Melon, buah segar bermanfaat bagi kesehatan tubuh

 

Buah melon orange atau cantaloupe melon fruit, merupakan melon yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin lebih tinggi dibandingkan dengan melon pada umumnya

Buah melon menyegarkan, sumber nutrisi dan vitamin

Buah melon memiliki nama lain cucumis melo, merupakan salah satu tanaman jenis labu labuan. Melon rasanya manis tawar, segar, daging buahnya tebal bertekstur lunak berair, buahnya berbau harum dan ada yang memiliki warna hijau putih, kuning hingga merah tergantung dari kultivarnya.

Beruntung bagi penggemar buah melon karena buah ini tinggi serat, tinggi kandungan airnya, tinggi nutrisi. Hal ini, karena melon mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Selain itu, melon juga memiliki kandungan nutrisi seperti lemak, natrium, karbohidrat, serat, gula, protein, kalsium, magnesium dan folat.

Berikut kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat didalam buah melon berwarna orange dengan berat 100 gram, antara lain :

- Kalori = 35,33 kkal

- Lemak = 0,197 gram

- Karbohidrat = 8,46 gram

- Serat = 0,93 gram

- Gula = 73,8 gram

- Protein = 0,87 gram

- Kalsium = 9,3 miligram

- Magnesium = 12,4 miligram

- Folat = 21,8 microgram

- Vitamin B1 (Thiamin) = 0,04 miligram

- Vitamin B2 (Riboflavin) = 0,01 miligram

- Vitamin B3 (Niasin) = 0,4 miligram

- Vitamin B5 (Asam pantotenat) = 0,16 miligram

- Vitamin B6 = 0,09 miligram

- Vitamin C = 18 miligram

- Besi = 0,17 miligram

- Fosfor = 11 miligram

- Kalium = 6 miligram

- Natrium = 18 miligram

- Zinc = 0,09 miligram

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah melon maka akan dapat membantu meningkatkan imun tubuh sehingga tubuh dapat melawan serangan penyakit dan tubuh akan menjadi sehat.

Melon termasuk kedalam tanaman merambat dan biasanya buah melon dapat dikonsumsi daging buahnya secara langsung dengan diiris kecil kecil, dibuat jus melon atau bisa juga dibuat sebagai campuran es buah.

Jika melon dilihat dari bentuk buahnya maka jenis buah ini memiliki 2 subspesies yaitu subspesies melo dan subspesies agretis serta memiliki 10 kelompok kultivar atau cultivar group.

Namun demikian, terdapat 3 kelompok yang paling terkenal antara lain Cantalupensis (blewah termasuk didalamnya dan true European cantaloupe), Reticulatus (melon yang kulit buahnya berjala) dan Inodorus (melon yang bentuknya oval dengan kulit berkerut).

10 kelompok kultivar tersebut adalah muskmelon (Reticulatus), cantaloupe (Cantalupensis), casaba (Indorus), pocketmelon (Duddaim), snakemelon (Flexuosus), chate (Adzhur), tibish, snapmelon (Momordica, Adiculus), Oriental pickling (Conomon) dan makuwa.

Buah melon terdapat berbagai jenis varietas antara lain melon cantaloupe, melon dan melon honeydew. Buah yang rasanya manis dan menyegarkan ini berasal dari keluarga cucurbitaceae atau labu labuan.

Dari 10 macam kelompok kultivar ini, buah melon cantaloupe merupakan salah satu melon yang memiliki kelebihan antara lain warna daging buahnya lebih menarik dan kandungan vitaminnya juga lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis melon pada umumnya.

Buah melon cantaloupe (cantaloupe melon fruit) ini, memiliki kulit berjala serta mempunyai karakter klimakterik. Oleh sebab itu, daya tahan melon untuk disimpan tidak terlalu lama karena buah melon akan cepat mengalami pembusukan.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah melon terdiri dari berbagai macam nutrisi penting antara lain vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serat dan nurtisinya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, kandungan mineral serta antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang terdapat pada buah melon dapat membantu menjaga kesehatan mata serta mencegah terjadinya kerusakan mata seiring dengan bertambahnya usia.

