Wasir, apa saja gejala, penyebab dan pengobatan

 

Wasir atau hemorrhoids hampir sama dengan varises tetapi yang berkembang di area rektum dinamakan internal hemorrhoids dan yang berkembang di area bawah kulit di sekitar anus dinamakan external hemorrhoids


Apa tandanya Anda terkena wasir?

Apa itu wasir (hemorrhoids)? Wasir atau istilah lainnya HEM-uh-roids merupakan kondisi pembekakan pembuluh darah di area anus dan rektum bagian bawah.

Wasir memang hampir sama dengan varises, apabila wasir berkembang didalam rektum maka disebut dengan wasir internal (internal hemorrhoids).

Namun demikian, wasir juga dapat berkembang di area bawah kulit di sekitar anus. Kondisi wasir yang seperti ini dinamakan wasir eksternal (external hemorrhoids).

Pengobatan wasir ada beberapa alternatif pilihan dan supaya lebih nyaman dapat dilakukan dengan melakukan perawatan di rumah dan juga melakukan perbahan gaya hidup yang sehat. Dengan cara membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayuran dan buah buahan setiap harinya.

Gejala wasir

Mengenai gejala wasir biasanya akan tergantung dari pada jenis wasirnya, apakah wasir berada didalam (internal hemorrhoids) atau wasir berada diluar (external hemorrhoids).

Oleh sebab itu ada beberapa jenis gejala wasir, antara lain :

- Wasir dalam (internal hemorrhoids)

Wasir internal merupakan wasir yang letaknya di area dalam rektum. Pada umumnya, penderita wasir internal ini tidak dapat melihat atau jarang merasakan dan jarang menimbulkan ketidak nyamanan diarea tersebut.

Namun demikian, apabila mengejan atau iritasi ketika buang air besar maka akan dapat menyebabkan pendarahan tanpa menimbulkan rasa sakit ketika buang air besar. Biasanya akan terlihat sedikit darah merah cerah pada tisu toilet ketika tisu diusapkan di bagian anus.

Wasir yang menonjol lewat lubang anus dinamakan wasir prolaps atau menonjol, oleh sebab itu wasir ini dapat menimbulkan rasa sakit dan iritas.

Baca juga : Apa Penyebab Kentut Bau Busuk, Berbahayakah Bagi Kesehatan

- Wasir luar (external hemorrhoids)

Wasir luar ini berada di area bawah kulit disekitar anus, sehingga gejala wasir ini akan menimbulkan kondisi seperti :

- Gatal atau iritasi di bagian anus

- Rasa sakit atau rasa tidak nyaman

- Bengkak disekitar anus

- Berdarah

- Wasir trombosis

Kondisi gejala wasir trombosis ini, darah dapat berkumpul pada area wasir eksternal dan akan membentuk gumpalan yang dinamakan trombus.

Oleh sebab itu, wasir trombosis ini akan dapat menimbulkan kondisi seperti :

- Sakit parah

- Pembengkakan

- Peradangan

- Benjolan keras dan berubah warna di area dekat anus

Lalu, kapan penderita wasir harus ke dokter ?

Penderita wasir harus berkonsultasi ke dokter, jika terjadi pendarahan ketika buang air besar atau tidak kunjung sembuh wasirnya hingga 7 hari dalam menjalani perawatan di rumah maka segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa jangan selalu beranggapan setiap pendarahan di area dubur ini pasti disebabkan oleh wasir. Khususnya apabila seseorang mengalami perubahan kebiasaan buang air besar atau tinjanya terjadi perubahan warna maupun konsistensinya.

Hal ini, karena pendarahan dubur bisa saja disebabkan oleh penyakit lainnya selain wasir, antara lain seperti kanker kolorektal maupun kanker dubur.

Apabila seseorang mengalami pendarahan dubur dalam jumlah cukup banyak dan diikuti dengan sakit kepala ringan, pusing dan tidak sadarkan diri maka segeralah cari perawatan darurat.

Diagnosa wasir

Jika wasir ekternal maka pihak layanan kesehatan akan dapat melihat kondisi ini, sebaliknya untuk wasir internal maka diperlukan pemeriksaan saluran anus dan rektum.

Dalam hal ini, dapat dilakukan pemeriksaan digital atau penyedia layanan kesehatan akan memeriksa dengan cara memasukkan jari yang sudah bersarung tangan dan sudah dilumasi kedalam rektum Anda.

Sehingga dapat memungkinkan penyedia layanan kesehatan dapat memeriksa adanya sesuatu yang tidak biasa, antara lain terjadinya pertumbuhan inspeksi visual.

Namun demikian, biasanya karena kondisi wasir terlalu lunak, sehingga sulit dirasakan sewaktu dilakukan pemeriksaan melalui dubur tadi.

