15 Manfaat petai untuk kesehatan, bagus dan bisa dicoba

Manfaat petai, bagus untuk kesehatan tubuh Anda karena dapat memanfaatkannya sebagai obat herbal

Manfaat petai untuk kesehatan bagus

Apa saja manfaat pete bagi kesehatan tubuh Anda, manfaat kesehatannya bisa untuk pria maupun wanita. Pete merupakan makanan khas masyarakat Indonesia yang mempunyai aroma dan cita rasa yang khas untuk hidangan menu sambal cumi pete akan terasa nikmat sekali. 
 
Ada beberapa manfaat petai untuk kesehatan diantaranya manfaat petai untuk jantung, untuk ginjal, diabetes dan untuk manfaat bagian tubuh lainnya. Hal ini akan kami bahas di artikel berikut ini ya.

Petai atau pete merupakan tanaman serumpun dengan petai cina dan jengkol serta termasuk kedalam golongan sejenis sayuran. Cara mengkonsumsinya juga terdapat berbagai macam cara mengolahnya.
 
Diantaranya pete dapat dimakan langsung dalam kondisi mentah, atau dapat juga dengan cara berupa pete rebus, pete goreng, pete bakar ataupun pete dapat dicampurkan ke berbagai macam jenis masakan. 

Manfaat petai untuk kesehatan badan memang bagus karena dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa macam penyakit seperti diabetes, kolesterol, jantung, dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi pete tersebut. 

Pohon pete dapat ditemukan dibeberapa negara di Asia Tenggara diantaranya di negara Indonesia, Malaysia, Thailans dan Filipina. 

Meskipun pete mempunyai rasa yang agak pahit, tetapi setiap masakan yang dicampur dengan petai akan menghasilkan rasa yang berbeda karena masakan tersebut akan semakin sedap rasanya, dan akan menggugah selera makan Anda, masakan akan menjadi maknyus dan nikmat sekali. 

Bahkan tidak ada bahaya yang muncul yang disebabkan karena makan pete, melainkan akan mendapatkan manfaat bagus bagi kesehatan tubuh Anda dan bahkan bisa juga untuk kecantikan.

Bagi penggemar pete atau petai ini, maka mereka tidak akan memperdulikan aroma baunya yang menyengat pada mulut setelah menyantap petai tersebut. Selain itu,  air seni atau urine Anda juga akan beraroma pete juga ketika buang air kecil setelah menyantap petai. 
 
Bagi mereka para penggemar makan pete, yang terpenting bagi mereka adalah mereka akan mendapatkan rasa kepuasan tersendiri serta rasa nikmat yang tiada tara pada saat menyantapnya. 
 
Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau pete di mulut ? 

Namun demikian, bagi penyuka pete tentu saja perlu untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau pete tersebut. Hal ini, agar supaya tidak mengurangi rasa percaya dirinya ketika berkomunikasi dengan orang lain pasca menyantap pete.

Pete yang mempunyai kandungan zat gizi seperti hexatiotin, tetratianin, trihiolane, pentathiopane, konsentrat asam amino serta gas metana. Nah, kandungan zat zat inilah yang telah menimbulkan bau tidak sedap di mulut maupun air seni pasca menyantap pete ini.

Untuk mengilangkan bau pete di mulut maka dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah :

- Menggosok gigi dan berkumur dengan menggunakan larutan pembersih

- Mengkonsumsi makanan dan minuman seperti susu, jeruk, teh hijau, daun saga

- Banyak minum air putih


Satu bongkol pete terdapat belasan buah biji petai, dan berbentuk papan memanjang. Dalam satu lonjor petai yang berbentuk papan biasanya terdapat 20 biji petai. Biji petai berwarna hijau demikian juga warna kulit petai dan setiap butiran biji petai berbentuk bulat pipih. 

Yang menjadi ciri khas dari petai ini adalah aroma baunya yang khas dan memiliki rasa sedap apabila diolah menjadi masakan serta akan menggugah selera makan kita.

