Cara diet sehat bugar dan aman ala dokter gizi

Pola makan diet sehat diperlukan agar dalam melakukan diet tetap bugar dan tidak berisiko terhadap kesehatan tubuh

Inilah cara diet sehat yang aman bagi tubuh

Setiap orang pasti ingin mempunyai berat badan ideal tetapi bagi seseorang yang memiliki kelebihan berat badan tentu akan mempunyai tujuan berupa diet target untuk dapat mencapai body goalnya dengan cepat (diet plans for weightloss).

Sebagai orang awam banyak yang memiliki mindset, apabila ingin mempunyai berat badan ideal maka harus mengkonsumsi makanan dalam porsi yang sangat sedikit, melewati saat makan, menahan lapar dan mengkonsumsi suplemen diet.

Akibat mindset tentang diet yang keliru ini, maka diet seperti ini jika dijalani, tubuh akan menjadi cepat lemah bahkan sampai jatuh sakit dan akan mengakibatkan fungsi organ tubuh menjadi tidak normal.

Lalu diet seperti apa yang benar sehingga dapat menjadi diet sehat yang akan membuat badan tetap segar, bugar, sehat dan tidak lemas selama beraktivitas seperti biasanya.

Ketika seseorang akan mulai melakukan diet maka sangat penting untuk dapat mengubah pola pikir yaitu dengan menurunkan berat badan secara tepat supaya kondisi kesehatan tetap terjaga.

Cara diet yang benar agar badan tetap sehat

Melakukan pembatasan menu dan porsi makan tetapi jangan terlalu ketat atau ekstrim

Pola makan yang dikonsumsi harus makanan alami dengan nutrisi tinggi bukan yang berasal dari makanan olahan praktis. Kemudian aturlah makanan dengan menu favorit agar supaya dapat membawa suasana hati yang baik.

Modifikasi menu makanan dengan sayur, protein buah dan lemak supaya tubuh tetap mendapatkan nutrisi.

Minum air putih minimal 2 liter perharinya.

Dalam melakukan diet, memang konsepnya adalah menjaga dan membatasi pola makan tetapi jangan sampai diet ini justru akan menyiksa pelaku diet tersebut.

Oleh sebab itu, yang paling utama adalah terpenuhinya gizi serta mood tetap terjaga sehingga pelaku diet akan semakin konsisten dalam melakukan dietnya sampai berat badan turun sesuai yang ditargetkan.

Diet sehat yang disesuaikan dengan kondisi tubuh maka akan berpengaruh positif pada kebugaran tubuh serta terhindar dari penyakit. Hal ini, karena diet sehat telah dilakukan dengan benar.

Berikut cara diet agar tetap bugar ala doker gizi

- Defisit kalori sesuai BMI

Secara umum besarnya kalori yang dibakar setiap hari untuk pria dan wanita tidaklah sama, karena pembakaran kalori setiap hari untuk pria minimal 2.500 kalori sedangkan wanita minimal 2.000 kalori.

Oleh sebab itu, untuk menurunkan berat badan maka defisit kalori merupakan kunci dalam menurunkan berat badan dengan cara mengurangi batas anjuran kalori harian.

Untuk seorang wanita yang bisanya memenuhi nutrisinya lebih dari 2.500 kalori setiap harinya maka harus dikurangi hanya dengan memenuhi asupan nutrisi menjadi 1.300 sampai 1.500 kalori saja.

Selain kebutuhan kalori wanita berbeda dengan kebutuhan kalori pria, demikian juga kebutuhan kalori seorang yang obesitas juga berbeda dengan kebutuhan kalori seorang yang sehat dalam hal menurunkan berta badan.

Untuk dapat memperoleh angka kalori defisit secara tepat maka Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik.

Hal ini, agar supaya dapat ditimbang dengan alat khusus yang menyesuaikan dengan body mass index (BMI) berdasarkan berat badan dan tinggi badan sekarang.

- Batasi porsi makan dan jadwal makan

Untuk membatasi porsi makan ini secara awam bisa kita lakukan, walaupun kurang mengerti perhitungan defisit kalori yaitu dengan cara membatasi porsi makan.

Pada intinya semua makanan dibutuhkan oleh tubuh, oleh sebab itu semua makanan dapat dikonsumsi. Hanya saja perlu mengatur porsi makan dengan baik agar sukses dalam menjalankan progam dietnya.

Jika biasanya mengkonsumsi makan besar dengan menggunakan 1 piring ukuran besar maka selama diet dilakukan bisa mengganti dengan menggunakan piring kecil atau dapat mengurangi setengah gram dari porsi normalnya.

Demikian pula dengan jadwal makan juga harus disesuaikan khususnya untuk makanan dengan kalori tinggi.

Misalnya, seseorang yang terbiasa makan roti dan makanan tepung setiap harinya maka sewaktu melakukan diet makan roti dan makanan tepung hanya pada hari Sabtu dan Minggu saja.

- Nutrisi makanan dan minuman penting diperhatikan

Dalam melakukan diet sehat maka tubuh akan tetap membutuhkan nutrisi lengkap yang berasal dari karbohidrat, lemak, protein, vutamin, mineral maupun kalsium.

Hal ini, karena semua kandungan nutrisi yang terdapat didalam makanan maupun minuman tersebut berguna untuk kesehatan dan metabolisme tubuh.

Berikut fungsi nutrisi bagi tubuh

- Protein

Protein nabati maupun protein hewani berfungsi sebagai sumber energi, untuk pembentukan otot serta untuk mendukung fungsi liver serta otak  dalam proses kognitif.

