Blueberry, buah berwarna biru kaya manfaat bagi Kesehatan

 

Blueberry merupakan buah berwarna biru, superfood yang memiliki segudang nutrisi antara lain vitamin, serat dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan

Apa saja kandungan nutrisi buah blueberry?

Sesuai dengan namanya blueberry karena buah ini berwarna biru, berbentuk bola kecil dan menjadi salah satu buah yang terkenal sebagai superfood. Selain itu, buah ini nyata nyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Hal ini, karena buah ini memiliki segudang kandungan nutrisi yang bagus serta memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol hingga menjaga kesehatan mata dan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Mencicipi buah blueberry ini rasanya hampir sama dengan buah anggur merah maupun anggur hijau yaitu berasa asam, namun agak sedikit lebih manis. Populer dengan blueberry ribbon merupakan buah berry di awal musim dengan kualitas dan hasil panen yang sangat bagus.

Apabila Anda mengkonsumsi buah blueberry ini secara rutin setiap harinya maka akan dapat membuat jantung, tulang sendi menjadi lebih kuat dan kesehatan tubuh menjadi lebih optimal.

Tanaman blueberry ini, biasanya tumbuh di daerah yang banyak terkena sinar matahari tetapi agar dipastikan tanaman ini tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman ini merupakan tumbuhan asli dari Amerika Utara.

Hal ini, agar supaya tanaman blueberry tersebut tidak banyak bunganya tetapi akan menjadi banyak buahnya karena jika terpapar sinar matahari berlebihan justru akan banyak bunganya dan buahnya sedikit.

Buah blueberry ini memang termasuk buah yang mahal harganya karena buah ini bukan merupakan buah yang sering dikonsumsi sehari hari dan buah ini merupakan buah produk import dan buah ini jarang ditemui disembarang tempat.

Yuk simak, apa saja kandungan nutrisi blueberry :

Dari Blueberry yang memiliki berat 296 gram maka akan memiliki segudang kandungan nutrisi.

Nutrisi nutrisi tersebut, antara lain :

Kalori 168 gram, protein 2,2 gram, lemak 0,98 gram, karbohidrat 42,9 gram, serat 7,2 gram, gula 29,48 gram, kalsium 18 miligram, zat besi 0,82 miligram, kalium 228 miligram, magnesium 18 miligram dan fosfor 3 miligram, fisfor 3 miligram, natrium 2 miligram, zink 0,48 miligram, folat 18 miligram, 48 % asupan vitamin C harian, 10 % asupan vitamin B6 harian dan 72 % asupan vitamin K.

Buah blueberry ini sangat cocok untuk penderita hipertensi karena buah ini memiliki kandungan 0 kolesterol.

Nah, dengan berbagai macam nutrisi yang terdapat didalam buah blueberry maka tidak dipungkiri kalau buah ini dapat menunjang kesehatan tubuh secara total sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Apa saja manfaat blueberry bagi kesehatan tubuh

- Kesehatan jantung

Vitamin, mineral, serat serta antioksidan yang terdapat didalam buah blueberry ini dapat membantu mengatasi penumpukan lemak dan kerusakan pembuluh darah jantung. 

Oleh sebab itu, mengkonsumsi blueberry dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, buah bruberry juga dapat melindungi pembuluh darah terhindra dari kekakuan arteri.

Dikutip dari Advance in Nutrition yang berjudul Recent Reserch on the Health Benefits of Blueberries and Their Anthocyanins bahwa blueberry dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasinya.

- Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat didalam blueberry ini dapat merangsang pembentukan kolagen kulit.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi blueberry ini secara berkesinambungan akan dapat membantu mengatasi penuaan dini, seperti keriput dan kerusakan kulit akibat sinar UV.

- Menjaga kesehatan otak

Manfaat mengkonsumsi blueberry ini akan dapat menunjang kesehatan otak dan menjaga daya ingat serta konsentrasi.

Namun demikian, juga harus diikuti dengan penerapan pola hidup sehat sehingga dapat menurunkan risiko kerusakan otak seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

- Menstabilkan kadar gula darah

Kandungan vitamin, serat, mineral dan atioksidan yang terdapat dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh menjadi stabil.

Dengan mengkonsumsi buah blueberry ini dapat membanu mengontrol kadar gula darah didalam tubuh sehingga buah ini bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes.

- Mengurangi risiko kanker

Kandungan vitamin C serta antioksidan yang terdapat didalam blueberry dapat melindungi sel sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Denagn mengkonsumsi buah blueberry maka kandungan nutisinya dapat menurunkan risiko terkena kanker paru paru, kanker mulut, kanker prostat serta kanker usus besar.

- Menurunkan tekanan darah

Buah blueberry ini bagus dikonsumsi setiap hari oleh penderita hipertensi karena dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

Namun demikian, untuk lebih meyakinkan lagi memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat blueberry terhadap tekanan darah.

- Menjaga kadar kolesterol

Pengaruh paparan radikal bebas didalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Hal ini, bisa terjadi jika kolesterol jahat yang ada didalam tubuh mengalami oksidasi. Nah, oksidasi kolesterol jahat yang terjadi didalam tubuh ini akan menimbulakn berbagai macam gangguan kesehatan pada jantung.

