Penurunan berat badan dengan sistem endokrin (Endocrine weight loss)

 

Endocrine weight loss merupakan salah satu usaha menurunkan berat badan dengan cara menggunakan metode endokrin dengan bantuan ahli endokrinologi

Bagaimana ahli  endokrinologi dapat membantu menurunkan berat badan?

Seseorang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, dengan kondisi ini tentu saja akan membuat orang tersebut merasakan dirinya menjadi kurang percaya diri dan minder apabila tampil di depan umum.

Sistem endokrin merupakan sistem yang terdiri dari jaringan khususnya kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon.

Oleh sebab itu, dengan terapi atau metode atau sistem endokrin yang dilakukan oleh ahli endokrinologi maka mereka dapat mengatur kadar hormon serta mempercepat proses metabolisme dalam membantu proses penurunan berat badan.

Kondisi hormon merupakan salah satu alasan lain yang dapat menentukan dalam rangka untuk membantu menambah berat badan seseorang.

Demikian juga sebaliknya, seorang ahli endokrinologi dapat mengatasi penambahan berat badan atau mengurangi berat badan yang disebabkan oleh kondisi hormon dengan cara mempercepat metabolisme tubuh dan melakukan perubahan hormonal.

Mereka atau para ahli endokrinologi  inilah yang mampu melakukan semacam terapi untuk membantu mengatur kadar hormon serta mempercepat metabolisme tubuh.

Selain itu, seorang ahli endokrinologi juga dapat membantu mengobati penyakit seseorang yang dapat berdampak terhadap berat badan, antara lain penyakit diabetes tipe 2.

Apa yang dimaksud dengan ahli endokrinologi

Sebagai orang awam tentu saja banyak yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan ahli endokrinologi ini.

Seorang ahli endokrinologi merupakan bagian dari ilmu kedokteran yang diberikan oleh seorang  ahli untuk menangani penyakit pada sistem endokrin dengan sekresi spesifiknya dinamakan dengan hormon.

Inti dari penanganan yang diberikan oleh ahli endokrinologi adalah untuk membantu mendiagnosis serta mengobati masalah terkait hormon yang akan dapat mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Hal ini, karena hormon dapat membantu mengatur pertumbuhan, reproduksi serta metabolisme. Oleh sebab itu, keseimbangan hormon ini akan dapat mempengaruhi seluruh dari proses tubuh, baik pertumbuhan, reproduksi maupun metabolisme.

Nah, tujuan dari peran ahli endrokrinologi ini adalah untuk menyeimbangkan kadar hormn serta menyediakan metode lain untuk mengelola kondisi endokrin.

Ahli endokrinologi dapat menangani kondisi hormon yang seperti apa ?

Beberapa kondisi hormon yang bisa mempengaruhi berat badan seseorang sehingga kondisi seperti ini ahli endokrinologi mampu mambantu mengatasinya.

Berikut beberapa kondisi hormon tersebut :

- Hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif)

- Diabetes tipe 2

- Menopause

- Penyakit Cushing

- Sindrome ovarium polikistik (PCOS)

- Kondisi genetik antara lain sindrom Prader-Willi

Oleh sebab itu, apabila Anda belum memperoleh diagnosis maka ahli endokrinologi akan dapat menentukan apakah penambahan berat badan tersebut disebabkan oleh perubahan hormonal atau bukan.

Perubahan hormonal tersebut antara lain jumlah hormon tertentu dalam kondisi terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Namun demikian, selain mendapatkan obat penurun berat badan yang diberikan oleh seorang ahli endokrinologi maka perubahan gaya hidup tertentu tetap harus dilakukan agar supaya proses penurunan berat badan dapat berhasil dengan sukses.

Obat obatan yang diberikan untuk menurunkan berat badan ini, akan bekerja untuk menekan nafsu makan, menstimulasi metabolisme atau mempersulit tubuh dalam menyerap lemak dari makanan yang dikonsumsi.

Para ahli endokrinologi ini, selain dapat membantu menurunkan berat badan, juga akan dapat membantu mempertahankan berat badan yang diinginkan.

Namun demikian, obat obatan ini tentu saja memiliki efek samping bagi tubuh orang tertentu, antara lain :

Sembelit, diare, mual atau muntah, mulut terasa kering dan efek samping yang lebih serius antara lain sesak nafas, nyeri dada, pusing atau pingsan, tremor atau kejang dan palpitasi jantung.

Hasil yang diperoleh dalam proses penurunan berat badan yang sudah dilakukan oleh Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, bahwa orang yang telah mengkonsumsi obat penurun berat badan yang dikombinasikan dengan strategi gaya hidup.

