghasilkan energi tersebut.

Namun demikian, Anda tidak perlu kuatir karena proses ini tidak akan membuat seseorang menjadi stres.

8. Pada jam 12 – 3 sore

Pada jam 12 siang sampai dengan jam 3 sore merupakan jam jam seseorang akan mengalami stres dan mengantuk.

Hal ini, karena organ pencernaan masih aktif melakukan proses mengolah makanan yang dikonsumsi pada siang hari.

Oleh sebab itu, tingkat kewaspadaan akan menurun dan menjadi mudah mengantuk sehingga disarankan untuk menghindari aktivitas yang memerlukan konsentrasi penuh seperti mengemudi atau mengoperasikan alat alat berat.

9. Pada jam 3 – 6 sore

Pada jam 3 sampai dengan jam 6 sore merupakan saatnya tubuh terjadi peningkatan suhu tubuh yang akan membuat organ tubuh jantung maupun paru paru bekerja lebih baik dan otot juga akan lebih kuat.

Pada jam jam ini, hormon andrenalin sedang berada dalam kondisi paling puncak sehingga denyut jantung maupun tekanan darah berada dalam kondisi paling stabil.

Perlu kita ketahui, bahwa hormon adreanalin merupakan hormon yang dibuat dan dilepaskan oleh kelenjar adrenal yang berperan penting untuk mempersiapkan tubuh merespon kondisi yang penuh tekanan.

Oleh karena itu, pada jam ini merupakan waktu yang bagus untuk melakukan olahraga. Anda dapat melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga yang ringan ringan saja dan yang Anda bisa selama 10 sampai 20 menit.

10. Pada jam 6 – 9 malam

Pada jam 6 sore sampai dengan jam 9 malam merupakan saatnya proses metabolisme tubuh mulai berkurang. Oleh sebab itu, waspada dengan makanan yang akan dikonsumsi pada jam jam ini.

Proses metabolisme merupakan proses tubuh untuk merubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. Dalam proses yang kompleks tersebut makanan dan minuman akan digabungkan dengan oksigen untuk melepaskan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan terlalu banyak di malam hari karena pada saat itu saluran cerna sudah tidak bekerja sebaik seperti di siang hari. Oleh sebab itu, makanan yang dikonsumsi pada malam hari akan disimpan menjadi lemak didalam tubuh.

Jawaban dari benarkah tidur malam dapat menyebabkan kerusakan hati, kondisi ini bisa saja terjadi. Hal ini, karena waktu tidur yang tidak sesuai akan mengacaukan proses pembuangan zat zat yang tidak berguna dan mengganggu proses regenerasi sel sel organ tersebut.

Selain itu, durasi tengah malam sampai dengan jam 4 dini hari merupakan waktunya sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

Demikianlah, pembahasan artikel tentang jadwal kerja organ dalam tubuh manusia khususnya organ hati sesuai dengan jam biologisnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda !!

0 komentar