- Lemak

Lemak sehat dapat menjadikan suasana hati lebih gembira dan sekaligus menyerap vitamin kedalam tubuh untuk menyimpan energi.

- Serat

Serat yang berasal dari biji dan kacang kacangan sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung, stroke dan diabetes. Selain itu, serat bekerja lebih cepat untuk menurunkan berat badan.

- Kalsium

Kalsium sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang, mencegah osteosporosis bahkan dapat mencegah depresi.

- Karbohidrat

Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari sayur, buah serta biji bijian yang menjadi sumber energi utama. Karbohidrat kompleks ini dapat dikonsumsi dengan porsi yang sesuai maka dapat bekerja untuk menurunkan berat badan serta menurunkan kadar gula darah.

Oleh sebab itu, janganlah takut untuk makan nasi serta daging karena masih tetap diperbolehkan untuk mengkonsumi pada saat diet.

Namun demikian, untuk porsinya perbanyaklah serat dari sayur dan buah dan tetap membatasi pola makan. Atau dapat juga menggunakan makanan alternatif alami untuk menggantikan nutrisi karbohidrat serta lemak tinggi.

- Kebutuhan air tercukupi

Dalam proses menurunkan berat badan dengan cara diet sehat maka ganti minuman manis yang mengandung gula tinggi dengan air mineral.

Penuhi kebutuhan air untuk tubuh Anda, minimal 2 liter dalam seharinya. Selain itu, air mineral dapat menekan rasa nafsu makan berlebihan apabila diminum sebelum makan.

Apalagi air mineral mempunyai 0 kalori  sehingga air mineral dapat diminum kapan saja karena air memang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga : BiasakanMinum Air Putih Secukupnya,Tubuh Menjadi Sehat

- Cemilan juga dapat dinikmati

Bagi yang sedang menjalani diet dan masih takut mengkonsumsi cemilan karena takut gagal dalam menjalani program menurunkan berat badannya.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu takut untuk menyantap cemilan atau snack saat diet ya, karena snack juga diperlukan ketika diet, yang terpenting Anda harus memperhatikan komposisi bahan bahan dari snack tersebut.

Namun demikian, lebih baik membuat cemilan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan bahan yang bernutrisi antara lain dari bahan kacang kacangan, yogurt, buah buahan maupun madu.

Dokter gizi juga memperbolehkan untuk tetap menikmati diet dengan tetap dapat mengkonsumsi cemilan sesekali atau jangan terlalu sering. Namun demikian, tetap disarankan asupan kalorinya adalah 150 kalori saja.

- Rutin berolahraga

Prinsip diet yang cukup populer adalah 80/20, ini memiliki arti bahwa penurunan berat badan dapat terwujud dengan 80% dari pola makan dan 20% nya dari olahraga serta aktivitas fisik.

Melihat prinsip diet ini, menunjukkan bahwa olahraga mempunyai peran yang cukup penting dalam menjalani proses penurunan berat badan.

Berolahraga selain dapat mempercepat penurunan berat badan dan pembentukan tubuh maka berolahraga memiliki fungsi lain untuk kesehatan fisik dan psikologis. Antara lain dapat :

- Memperkuat otot dan tulang

- Menghilangkan rasa cemas dan stres

- Meningkatkan energi

- Menurunkan risiko penyakit kronis

- Menjadikan tidur lebih berkualitas

Berolahraga yang disarankan adalah minimal latihan olahraga durasi 150 menit dengan intensitas sedang, durasi 75 menit dengan instensitas tinggi dalam setiap minggunya.

Selain itu, dapat menggabungkan 2 latihan olahraga tersebut dalam 5 hari setiap minggunya atau bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh masing masing.

- Cukup tidur

Selain pola makan dan olahraga teratur maka tidur yang cukup juga merupakan faktor penting supaya tubuh dapat tetap langsing sesuai dengan target.

Hal ini, karena kurang tidur akan menyebabkan naiknya asupan kalori yang dapat menyebabkan berat badan bertambah.

Seseorang yang tidur kurang dari 7 sampai 8 jam perharinya maka akan menyebabkan dampak tidak bagus pada kesehatan tubuh seseorang antara lain dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, penurunan metabolisme serta risiko penyakit jantung.

Asupan suplemen diet perlu diperhatikan

Dipasaran memang banyak dijumpai berbagai macam suplemen yang dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Suplemen ini bersifat untuk menjaga energi ketika berolahraga atau meal replacement, contohnya susu dapat mengelola rasa lapar.

Suplemen seperti ini memang dapat dikonsumsi tetapi harus tetap diperhatikan efek samping yang dapat ditimbulkan oleh suplemen tersebut. Khususnya suplemen yang dalam bentuk pil maupun obat obatan herbal.

Hal ini, karena suplemen seperti ini dapat berpotensi pada penyakit diare dan infeksi pencernaan lainya serta dapat menimbulkan dampak lainnya seperti ketergantungan, naiknya tekanan darah dan kerja jantung dan insomnia.

Namun demikian, dalam menurunkan berat badan yang sehat dan bugar serta tidak terjadi peningkatan berat badan dalam waktu singkat maka dibutuhkan pola makan serta aktivitas fisik yang teratur.

Jika Anda mengalami kesukaran dalam mengatur pola makan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda dan Anda tetap menginginkan untuk menurunkan berat badan sesuai dengan body goals maka dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis gizi.

Demikian pembahasan kami tentang cara diet sehat bugar dan aman yang dapat dijadikan panduan bagi Anda yang ingin berhasil dalam menjalankan rencana menurunkan berat badan yang sesuai dengan target target.

Sumber : NHS. Eating a balanced diet

0 komentar