- Mencegah infeksi saluran kemih

Dikutip dari Journal of Applied Microbiology yang menyatakan bahwa blueberry hampir sama dengan cranberries dengan kandungan yang dimilikinya maka mampu mencegah infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Dengan mengkonsumsi buah blueberry ini maka gejala infeksi saluran kemih akan dapat sembuh.

- Meningkatkan daya ingat

Dengan mengkonsumsi buah blueberry yang memiliki kandungan antioksidan maka akan dapat membantu mencegah kerusakan pada otak.

Oleh sebab itu, dengan otak yang sehat maka kemampuan mengingat dan fokus akan menjadi lebih baik. Kondisi kesehatan otak akan menurun apabila terjadi stres oksidatif, sehingga kandungan oksidan pada bluberry akan mencegah terjadinya kondisi tersebut.

Suatu study yang dilakukan oleh University of Cincinnati telah menemukan manfaat mengkonsumsi blueberry untuk mengatasi gangguan kognitif yang berkaitan dengan demensia.

Demensia merupakan sindrom degeneratif progresif pada otak yang dapat mempengaruhi penurunan fungsi daya ingat , berpikir, perilaku serta emosi.

Penyakit alzheimer merupakan jenis paling umum dari demensia yang dapat mempengaruhi sampai 90 % kemampuan otak manusia.

- Menjaga kesehatan tulang

Nutrisi yang terkandung didalam buah blueberry antara lain kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor akan membantu menjaga kesehatan tulang. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah blueberry akan dapat membatu mengoptimalkan kesehatan tulang.

Baca juga : Merksusu untuk tulang sendi, jaga kesehatan tulang sendi

- Mengatasi kerusakan otot

Kondisi otot bisa saja mengalami kerusakan jika seseorang melakukan olahraga cukup berat. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi bua blueberry ini maka akan dapat meredakan kerusakan otot akibat berolahraga terlalu berat.

Berdasarkan penelitian terhadap 10 atlet wanita yang dikutip dari Journal of The International Society of Sports Nutrition. Diperoleh hasil bahwa mengkonsumsi blueberry dapat membantu mempercepat pemulihan setelah melakukan latihan kaki yang berat.

- Mengurangi risiko peradangan

Pengaruh radikal bebas didalam tubuh dapat memicu berbagai macam kerusakan sel sampai kejaringan tubuh.

Dalam suatu penelitian oleh Carcinogenesis yang berjudul Impact of Multiple Genetic Poly morphisms on Effects ofa 4-week Blueberry Juice Intervention on Ex Vivo Induced Lyphocytic DNA Damage in Human Volunteers.

Telah melakukan penelitian terhadap 168 orang yang mengkonsumsi 1 liter campuran jus blueberry dengan apel selama 4 minggu dan diperoleh hasil bahwa kerusakan DNA oksidatif akibat radikal bebas telah berkurang sebanyak 20 persen.

Pilihlah blueberry yang sudah matang, berkulit halus, bersih dan berwarna biru cerah etapi jangan mengkonsumsi blueberry yang sudah dalam kondisi lunak, layu serta berjamur supaya tidak keracunan atau terinfeksi bakteri dari buah tersebut.

Dalam mengkonsumsi buah blueberry ini dapat dimakan langsung tanpa diolah atau dapat mencampurkan buah bluebery ini kedalam kue, salad maupun yoghurt atau bisa mengkonsumsi blueberry dengan cara dijus

Baca juga :  Inimanfaat buah ciplukan bagi kesehatan, dari si mungil gold

- Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan yang tinggi dari blueberrydapat membantu kesehatan mata. Hal ini, karena asupan antioksidan yang cukup akan membuat aliran darah dan oksigen ke mata menjadi semakin meningkat.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi bluberry maka akan mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak atau degenerasi makula.

Meskipun blueberry memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tetapi mengkonsumsi blueberry secara berlebihan akan dapat menimbulkan efek samping juga.

Berikut efek sampingnya :

Apabila seseorang sensitif terhadap kandungan salisilat karena buah blueberry tinggi kandungan salisilatnya maka akan dapat memicu rasa mual, muntah, refluks, perut kembung sampai dapat menimbulkan diare.

Jika mengkonsumsi buah blueberry secara berlebihan maka akan menginggalkan noda pada gigi karena blueberry merupakan salah satu buah yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Demikianlah ulasan kami tentang manfaat dan efek samping mengkonsumsi buah bluebery, semoga bermanfaat untuk Anda.

Referensi :

Medical News Today tentang Everything You need to know about blueberries

Carcinogenesis tentang Impact of Multiple Genetic Polymorphisms on Effects of a 4-week Blueberry Juice Intervention on Ex Vivo Indeced Lymphocytic DNA Damage in Human Volunteers.

Journal of Applied Microbiology tentang Antimicrobial, Antiadhesive and Antibiofilm Activity of an Ethanolic, Anthocyanin-Rich Blueberry Extract Purified by Solid Phase Extraction.

Journal of The International Society of Sports Nutrition tentang Effect of New Zealand Blueberry Consumption on Recovery from Eccentric Exercise-Induced Muscle Damage.

Live Strong tentang The Side Effects of Blueberries.

Verywell Fit tentang Blueberry Nutrition Facts and Health Benefits

0 komentar