Oleh sebab itu, penyedia layanan kesehatan mungkin akan memerlukan pemeriksaan bagian bawah usus besar dan rektum dengan menggunakan alat seperti anoskop, protskop atau sigmoidoskop.

Selain itu, pemeriksaan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat koloskopi oleh layanan kesehatan.

Hal ini, jika menginginkan melihat keseluruhan usus besar karena kondisi sebagai berikut :

- Gejala yang dialami telah memperlihatkan seseorang menderita penyakit sistem pencernaan lainnya selain wasir.

- Memiliki faktor resiko kanker kolorektal.

- Seseorang yang telah berusia 50 tahun keatas dan belum pernah menjalani kolonoskopi dalam waktu dekat.

Wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah di area anus dan rektum bagian bawah. Pada umumnya wasir internal tidak menyebabkan rasa sakit tetapi cenderung berdarah ketika BAB, sedangkan wasir ekternal dapat menyebabkan rasa sakit.

Banyak penderita wasir yang bertanya, apakah wasir dapat hilang dengan sendirinya? Memang dalam kondisi tertentu, biasanya wasir sering akan hilang dengan sendirinya.

Namun demikian, untuk berkunjung ke dokter juga dibutuhkan agar supaya memperoleh penanganan lebih cepat, pikiran menjadi lebih tenang dan mendapatkan masukan supaya mencegah wasir kambuh kembali.

Pengobatan wasir supaya wasir bisa hilang, Anda dapat mengoleskan krim atau supositoria yang mengandung hidrokortison. Obat ini, dapat Anda beli di apotik tanpa menggunakan resep dokter.

Selain itu, Anda dapat menggunakan pembalut yang mengandung witch hazel atau obat mati rasa atau Anda dapat juga berendam secara teratur di bak mandi dengan air hangat atau mandi sitz.

Cara berendam dengan air hangat atau mandi sitz adalah dengan merendam area anus Anda ke dalam air hangat selama 10 sampai 15 menit dengan periode 2 atau 3 kali sehari.

Pada umumnya tanda wasir memang terdapat 2 macam antara lain akan terjadi pembengkakan pembuluh darah di dalam rektum atau di luar anus. Hal ini, dapat menimbulkan rasa nyeri, gatal pada anus serta pendarahan dubur.

Baca juga : Kenali tanda kesehatan tubuh kurang sehat, segera atasi

Oleh sebab itu, apa saja yang harus dihindari oleh penderita wasir?

- Makanan yang berlemak atau rendah serat

- Jangan mengorek wasir

- Hindari mengangkat benda berat

- Hindari perasaan stres dan cemas

- Hindari penggunaan obat pencahar secara berlebihan

Apabila seseorang menderita wasir maka akan memakan waktu berapa lamakah wasir tersebut dapat bertahan hingga sampai bisa sembuh. Memang tidak ada kepastian tentang berapa lama durasi wasir tersebut dapat bertahan.

Namun demikian, untuk kondisi wasir yang masih kecil maka meskipun tanpa dilakukan pengobatan apapun, wasir akan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari saja.

Sedangkan untuk wasir eksternal yang berukuran besar yang menyebabkan rasa sakit, bengak dan gatal maka untuk sembuh dari rasa sakit dan ketidak nyamanan yang teramat sangat tersebut, akan membutuhan waktu yang lebih lama.

Oleh sebab itu, apabila wasir belum sembuh dalam waktu beberapa hari maka sebaiknya Anda segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh pengobatan wasir tersebut dengan cepat.

Dalam kondisi, ibu hamil yang mengalami wasir maka biasanya wasir tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah ibu hamil tersebut melahirkan bayinya.

Apakah seseorang yang mengalami wasir itu merupakan kondisi normal? Wasir merupakan bagian dari anatomi normal anus dan rektum bagian bawah yang berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi anus dari keluarnya tinja.

Wasir umumnya tidak akan menjadikan masalah, tetapi apabila wasir membengkak, berdarah maupun menonjol keluar dari rektum sampai keluar anus maka wasir tersebut baru akan menimbulkan masalah karena rasa sakit dan tidak nyaman.

Wasir biasanya akan menyusut dan masuk kembali kedalam rektum dengan sendirinya atau Anda dapat mendorongnya kedalam secara lembut.

Untuk wasir eksternal akan melibatkan pembuluh darah diluar anus, sehingga menimbulkan rasa gatal, lunak dan kadang kadang bisa pecah dan berdarah. Nah, gumpalan darah ini dapat terbentuk dan dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman tadi.

Penyebab wasir kambuh

Apa sebenarnya yang dapat membuat wasir menjadi semakin parah ? atau apa penyebab wasir kambuh dan semakin parah? Wasir akan menjadi semakin parah apabila seseorang mengejan.