Apa Yang menyebabkan Pete/ Petai beraroma bau menyengat?

Ternyata biji petai mempunyai kandungan asam amino sehingga kandungan asam amino inilah yang menimbulkan bau yang tidak sedap pada biji petai. 

Di Amerika, pete termasuk menjadi salah satu jenis makanan yang baunya paling buruk dan di Indonesia juga banyak orang yang menghindari makan petai karena takut akan aroma bau mulutnya apabila mengkonsumsi petai.

Meskipun banyak orang yang berusaha mengindari untuk mengkonsumsi biji petai ini karena aroma bau menyengat yang ditimbulkan apabila mengkonsumsi petai, namun demikian ternyata biji petai ini  mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan apa saja yang terdapat di dalam petai :

Petai mengandung 90-150 kalori dan mengandung beberapa nutrisi seperti Nutrisi karbohidrat, serat, lemak, mineral (seperti kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium), tembaga dan vitamin C, Vitamin B1, vitamin E.

Selain itu petai juga mengandung antioksidan seperti polifenol, tanin dan superoxide dismutase (SOD)

Lalu apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari biji pete terhadap kesehatan tubuh kita?

Berikut manfaat pete untuk kesehatan tubuh Anda :

1. Untuk penderita diabetes atau gula darah

Petai ternyata dapat digunakan untuk mengatasi diabetes atau gula darah, ternyata sudah sejak jaman dahulu bahwa petai dapat berguna bagi kesehatan tubuh kita. 
 
Bahkan sudah teruji sejak ratusan tahun yang lalu kalau memang ada seseorang yang hanya dengan mengkonsumsi biji petai maka dia bisa sembuh total dari diabetes.

2. Untuk menurunkan kadar kolesterol

Biji petai ternyata juga mempunyai kandungan zat antioksidan dan berbagai macam zat lainnya yang dapat membantu mengurangi atau menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan cepat.

3. Mengobati sakit jantung

Manfaat petai untuk jantung, seperti sudah kita ketahui bersama bahwa penyakit jantung salah satunya bisa disebabkan oleh kolesterol dan hipertensi

Biji petai ini ternyata dapat sangat efektif untuk membantu menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga dengan mengkonsumsi petai maka akan dapat mengobati sakit jantung juga.
 
Hal ini, karena salah satu faktor penyebab penyakit jantung diantaranya adalah kolesterol dan hipertensi dapat diatasi dengan menkonsumsi pete tadi.

4. Meredakan depresi

Manfaat petai dapat juga untuk mengatasi depresi, karena petai mengandung zat tryptophan yang dapat meredakan depresi.

Dengan mengkonsumsi biji petai maka :

- Akan membuat tubuh menjadi lebih rileks
- Memperbaiki mood serta memperbaiki kondisi emosi seseorang
- Membuat tubuh terasa lebih bahagia

Sehingga pengaruh dari mengkonsumsi petai akan berdampak pada ketiga kondisi diatas dan efeknya tentu saja dapat meredakan depresi.

5. Dapat Mengatasi Gangguan PMS (Pre Menstrual Syndrome)

PMS sering dialami oleh seorang wanita karena wanita akan berubah mood maupun kondisi emosinya pada saat menstruasi. Dengan mengkonsumsi petai maka bisa membantu menstabilkan mood para wanita yang mengalami PMS. 

Mengapa demikian? Karena petai mengandung vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur gula darah sehingga hal ini dapat membantu memperbaiki mood seseorang, selain itu juga karena pengaruh dari tryptophan yang terkandung di biji petai.

6. Mencegah Anemia

Biji petai banyak mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dengan mengkonsumsi biji petai maka dapat :

- Mencegah rasa letih, lelah, lesu
- Mengatasi tubuh yang tidak bertenaga, mudah pusing dan mual mual, mudah terserang penyakit ringan

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dengan mengkonsumsi biji petai ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan juga dapat mengurangi gejala gejala yang ditimbulkan oleh hipertensi, seperti : mudah marah, mudah lelah, resiko terserang penyakit kronis seperti jantung.