Orang tersebut telah mengalami penurunan berat badan sebanyak 3 persen sampai 12 persen lebih banyak dari berat badan awalnya setelah berjalan selama 1 tahun, jika dibandingkan dengan orang yang melakukan cara dengan mengubah gaya hidupnya secara mandiri.

Kondisi orang yang bagaimana yang dapat mendapatkan obat penurun berat badan dari ahli endokrinologi ?

Tidak semua orang dapat diberikan obat penurun berat badan oleh ahli endokrinologi dan hanya mereka yang memenuhi syarat saja yang dapat memperolehnya.

Hal ini, karena ahli endokrinologi akan menggunakan indeks masa tubuh (BMI). Apabila BMI seseorang menunjukan angka 30 atau lebih maka dia akan memenuhi syarat untuk mendapatkan pengobatan.

Seseorang yang mendapatkan hasil BMI 27 atau lebih maka orang tersebut akan mempunyai kondisi yang berhubungan dengan berat badan karena terdapat masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 maupun tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki masalah kesehatan tertentu atau seseorang yang harus mengkonsumsi obat obatan tertentu seperti obat depresi, obat penyakit jantung atau tiroid aktif maka dia tidak dapat mengkonsumsi beberapa obat penurun berat badan.

Bagi mereka yang tidak dapat diberikan obat penurun berat badan maka mereka dapat menjalankan beberapa perubahan gaya hidup untuk dapat menurunkan berat badannya.

Antara lain dengan cara memperbaiki kebiasaan makan dalam jangka panjang dan ditunjang dengan berolahraga setiap harinya.

Dalam hal ini, ahli endokrinologi dapat membantu merekomendasikan makanan makanan yang lebih lambat untuk memberikan waktu bagi hormon pencernaan dalam memberikan sinyal yang menuju ke otak kalau Anda dalam kondisi kenyang.

Beberapa orang banyak yang melakukan program diet dalam mengurangi berat badan dengan cara mengurangi lemak dan karbohidrat serta mengkonsumsi lebih banyak makanan makanan rendah kalori antara lain buah dan sayuran.

Dalam menunjang pola makan sehat ini dengan berolahraga maka Anda dapat melakukan olahraga tidak harus melakukan latihan gym dalam waktu yang lama, tetapi Anda dapat melakukan olahraga jalan cepat sebagai langkah awalnya.

Setelah berolahraga setiap hari sudah bisa menjadi habit bagi Anda maka untuk selanjutnya Anda dapat mengembangkan lagi dengan melakukan olahraga lainnya.

Namun demikian, jika berat badan Anda turun secara tidak terduga atau turun secara dratis hingga lebih dari 5 persen dari berat badan Anda dalam jangka waktu 6 bulan hingga setahun, meskipun tidak mengubah pola makan maupun tingkat aktivitas Anda.

Jika terjadi case demikian maka segeralah Anda menghubungi dokter ahlinya untuk dapat meminta bantuan medis.

Lalu, bagaimana ceritanya seorang ahli endokrinologi dapat membantu mengatasi obesitas ?

Seorang ahli endokrinologi telah mempelajari hormon serta bagaimana kadar hormon dapat mempengaruhi tubuh.

Oleh sebab itu, hormon Anda dipastikan mempengaruhi berat badan Anda dan ahli endokrinologi dapat mendiagnosis tentang masalah mendasar serta mengobatinya.

Dalam hal, ahli endokrinologi tidak dapat menemukan penyebab utama berat badan Anda tetapi ahli endokrinologi dapat membantu mengatasi berbagai masalah serta dapat membantu Anda dalam mengelola obesitas melalui pengobatan dan perubahan gaya hidup Anda.

Selain dapat membantu mengelola obesitas, ahli endokrinologi dapat membantu mengatasi kondisi masalah kesehatan seperti :

Diabetes miletus, gangguan adrenal seperti penyakit addison, penyakit tiroid, osteoporosis, masalah kalsium, masalah menstruasi, efek pengobatan kanker pada sistem endokrin serta kelainan kelenjar hipofisis.

Demikian pembahasan kami tentang endocrine weight loss atau tentang penurunan berat badan dengan sistem endokrin.

Jika Anda baru mengalami kenaikan berat badan yang signifikan atau Anda sudah lama mencoba untuk menurunkan berat badan Anda maka ahli endokrinologi dapat menjadi alternatif yang tepat untuk Anda kunjungi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

0 komentar