Oleh sebab itu, Dr. Wolf mengatakan bahwa jangan menunda buang air besar ketika wasir Anda sedang kambuh.

Dengan menunda nunda buang air besar maka akan cenderung memperburuk sembelit dan ini akan berimbas pada kondisi yang akan memperburuk wasir Anda.

Wasir terbagi kedalam 4 stadium

Eksternal atau internal, kedua jenis wasir ini terbagi kedalam 4 tingkatan stadium antara lain :

- Tingkat I

Wasir dalam tingkat stadium pertama, merupakan wasir yang terlihat dan tidak Prolaps.

- Tingkat II

Wasir tingkat stadium dua, merupakan wasir yang prolaps selama manuver valsava tetapi kemudian bisa mengecil secara otomatis.

- Tingkat III

Wasir tingkat stadium tiga, merupakan wasir yang prolaps selama manuver valsava. Oleh sebab itu, membutuhkan reduksi manual.

- Tingkat IV

Wasir tingkat stadium empat, merupakan wasir yang tidak bisa di reduksi.

Perlu diketahui, jika telah terjadi tanda atau gejala wasir yang memperlihatkan pecahnya wasir.

Selain itu, terdapat benjolan nyeri jika diraba pada lubang anus, terjadi pendarahan per rektum yang persisten, nyeri hebat, iritasi dan bengkak disekitar anus. Hal ini, menandakan bahwa wasir dalam kondisi yang serius.

Lalu, bagaimana cara mengetahui wasir yang diderita oleh seseorang itu, termasuk kedalam tingkat stadium berapa?

Berikut penjelasannya :

Kondisi wasir internal tingkat pertama maka akan menonjol kedalam lubang anus ketika melakukan buang air besar.

Kondisi wasir dalam tingkat dua maka akan menonjol dari anus ketika buang air besar, kemudian akan masuk kembali kedalam dengan sendirinya.

Kondisi wasir dalam tingkat tiga maka akan menonjol dari anus ketika buang air besar tetapi harus didorong dengan jari supaya bisa masuk.

Dengan penjelasan ini, Anda bisa mengetahui termasuk kedalam wasir tingkat berapakah wasir Anda tersebut ya.

Kegiatan apa saja yang dapat membantu meringankan wasir Anda?

Dengan melakukan olah raga jalan kaki maka akan memperkuat jaringan pendukung yang dapat membantu mencegah kambuhnya rasa sakit dan rasa tidak nyaman dari wasir serta dapat menyalurkan nutrisi dan oksigen ke daerah yang meradang.

Selain itu, olah raga jalan cepat selama 20 menit sehari merupakan aktifitas sedang yang dapat menstimulasi fungsi usus dan meningkatkan aliran darah dan tonus otot.

Oleh sebab itu, Anda tidak boleh mengabaikan wasir ini ya, karena kemungkinan terjadinya peradangan dan gejala yang membuat kambuhnya wasir bisa saja terjadi apabila tidak dilakukan pengobatan wasir dengan benar.

Hal ini, apabila terjadi peradangan maka wasir akan membengkak dan membesar. Jika kondisi wasir sudah parah maka akan terlihat jelas dari luar dan wasir sudah prolaps sehingga tidak bisa di dorong kembali kedalam.

Ada beberapa orang yang menanyakan, apakah kopi tidak bagus untuk wasir? Benarkah demikian? Kafein yang terdapat pada kopi mempunyai efek diuretik sehingga menyebabkan dehidrasi yang dapat memperburuk sembelit dan dapat memperparah wasir.

Selain itu, beberapa orang mengatakan kopi dapat meningkatkan keinginan mereka untuk buang air besar yang justru berpotensi meringankan sembelit. Namun demikian, akan dapat menyebabkan diare yang dapat memperparah wasir.

Beberapa teman saya juga telah menjalani operasi wasir untuk mengatasi wasirnya. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi jika kondisi seseorang yang menderita wasir sudah masuk ke tingkat tiga atau empat.

Selain makanan dan kegiatan yang harus dihindari karena menyebabkan kambuhnya wasir maka stress secara tidak langsung dapat menyebabkan kambuhnya wasir.

Hal ini, karena stress maka otak akan mengirimkan sinyak ke perut sehingga menimbulkan reaksi yang dapat mengganggu kondisi perut Anda, menyebabkan kram, diare maupun sembelit. Nah, diare inilah yang akan dapat menyebabkan wasir tersebut meradang dan sakit.

Demikianlah artikel kami tentang wasir, apa itu wasir, apa saja gejala wasir, bagaimana pengobatannya serta ada berapa tingkat wasir dan makanan apa saja yang harus dihindari.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 komentar