Apa saja manfaat melon bagi kesehatan tubuh

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah melon memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dngan mengkonsumsi buah melon maka respon imutn tubuh terhadap infeksi maupun penyakit akan meningkat.

- Menjaga kesehatan pencernaan

Buah melon memiliki kandungan serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini, akan membantu mencegah sembelit serta membantu fungi usus dapat bekerja secara optimal.

- Membantu menjaga berat badan stabil

Melon merupakan buah dengan kandungan rendah kalori sehingga melon dapat menjadi salah satu pilihan buah yang dapat dikonsumsi bagi mereka yang sangat memperhatikan beratbadan ideal.

Camilan buah melon sangat bagus dan bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh tanpa harus kuatir bertambahnya asupan kalori berlebih.

- Menjaga kesehatan mata

Melon mengandung zat antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk membantu kesehatan mata dan membantu mencegah efek penuaan dini dan masalah kesehatan pada mata seiring dengan bertambahnya usia.

- Menjaga kesehatan tulang

Kandungan tinggi nutrisi dari melon seperti folat, vitami K serta magnesium yang esensial akan dapat dalam menjaga kesehatan tulang sehingga dapat membantu mencegah masalah tulang seperti osteosporosis.

- Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Buah melon memiliki kandungan air dan elektrolit sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi melon maka dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi khususnya di kondisi cuaca yang cukup panas.

Kandungan air yang cukup tinggi dari melon, akan dapat membantu kulit wajah tetap terhidrasi sehingga akan membantu kulit wajah menjadi tetap lembut dan kenyal.

- Membantu regulasi tidur

Melon juga memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat merangsang pembentukan zat serotonin serta melatonin. Seperi kita ketahui bersama bahwa kedua zat kimia ini berperan dalam regulasi tidur seseorang.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi melon maka dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

- Menstabilkan tekanan darah

Karena buah melon mempunyai sifat hipotensif yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Oleh sebab itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah melon akan dapat mendukung kesehatan sistem kandiovaskuar.

- Meningkatkan kesehatan ibu hamil

Buah melon ini dapat membantu mengurangi ibu hamil yang sering merasakan mual dan muntah.

Selain itu, ibu hamil yang mengkonsumsi melon dapat membantu ibu hamil tetap terhidrasi dan kandungan vitamin C nya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil yang sering atau sedang dalam kondisi rentan.

- Mencegah penyakit alzeimer

Kandungan folat dan vitamin B6 yang terdapat pada buah melon. Kedua nutrisi ini penting untuk menunjang fungsi otak sehingga akan dapat membatu mencegah penyakit alzeimer.

- Menyehatkan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium yang terdapat pada buah melon memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Nah, dengan mengkonsumsi melon secara teratur maka akan dapat membantu memberikan asupan nutrisi harian Anda dan dapat memberikan konstribusi bagus untuk menunjang kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, mengkonsumsi buah melon juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan radikal bebas karena antioksidannya berfungsi sebagai anti inflamasi alami serta dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

Hal ini, karena kandungan likopen yang terdapat pada buah melon dapat membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV.

Kandungan vitamin C pada buah melon juga dapat membantu mencegah dan mengatasi flu serta membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat vitamin C ini akan dapat membantu mempercepat perpindahan sel sel imun kedaerah tubuh yang terinfeksi serta dapat merangsang sel sel untuk melawan bakteri tersebut.

Namun demikian, dalam mengkonsumsi buah melon harus bijak ya, jangan mengkonsumsi melon secara berlebihan. Hal ini, karena akan dapat memicu gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare dan mual.

Terutama bagi seseorang yang memliki alergi, karena buah melon juga berpotensi memicu timbulnya alergi.

Selain itu, mengkonsumsi melon bagi penderita diabetes akan cukup riskan dan berbahaya karena dapat meningkatkan kadar gula darahnya.

Hal ini, karena kandungan gula pada buah melon cukup tinggi yaitu dalam 1 buah melon akan terdapat kandungan gula sekitar 9 gram.

Demikianlah pembahasan artikel ini yang berisi tentang manfaat melon dalam menunjang kesehatan tubuh seseorang. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 komentar