8. Meningkatkan kemampuan kognitif 

Biji petai ternyata mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi biji petai maka dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Adapun contoh dari beberapa kemampuan kognitif seseorang salah satunya adalah Kemampuan seseorang dalam mengingat, kemampuan dalam melakukan rekognisi pola serta kemampuan dalam mempersepsikan melalui indera kita.

9. Menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk 

Selain biji petai yang mempunyai banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita, maka kulitnya juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal akibat dari gigitan nyamuk.

Bagaimana cara penggunaannya? Ambillah bagian dalam dari kulit petai kemudian gosokan pada bagian kulit yang gatal akibat gigitan nyamuk, maka rasa gatal akibat gigitan nyamuk akan berkurang.

10. Bagus untuk kesehatan lambung

Dengan mengkonsumsi biji petai justru tidak akan menyebabkan efek buruk terhadap lambung tetapi akan berakibat sangat bagus terhadap lambung, yaitu :

- Dapat menetralisir asam lambung
- Dapat mengurangi iritasi serta luka pada lambung
- Dapat mencegah terjadinya infeksi pada lambung

11. Menurunkan suhu tubuh 

Biji petai ini lebih dikenal sebagai buah dingin karena dengan mengkonsumsi biji petai ini maka dapat menurunkan suhu tubuh kita.

12. Mencegah serangan stroke 

Hal ini sudah dilakukan di salah satu penelitian yang ditulis oleh The New England Journal Of Medicine, bahwa dengan mengkonsumsi biji petai maka dapat mengurangi timbulnya serangan stroke pada seseorang.

13. Menangkal radikal bebas 

Biji petai mengandung antioksidan dan mengandung vitamin c yang cukup tinggi sehingga antioksidan ini dapat membantu tubuh kita untuk menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh kita.
 
Sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, mencegah gusi berdarah, sariawan dan infeksi serta dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.

14. Mengandung vitamin A 

Selain vitamin C biji petai juga mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dimana vitami A sangat berguna bagi tubuh kita untuk menjaga kesehatan mata, mencegah terjadinya gangguan mata serta dapat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita.

15. Mengatasi gangguan pencernaan

Biji petai mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat berguna untuk mencegah gangguan pencernaan, seperti : sembelit, diare, sulit buang air besar, nyeri perut, begah.

Mengkonsumsi petai akan banyak manfaat yang kita peroleh untuk kesehatan tubuh kita, karena petai sangat dipercaya bahwa ada juga manfaat petai untuk ginjal serta beberapa organ tubuh yang lain seperti jantung. 

Selain itu petai sangat bagus untuk penderita dibetes. Namun demikian ada juga  kekurangan dari petai ini, karena yang mengkonsumsi petai akan mendapatkan aroma bau yang tidak sedap yang ditimbulkan setelah makan petai tersebut.

Bagaimana Cara menggunakan pete untuk pengobatan?

Berikut caranya :

Cara mengkonsumsi pete yang digunakan untuk pengobatan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
dengan cara dimakan langsung dengan kulit (putih) nya atau bisa juga dengan di rebus.

Kita harus bijak dalam menyikapi, banyaknya pesan berantai maupun video tentang manfaat petai, janganlah percaya 100%. 

Tetapi kalau kita mengkonsumsi petai dalam jumlah yang wajar tentu saja tidak akan berbahaya karena memang petai merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dan tidak akan membahayakan tubuh kita. 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artkel tentang 15 Manfaat Petai untuk kesehatan, bagus dan bisa dicoba, semoga bermanfaat. 
 
Silahkan bagikan artikel ini ke teman, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan supaya gema TrusSehat bisa sampai ke semua orang, semua bangsa tanpa kecuali dan akhirnya kita semua bisa Sehat selalu. 

0 komentar